Segudang Manfaat Kacang Polong yang Perlu Anda Ketahui

biotifor.or.id – Kacang polong, dikenal juga sebagai kacang hijau, adalah satu diantara jenis kacang-kacangan yang terkenal di Indonesia. Di samping rasanya yang sedap, kacang polong mempunyai beberapa manfaat yang memberikan keuntungan untuk kesehatan kita.

Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri manfaat kacang polong dan kenapa sebaiknya anda masukkan makanan ini ke skema makan keseharian Anda.

Kacang polong, dengan warna hijau cerah serta tekstur yang lembut, adalah bahan makanan yang kerap dipakai dalam masakan Indonesia. Tetapi, manfaatnya tidak hanya terbatas pada rasa yang sedap. Kacang polong kaya gizi penting yang memberikan dukungan kesehatan badan secara detail.

Sumber Gizi yang Kaya

Sumber Gizi yang Kaya

Kacang polong adalah sumber gizi yang kaya. Mereka memiliki kandungan beragam mineral dan vitamin penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, serta zat besi. Tidak hanya itu, kacang polong adalah sumber yang bagus buat protein nabati, serat, dan anti-oksidan.

Protein nabati yang terdapat di dalam kacang polong benar-benar berguna untuk orang yang jalani diet vegetarian atau vegan. Kacang polong bisa jadi alternative yang bagus buat daging, karena memiliki kandungan asam amino esensial yang diperlukan badan.

Baca Juga | Manfaat Kacang Macadamia: Kesehatan dan Kecantikan Jadi Satu

Sediakan Serat yang Bagus buat Pencernaan

Kacang polong memiliki kandungan serat makanan yang cukup tinggi, yang penting buat kesehatan pencernaan. Serat menolong tingkatkan fungsi usus, menghambat sembelit, serta mempertahankan kesehatan saluran pencernaan secara umum. Dengan konsumsi kacang polong secara teratur, Anda bisa membenahi skema makan Anda dan tingkatkan pencernaan secara keseluruhan.

Jaga Kesehatan Jantung

Kacang polong bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung Anda. Mereka memiliki kandungan serat, kalium, serta anti-oksidan yang bisa menolong turunkan kandungan cholesterol jahat di dalam darah. Dengan kurangi kandungan cholesterol jahat, Anda bisa kurangi dampak negatif penyakit stroke dan jantung.

Baca Juga  10 Makanan Penambah Berat Badan Bayi MPASI Penambah Berat Badan

Sediakan Asam Folat buat Kehamilan yang Sehat

Asam folat ialah gizi penting yang dibutuhkan sepanjang kehamilan. Kacang polong memiliki kandungan asam folat yang tinggi, hingga bisa menolong menghambat cacat tabung saraf pada janin serta memberikan dukungan perubahan yang sehat sepanjang kehamilan. Wanita hamil disarankan untuk konsumsi asam folat yang cukup, dan kacang polong bisa jadi opsi yang bagus untuk penuhi keperluan ini.

Menolong Turunkan Resiko Diabetes

Kacang polong bisa menolong jaga kandungan gula darah yang sehat dan kurangi resiko diabetes. Mereka mempunyai index glikemik yang lebih rendah, yang bermakna mereka tidak mengakibatkan kenaikan gula darah yang tajam sesudah dimakan. Serat yang terdapat di dalam kacang polong menolong mengontrol kandungan gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin.

Tingkatkan Kesehatan Tulang

Kacang polong memiliki kandungan beberapa mineral penting yang berperan pada kesehatan tulang, termasuk kalsium, magnesium, serta fosfor. Konsumsi kacang polong dengan teratur bisa menolong menguatkan tulang dan menghambat dampak negatif osteoporosis.

Baca Juga | Manfaat Kacang Pistachio: Kesehatan dalam Sebutir Kacang

Menolong Mengatur Berat Tubuh

Bila Anda sedang berusaha jaga atau turunkan berat tubuh, kacang polong bisa jadi makanan yang bermanfaat. Mereka rendah kalori dan kaya serat, yang menolong memberi rasa kenyang semakin lama. Dengan konsumsi kacang polong, Anda dapat berasa kenyang semakin lama dalam jumlah kalori yang semakin lebih rendah.

Sediakan Anti-oksidan yang Melindungi Tubuh

Kacang polong memiliki kandungan anti-oksidan yang membuat perlindungan tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan karena radikal bebas. Anti-oksidan ini menolong menghambat depresi oksidatif dan infeksi pada tubuh, yang bisa mengakibatkan beragam penyakit akut.

