Doa Setelah Sholat Dhuha: Bacaan, arti, dan keutamaannya

Biotifor.or.id โ€“ Doa setelah sholat Dhuha adalah ungkapan penuh harap dan rasa syukur yang diucapkan oleh umat Muslim setelah menunaikan sholat Dhuha. Sholat Dhuha sendiri merupakan sholat sunnah yang dilakukan di waktu pagi, di antara terbitnya matahari hingga sebelum waktu sholat Dhuhur.

Keutamaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Keutamaan doa setelah sholat Dhuha tidak dapat dipandang sebelah mata. Berbagai manfaat dan hikmah terkandung di dalam doa ini yang menjadi alasan kuat mengapa umat Muslim dianjurkan untuk mengamalkannya. Seperti halnya beberapa hal yang telah dikutip cnnindonesia, berikut beberapa keutamaan yang perlu kita ketahui:

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Merupakan salah satu cara efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui doa ini, kita akan lebih fokus dan khusyuk dalam beribadah, sehingga hubungan kita dengan Sang Pencipta akan semakin erat.
  2. Menumbuhkan rasa syukur. Dalam berdoa, kita akan menyadari betapa banyak nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Hal ini akan menumbuhkan rasa syukur dalam hati dan membuat kita lebih bersyukur atas segala hal yang telah kita peroleh dalam hidup ini.
  3. Memperoleh keberkahan dan rezeki. Salah satu keutamaannya adalah bahwa doa ini membantu kita untuk memperoleh keberkahan dan rezeki yang lebih melimpah. Ketika kita konsisten mengamalkan doa ini, Allah SWT akan membuka pintu rezeki-Nya dan memberikan berkah kepada kita dalam berbagai aspek kehidupan.
  4. Perlindungan dari godaan setan. Hal ini juga memiliki fungsi sebagai benteng perlindungan dari godaan setan. Dengan mengamalkan doa ini, kita akan senantiasa terlindungi dari berbagai bisikan dan godaan setan yang menggoda kita untuk berbuat dosa.
  5. Menenangkan hati dan jiwa. Mengamalkan doa juga memiliki manfaat untuk menenangkan hati dan jiwa. Dalam kesibukan dan kehidupan yang serba cepat, doa ini menjadi salah satu cara efektif untuk menenangkan diri dan merasakan ketenangan batin yang hakiki.

Dari berbagai keutamaan di atas, dapat kita simpulkan bahwa doa setelah sholat Dhuha memiliki peran penting dalam kehidupan umat Muslim. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita senantiasa mengamalkan doa ini sebagai bagian dari rutinitas ibadah kita, guna meraih keberkahan dan ridha Allah SWT.

Baca Jugaย  Doa Meluluhkan Hati Seseorang Yang kita suka

Bacaan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha merupakan ibadah sunnah yang penuh keutamaan dan manfaat bagi umat Muslim. Untuk meraih berkah yang terkandung dalam sholat Dhuha, ada beberapa langkah yang perlu kita ikuti. Sebelum beralih ke Doโ€™a setelah sholat dhuha. tahukah kamu niat sholat dhuha?

Niat Sholat Dhuha

Ada 2 Bacaan niat sholat dhuha yang dibedakan dari jumlah rakaat nya. Berikut detailsnya:

Niat sholat dhuha dua rakaat

Berikut ini adalah bacaan niat sholat Dhuha dua rakaat :

ุงูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุณูู†ูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุถูŽู‘ุญูฐู‰ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉู ุงูŽุฏูŽุงุกู‹ ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

Ushalli sunnatadh dhuhaa rakโ€™ataini lillaahi taโ€™aalaa

Artinya : Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah taโ€™ala

Niat sholat dhuha empat rakaat

Berikut ini adalah contoh niat sholat Dhuha :

ุงูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุณูู†ู‘ูŽุฉูŽ ุงู„ุถู‘ูŽุญูฐู‰ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉู ุงูŽุฏูŽุงุกู‹ ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

Ushollii sunnatadh dhuhaa rokโ€™ataini mustaqbilal qiblati adaaโ€™an lillaahi taโ€™aalaa.

ย 

Artinya : Aku niat sholat sunah dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Taโ€™ala.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Membaca doa setelah sholat Dhuha memiliki banyak alasan penting yang perlu kita ketahui sebagai umat Muslim. Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu membaca doa:

  1. Mengakui kebesaran Allah SWT.
  2. Mempererat hubungan dengan Allah SWT.
  3. Memohon keberkahan dan perlindungan.
  4. Menumbuhkan rasa sabar dan tawakkal.
  5. Menenangkan hati dan pikiran.

Dari berbagai alasan di atas, jelas bahwa membaca doa setelah sholat Dhuha memiliki peran penting dalam kehidupan umat Muslim. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita senantiasa mengamalkan doa ini sebagai bagian dari rutinitas ibadah kita, guna meraih keberkahan, perlindungan, dan ridha Allah SWT.

