Jangan Remehkan Buah Naga Putih, Ini Dia Manfaat Luar Biasa yang Bisa Anda Dapatkan!

Biotifor.or.id-Manfaat Buah Naga Putih-Buah naga putih adalah salah satu jenis buah naga yang memiliki kulit merah dan daging putih dengan biji hitam. Buah naga putih memiliki rasa manis dan segar, serta kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, serat, antioksidan, kalsium, fosfor, zat besi, dan lainnya. Buah naga putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, baik jika dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus, smoothie, salad, atau masker.

Manfaat Buah Naga Putih

Buah Naga Putih

Berikut adalah beberapa manfaat buah naga putih yang perlu Anda ketahui:

1.Menjaga Kesehatan Jantung

Buah naga putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Buah naga putih juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan pembentukan plak di pembuluh darah. Selain itu, buah naga putih juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung seperti stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

2.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga putih memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 34% dari kebutuhan harian Anda. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi Anda dari infeksi, bakteri, virus, dan radikal bebas.

Vitamin C juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang berperan dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, rambut, dan kuku.

3.Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah naga putih memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 gram per 100 gram buah. Serat adalah zat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda dengan cara meningkatkan gerakan usus, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko penyakit pencernaan seperti wasir, divertikulitis, dan kanker usus. Serat juga dapat membantu mengontrol gula darah, menurunkan nafsu makan, dan menurunkan berat badan.

4.Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga putih mengandung beta karoten, yaitu senyawa yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata Anda dan mencegah gangguan penglihatan seperti rabun senja, katarak, dan glaukoma.

Baca Juga  Manfaat Bio Oil untuk Wajah: Rahasia Keindahan Kulit yang Sehat

Vitamin A juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan selaput lendir. Selain beta karoten, buah naga putih juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang dapat melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar UV dan cahaya biru.

Baca juga: Manfaat Jus Buah Naga: Kelezatan dan Manfaat Kesehatan dalam Setiap Tetesnya

5.Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah naga putih memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Kalsium dan fosfor adalah mineral yang berperan dalam membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Zat besi adalah mineral yang berperan dalam membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Anemia adalah kondisi di mana tubuh Anda kekurangan sel darah merah yang dapat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Anemia dapat menyebabkan lemas, pucat, sesak napas, dan mudah sakit.

6.Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah naga putih dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda dengan cara memberikan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan. Buah naga putih mengandung vitamin C, vitamin B, antioksidan, dan kolagen yang dapat membantu mencerahkan, melembutkan, mengencangkan, dan meregenerasi kulit Anda.

Buah naga putih juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, kusam, kering, dan keriput. Buah naga putih juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut Anda dengan cara menguatkan, menghaluskan, mengkilapkan, dan mencegah rambut rontok, bercabang, dan beruban.

7.Mengatasi Sembelit

Buah naga putih adalah sumber serat yang baik. Serat dapat membantu melancarkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang berperan dalam mencegah dan mengatasi sembelit.

Baca Juga  Manfaat Teh Tawar: Kenali Khasiat Minuman yang Menyegarkan Ini

Selain itu, buah naga putih juga mengandung air yang cukup banyak, yang dapat membantu melembutkan tinja dan memudahkan buang air besar.

8.Menurunkan Kolesterol

Buah naga putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini karena buah naga putih mengandung serat yang dapat mengikat kolesterol jahat dan membuangnya keluar dari tubuh. Dengan demikian, buah naga putih dapat mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Kesimpulan

Buah naga putih adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Buah naga putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, pencernaan, mata, tulang, gigi, kulit, dan rambut Anda.

Buah naga putih juga memiliki rasa yang manis dan segar, serta mudah untuk diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dan sehat. Anda dapat mengonsumsi buah naga putih secara langsung atau dijadikan jus, smoothie, salad, atau masker. Buah naga putih adalah buah yang cocok untuk Anda yang ingin hidup sehat dan cantik.

FAQ

Apakah buah naga putih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui?

Buah naga putih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, asalkan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Buah naga putih dapat memberikan nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi, serta membantu mencegah anemia, sembelit, dan infeksi. Namun, jika Anda memiliki alergi atau kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah naga putih.

Apakah buah naga putih dapat menurunkan berat badan?

Buah naga putih dapat membantu menurunkan berat badan, asalkan dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Buah ini memiliki kandungan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengontrol gula darah, dan menurunkan nafsu makan.

Buah naga putih juga memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu sekitar 50 kalori per 100 gram buah. Namun, Anda juga harus mengatur asupan kalori dan aktivitas fisik Anda agar dapat mencapai berat badan yang ideal.

Baca Juga  Efek Samping Rokok Elektrik, Resiko dan Manfaat
Apakah buah naga putih baik untuk diet?

Buah naga putih baik untuk diet, karena memiliki kalori yang rendah, namun kaya akan serat dan air. Serat dan air dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat mengurangi asupan makanan yang berlebihan.

Selain itu, buah naga putih juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membakar lemak lebih cepat. Namun, buah naga putih juga mengandung gula alami, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan.

Bagaimana cara membuat jus buah naga putih?

Cara membuat jus buah naga putih adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih buah naga putih dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Masukkan buah naga putih ke dalam blender dan tambahkan air secukupnya.
  • Blender hingga halus dan saring jika perlu.
  • Tambahkan gula, madu, atau pemanis lainnya sesuai selera.
  • Jus buah naga putih siap dinikmati.
Bagaimana cara membuat masker buah naga putih?

Cara membuat masker buah naga putih adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih buah naga putih dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Masukkan buah naga putih ke dalam blender dan blender hingga halus.
  • Tambahkan madu, yogurt, atau bahan lainnya yang cocok untuk kulit Anda.
  • Aduk rata dan simpan di dalam kulkas selama 15 menit