11 Manfaat Echinacea untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Biotifor.or.id – Manfaat Echinacea. Echinacea, dikenal juga sebagai coneflower ungu, adalah tanaman berbunga yang sudah dipakai sepanjang beratus-ratus tahun dalam penyembuhan tradisionil untuk memberikan dukungan beragam faktor kesehatan manusia. Walaupun biasanya disangkutkan support kebal, ada beberapa manfaat yang lain kurang dijumpai yang dijajakan Echinacea untuk badan. Pada artikel berikut, kita akan mengeksploitasi 11 manfaat terselinap yang disokong oleh riset ilmiah.

Manfaat Echinacea untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-echinacea

1. Support Mekanisme Kebal Badan

Salah satunya manfaat Echinacea yang terpopuler ialah kekuatannya untuk tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Riset sudah memperlihatkan jika senyawa tertentu yang berada di Echinacea, seperti polisakarida dan flavonoid, bisa tingkatkan proses pertahanan badan dan menolong menantang infeksi dan penyakit.

2. Karakter Anti-Peradangan

Echinacea mempunyai dampak antiinflamasi yang kuat, membuat berguna saat kurangi infeksi yang berkaitan secara beragam keadaan, seperti artritis dan permasalahan pernafasan.

3. Kenaikan Kesehatan Kulit

Program tropis Echinacea sudah diketemukan untuk tingkatkan kesehatan kulit dengan kurangi infeksi, menurunkan iritasi, dan menolong pengobatan cedera enteng dan infeksi kulit.

Baca Juga : 10 Manfaat Bunga Dandelion bagi Kesehatan Tubuh

4. Kesehatan Pernapasan

Karakter peningkat kebal dan anti-inflamasi Echinacea dapat benar-benar berguna untuk kesehatan pernafasan. Ini bisa menolong memudahkan tanda-tanda pilek, flu, dan infeksi pernafasan yang lain.

5. Pengatasan Infeksi Aliran Pernapasan Atas

Riset memperlihatkan jika suplemen Echinacea bisa menolong pengendalian infeksi aliran pernafasan sisi atas dengan kurangi keparahan dan durasi waktu tanda-tanda.

6. Kaya Anti-oksidan

Echinacea memiliki kandungan beragam anti-oksidan yang menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari depresi oksidatif dan kerusakan karena radikal bebas.

7. Support Kardiovaskular

Study sudah memperlihatkan jika Echinacea bisa berperan pada kesehatan jantung dengan tingkatkan tingkat tekanan darah yang sehat dan tingkatkan peranan jantung keseluruhannya.

Baca Juga  Cara Mengajari Anak Membaca Secara Efektif Di Rumah

Baca Juga : Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya

8. Dampak Anti-Virus

Selainnya kekuatan tingkatkan kebalnya, Echinacea sudah memperlihatkan karakter anti-virus yang bisa menolong melawan infeksi virus tertentu.

9. Anti-Kecemasan dan Penurun Depresi

Karakter adaptogenik Echinacea bisa menolong kurangi kekhawatiran dan depresi, tingkatkan rasa tenang dan sejahtera.

10. Peraturan Gula Darah

Riset pendahuluan memperlihatkan jika Echinacea bisa menolong atur kandungan gula darah, membuat mempunyai potensi berguna untuk pasien diabetes atau mereka yang beresiko meningkatkan keadaan itu.

11. Pemercepatan Pengobatan Cedera

Karakter pengobatan cedera Echinacea bisa berperan untuk rekondisi bisa lebih cepat dan kurangi dampak negatif infeksi jika dibalurkan pada cedera enteng dan lecet.

Baca Juga | Manfat Kayu Gaharu Menurut Islam, Dijuluki Pohon dari Surga

Sementara kekuatan tingkatkan kebal Echinacea sudah lama dikenali, manfaat yang lain kurang dijumpai menjadikan tanaman yang hebat untuk tingkatkan kesejahteraan dan kesehatan keseluruhannya. Dari dampak anti-inflamasi sampai kekuatannya saat menolong kesehatan kulit, mengurus permasalahan pernafasan, serta kurangi kekhawatiran, bermacam keunggulan Echinacea pantas mendapatkan perhatian semakin lebih besar. Seperti suplemen atau obat herbal yang lain, penting untuk konsultasi dengan professional kesehatan saat sebelum masukkan Echinacea ke rejimen kesehatan Anda untuk menentukannya aman dan sesuai keperluan individu Anda.

