Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan dan Kecantikan

biotifor.or.id – Manfaat Bawang Bombay – Bawang bombay, yang dikenal juga panggilan bawang merah, tidak cuma bahan dapur biasa. Bawang bombay mempunyai bermacam manfaat dan fenomena yang kemungkinan belum kamu kenali. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri segalanya yang penting kamu kenali mengenai manfaat bawang bombay. Silahkan kita awali!

Pengenalan dan Asal Usul Bawang Bombay

Bawang bombay, dikenal juga sebagai bawang merah besar, adalah tipe bawang yang dipakai dalam beberapa masakan di penjuru dunia. Nama ilmiahnya ialah Allium cepa var. cepa. Asal mula bawang bombay tidak bisa dengan tentu ditetapkan, tapi beberapa pakar botani yakini jika bawang bombay asal dari wilayah yang saat ini jadi Iran dan Pakistan.

Bawang bombay sudah dipakai dalam kulineran semenjak beberapa ribu tahun lalu. Pada jaman kuno, bawang bombay dipakai sebagai makanan, obat, serta sebagai simbol kemampuan dan kemakmuran. Selanjutnya, bawang bombay menebar ke beragam penjuru dunia lewat perdagangan dan penelusuran.

Bawang bombay mempunyai rasa yang unik, manis, dan pedas yang menjadikan bahan khusus dalam beragam sajian, seperti oseng, sup, sauce, dan salad. Disamping itu, bawang bombay kaya gizi, seperti vitamin C, serat, dan anti-oksidan.

Seiring waktu berjalan, bawang bombay sudah menjadi satu diantara bahan dasar dalam masakan global, dan banyak resep tradisionil dari beragam budaya yang memercayakan kesedapan dan wewangian ciri khas dari bawang bombay. Dengan sejarah panjangnya yang meliputi beragam peradaban, bawang bombay masih tetap menjadi satu diantara bahan makanan yang penting dan disayangi di penjuru dunia.

Komposisi Nutrisi Bawang Bombay

Bawang bombay memiliki kandungan beragam gizi penting yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan. Berikut formasi gizi bawang bombay per 100 g:

  1. Kalori: Sekitaran 40-50 kalori, bergantung pada ukuran dan varietasnya.
  2. Karbohidrat: Bawang bombay kaya karbohidrat, dengan sekitar 9-10 gr karbohidrat per 100 gram. Beberapa karbohidrat ini berwujud serat makanan yang baik untuk pencernaan.
  3. Serat: Bawang bombay memiliki kandungan sekitaran 1,7-2,8 gr serat per 100 g. Serat menolong jaga pencernaan yang sehat dan mengatur kandungan gula darah.
  4. VitaminC: Bawang bombay memiliki kandungan vitamin C, dengan sekitaran 7-13 miligram per 100 g. Vitamin C ialah anti-oksidan yang terpenting untuk mekanisme ketahanan tubuh dan kesehatan kulit.
  5. VitaminB6: Bawang bombay memiliki kandungan vitamin B6, dengan sekitaran 0,2-0,3 miligram per 100 g. Vitamin B6 penting untuk peranan saraf dan metabolisme.
  6. Kalium: Bawang bombay mempunyai kandungan sekitar 146-160 miligram kalium per 100 gram. Kalium adalah mineral yang paling penting untuk menjaga kesetimbangan cairan dalam tubuh dan tekanan darah yang sehat.
  7. Folat: Bawang bombay mempunyai kandungan sedikit folat, yaitu sekitar 19-20 mikrogram per 100 gram. Folat penting untuk perubahan sel dan peralihan janin sepanjang kehamilan.
  8. ZatBesi: Bawang bombay memiliki kandungan sedikit zat besi, yakni sekitaran 0,2-0,3 miligram per 100 g. Zat besi penting untuk transportasi oksigen pada darah.
  9. Antioksidan: Bawang bombay memiliki kandungan senyawa anti-oksidan, seperti quercetin dan allicin, yang bisa membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan karena radikal bebas.
Baca Juga  Cara Meluruskan Rambut Secara Alami | Hasilnya Awet

Selain gizi-nutrisi di atas, bawang bombay mempunyai kandungan air, sedikit protein, dan lemak. Bawang bombay adalah sumber nutrisi yang baik dan dapat menjadi segi yang sehat dari diet seimbang.

Manfaat Kesehatan Bawang Bombay

Manfaat Kesehatan Bawang Bombay

Bawang bombay adalah bahan masakan yang kerap dipakai di beberapa masakan di penjuru dunia. Selainnya memberi rasa yang unik pada sajian, bawang bombay mempunyai beragam manfaat kesehatan yang terpenting. Berikut ialah beberapa manfaat kesehatan bawang bombay:

1. Kandungan Nutrisi yang Tinggi
Manfaat bawang bombay yang pertama. Bawang bombay mempunyai kandungan bermacam nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, folat, dan mineral seperti potasium dan mangan. Nutrisi ini berperan penting waktu menjaga kesehatan tubuh.

2. Antioksidan
Bawang bombay memiliki kandungan senyawa anti-oksidan seperti quercetin, allicin, dan anthocyanin. Senyawa-senyawa ini bisa menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan karena radikal bebas dan infeksi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan pada vitamin C dalam bawang bombay menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, hingga badan lebih tahan pada infeksi dan penyakit.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Manfaat bawang bombay yang seterusnya. Bawang bombay dapat membantu turunkan imbas negatif penyakit jantung karena kandungan quercetinnya dapat membantu turunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

5. Menyokong Kesehatan Tulang
Bawang bombay memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium, yang terpenting untuk kesehatan tulang. Gizi ini menolong jaga kepadatan tulang dan menghambat dampak negatif osteoporosis.