Sehatkan Kulit serta Rambut

Kacang polong mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit serta rambut. Kandungan pada vitamin C dan anti-oksidan dalam kacang polong menolong melawan kerusakan radikal bebas dan menguatkan collagen dalam kulit. Ini bisa menolong jaga kulit yang sehat dan menghambat pertanda penuaan dini. Tidak hanya itu, protein dalam kacang polong berperan dalam perkembangan dan perawatan rambut yang sehat.

Baca Juga  Budidaya Cacing Sutra: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Menolong Rekondisi Sesudah Olahraga

Kacang polong memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks, yang menjadikan sumber energi yang bagus untuk rekondisi sesudah olahraga. Karbohidrat ini menolong isi ulang glikogen dalam otot dan mengembalikan energi sesudah kegiatan fisik yang intensif.

Kurangi Resiko Kanker

Beberapa study memperlihatkan jika kacang polong bisa menolong kurangi resiko beberapa macam kanker, termasuk kanker usus besar serta kanker payudara. Anti-oksidan dan serat yang terdapat di dalam kacang polong berperan pada dampak perlindungannya terhadap perubahan sel-sel kanker.

Baca Juga | Manfaat Kacang Pinus: Nutrisi Penting untuk Kesehatan Anda

Jaga Kesehatan Mata

Kacang polong memiliki kandungan lutein serta zeaxanthin, dua senyawa yang penting buat kesehatan mata. Senyawa ini bisa menolong membuat perlindungan mata dari kerusakan yang disebabkan karena cahaya matahari dan menghambat perubahan penyakit mata berkaitan umur, seperti katarak dan degradasi makula.

Jaga Kesehatan Otak

Kandungan mineral dan vitamin dalam kacang polong memberi manfaat untuk kesehatan otak. Gizi ini bisa menolong tingkatkan peranan kognitif, memory, dan fokus. Konsumsi kacang polong dengan teratur bisa memberikan dukungan kesehatan otak Anda sejalan bertambahnya umur.

Ringkasan

Kacang polong ialah makanan yang sedap dan banyak mengandung nutrisi. Dalam artikel berikut, kita sudah menelusuri beragam manfaat kacang polong untuk kesehatan.

Termasuk sumber gizi yang kaya, pelindungan pada penyakit jantung, peranan penting sepanjang kehamilan, pengurangan dampak negatif diabetes, support untuk kesehatan tulang, manfaat saat mengatur berat tubuh, dan peranan utamanya saat membuat perlindungan badan dari kerusakan oksidatif.

Tambah kacang polong ke skema makan setiap hari Anda dan rasakan manfaatnya buat kesejahteraan dan kesehatan Anda secara keseluruhan!

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Bagaimanakah cara mengolah kacang polong?
Untuk mengolah kacang polong, Anda dapat merebusnya di air garam hingga empuk. Anda bisa juga menumis atau menggorengnya buat varian rasa.

Baca Juga  Jenis-jenis Pisau, Kenali Dan Tentukan Pilihan

2. Seberapa banyak kacang polong yang seharusnya saya konsumsi tiap hari?
Konsumsi kacang polong dengan teratur, tapi tidak terlalu berlebih. Sebagai pedoman umum, satu porsi kacang polong (sekitaran setengah cangkir) setiap hari bisa memberi manfaat yang bagus untuk kesehatan.

3. Apa kacang polong bagus untuk pasien diabetes?
Ya, kacang polong bisa berguna untuk pasien diabetes karena mempunyai index glikemik yang rendah serta kandungan serat yang cukup tinggi.

4. Apa kacang polong dapat mengakibatkan alergi?
Walaupun alergi pada kacang polong jarang ada, tapi sebagian orang kemungkinan alami reaksi alergi padanya. Bila Anda mempunyai histori alergi kacang, seharusnya konsultasi sama dokter saat sebelum konsumsi kacang polong.

5. Di mana saya dapat memperoleh kacang polong?
Anda bisa beli kacang polong di pasar tradisional, supermarket, atau toko makanan sehat. Bila Anda lebih senang yang segar, Anda pun bisa mendapatkannya di peternakan atau pasar sayur lokal.

Maka tidak boleh sangsi untuk menambahkan kacang polong ke dalam menu makanan sehat Anda. Rasakan manfaat kesehatan yang hebat yang disodorkan oleh kacang polong!