Berikut ini adalah contoh bacaan doa setelah sholat Dhuha yang dianjurkan untuk diamalkan:

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู†ูŽู‘ ุงู„ุถูู‘ุญูŽุขุกูŽ ุถูุญูŽุงุกููƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽู‡ูŽุงุกูŽ ุจูŽู‡ูŽุงุกููƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงู„ูŽ ุฌูŽู…ูŽุงู„ููƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ููˆูŽู‘ุฉูŽ ู‚ููˆูŽู‘ุชููƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูุฏู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูุฏู’ุฑูŽุชููƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุนูุตู’ู…ูŽุฉูŽ ุนูุตู’ู…ูŽุชููƒูŽ

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูุฒู’ู‚ูู‰ ููู‰ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุขุกู ููŽุฃูŽู†ู’ุฒูู„ู’ู‡ู ูˆูŽุงูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ููู‰ ุงู’ู„ุงูŽุฑู’ุถู ููŽุฃูŽุฎู’ุฑูุฌู’ู‡ู ูˆูŽุงูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูุนูŽุณูŽู‘ุฑู‹ุง ููŽูŠูŽุณูู‘ุฑู’ู‡ู ูˆูŽุงูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุญูŽุฑูŽุงู…ู‹ุง ููŽุทูŽู‡ูู‘ุฑู’ู‡ู ูˆูŽุงูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุจูŽุนููŠู’ุฏู‹ุง ููŽู‚ูŽุฑูู‘ุจู’ู‡ู ุจูุญูŽู‚ูู‘ ุถูุญูŽุงุกููƒูŽ ูˆูŽุจูŽู‡ูŽุงุกููƒูŽ ูˆูŽุฌูŽู…ูŽุงู„ููƒูŽ ูˆูŽู‚ููˆูŽู‘ุชููƒูŽ ูˆูŽู‚ูุฏู’ุฑูŽุชููƒูŽ ุขุชูู†ูู‰ู’ ู…ูŽุขุงูŽุชูŽูŠู’ุชูŽ ุนูุจูŽุงุฏูŽูƒูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญููŠู’ู†ูŽ

Allahumma innad-duhaaโ€™a duhaaโ€™uka wal bahaaโ€™a bahaaโ€™uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal โ€˜ismata โ€˜ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaaโ€™i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana muโ€™assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana baโ€™iidan fa qarribhu bi haqqi duhaaโ€™ika wa bahaaโ€™ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita โ€˜ibaadakash-shalihiin.


Artinya: โ€œYa Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu.

Ya Allah, jika rezeki masih diatas langit, turunkanlah .dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang shaleh.โ€

Pertanyaan yang sering diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai doa setelah sholat Dhuha beserta jawabannya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada umat Muslim:

  1. Apakah doa setelah sholat Dhuha wajib untuk dibaca?

Doa setelah sholat Dhuha merupakan amalan yang sangat dianjurkan, tetapi bukan kewajiban. Namun, mengingat banyaknya keutamaan dan manfaat yang terkandung dalam doa ini, sebaiknya kita mengamalkannya secara konsisten untuk mendapatkan berkah dan ridha Allah SWT.

  1. Bisakah saya membaca doa jika saya tidak sempat melaksanakan sholat Dhuha?

Sebaiknya doa dibaca setelah melaksanakan sholat Dhuha, karena keduanya merupakan satu kesatuan ibadah yang saling melengkapi. Namun, jika Anda benar-benar tidak sempat melaksanakan sholat Dhuha, Anda tetap bisa membaca doa ini sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada Allah SWT.

  1. Apakah ada waktu khusus untuk membaca doa?

Doa setelah sholat Dhuha sebaiknya dibaca setelah menunaikan sholat Dhuha itu sendiri. Sholat Dhuha sendiri dianjurkan untuk dilakukan pada waktu pagi, di antara terbit matahari hingga sebelum masuk waktu sholat Dhuhur.

  1. Apakah ada doa khusus yang harus dibaca?

Tidak ada doa khusus yang harus dibaca. Anda bisa membaca doa yang Anda pahami dan merasa nyaman untuk mengucapkannya. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan hati dalam berdoa kepada Allah SWT.

  1. Bagaimana jika saya lupa atau tidak tahu cara membacanya?

Jika Anda lupa atau tidak tahu cara membaca doa, Anda bisa mencari referensi doa dalam buku, internet, atau meminta bantuan kepada orang yang lebih berpengetahuan. Yang terpenting adalah Anda tetap berusaha untuk melaksanakan amalan ini dengan sebaik-baiknya.

Baca Jugaย  Doa Setelah Sholat Tahajud: Arab Latin dan Artinya Lengkap

Dari berbagai pertanyaan dan jawaban di atas, diharapkan kita semakin memahami pentingnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan keimanan dan ketaatan kita kepada Allah SWT dengan mengamalkan doa ini secara rutin dan konsisten.

Kesimpulan

Doa setelah sholat Dhuha merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, walaupun bukan merupakan kewajiban. Dengan melaksanakan sholat Dhuha dan membaca doa ini, umat Muslim dapat meraih berbagai keutamaan, seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT, menumbuhkan rasa syukur, memperoleh keberkahan dan rezeki, serta menenangkan hati dan pikiran.