Manfaat Tawakal, Cara Menenangkan Hati dan Pikiran di Tengah Kesulitan

Biotifor.or.id-manfaat tawakal-Tawakal adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT dan percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak-Nya. Tawakal bukan berarti pasrah dan tidak berusaha, tetapi berarti berikhtiar dengan sebaik-baiknya dan menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT. Tawakal adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang muslim, karena tawakal merupakan bagian dari iman dan ibadah.

Manfaat Tawakal

Manfaat Tawakal

Tawakal memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seorang muslim, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah beberapa manfaat tawakal yang dapat kita rasakan:

Tawakal membuat hati dan pikiran menjadi tenang

Salah satu manfaat tawakal adalah membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Ketika kita tawakal, kita tidak akan khawatir, cemas, atau takut akan apa yang akan terjadi, karena kita yakin bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi kita. Tawakal juga membuat kita tidak terlalu terikat dengan hasil usaha kita, karena kita sadar bahwa hasil usaha kita bukanlah ukuran keberhasilan kita, tetapi ukuran keberhasilan kita adalah seberapa besar kita berusaha dan bertawakal kepada Allah SWT.

Tawakal juga membuat kita tidak mudah putus asa, marah, atau bersedih ketika menghadapi kesulitan, karena kita yakin bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan kita, dan bahwa setiap cobaan pasti ada hikmah dan kebaikan di baliknya. Tawakal juga membuat kita selalu bersyukur atas apa yang kita miliki, karena kita menyadari bahwa semua nikmat yang kita nikmati adalah karunia dari Allah SWT.

Dengan tawakal, hati dan pikiran kita akan menjadi lebih tenang, damai, dan bahagia, karena kita selalu merasa dekat dengan Allah SWT dan merasakan kasih sayang-Nya.

Tawakal membuat kita lebih optimis dan bersemangat

Manfaat tawakal yang lain adalah membuat kita lebih optimis dan bersemangat dalam menjalani hidup. Ketika kita tawakal, kita tidak akan mudah menyerah atau menunda-nunda pekerjaan kita, tetapi kita akan berusaha sekuat tenaga dan sebaik mungkin untuk mencapai tujuan kita. Tawakal juga membuat kita tidak mudah terpengaruh oleh omongan atau kritikan orang lain, karena kita yakin bahwa Allah SWT lah yang menilai usaha kita, bukan manusia.

Baca Juga  Keutamaan Sedekah Subuh dalam Al-Qur'an dan Hadits yang Belum banyak diketahui

Tawakal juga membuat kita lebih berani mengambil resiko dan tantangan, karena kita yakin bahwa Allah SWT akan membantu dan melindungi kita. Tawakal juga membuat kita lebih kreatif dan inovatif, karena kita tidak terbatas oleh pemikiran atau kebiasaan yang kaku, tetapi kita selalu mencari cara-cara baru dan lebih baik untuk melakukan sesuatu.

Dengan tawakal, kita akan menjadi lebih optimis dan bersemangat dalam menjalani hidup, karena kita selalu melihat sisi positif dari segala sesuatu, dan kita selalu berharap pada rahmat dan pertolongan Allah SWT.

Tawakal membuat kita lebih sabar dan ikhlas

Manfaat tawakal yang ketiga adalah membuat kita lebih sabar dan ikhlas dalam menghadapi segala situasi. Ketika kita tawakal, kita tidak akan mengeluh atau mengadu nasib ketika mengalami kesulitan, tetapi kita akan bersabar dan menghadapinya dengan penuh kesabaran. Tawakal juga membuat kita tidak iri atau dengki terhadap orang lain yang lebih beruntung dari kita, tetapi kita akan ikhlas dan mendoakan kebaikan untuk mereka.

Tawakal juga membuat kita tidak sombong atau angkuh ketika mendapatkan kesuksesan, tetapi kita akan ikhlas dan bersyukur kepada Allah SWT. Tawakal juga membuat kita tidak dendam atau benci terhadap orang yang menyakiti kita, tetapi kita akan ikhlas dan memaafkan mereka.

Dengan tawakal, kita akan menjadi lebih sabar dan ikhlas dalam menghadapi segala situasi, karena kita selalu mengingat bahwa semua yang terjadi adalah atas izin Allah SWT, dan bahwa Allah SWT lah yang lebih tahu apa yang baik dan buruk bagi kita.

Kesimpulan

Tawakal adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT dan percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak-Nya. Tawakal memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seorang muslim, di antaranya adalah:

  • Tawakal membuat hati dan pikiran menjadi tenang, karena kita tidak khawatir, cemas, atau takut akan apa yang akan terjadi, dan kita selalu merasa dekat dengan Allah SWT dan merasakan kasih sayang-Nya.
  • Tawakal membuat kita lebih optimis dan bersemangat dalam menjalani hidup, karena kita berusaha sekuat tenaga dan sebaik mungkin untuk mencapai tujuan kita, dan kita selalu berharap pada rahmat dan pertolongan Allah SWT.
  • Tawakal membuat kita lebih sabar dan ikhlas dalam menghadapi segala situasi, karena kita bersabar dan menghadapi kesulitan dengan penuh kesabaran, dan kita ikhlas dan bersyukur atas segala nikmat dan cobaan yang Allah SWT berikan.
Baca Juga  Syarat Haji dan Umroh 2023 Agar Ibadah Anda Mabrur!

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk lebih tawakal dalam menjalani hidup. Aamiin.

FAQ ( Frequently Asked Question)

Apa itu tawakal?

Tawakal adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT dan percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak-Nya.

Bagaimana cara tawakal?

Cara tawakal adalah dengan berikhtiar dengan sebaik-baiknya dan menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT, tidak khawatir, cemas, atau takut akan apa yang akan terjadi, selalu berharap pada rahmat dan pertolongan Allah SWT, dan selalu bersyukur atas apa yang Allah SWT berikan.

 Apa bedanya tawakal dan pasrah? 

Tawakal berbeda dengan pasrah. Tawakal adalah berserah diri setelah berikhtiar, sedangkan pasrah adalah berserah diri tanpa berikhtiar. Tawakal adalah sikap optimis dan bersemangat, sedangkan pasrah adalah sikap pesimis dan malas. Tawakal adalah sikap yang mendekatkan kita kepada Allah SWT, sedangkan pasrah adalah sikap yang menjauhkan kita dari Allah SWT.

Apa hubungan tawakal dengan iman dan ibadah?

Tawakal adalah bagian dari iman dan ibadah. Tawakal adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang muslim, karena tawakal merupakan bukti dari keimanan dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Tawakal juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ridha dan pahala dari Allah SWT.

Apa saja ayat dan hadits yang menerangkan tentang tawakal?

Beberapa ayat dan hadits yang menerangkan tentang tawakal adalah:

  • “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: 3)
  • “Dan apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (QS. Ali Imran: 159)
  • “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”