Manfaat Terong Belanda: Khasiat untuk Kesehatan Anda

Posted on

biotifor.or.id – Manfaat Terong Belanda – Terong Belanda, dikenal juga sebagai Solanum Betaceum, ialah buah tropis yang dari Amerika Selatan. Buah ini dikenali beragam nama, seperti tree tomato (tomat pohon), tamarillo, dan terong Andes. Selainnya rasanya yang sedap dan unik, terong Belanda dikenal juga mempunyai beragam manfaat kesehatan yang hebat. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri manfaat-manfaat itu dalam detil.

1. Pengenalan Terong Belanda

Pengenalan Terong Belanda

Terong Belanda, dikenal juga nama Cyphomandra betacea, ialah tanaman buah yang dari Amerika tengah dan Selatan. Walaupun namanya memiliki kandungan “Belanda,” tanaman ini sebetulnya tidak terkait dengan Belanda dan tidak mempunyai asal mula di Belanda atau Eropa.

Tanaman Terong Belanda mempunyai buah yang memiliki bentuk serupa dengan tomat, dengan warna kulit yang bervariatif di antara kuning, oranye, atau merah. Buah ini mempunyai rasa manis dan sedikit asam, dan kandungan air yang lebih tinggi, membuat benar-benar fresh dan sedap untuk dimakan sebagai buah fresh atau dibuat jadi beragam makanan, seperti juice, selai, atau sajian pembersih mulut.

Selainnya rasanya yang nikmat, Terong Belanda mempunyai beberapa kekuatan manfaat kesehatan. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan anti-oksidan. Anti-oksidan menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan karena radikal bebas, yang bisa berperan pada penuaan awal dan perubahan penyakit. Disamping itu, serat dalam Terong Belanda bisa memberikan dukungan pencernaan yang sehat.

2. Kandungan Gizi yang Kaya

Berikut kandungan nutrisi tipikal untuk 100 g terong Belanda:

  • Kalori: 19 kcal
  • Karbohidrat: 4.6 g
  • Serat: 2.2 g
  • Protein: 0.6 g
  • Lemak: 0.2 g
  • Vitamin C: 18 mg
  • Vitamin A: 87 IU
  • Kalsium: 9 mg
  • Zat Besi: 0.3 mg
  • Kalium: 220 mg

Berharap dikenang jika beberapa nilai ini memiliki sifat prediksi dan bisa bervariatif berdasar ukuran dan varietas terong Belanda yang beda.

3. Manfaat Terong Belanda

Manfaat Terong Belanda

Terong Belanda, dikenal juga sebagai Solanum betaceum, ialah buah yang kerap dimakan dan mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat terong belanda :

  1. Kaya Gizi: Terong Belanda memiliki kandungan beragam gizi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, dan vitamin K. Disamping itu, buah ini memiliki kandungan mineral seperti potassium, magnesium, dan zat besi.
  2. Anti-oksidan Tinggi: Buah Terong Belanda memiliki kandungan anti-oksidan seperti beta-karoten dan likopen. Anti-oksidan ini menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan karena radikal bebas, yang bisa berperan pada penyakit akut seperti kanker dan penyakit jantung.
  3. Jaga Kesehatan Mata: Kandungan pada vitamin A dan beta-karoten dalam Terong Belanda bagus untuk kesehatan mata. Mereka bisa menolong menghambat permasalahan pandangan dan mempertahankan kesehatan retina.
  4. Memberikan dukungan Mekanisme Kebal Badan: Vitamin C yang terdapat di dalam Terong Belanda bisa menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, menolong badan menantang infeksi dan penyakit.
  5. Jaga Kesehatan Jantung: Kandungan serat, potassium, dan anti-oksidan dalam buah ini bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung. Serat menolong atur kandungan cholesterol, dan potassium menolong jaga tekanan darah normal.
  6. Memberikan dukungan Pencernaan: Serat yang ada dalam Terong Belanda bagus untuk pencernaan. Mereka bisa menolong menghambat sembelit dan mempertahankan kesehatan aliran pencernaan.
  7. Atur Berat Tubuh: Kandungan serat dalam buah ini bisa menolong mengatur selera makan dan jaga berat tubuh yang sehat.
  8. Jaga Kesehatan Tulang: Vitamin K dalam Terong Belanda penting untuk kesehatan tulang. Ini menolong pada proses pembekuan darah dan kesehatan tulang keseluruhannya.
  9. Kurangi Dampak negatif Diabetes: Beberapa riset sudah memperlihatkan jika konsentrat Terong Belanda bisa menolong kurangi kandungan gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin.
  10. Anti-Inflamasi: Zat anti-inflamasi alami dalam buah ini bisa menolong kurangi infeksi pada tubuh.
Baca Juga  Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan Tubuh

Tersebut barusan manfaat terong belanda. Walaupun Terong Belanda mempunyai beragam manfaat kesehatan, penting untuk mengkonsumsinya dalam batasan yang lumrah sebagai sisi dari skema makan yang imbang. Bila kamu mempunyai keadaan klinis tertentu, seharusnya diskusikan dengan professional kesehatan saat sebelum mengganti diet kamu.

