13 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan

biotifor.or.idManfaat buah amla sudah dikenali sepanjang beratus-ratus tahun dalam penyembuhan Ayurveda. Buah amla, dikenal juga sebagai emblica atau gooseberry India, ialah sumber yang kaya gizi dan anti-oksidan. Artikel berikut akan mengulas manfaat hebat dari buah amla, dimulai dari kesehatan kulit sampai mekanisme ketahanan tubuh lebih kuat. Mari, kita keduk lebih dalam!

Mengenal Buah Amla

Buah amla, dikenal juga sebagai “buah murbei India” atau “Indian gooseberry” dengan bahasa Inggris, ialah buah yang tumbuh di pohon Amla (Phyllanthus emblica). Makanan alam ini mempunyai bentuk yang serupa dengan ceri dan warna hijau atau kuning bergantung dengan tingkat kematangannya. Buah amla mempunyai rasa yang asam dan astringen, hingga kerap dipakai dalam beragam sajian, minuman, dan produk kesehatan di India dan beberapa negara sekelilingnya.

Amla kaya vitamin C dan beragam senyawa anti-oksidan, hingga kerap dipandang seperti buah yang bagus untuk kesehatan. Buah amla bisa dikonsumsi secara langsung, jadi selai, atau dibuat jadi bubuk amla yang dipakai dalam obat tradisionil Ayurveda. Buah ini kerap dipakai dalam produk perawatan rambut dan kulit karena faedahnya untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Buah Amla untuk Kesehatan

Manfaat Buah Amla untuk Kesehatan

Buah Amla, juga dikenal sebagai Amalaki atau Indian gooseberry, adalah buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Kaya akan Vitamin C

Buah Amla mempunyai kandungan pada vitamin C yang tinggi sekali, bahkan juga semakin tinggi dibanding jeruk. Vitamin C dikenali sebagai gizi penting untuk tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Ini menolong badan menantang infeksi dan penyakit dengan tingkatkan produksi sel darah putih, jaga beberapa sel badan masih tetap sehat, dan percepat pengobatan cedera. Vitamin C mainkan peranan penting pada sintesis collagen, yang menolong jaga kulit, rambut, dan kuku masih tetap sehat.

Baca Juga  Efek Samping Kayu Secang, Membuka Rahasia

2. Antioksidan

Amla memiliki kandungan beragam tipe anti-oksidan, termasuk polifenol dan flavonoid. Anti-oksidan ialah senyawa yang membuat perlindungan badan dari kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas, yang bisa mengakibatkan penuaan awal dan beragam penyakit. Konsumsi makanan kaya anti-oksidan seperti Amla bisa menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dan mempertahankan kesehatan keseluruhannya.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat buah amla yang selanjutnya. Kandungan serat dalam Amla bisa menolong kurangi kandungan cholesterol pada darah, yang disebut faktor dampak negatif penyakit jantung. Disamping itu, Amla mempunyai karakter antiinflamasi dan antihipertensi, yang menolong mengontrol tekanan darah. Ini menolong mempertahankan kesehatan jantung keseluruhannya dan kurangi dampak negatif penyakit kardiovaskular.

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam Amla membantu menjaga kulit tetap sehat. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan mencegah keriput. Antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi lingkungan. Amla juga memiliki sifat pencerah kulit dan dapat membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat.

5. Menyokong Kesehatan Rambut

Amla sudah lama dipakai dalam perawatan rambut di India. Kandungan pada vitamin C dalam Amla menolong perkuat folikel rambut, menggerakkan perkembangan rambut yang sehat, dan kurangi kerontokan rambut. Disamping itu, Amla bisa dipakai dalam masker rambut untuk menangani permasalahan seperti ketombe dan kulit kepala kering.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin C dalam Amla memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Ini membantu dalam mencegah kondisi mata seperti katarak dan degenerasi makula, yang dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan seiring bertambahnya usia.

7. Menyokong Fungsi Hati

Manfaat buah amla yang berikutnya. Amla memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan hati. Ini membantu menghilangkan toksin dari tubuh dan mempromosikan fungsi hati yang sehat. Hati yang sehat adalah kunci untuk pemrosesan nutrisi yang efisien dalam tubuh.

Baca Juga  Manfaat Ampas Tahu Sumber Gizi Berkualitas Tinggi untuk Kesehatan

8. Meningkatkan Pencernaan

Buah Amla mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan menjaga kesehatan usus. Konsumsi serat yang cukup juga dapat mengurangi risiko penyakit usus besar.

9. Menurunkan Risiko Kanker

Anti-oksidan dalam Amla bisa menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan yang bisa mengakibatkan perubahan kanker. Riset sudah memperlihatkan jika senyawa dalam Amla bisa mempunyai dampak antikanker, khususnya saat menantang kanker payudara, prostat, dan usus besar.

10. Mengelola Diabetes

Amla dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Ini dapat membantu penderita diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dari makanan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi Amla jika Anda memiliki diabetes untuk memastikan penggunaannya yang aman.

11. Menyehatkan Gigi dan Gusi

Manfaat buah amla yang setelah itu. Amla mengandung zat antibakteri yang dapat membantu melindungi gigi dan gusi dari infeksi. Ini juga dapat membantu mencegah radang gusi dan masalah gigi lainnya. Gigi dan gusi yang sehat adalah bagian penting dari kesehatan mulut yang baik.

12. Meningkatkan Energi

Amla memiliki kandungan zat besi, yang terpenting untuk pembangunan sel darah merah. Sel darah merah membawa oksigen ke semua badan, dan kekurangan zat besi bisa mengakibatkan kecapekan dan anemia. Dengan konsumsi Amla, Anda bisa tingkatkan tingkat energi Anda dan jaga badan masih tetap berkekuatan.

13. Mendukung Kesehatan Tulang

Kalsium adalah nutrisi penting untuk kesehatan tulang, dan Amla mengandung kalsium. Mengonsumsi Amla bersama dengan makanan lain yang kaya kalsium dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Kesimpulan

Manfaat buah amla benar-benar mengagumkan, menjadikan makanan yang berharga untuk kesehatan Anda. Dari kesehatan kulit sampai mekanisme ketahanan tubuh yang kuat, amla ialah fenomena alam yang penting Anda pikirkan untuk ditempatkan pada diet Anda.

Baca Juga  Efek Kebanyakan Makan Durian, Makanan Lezat dengan Dampak yang Perlu Diperhatikan

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  1. Bagaimana cara saya bisa mengonsumsi amla?
    Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk segar, jus, atau suplemen.
  2. Berapa banyak amla yang sebaiknya saya makan setiap hari?
    Disarankan untuk mengonsumsi 1-2 buah amla setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.
  3. Apakah buah amla aman untuk anak-anak?
    Ya, buah amla aman untuk anak-anak. Namun, pastikan porsi sesuai dengan usia mereka.
  4. Bisakah amla membantu menurunkan berat badan?
    Meskipun buah amla sendiri tidak akan menyebabkan penurunan berat badan signifikan, itu dapat menjadi bagian dari diet sehat.
  5. Apa efek samping dari mengonsumsi amla dalam jumlah besar?
    Konsumsi berlebihan amla dapat menyebabkan masalah pencernaan. Disarankan untuk mematuhi jumlah yang disarankan.