Manfaat Buah Naga untuk Wajah sebagai Masker Alami yang Ampuh

Posted on

biotifor.or.idManfaat Buah Naga untuk Wajah – Buah naga adalah salah satu buah tropis yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Buah naga memiliki warna kulit yang menarik, yaitu merah, kuning, atau putih, dan daging buah yang lembut, berair, dan berbiji hitam. Buah naga kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat, yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

Salah satu manfaat buah naga yang mungkin belum banyak diketahui adalah manfaatnya untuk wajah. Buah naga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk merawat wajah, baik dengan cara dikonsumsi maupun diaplikasikan langsung ke kulit. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk wajah yang bisa anda coba:

Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit

Buah naga memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu sekitar 90%. Air ini bisa membantu melembapkan kulit dari dalam dan dari luar. Kulit yang lembap akan terlihat lebih segar, kenyal, dan sehat.

Cara menggunakannya:

  1. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. Anda bisa memakannya langsung, membuat jus, atau mencampurkannya dengan buah-buah lain.
  2. Anda juga bisa mengaplikasikan buah naga ke wajah sebagai masker. Caranya, haluskan daging buah naga dengan blender atau garpu, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Mencerahkan Kulit

Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 9 mg per 100 gram. Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang bisa membantu mencerahkan kulit dengan cara menghambat produksi melanin, pigmen yang menyebabkan kulit gelap. Vitamin C juga bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari, polusi, atau radikal bebas.

Cara menggunakannya:

  1. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin untuk mendapatkan manfaat vitamin C nya bagi kulit. Anda bisa memakannya langsung, membuat jus, atau mencampurkannya dengan buah-buah lain yang kaya vitamin C, seperti jeruk, kiwi, atau strawberry.
  2. Anda juga bisa mengaplikasikan buah naga ke wajah sebagai masker. Caranya, haluskan daging buah naga dengan blender atau garpu, lalu tambahkan sedikit madu. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.
Baca Juga  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Dengan Benar

Mengatasi Jerawat

Buah naga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang bisa membantu mengatasi jerawat. Buah naga bisa membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan nyeri yang disebabkan oleh jerawat. Buah naga juga bisa membantu membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, minyak, dan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

Cara menggunakannya:

  1. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin untuk mendapatkan manfaat anti-inflamasi dan antibakterinya bagi kulit. Anda bisa memakannya langsung, membuat jus, atau mencampurkannya dengan buah-buah lain yang memiliki sifat serupa, seperti nanas, pepaya, atau mangga.
  2. Anda juga bisa mengaplikasikan buah naga ke wajah sebagai masker. Caranya, haluskan daging buah naga dengan blender atau garpu, lalu tambahkan sedikit air perasan lemon. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah, khususnya pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Mengencangkan Kulit

Buah naga mengandung kolagen, yaitu protein yang berperan dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kolagen bisa membantu mencegah keriput, garis halus, dan penuaan dini pada kulit. Kolagen juga bisa membantu menyembuhkan luka dan mengurangi bekas luka pada kulit.

Cara menggunakannya:

  1. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin untuk mendapatkan manfaat kolagen nya bagi kulit. Anda bisa memakannya langsung, membuat jus, atau mencampurkannya dengan buah-buah lain yang kaya kolagen, seperti alpukat, apel, atau anggur.
  2. Anda juga bisa mengaplikasikan buah naga ke wajah sebagai masker. Caranya, haluskan daging buah naga dengan blender atau garpu, lalu tambahkan sedikit putih telur. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Menyegarkan Kulit

Buah naga memiliki aroma yang segar dan menyenangkan, yang bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan mood. Buah naga juga memiliki efek pendingin dan menenangkan pada kulit, yang bisa membantu mengurangi iritasi, gatal, dan panas pada kulit. Buah naga juga bisa membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Baca Juga  Cara Budidaya Labu Siam yang Bisa Tumbuh Subur, Bebas Hama, dan Panennya Melimpah

Cara menggunakannya:

  1. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin untuk mendapatkan manfaat aromanya bagi kesehatan mental dan fisik. Anda bisa memakannya langsung, membuat jus, atau mencampurkannya dengan buah-buah lain yang memiliki aroma segar, seperti melon, semangka, atau mentimun.
  2. Anda juga bisa mengaplikasikan buah naga ke wajah sebagai masker. Caranya, haluskan daging buah naga dengan blender atau garpu, lalu tambahkan sedikit yogurt. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat buah naga untuk wajah adalah dengan membuat masker alami dari buah ini. Berikut adalah beberapa resep masker buah naga yang bisa Anda coba di rumah:

Masker Buah Naga dan Madu

Masker buah naga dan madu adalah masker yang cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan kusam. Masker ini dapat membantu melembapkan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit wajah. Madu juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat dan luka di kulit.

Cara membuat masker buah naga dan madu adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan ½ buah naga merah yang sudah dibersihkan dan dihaluskan dengan blender atau garpu.
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata.
  3. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher yang sudah dibersihkan, hindari area mata dan mulut.
  4. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  5. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Masker Buah Naga dan Lemon

Masker buah naga dan lemon adalah masker yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Masker ini dapat membantu mengurangi sebum berlebih, mencerahkan kulit, dan menghilangkan bekas jerawat.

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat berfungsi sebagai eksfolian alami, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat masker buah naga dan lemon adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan ½ buah naga putih yang sudah dibersihkan dan dihaluskan dengan blender atau garpu.
  2. Tambahkan 2 sendok makan air perasan lemon dan aduk rata.
  3. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher yang sudah dibersihkan, hindari area mata dan mulut.
  4. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  5. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.
Baca Juga  Manfaat Kaldu Ikan - Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan

Masker Buah Naga dan Oatmeal

Masker buah naga dan oatmeal adalah masker yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Masker ini dapat membantu menenangkan, melembutkan, dan menghaluskan kulit wajah. Oatmeal memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-iritan yang dapat membantu meredakan kulit yang meradang, gatal, dan kemerahan akibat jerawat. Oatmeal juga dapat menyerap kelebihan minyak dan kotoran di kulit tanpa mengeringkannya.

Cara membuat masker buah naga dan oatmeal adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan ½ buah naga merah atau putih yang sudah dibersihkan dan dihaluskan dengan blender atau garpu.
  2. Tambahkan 2-3 sendok makan oatmeal halus dan aduk rata.
  3. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher yang sudah dibersihkan, hindari area mata dan mulut.
  4. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih sambil memijat wajah dengan gerakan melingkar.
  5. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Demikianlah informasi tentang manfaat buah naga untuk wajah dan cara membuat masker alami dari buah ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda merawat kulit wajah Anda dengan mudah dan murah.