Efek Samping Echinacea 

manfaat echinacea

Echinacea biasanya dipandang aman untuk beberapa orang jika dipakai tepat. Tetapi, seperti suplemen atau obat herbal yang lain, ada kekuatan efek dan dasar pemakaian yang akurat. Di sini, kami mengulas kemungkinan efek dan referensi mengenai langkah memakai Echinacea secara aman.

  • Reaksi Alergi: Sebagian orang kemungkinan alami reaksi alergi pada Echinacea, khususnya mereka yang alergi pada tanaman dalam keluarga Asteraceae, seperti ragweed, aster, dan marigold. Reaksi alergi kemungkinan termasuk ruam kulit, gatal, dan tanda-tanda pernafasan seperti kesusahan bernapas.
  • Masalah Pencernaan: Pada beberapa kasus, suplemen Echinacea bisa mengakibatkan permasalahan pencernaan enteng, seperti mual, kram perut, atau diare.
  • Masalah Autoimun: Orang dengan masalah autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau lupus, harus waspada waktu memakai Echinacea, karena dapat menggairahkan mekanisme ketahanan tubuh dan mempunyai potensi jadi memperburuk keadaan ini.
  • Hubungan dengan Obat: Echinacea bisa berhubungan dengan obat tertentu, termasuk imunosupresan, obat anti-virus, dan beberapa obat yang diolah oleh hati. Bila Anda konsumsi obat resep, diskusikan dengan pakar kesehatan saat sebelum memakai Echinacea untuk menghindar dari kekuatan hubungan yang bikin rugi.
Baca Juga  Manfaat Calendula untuk Kulit, Bunga untuk Perawatan Kulit Anda

Baca Juga | 25 Jenis Tanaman Herbal tersebar didunia+Manfaat Kesehatannya

Pemakaian Echinacea untuk Kesehatan yang di Anjurkan

manfaat Echinacea

  1. Jumlah yang Direferensikan: Ikuti panduan jumlah yang direferensikan pada cap produk atau sama seperti yang dianjurkan oleh professional perawatan kesehatan. Jumlah bisa bervariatif berdasar bentuk Echinacea (kapsul, tincture, teh) dan fokus senyawa aktif.
  2. Pemakaian Periode Pendek: Biasanya dianjurkan untuk memakai Echinacea dalam sekejap, umumnya sampai 10-14 hari, lalu istirahat saat sebelum memakainya kembali. Pemakaian yang berkelanjutan dan terus-terusan bisa kurangi keefektifannya.
  3. Konsultasi dengan Professional Perawatan Kesehatan: Bila Anda sedang hamil, menyusui, mempunyai keadaan klinis yang memicunya, atau sedang konsumsi obat, diskusikan dengan professional perawatan kesehatan saat sebelum memakai Echinacea untuk menentukannya aman dan pas untuk keadaan detil Anda.
  4. Tes Alergi: Bila Anda tidak percaya apa Anda alergi pada Echinacea, pikirkan untuk lakukan tes tempel pada tempat kecil kulit saat sebelum menelan atau memakainya dengan tropis. Perhatikan reaksi yang bikin rugi minimal sepanjang 24 jam.
  5. Kualitas dan Sumber: Membeli produk Echinacea dari merk dan sumber terpenting untuk pastikan kualitas, kemurnian, dan keamanannya.
  6. Pemakaian Tropis: Bila memakai Echinacea secara tropis untuk keadaan kulit atau pengobatan cedera, membersihkan tempat yang terserang saat sebelum program dan jauhi memakainya pada cedera terbuka.
  7. Menyatukan dengan Suplemen Herbal Lain: Bila Anda memakai suplemen atau obat herbal lain, hati-hatilah saat menyatukannya dengan Echinacea. Beberapa gabungan kemungkinan mempunyai dampak atau hubungan yang tidak tersangka.

Kesimpulan

Echinacea menjadi obat herbal yang bernilai dengan beberapa manfaat kesehatan jika dipakai betul. Tetapi, penting untuk mengetahui kekuatan efek dan meng ikuti dasar pemakaian yang pas untuk pastikan pemakaian yang aman dan efisien. Seperti suplemen apa pun itu, dianjurkan untuk konsultasi dengan professional kesehatan saat sebelum masukkan Echinacea ke rejimen kesehatan Anda, terlebih bila Anda mempunyai keadaan kesehatan yang telah ada awalnya atau sedang meminum obat. Dengan begitu, Anda bisa nikmati manfaat prospektif dari Echinacea sekalian meminimalisir dampak negatif efek.