Manfaat Cempedak yang Perlu Anda Ketahui

Biotifor.or.idmanfaat cempedak-Cempedak adalah buah yang sering disamakan dengan nangka karena bentuk dan warnanya yang mirip. Namun, cempedak memiliki aroma yang lebih menyengat dan rasa yang lebih manis daripada nangka. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, berkat kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Apa saja manfaat cempedak untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi Cempedak

Cempedak memiliki nama ilmiah Artocarpus integer dan dikenal juga dengan sebutan cempadak atau cempeda. Buah yang masih berkerabat dengan nangka dan sukun ini paling sering ditemui di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Buah cempedak memiliki serangkaian kandungan gizi bermanfaat untuk tubuh. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram cempedak memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air: 67 mililiter (ml)
  • Energi: 116 kkal
  • Protein: 3 gram (g)
  • Lemak: 0,4 g
  • Karbohidrat: 28,6 g
  • Serat: 3,4 g
  • Kalsium: 20 miligram (mg)
  • Zat besi: 1,5 mg
  • Natrium: 25 mg
  • Fosfor: 30 mg
  • Kalium: 243,7 mg
  • Beta-Karoten: 79 mikrogram (mcg)
  • Vitamin C: 15 mg

Cempedak dapat dikonsumsi secara langsung dan dibuat jadi beragam jenis cemilan. Sejumlah olahan cempedak populer yakni selai, keripik, atau kombinasi kolak.

Manfaat Cempedak untuk Kesehatan

Cempedak

Dibalik rasanya yang manis dan berwarna yang oranye jelas, cempedak mempunyai rangkaian manfaat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat cempedak untuk kesehatan yang penting Anda ketahui:

1.Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satunya manfaat buah cempedak untuk kesehatan ialah mempertahankan kesehatan jantung. Buah cempedak memiliki kandungan kalium yang tinggi untuk menolong turunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan karena konsumsi garam terlalu berlebih. Disamping itu, kalium sanggup menurunkan kemelut pada dinding pembuluh darah dan menghambat resiko penyakit jantung.

Selainnya kalium, cempedak memiliki kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang dapat melindungi jantung dari kerusakan karena radikal bebas. Vitamin C berperanan saat jaga fleksibilitas pembuluh darah dan menghambat penggumpalan darah.

Baca Juga  Manfaat Tempe Mentah Segudang Keuntungan untuk Kesehatan

2.Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat terjadi pada siapa pun. Namun, ISK seringkali dirasakan oleh ibu hamil dan wanita karena keadaan uretranya lebih pendek dibandingkan pria. Hal itu mempermudah bakteri untuk masuk dan menginfeksi saluran kemih.

Untuk kurangi resiko dan tingkat keparahan ISK, Anda dapat konsumsi buah cempedak. Buah cempedak mempunyai karakter antibakteri, anti-virus, dan antijamur, hingga membantu kurangi resiko infeksi di saluran kemih.

3.Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat cempedak yang lain untuk kesehatan ialah membantu memelihara kesehatan mata. Dalam 100 g cempedak, ada 79 mcg beta karoten. Kandungan beta karoten ini akan diganti jadi vitamin A. Vitamin A berguna untuk mempertahankan kesehatan mata dan kurangi ketegangan pada otot mata.

Vitamin A berperanan saat menghambat masalah penglihatan, seperti rabun senja, katarak, dan degradasi makula. Walau demikian, kelebihan vitamin A bisa juga membuat kulit jadi menguning. Diskusikan sama dokter jika alami hal itu.

4.Pengobatan Malaria

Bukan hanya buahnya, kulit buah cempedak mempunyai manfaat untuk penyembuhan malaria. Penyakit malaria ialah penyakit yang disebabkan karena infeksi parasit Plasmodium berghei yang disebarkan lewat gigitan nyamuk.

