Doa Setelah Adzan dan Iqomah: Panduan Lengkap dan Benar

Biotifor.or.id โ€“ Doa setelah adzan adalah seruan hati yang diucapkan oleh umat Islam setelah mendengar panggilan adzan. Tujuan dari doa ini adalah memohon kepada Allah agar Nabi Muhammad SAW mendapatkan posisi terpuji di akhirat, yaitu maqam mahmud, dan juga sebagai bentuk rasa cinta dan hormat kepada Nabi Muhammad SAW.

Pengertian Doa Setelah Adzan

Selain itu, berdoa setelah adzan juga merupakan bentuk penghormatan dan penegasan atas kebenaran dan keagungan panggilan adzan yang menandakan waktu shalat telah tiba.

Doa ini juga menjadi pengingat bagi kita tentang pentingnya shalat dalam kehidupan sehari-hari dan kesadaran bahwa setiap panggilan adzan adalah panggilan dari Allah untuk berkomunikasi dengan-Nya melalui shalat.

Doa Setelah Adzan: Arab, Latin, dan Artinya

Doa Setelah Adzan

Berikut adalah doa setelah Adzan dalam bahasa arab:

ย ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฏูŽู‘ุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ุชูŽู‘ุงู…ูŽู‘ุฉู’ ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู ุงู„ู‚ูŽุงุฆูู…ูŽุฉู’ ุขุชู ุณูŽูŠูู‘ุฏูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏูŽู†ู ุงู’ู„ูˆูŽุณููŠู’ู„ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู’ู„ููŽุถููŠู’ู„ูŽุฉู’ ูˆูŽุงุจู’ุนูŽุซู’ู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงู…ุงู‹ ู…ูŽุญู’ู…ููˆู’ุฏู‹ุง ุงูŽู‘ู„ุฐููŠู’ ูˆูŽุนูŽุฏู’ุชูŽู‡ู’ย 

Adapun dalam bahasa latin, doa setelah adzan bisa dibaca sebagai berikut :

Allรขhumma rabba hรขdzihid daโ€™watit tรขmmah, washshalรขtil qรข-imah, รขti sayyidana muhammadanil washรฎlata wal fadhรฎlah, wabโ€™atshu maqรขmam mahmรปdanil ladzรฎ waโ€™adtah.ย 

Doa Setelah adzan mempunyai arti sebagai berikut:

Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang segera akan dilaksanakan, berilah kepada Junjungan kami Nabi Muhammad kedudukan sebagai wasilah serta kemuliaan dan bangkitkanlah ia dalam kedudukan yang terpuji sebagaimana telah Engkau janjikan.

~ Arti doa setelah adzan

Berikut adalah doa setelah Iqomah:

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฏูŽู‘ุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ุชูŽู‘ุงู…ูŽู‘ุฉู’ ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู ุงู„ู‚ูŽุงุฆูู…ูŽุฉู’ุตูŽู„ูู‘ ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ู’ ุนูŽู„ูฐู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุฃูฐุชูู‡ู ุณูุคู’ู„ูŽู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุง ู…ูŽุฉู

Allรขhumma rabba hรขdzihid daโ€™watit tรขmmah, washshalรขtil qรข-imah, shalli wa sallim โ€˜alaa sayyidinaa Muhammadin wa aa tihi suโ€™lahu yaumal qiyaa mati.ย 

Adapun arti dari doa setelah Iqomah adalah sebagai berikut:

Baca Jugaย  Doa Minum Air Zam Zam: Doa dan Manfaatnya

Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang segera akan dilaksanakan, curahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw, dan berilah/kabulkanlah segala permohonannya pada hari kiamat.

Hadits dan Riwayat

Berdasarkan riwayat sahabat Jabir dalam sahih Bukhari. Berikut adalah hadits doa setelah Adzan:

ย ูˆุนู† ุฌุงุจุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ ู…ู† ู‚ุงู„ ุญูŠู† ูŠุณู…ุน ุงู„ู†ุฏุงุก ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฏูŽู‘ุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ุชูŽู‘ุงู…ูŽู‘ุฉู ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ุงู„ู‚ูŽุงุฆูู…ูŽุฉู ุขุชู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏุงู‹ ุงู„ูˆูŽุณููŠู’ู„ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ููŽุถููŠู’ู„ูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽุงุจู’ุนูŽุซู’ู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงู…ุงู‹ ู…ูŽุญู’ู…ููˆุฏู‹ุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูˆูŽุนูŽุฏู’ุชูŽู‡ูุŒ ุญู„ุช ู„ู‡ ุดูุงุนุชูŠ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ููŠ ุตุญูŠุญู‡ย 

Dari Jabi bin Abdullah ra, Rasulullah saw bersabda:

Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan โ€œAllahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qaโ€˜imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah, wabโ€˜atshu maqamam mahmdanil ladzi waโ€˜attah.โ€ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat.

~ (HR Bukhari)

(An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 44)

Cara Membaca Doa Setelah Adzan

Cara Membaca Doa Setelah Adzan

Berikut adalah cara membaca doa setelah adzan:

  1. Dengarkan adzan sampai selesai.
  2. Membaca shalawat Nabi.
  3. Membaca doa.
  4. Memahami arti doa dan dirasakan dalam hati
  5. Selalu membaca doa setelah mendengar adzan.

