Tak Perlu Susah Payah Menurunkan Berat Badan, Cukup Pahami Manfaat Bawang Putih untuk Diet

Posted on

biotifor.or.id – Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat bawang putih yang mungkin menarik bagi Anda yang sedang menjalani diet adalah untuk menurunkan berat badan. Bawang putih mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat membantu membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan menekan nafsu makan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja manfaat bawang putih untuk diet, bagaimana cara menggunakan bawang putih dalam diet, dan apa saja efek samping dan perhatian yang harus diperhatikan saat mengonsumsi bawang putih.

Manfaat Bawang Putih untuk Diet

Manfaat Bawang Putih untuk Diet

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk diet, antara lain:

Bawang putih untuk menurunkan berat badan

Bawang putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang dapat meningkatkan aktivitas enzim lipase yang bertugas memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Asam lemak dan gliserol kemudian dapat digunakan sebagai sumber energi oleh tubuh, sehingga mengurangi jumlah lemak yang tersimpan. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi penyerapan lemak dari makanan dengan cara menghambat aktivitas enzim lipase pankreas yang bertugas mencerna lemak di usus.

Khasiat bawang putih untuk tubuh

Bawang putih tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki khasiat lain untuk tubuh Anda. Beberapa khasiat bawang putih untuk tubuh adalah sebagai berikut:

  • Bawang putih dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida. Bawang putih juga dapat mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.
  • Bawang putih dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan cara merangsang sekresi cairan lambung, empedu, dan enzim pencernaan. Bawang putih juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, diare, kembung, dan gas.
  • Bawang putih dapat meningkatkan kesehatan imunitas dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembunuh alami (natural killer cells) yang dapat membunuh sel-sel kanker, virus, dan bakteri. Bawang putih juga dapat meningkatkan produksi antibodi yang dapat melawan infeksi.

Manfaat makan bawang putih setiap hari

Makan bawang putih setiap hari dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan diet Anda. Beberapa manfaat makan bawang putih setiap hari adalah sebagai berikut:

  • Makan bawang putih setiap hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak, dan menekan nafsu makan.
  • Makan bawang putih setiap hari dapat membantu Anda mencegah atau mengobati berbagai penyakit seperti flu, batuk, radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, infeksi jamur, dan herpes.
  • Makan bawang putih setiap hari dapat membantu Anda menjaga kecantikan kulit dengan cara melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, meredakan peradangan dan iritasi pada kulit, menghilangkan jerawat dan bekasnya, dan mencerahkan kulit.
Baca Juga  Rahasia Energi Sehari-hari: 9 Resep Minuman Berprotein Tinggi yang Mudah dibuat dan Lezat

Cara menggunakan bawang putih dalam diet

Bawang putih dapat digunakan dalam diet Anda dengan berbagai cara. Beberapa cara menggunakan bawang putih dalam diet adalah sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi bawang putih mentah: Cara paling sederhana dan efektif untuk mendapatkan manfaat bawang putih adalah dengan mengonsumsinya mentah. Anda dapat mengonsumsi satu atau dua siung bawang putih mentah setiap hari dengan cara mengunyahnya langsung atau mencampurnya dengan madu atau lemon. Anda juga dapat memarut atau menghaluskan bawang putih mentah dan menambahkannya ke salad, sandwich, atau jus buah.
  2. Mengonsumsi bawang putih masak: Cara lain untuk mendapatkan manfaat bawang putih adalah dengan mengonsumsinya masak. Anda dapat memasak bawang putih dengan cara menumis, merebus, menggoreng, atau memanggangnya. Anda juga dapat menambahkan bawang putih masak ke berbagai hidangan seperti sup, sayur tumis, pasta, nasi goreng, atau pizza. Namun, perlu diingat bahwa memasak bawang putih dapat mengurangi kandungan allicin dan senyawa aktif lainnya di dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memasak bawang putih terlalu lama atau terlalu panas.
  3. Mengonsumsi suplemen bawang putih: Cara lain untuk mendapatkan manfaat bawang putih adalah dengan mengonsumsi suplemen bawang putih yang tersedia di pasaran. Suplemen bawang putih biasanya berbentuk kapsul, tablet, serbuk, atau cairan yang mengandung ekstrak bawang putih. Suplemen bawang putih dapat memberikan dosis yang lebih tinggi dan lebih stabil dari senyawa aktif dalam bawang putih. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen bawang putih untuk mengetahui dosis yang tepat dan aman bagi Anda.

Efek Samping dan Peran Bawang Putih

Efek Samping dan Peran Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu obat alami yang aman dan efektif untuk diet sehat. Namun, seperti halnya obat lainnya, bawang putih juga memiliki efek samping dan perhatian yang harus diperhatikan saat mengonsumsinya. Beberapa efek samping dan perhatian bawang putih adalah sebagai berikut:

Efek samping konsumsi bawang putih

Bawang putih dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan, seperti bau mulut, bau badan, mulas, mual, muntah, diare, sakit perut, keringat berlebih, pusing, atau sakit kepala. Efek samping ini biasanya terjadi jika Anda mengonsumsi bawang putih dalam jumlah besar atau dalam kondisi tertentu.