Kulit buah cempedak mengandung senyawa artoindonesianin yang bersifat antimalaria. Senyawa ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan parasit Plasmodium berghei di dalam tubuh. Selain itu, kulit buah cempedak juga mengandung antioksidan lain, seperti flavonoid, tanin, triterpenoid, karoten, dan xanthone, yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

5.Mengontrol Kadar Gula Darah

Faedah cempedak bukan hanya asal dari daging buahnya, tetapi bisa juga dari bijinya. Biji cempedak diketahui dapat dibuat jadi tepung dan digunakan sebagai alternative pengganti tepung terigu. Dibanding tepung biasa, tepung biji cempedak mempunyai makin banyak kandungan serat dan gizi, dan mempunyai index glikemik lebih rendah dibanding tepung roti.

Baca Juga  Manfaat Tidur Siang untuk Anak | Penting Dalam Perkembangan!

Dengan demikian, tepung biji cempedak menjadi opsi lebih sehat, khususnya untuk penderita diabetes dan obesitas. Tepung biji cempedak bisa digunakan untuk membuat roti, kue, atau biskuit yang lebih rendah kalori dan gula.

6.Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat cempedak yang terakhir adalah mengurangi risiko kanker. Buah ini mengandung berbagai antioksidan, seperti flavonoid, tanin, triterpenoid, karoten, dan xanthone. Antioksidan dapat melawan radikal bebas, yaitu molekul yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel. Kerusakan DNA dan sel dapat memicu terjadinya mutasi dan pertumbuhan sel abnormal, yang merupakan ciri khas kanker.

Salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi cempedak adalah kanker payudara. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah cempedak dapat menghambat proliferasi dan induksi apoptosis pada sel kanker payudara. Apoptosis adalah proses kematian sel yang terprogram secara alami. Dengan demikian, cempedak dapat membantu menghentikan perkembangan kanker payudara.

Kesimpulan

Cempedak adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bisa membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Beberapa manfaat cempedak untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko infeksi saluran kemih, memelihara kesehatan mata, pengobatan malaria, dan mengontrol kadar gula darah.

Anda bisa mengonsumsi cempedak secara langsung atau mengolahnya menjadi berbagai macam olahan, seperti selai, keripik, atau kolak. Anda juga bisa memanfaatkan biji cempedak sebagai bahan alternatif untuk membuat tepung yang lebih sehat.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi cempedak, karena buah ini juga mengandung gula yang cukup tinggi. Jika Anda mengonsumsi cempedak secara berlebihan, Anda bisa mengalami kenaikan berat badan, karies gigi, atau gangguan pencernaan. Oleh karena itu, konsumsilah cempedak dengan porsi yang wajar dan seimbangkan dengan makanan sehat lainnya.

FAQ ( Frequently Asked Question)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar manfaat cempedak untuk kesehatan:

  • Apakah cempedak bisa menurunkan berat badan? Ya, cempedak bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat yang tinggi. Serat bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, cempedak juga mengandung kalium yang bisa mengurangi penumpukan cairan di dalam tubuh dan mencegah kenaikan berat badan akibat retensi cairan.
  • Apakah cempedak baik untuk ibu hamil? Ya, cempedak baik untuk ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin, seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Cempedak juga bisa membantu mencegah anemia, konstipasi, infeksi saluran kemih, dan kekurangan vitamin A pada ibu hamil. Namun, ibu hamil harus mengonsumsi cempedak dengan porsi yang sesuai dan ikuti anjuran dokter terlebih dahulu
  • Apakah cempedak bisa dimakan mentah? Tidak, cempedak tidak bisa dimakan mentah, karena rasanya akan pahit dan tidak enak. Cempedak harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, baik dengan cara direbus, digoreng, dipanggang, atau dikukus.
  • Apakah cempedak bisa menyebabkan alergi? Ya, cempedak bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang yang sensitif terhadap buah ini. Gejala alergi yang bisa muncul antara lain gatal-gatal, ruam, bengkak, sesak napas, atau syok anafilaksis. Jika Anda mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi cempedak, segera hubungi dokter atau layanan darurat.