4. Cara Menikmati Terong Belanda

Berikut langkah nikmati terong Belanda:

Terong Belanda, dikenal juga sebagai terong ungu atau terong telur, ialah tipe terong yang mempunyai warna ungu gelap dan bentuk yang kecil seperti telur. Terong ini mempunyai rasa yang sedap dan struktur yang halus. Berikut cara-cara untuk nikmati terong Belanda:

  1. Goreng Krispi: Irislah terong Belanda jadi potongan tipis. Celup potongan terong dalam adonan tepung yang sudah diberi bumbu garam, merica, dan rempah-rempah opsi kamu. Goreng potongan terong sampai kecokelatan dan gurih. Suguhkan sebagai cemilan atau lauk pengiring.
  2. Panggang dengan Herba: Irislah terong jadi sisi lebih besar. Marinasi dengan kombinasi minyak zaitun, bawang putih cincang, dan kombinasi rempah-rempah seperti oregano, thyme, dan rosemary. Panggang dalam oven sampai terong masak dan mempunyai kesedapan yang karamelisasi.
  3. Oseng dengan Sayur Lain: Potong terong Belanda jadi ukurannya yang sesuai potongan sayur lain seperti paprika, bawang, dan zukini. Oseng seluruh bahan dalam wajan dengan sedikit minyak zaitun. Tambah garam, merica, dan rempah-rempah opsi kamu untuk memberikan cita-rasa lebih.
  4. Lahapan: Irislah terong jadi potongan panjang atau cakram tipis. Suguhkan sebagai lahapan dengan sambal atau bumbu kegemaran kamu. Ini ialah langkah simpel tetapi nikmat untuk nikmati terong Belanda.
  5. Masakan Internasional: Pakai terong Belanda dalam masakan internasional seperti caponata Italia, moussaka Yunani, atau ratatouille Prancis. Ini akan memberikan macam rasa dan struktur dalam sajian itu.
  6. Tambah dalam Pasta atau Pizza: Potong terong jadi potongan tipis dan pakai sebagai topping dalam sajian pasta atau pizza. Ini akan memberi warna yang memikat dan rasa sedap.
  7. Sayur Rebusan: Tambah potongan terong Belanda dalam sup atau rebusan sayur. Ini bisa menjadi tambahan yang beri kesegaran dalam sajian hangat.
Baca Juga  Efek Samping Makan Kerang Yang Perlu Anda Ketahui

Ingat-ingatlah untuk membersihkan dan bersihkan terong secara baik saat sebelum dipakai. Kamu bisa sesuaikan resep di atas sesuai selera dan opsi masing-masing. Selamat nikmati sajian sedap secara terong Belanda!

5. Kesimpulan

Demikian ulasan kami mengenai manfaat terong belanda untuk kesehatan. Terong Belanda ialah buah yang sedap dan kaya manfaat untuk kesehatan. Dari jaga jantung sampai memberikan dukungan kesehatan mata dan ginjal, faedahnya benar-benar bermacam. Tambah terong Belanda ke skema makan kamu untuk rasakan imbas positifnya pada kesejahteraan kamu.

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Apakah terong Belanda aman dikonsumsi setiap hari?
    Ya, terong Belanda aman untuk dikonsumsi setiap hari dalam porsi yang wajar.
  2. Bisakah terong Belanda membantu menurunkan berat badan?
    Ya, kandungan seratnya dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori.
  3. Bagaimana cara memilih terong Belanda yang matang?
    Pilih terong Belanda dengan kulit yang halus dan warna yang cerah. Hindari yang terlalu lunak atau rusak.
  4. Bisakah anak-anak juga mengonsumsi terong Belanda?
    Tentu saja, terong Belanda aman dikonsumsi oleh anak-anak sebagai bagian dari diet seimbang.
  5. Apakah terong Belanda dapat membantu mencegah penuaan dini?
    Ya, vitamin E dan antioksidan dalam terong Belanda dapat membantu melawan penuaan dini pada kulit.