Anda dapat mengurangi efek samping ini dengan cara mengonsumsi bawang putih bersama makanan, minum air yang cukup, mengunyah daun mint atau peterseli, atau menggosok gigi setelah mengonsumsi bawang putih.

Baca Juga  Perlu Diwaspadai! Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Pentingnya nutrisi bawang putih dalam diet seimbang

Bawang putih adalah salah satu sumber nutrisi yang baik untuk diet Anda. Bawang putih mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam bawang putih adalah sebagai berikut:

  • Vitamin C: Vitamin ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan membantu pembentukan kolagen dan elastin.
  • Vitamin B6: Vitamin ini dapat membantu metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat, serta membantu produksi energi dan sel darah merah.
  • Mangan: Mineral ini dapat membantu fungsi enzim antioksidan, pembentukan tulang dan jaringan ikat, serta regulasi gula darah dan hormon tiroid.
  • Selenium: Mineral ini dapat membantu fungsi enzim antioksidan, sintesis DNA dan RNA, serta perlindungan sel dari kerusakan oksidatif.
  • Allicin: Senyawa ini adalah senyawa utama yang bertanggung jawab atas manfaat bawang putih untuk kesehatan. Allicin memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, antioksidan, dan detoksifikasi yang sangat kuat.

Peran bawang putih dalam meningkatkan metabolisme tubuh

Bawang putih dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas hormon tiroid. Hormon tiroid adalah hormon yang mengatur laju metabolisme basal tubuh, yaitu jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

Bawang putih dapat merangsang produksi hormon tiroid dengan cara meningkatkan kadar yodium dalam tubuh. Yodium adalah mineral yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Dengan demikian, bawang putih dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan lemak dalam tubuh.

Efektivitas bawang putih dalam menekan nafsu makan

Bawang putih dapat membantu menekan nafsu makan dengan cara meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Bawang putih dapat meningkatkan rasa kenyang dengan cara meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Serotonin adalah neurotransmiter yang berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Serotonin dapat memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah cukup makan dan tidak perlu makan lagi. Bawang putih juga dapat mengurangi rasa lapar dengan cara mengurangi kadar ghrelin dalam tubuh. Ghrelin adalah hormon yang berperan dalam merangsang nafsu makan. Ghrelin dapat memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh membutuhkan makanan dan harus makan segera.

Resep Diet dengan Bawang Putih

Resep Diet dengan Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang dapat membuat resep diet Anda menjadi lebih lezat dan sehat. Berikut adalah beberapa resep diet dengan bawang putih yang dapat Anda coba:

Ayam panggang bawang putih

Campurkan 4 siung bawang putih cincang, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica hitam, 1/2 sendok teh paprika bubuk, 1/4 sendok teh oregano kering, dan 1/4 sendok teh rosemary kering dalam mangkuk kecil.

Baca Juga  Manfaat Sayur Caisim untuk Kesehatan, Kaya Gizi dan Khasiat Kesehatan

Lumuri campuran bumbu ini ke seluruh permukaan 4 potong dada ayam tanpa kulit dan tulang. Letakkan ayam di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 200°C selama 25 menit atau sampai ayam matang. Sajikan ayam panggang bawang putih ini dengan salad sayur atau nasi merah.

Tumis brokoli bawang putih

Potong-potong 500 gram brokoli menjadi ukuran kecil. Panaskan 2 sendok makan minyak wijen dalam wajan besar di atas api sedang-tinggi. Tambahkan 4 siung bawang putih cincang dan tumis selama 1 menit atau sampai harum. Kemudian masukkan brokoli dan aduk rata.

Tambahkan 1/4 cangkir air, 2 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan madu, dan 1/4 sendok teh merica bubuk. Aduk rata dan masak selama 10 menit atau sampai brokoli empuk. Sajikan tumis brokoli bawang putih ini dengan nasi putih atau mie soba.

Roti bawang putih

Potong-potong 1 buah roti tawar gandum menjadi ukuran kecil. Panaskan oven pada suhu 180°C. Dalam mangkuk kecil, campurkan 4 sendok makan mentega leleh, 2 siung bawang putih cincang, dan 2 sendok makan peterseli cincang. Oleskan campuran mentega ini ke setiap potongan roti.

Susun potongan roti di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Panggang dalam oven selama 15 menit atau sampai roti garing dan kecoklatan. Sajikan roti bawang putih ini sebagai camilan atau pelengkap hidangan utama.

Kesimpulan

Bawang putih adalah salah satu obat alami yang dapat membantu Anda dalam diet sehat Anda. Bawang putih dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan menekan nafsu makan.

Bawang putih juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh dengan cara meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, imunitas, dan kulit. Bawang putih juga dapat digunakan dalam berbagai resep diet yang lezat dan sehat. Namun, Anda juga harus memperhatikan efek samping dan perhatian yang dapat timbul saat mengonsumsi bawang putih.