Tips

Berikut ini beberapa tips yang dapat diikuti dalam berdoa setelah adzan:

  1. Saat berdoa, penting bagi kita untuk membaca doa ini dengan khusyuk dan penuh keikhlasan. Khusyuk artinya kita fokus dan benar-benar memahami setiap kata yang kita ucapkan.
  2. Memahami makna dari doa yang kita ucapkan akan membuat doa ini menjadi lebih bermakna dan memberi dampak yang lebih mendalam pada kita. Oleh karena itu, belajarlah untuk memahami makna dari doa ini.
  3. Konsistensi sangat penting dalam ibadah, termasuk dalam berdoa. Oleh karena itu, upayakan untuk selalu berdoa setiap kali mendengar adzan. Dengan begitu, doa ini akan menjadi bagian dari rutinitas harian kita.
  4. Waktu yang paling baik untuk berdoa adalah segera setelah adzan. Oleh karena itu, jangan tunda-tunda untuk berdoa setelah mendengar adzan.
  5. Hindari tergesa-gesa saat berdoa. Ambil waktu Anda dan ucapkan setiap kata dengan penuh keikhlasan. Ingat, Allah SWT mendengar setiap doa kita.
Baca Jugaย  Doa Setelah Sholat Hajat Latin dan Terjemahan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kita dapat memaksimalkan manfaat dari berdoa setelah adzan dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.


Beberapa Pertanyaan Seputar Doa Setelah Adzan yang perlu kita ketahui:

Bagaimana bunyi doa setelah adzan dalam bahasa Arab?Doa setelah adzan dalam bahasa Arab adalah:
 ย ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฏูŽู‘ุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ุชูŽู‘ุงู…ูŽู‘ุฉู’ ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู ุงู„ู‚ูŽุงุฆูู…ูŽุฉู’ ุขุชู ุณูŽูŠูู‘ุฏูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏูŽู†ู ุงู’ู„ูˆูŽุณููŠู’ู„ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู’ู„ููŽุถููŠู’ู„ูŽุฉู’ ูˆูŽุงุจู’ุนูŽุซู’ู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงู…ุงู‹ ู…ูŽุญู’ู…ููˆู’ุฏู‹ุง ุงูŽู‘ู„ุฐููŠู’ ูˆูŽุนูŽุฏู’ุชูŽู‡ู’ย Apa saja yang harus kita lakukan saat adzan Ashar?
 Saat adzan Ashar, kita disarankan untuk mendengarkan adzan dengan khusyuk, menjawab adzan, membaca shalawat Nabi, dan membaca doa setelah adzan.
 
 Apa arti dari doa setelah adzan?
 Arti dari doa setelah adzan adalah: "Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang segera akan dilaksanakan, berilah kepada Junjungan kami Nabi Muhammad kedudukan sebagai wasilah serta kemuliaan dan bangkitkanlah ia dalam kedudukan yang terpuji sebagaimana telah Engkau janjikan."
 
 Apakah ada doa khusus setelah adzan dan sebelum iqomah?
 Tidak ada doa khusus antara adzan dan iqomah, namun disunnahkan untuk membaca doa setelah adzan dan mengisi waktu tersebut dengan berzikir atau membaca Al-Qur'an.
 
 Apa yang harus kita lakukan setelah adzan Dzuhur?
 Setelah adzan Dzuhur, kita disarankan untuk mendengarkan adzan dengan khusyuk, menjawab adzan, membaca shalawat Nabi, dan membaca doa setelah adzan.
 
 Bagaimana cara berdoa setelah adzan Isya?
 Cara berdoa setelah adzan Isya sama dengan adzan lainnya. Dengarkan adzan dengan khusyuk, jawab adzan, baca shalawat Nabi, dan baca doa setelah adzan.
 
 Bagaimana bunyi doa setelah adzan dalam bahasa Latin?
 Doa setelah adzan dalam bahasa Latin (transliterasi) adalah: "Allahumma Rabba hadhihi-d-da'watit-tammati was-salatil qa'imati, ati Muhammadan al-wasilata wal-fadilata, wab'athhu maqamam mahmudan illadhi wa'adtahu."
 
 Apa arti dari doa setelah adzan dalam bahasa Latin?
 Arti dari doa setelah adzan dalam bahasa Latin adalah sama dengan arti dalam Bahasa Indonesia yang telah disebutkan sebelumnya.
 
 Apa saja yang termasuk dalam doa setelah adzan yang lengkap?
 Doa setelah adzan yang lengkap meliputi mendengarkan adzan, menjawab adzan, membaca shalawat Nabi, dan membaca

Penutup

Dengan demikian, penting bagi kita untuk memahami dan mengamalkan doa sebagai bagian dari ibadah kita sehari-hari. Berdoa setelah adzan tidak hanya menunjukkan penghormatan dan cinta kita kepada Rasulullah SAW, tetapi juga membantu kita memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita usahakan untuk selalu berdoa setelah adzan dengan khusyuk dan keikhlasan. Semoga dengan berdoa secara konsisten, kita dapat merasakan manfaat dan keberkahan dari doa ini. Amin.