Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Posted on

biotifor.or.idManfaat Bawang Putih Bakar – Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada masakan. Namun, tahukah Anda bahwa bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat bawang putih adalah dengan membakarnya atau memanggangnya.

Bawang putih bakar memiliki rasa yang lebih lembut, manis, dan gurih daripada bawang putih mentah. Selain itu, bawang putih bakar juga mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan allicin.

Allicin adalah senyawa aktif yang memberikan bawang putih sifat antibakteri, antijamur, antiviral, dan antiinflamasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja manfaat bawang putih bakar untuk kesehatan dan bagaimana cara membuatnya dengan mudah di rumah.

Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih bakar untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Meningkatkan sistem imun

Bawang putih bakar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memerangi bakteri, virus, jamur, dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi. Bawang putih bakar juga dapat merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Selain itu, bawang putih bakar juga mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah dan mengatasi flu, batuk, pilek, dan demam.

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan fungsi sel imun. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi bawang putih bakar dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dan menurunkan tingkat stres oksidatif pada orang yang terinfeksi HIV.

Menjaga kesehatan jantung

Bawang putih bakar dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan homosistein yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Bawang putih bakar juga dapat mencegah penggumpalan darah, mengurangi peradangan, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

Bawang putih bakar juga dapat membantu mengobati aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak. Menurut sebuah meta-analisis, mengonsumsi bawang putih bakar dapat menurunkan tekanan darah sistolik rata-rata sebesar 4,6 mmHg dan tekanan darah diastolik rata-rata sebesar 2,8 mmHg pada orang dengan hipertensi.

Baca Juga  11 Manfaat Bunga Pepaya Bagi kesehatan dan Cara Mengolahnya

Selain itu, menurut sebuah penelitian lain, mengonsumsi bawang putih bakar dapat menurunkan kadar kolesterol total rata-rata sebesar 7,4%, kolesterol LDL (kolesterol jahat) rata-rata sebesar 11,6%, trigliserida rata-rata sebesar 6,5%, dan homosistein rata-rata sebesar 6,7% pada orang dengan hiperkolesterolemia.

Mencegah kanker

Bawang putih bakar dapat mencegah kanker dengan cara menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Bawang putih bakar juga dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dan radioterapi dengan cara melindungi sel normal dari efek sampingnya. Bawang putih bakar juga dapat menstimulasi apoptosis, yaitu kematian sel kanker secara alami.

Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah oleh bawang putih bakar adalah kanker lambung, usus besar, payudara, prostat, dan kulit. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi bawang putih bakar dapat menurunkan risiko kanker lambung sebesar 44% dan kanker usus besar sebesar 47% pada orang yang tinggal di Cina.

Selain itu, menurut sebuah penelitian lain, mengonsumsi bawang putih bakar dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi berbasis platina pada pasien kanker paru-paru.

Menurunkan berat badan

Bawang putih bakar dapat menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan membakar lemak. Bawang putih bakar juga dapat mengatur kadar gula darah dan insulin yang dapat mencegah penimbunan lemak. Bawang putih bakar juga dapat meningkatkan energi dan stamina yang dapat membantu Anda berolahraga lebih lama dan lebih keras.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi bawang putih bakar dapat menurunkan berat badan rata-rata sebesar 1,5 kg, indeks massa tubuh rata-rata sebesar 0,6 kg/m2, dan lingkar pinggang rata-rata sebesar 2,7 cm pada orang dengan obesitas. Selain itu, menurut sebuah penelitian lain, mengonsumsi bawang putih bakar dapat meningkatkan kapasitas oksigen maksimal rata-rata sebesar 4,2% dan daya tahan otot rata-rata sebesar 12,2% pada atlet.

Menyehatkan kulit dan rambut

Bawang putih bakar dapat menyehatkan kulit dan rambut dengan cara memberikan nutrisi, antioksidan, dan antibakteri yang dapat melawan radikal bebas, infeksi, dan penuaan dini. Bawang putih bakar juga dapat merangsang pertumbuhan dan regenerasi sel kulit dan rambut yang dapat membuatnya lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Bawang putih bakar juga dapat mengatasi masalah kulit dan rambut seperti jerawat, bekas luka, eksim, psoriasis, ketombe, rambut rontok, dan uban. Menurut sebuah penelitian, mengoleskan bawang putih bakar pada kulit yang terkena jerawat dapat mengurangi jumlah lesi jerawat rata-rata sebesar 62,5% dan tingkat keparahan jerawat rata-rata sebesar 66,7% dalam waktu 8 minggu.