6. Mengurangi Risiko Kanker
Beberapa riset memperlihatkan jika senyawa allicin dalam bawang bombay bisa mempunyai dampak antikanker, khususnya saat kurangi dampak negatif kanker lambung dan usus besar.

7. Mengatur Gula Darah
Bawang bombay bisa menolong atur gula darah, khususnya pada pasien diabetes type 2, karena memiliki kandungan senyawa sulfur alami yang bisa tingkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga  10 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

8. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat bawang bombay yang selanjutnya. Kandungan dalam vitamin A dalam bawang bombay penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga pandangan dan menghalangi persoalan mata seperti rabun senja.

9. Mengurangi Risiko Infeksi
Senyawa allicin dalam bawang bombay mempunyai karakter antimikroba, hingga bisa menolong menantang infeksi bakteri dan jamur.

10. Meningkatkan Pencernaan
Manfaat bawang bombay yang paling akhir. Serat yang ada dalam bawang bombay bisa menolong tingkatkan pencernaan dan kurangi dampak negatif sembelit.

Manfaat Kecantikan Bawang Bombay

Bawang bombay bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kecantikan yang bisa membantu jaga kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat kecantikan bawang bombay:

  1. MengatasiJerawat: Bawang bombay mempunyai kandungan senyawa antibakteri yang bisa membantu turunkan perubahan bakteri penyebab jerawat. Mengoleskan jus bawang bombay fresh ke lokasi yang berjerawat bisa membantu membersihkan kulit dan turunkan infeksi.
  2. MengurangiTandaPenuaan: Kandungan anti-oksidan dalam bawang bombay bisa menolong menantang radikal bebas yang bisa menghancurkan kulit dan mengakibatkan penuaan awal. Senyawa-senyawa ini bisa menolong jaga fleksibilitas kulit dan kurangi timbulnya garis-garis lembut.
  3. MengurangiKebotakan: Bawang bombay memiliki kandungan sulfur, yang bisa menggairahkan perkembangan rambut. Menggosokannya bawang bombay atau memakai jusnya di kulit kepala bisa menolong tingkatkan perputaran darah ke folikel rambut dan kurangi kebotakan.
  4. MengatasiKetombe: Senyawa sulfur dalam bawang bombay dapat membantu tangani persoalan ketombe. Mengoleskan jus bawang bombay ke kulit kepala dan meninggal duniakannya sepanjang sesaat sebelum bersihkan rambut bisa membantu turunkan ketombe.
  5. MencerahkanKulit: Bawang bombay mempunyai kandungan pada vitamin C, yang dapat membantu membuat ceria kulit dan turunkan hiperpigmentasi. Penggunaan masker muka alami dengan bawang bombay dapat memberikan kulit kamu performa lebih cerah dan mengkilau.
  6. MengurangiKulitBerminyak: Bawang bombay mempunyai kandungan watak astringen alami yang bisa membantu turunkan produksi minyak terlalu berlebih di kulit muka. Ini dapat membantu tangani persoalan kulit berminyak dan jerawat.
  7. MengurangiMata Panda: Bawang bombay bisa menolong kurangi penampilan mata panda atau lingkaran hitam disekitaran mata. Kamu bisa memoleskan potongan tipis bawang bombay di tempat itu sepanjang beberapa saat tiap hari untuk hasil yang lebih bagus.
  8. MerawatKuku: Bawang bombay dapat membantu perkokoh kuku dan menghalangi persoalan seperti kuku rapuh dan kuku yang mudah patah. Rendam kuku kamu dalam jus bawang bombay fresh sepanjang sesaat setiap hari untuk manfaat ini.
Baca Juga  Manfaat Rebusan Daun Seledri, Bisa Menurunkan Tekanan Darah!

Kesimpulan

Bawang bombay tidak cuma bahan makanan, tapi juga penyuplai manfaat kesehatan dan kecantikan yang hebat. Dalam artikel berikut, kita sudah menyaksikan bermacam manfaat bawang bombay, dari memberikan dukungan kesehatan jantung sampai perawatan kulit yang efisien . Maka, jangan sangsi untuk menggabungkan bawang bombay ke skema makan dan kegiatan rutin perawatan kamu.

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Bagaimana cara terbaik mengonsumsi bawang bombay untuk kesehatan?
    Untuk kesehatan, konsumsilah bawang bombay mentah atau dalam masakan yang minim pengolahan.
  2. Apakah ada efek samping dari mengonsumsi bawang bombay?
    Pada umumnya, bawang bombay aman dikonsumsi dalam jumlah wajar, tetapi beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi ringan.
  3. Bisakah bawang bombay membantu mengatasi masalah rambut?
    Ya, bawang bombay dapat membantu mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok dan ketombe.
  4. Berapa banyak bawang bombay yang sebaiknya saya makan setiap hari?
    Tidak perlu banyak. Satu hingga dua siung bawang bombay sehari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatan.
  5. Bagaimana cara menyimpan bawang bombay agar tahan lama?
    Simpan bawang bombay di tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari cahaya langsung.

Dengan manfaat kesehatan dan kecantikan yang luar biasa, bawang bombay pantas mendapatkan tempat istimewa di dapur kamu. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai cara mengolah bawang bombay dan rasakan manfaatnya secara langsung!