Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya

Biotifor.or.idBunga Lavender. Bunga lavender sudah lama dikenali karena manfaat obatnya dan biasa dipakai dalam penyembuhan herbal. Termasuk salah satu tanaman obat dan tanaman herbal, bunga lavender yang berkembang dengan warna ungu ini tawarkan beragam faedah dan manfaat kesehatan, dimulai dari menyingkirkan nyamuk sampai membuat tidur pulas. Lavender, tanaman berbunga dalam keluarga mint, banyak ditanamkan di wilayah Mediterania, Timur tengah, dan India.

Wewangian-wewangian antiknya sudah dipakai dalam beragam produk seperti minyak fundamental, teh, losion, sabun, dan serum muka. Dalam artikel ini kali, kita akan membahas hal manfaat bunga lavender untuk kesehatan yang kurang banyak dijumpai dan mengulas langkah memprosesnya.

Manfaat Bunga Lavender baik untuk Kesehatan

manfaat bunga lavender

Dapatkan Manfaat Kesehatan yang Mengagetkan dari Bunga Lavender dan Langkah Memakainya

Manfaat Kesehatan Bunga Lavender:

Beberapa riset menyorot beragam keunggulan bunga lavender, karena senyawa kimia yang dikandungnya. Silahkan selidik beberapa faedah kesehatan hebat yang berkaitan dengan lavender:

1. Penghilang Nyamuk

Wewangian lavender sudah lama dikenali sebagai pengusir nyamuk alami. Riset memberikan dukungan claim ini, memperlihatkan jika minyak fundamental lavender bisa secara efisien menghambat gigitan nyamuk sampai 8 jam. Anda bisa nikmati faedah ini dengan memakai diffuser untuk menebarkan wewangian minyak fundamental lavender yang menggembirakan ke semua udara.

Baca Juga | Tanaman Pengusir Nyamuk – Pelindung Alami Ampuh dan Efektif

2. Kontribusi untuk Insomnia

Mengisap wewangian bunga lavender bisa dibuktikan tingkatkan produksi melatonin, hormon yang atur transisi tidur dan mengakibatkan mengantuk. Secara tradisional, bunga lavender ditempatkan dalam bantal sebagai wewangianterapi untuk menolong mereka yang menanggung derita insomnia. Sekarang ini, Anda dapat memperoleh faedah dari manfaat menambah tidur lavender dengan memakai produk perawatan badan dengan bahan dasar lavender atau konsumsi teh konsentrat lavender saat sebelum tidur.

Baca Juga  Segudang Manfaat Daun Kumis Kucing ,,Rahasia

Baca Juga | Tanaman Obat Keluarga (TOGA) beragam Manfaat & Khasiatnya

3. Menurunkan rasa Kekhawatiran, Kecemasan

Wewangian bunga lavender mempunyai dampak menentramkan pemikiran dan bisa menolong membenahi situasi hati, menjadikan alat yang bernilai untuk kurangi depresi dan kekhawatiran.

4. Menurunkan Sakit Kepala

Riset memperlihatkan jika mengisap minyak fundamental lavender lewat wewangianterapi sepanjang 15 menit bisa kurangi frekwensi dan intensif migrain. Sementara study selanjutnya dibutuhkan untuk mengonfirmasi keefektifannya, bukti awalnya lumayan menjanjikan.

5. Penurun Ngilu Haid

Bunga lavender sudah diketemukan untuk memudahkan ngilu haid. Mengisap wewangian lavender sepanjang 30 menit memakai diffuser wewangianterapi bisa memberi kelegaan saat menstruasi, menjadikan pendekatan alami untuk menangani ngilu haid.

Baca Juga | Tanaman Herbal untuk Asam Lambung Solusi Alami Kesehatan

6. Penyembuhan Jerawat

Karakter antibakteri bunga lavender bisa menghalangi perkembangan bakteri pemicu jerawat. Study memperlihatkan jika gabungan minyak lavender dan lidah buaya bisa secara efisien melawan jerawat. Tetapi, riset selanjutnya dibutuhkan untuk tentukan apa manfaat itu hanya disangkutkan minyak lavender atau gabungan beberapa bahannya.

7. Kurangi Ketidaknyamanan Perut

Mengaplikasikan minyak fundamental lavender yang digabung minyak zaitun ke perut sudah dianjurkan sebagai obat prospektif untuk tanda-tanda yang terkait dengan sembelit dan sakit di perut. Tetapi, riset selanjutnya dibutuhkan untuk mengonfirmasi keefektifan pendekatan ini.

8. Karakter Antijamur

Study memperlihatkan jika minyak atsiri lavender mempunyai potensi menghalangi perkembangan jamur, termasuk Candida albicans. Property antijamur ini memperlihatkan jika minyak lavender bisa menolong dalam penyembuhan keadaan seperti kutu air dan kurap.

9. Penurun Penyakit Asma

Bunga lavender memperlihatkan dampak anti-inflamasi yang bisa menolong memudahkan asma bronkial. Mengisap wewangian minyak fundamental lavender sudah diketemukan untuk kurangi infeksi dan produksi lendir yang terlalu berlebih. Tetapi, riset selanjutnya dibutuhkan untuk mengonfirmasi kemanjurannya pada manusia.

Baca Juga  Manfaat Es Batu Untuk Bibir : Perawatan Murah Hasil Mempesona

Baca Juga | Tanaman Herbal Untuk Kolesterol Obat Alami Untuk Jantung Sehat

Tips Memakai Bunga Lavender dengan Aman

manfaat bunga lavender

Walaupun bunga lavender tawarkan banyak faedah kesehatan, penting untuk waspada, khususnya waktu memakai minyak fundamental lavender. Data terbatas ada berkenaan batasan keamanannya, khususnya untuk beberapa anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Waktu memakai minyak fundamental lavender secara tropis, selalu harus dicairkan minyak pembawa untuk menghindar dari iritasi kulit. Disamping itu, dianjurkan untuk hentikan pemakaian bila terjadi reaksi alergi, seperti gatal, kemerahan, atau kesusahan bernapas. Diskusikan dengan professional kesehatan bila perlu.

Baca Juga | Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Mempersiapkan Bunga Lavender:

Untuk memperoleh manfaat bunga lavender, Anda dapat menyeduh teh lavender sendiri dengan menyeduh ½ sendok teh bunga lavender kering di dalam 250ml air hangat. Sebagai alternative, Anda bisa menelusuri produk berbasiskan lavender yang ada di pasar, seperti minyak fundamental, losion, dan sabun.

Kesimpulan

Bunga lavender menawarkan beragam manfaat kesehatan, mulai dari menangkal nyamuk hingga meningkatkan relaksasi dan membantu mengatasi insomnia. Sementara penelitian yang sedang berlangsung terus mengungkap manfaat potensial baru, penting untuk menggunakan bunga lavender dengan hati-hati, terutama saat menggunakan minyak esensial lavender. Dengan memahami penggunaan yang tepat dan memperhatikan individu