Baca Juga  Jenis Tanaman Perdu: Pilihan Terbaik untuk Taman Anda

Selain itu, menurut sebuah penelitian lain, mengoleskan bawang putih bakar pada kulit kepala yang mengalami rambut rontok dapat meningkatkan pertumbuhan rambut rata-rata sebesar 95% dan menurunkan kerontokan rambut rata-rata sebesar 67% dalam waktu 6 minggu.

Cara Membuat Bawang Putih Bakar

Membuat bawang putih bakar tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan dan alat yang mudah didapatkan. Berikut ini adalah cara membuat bawang putih bakar yang bisa Anda coba di rumah:

  1. Siapkan bawang putih utuh sebanyak yang Anda inginkan. Cuci bersih dan keringkan dengan tisu atau lap. Pilihlah bawang putih yang masih segar, utuh, dan tidak berubah warna atau tekstur. Jangan gunakan bawang putih yang sudah berkecambah, berjamur, atau berbau busuk karena dapat mengurangi kualitas dan manfaatnya.
  2. Potong bagian atas bawang putih sehingga beberapa siungnya terbuka. Jangan kupas kulitnya karena akan membantu menjaga kelembapan dan rasa bawang putih. Anda bisa memotong sekitar 1/4 atau 1/3 bagian atas bawang putih, tergantung dari ukuran dan bentuknya. Pastikan Anda memotongnya dengan pisau yang tajam dan bersih agar tidak merusak struktur dan kandungan bawang putih.
  3. Letakkan bawang putih di atas selembar kertas timah atau kertas roti. Tuangkan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica di atas bawang putih. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain sesuai selera, seperti rosemary, thyme, atau bawang bombay. Minyak zaitun akan membantu bawang putih menjadi lebih lembab dan beraroma, sedangkan garam dan merica akan memberikan rasa gurih dan pedas. Bumbu lain akan memberikan rasa tambahan dan variasi pada bawang putih bakar.
  4. Bungkus bawang putih dengan kertas timah atau kertas roti sehingga tertutup rapat. Letakkan di atas loyang atau pinggan tahan panas. Bungkusan kertas akan membantu bawang putih mengeluarkan aroma dan rasa yang maksimal tanpa terbakar atau mengering. Loyang atau pinggan akan menampung minyak dan bumbu yang keluar dari bawang putih agar tidak menetes ke oven.
  5. Panggang bawang putih di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 derajat Celcius selama 40-60 menit atau sampai bawang putih menjadi lunak dan berwarna kecoklatan. Waktu dan suhu panggang dapat disesuaikan dengan ukuran dan jumlah bawang putih yang Anda gunakan. Anda bisa memeriksa kematangan bawang putih dengan menusuknya dengan garpu atau pisau. Jika bawang putih mudah ditusuk dan terasa empuk, berarti bawang putih sudah matang.
  6. Keluarkan bawang putih dari oven dan biarkan dingin sebentar. Buka kertas timah atau kertas roti dan kupas kulit bawang putih. Anda bisa menyimpan bawang putih bakar di dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama beberapa hari atau di dalam freezer selama beberapa minggu. Bawang putih bakar yang disimpan dengan baik akan tetap lezat dan bergizi saat dikonsumsi.
  7. Nikmati bawang putih bakar sebagai camilan, lauk, atau bumbu masakan. Anda bisa memakannya langsung, menghancurkannya dengan garpu, atau memblendernya dengan sedikit air atau kaldu untuk membuat saus atau sup. Bawang putih bakar akan memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan Anda. Beberapa contoh masakan yang bisa Anda buat dengan bawang putih bakar adalah pasta, pizza, salad, ayam, ikan, daging, sayuran, roti, dan lain-lain.
Baca Juga  21 Objek Tempat Wisata di Indonesia Dengan Keindahan Alam yang Memukau

Demikianlah informasi tentang “manfaat bawang putih bakar” dan cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang bawang putih bakar. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.