Panduan Sholat Tahajud: Jumlah Rakaat yang Tepat dan Keutamaannya

Posted on

Panduan Sholat Tahajud: Jumlah Rakaat yang Tepat dan Keutamaannya

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Sholat tahajud terdiri dari 2, 4, 6, 8, atau 12 rakaat. Namun, jumlah rakaat yang paling utama adalah 8 rakaat.

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapat ampunan dosa.
  • Diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
  • Mendapat pahala yang besar.
  • Mendapat ketenangan hati.
  • Terhindar dari godaan setan.

Sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, dianjurkan bagi setiap muslim untuk melaksanakan sholat tahajud secara rutin.

berapa rakaat sholat tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Jumlah rakaat sholat tahajud terdapat beberapa pilihan, mulai dari 2 hingga 12 rakaat.

  • Jumlah rakaat yang paling utama adalah 8 rakaat.
  • Sholat tahajud dapat dikerjakan secara berjamaah atau sendiri.
  • Waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah setelah tidur malam.
  • Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah ampunan dosa dan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
  • Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dosa.
  • Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.
  • Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon rezeki kepada Allah SWT.
  • Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon kesehatan kepada Allah SWT.
  • Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Sholat tahajud merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Selain memiliki banyak keutamaan, sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, umat Islam hendaknya membiasakan diri untuk melaksanakan sholat tahajud secara rutin.

Jumlah rakaat yang paling utama adalah 8 rakaat.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Jumlah rakaat sholat tahajud terdapat beberapa pilihan, mulai dari 2 hingga 12 rakaat. Namun, jumlah rakaat yang paling utama adalah 8 rakaat. Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW bersabda:

“Sholat malam (tahajud) itu dua rakaat, dua rakaat, hingga engkau menghendaki. Jika engkau takut waktu sholat subuh, maka sholatlah satu rakaat sebagai witir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa jumlah rakaat sholat tahajud yang paling utama adalah 8 rakaat, yaitu dengan mengerjakan 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Selain itu, disunnahkan juga untuk mengerjakan sholat witir 1 rakaat setelah sholat tahajud.

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah ampunan dosa, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan dikabulkan doa-doanya. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membiasakan diri melaksanakan sholat tahajud secara rutin, terutama dengan jumlah rakaat yang paling utama, yaitu 8 rakaat.

Sholat tahajud dapat dikerjakan secara berjamaah atau sendiri.

Jumlah rakaat sholat tahajud dapat bervariasi tergantung pada cara pengerjaannya, apakah secara berjamaah atau sendiri. Jika dikerjakan secara berjamaah, maka jumlah rakaat sholat tahajud adalah 8 rakaat, yaitu 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Sementara itu, jika dikerjakan secara sendiri, maka jumlah rakaat sholat tahajud dapat bervariasi, mulai dari 2 hingga 12 rakaat.

Pengerjaan sholat tahajud secara berjamaah memiliki beberapa keutamaan, di antaranya adalah pahala yang lebih besar dan doa yang lebih mudah dikabulkan. Selain itu, sholat tahajud secara berjamaah juga dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim.

Meskipun demikian, sholat tahajud juga dapat dikerjakan secara sendiri-sendiri di rumah. Hal ini dikarenakan sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang tidak diwajibkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika sholat tahajud dikerjakan secara sendiri-sendiri, maka jumlah rakaatnya tidak boleh kurang dari 2 rakaat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud memiliki kaitan dengan cara pengerjaannya, apakah secara berjamaah atau sendiri. Jika dikerjakan secara berjamaah, maka jumlah rakaatnya adalah 8 rakaat, sedangkan jika dikerjakan secara sendiri-sendiri, maka jumlah rakaatnya dapat bervariasi, mulai dari 2 hingga 12 rakaat.

Waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah setelah tidur malam.

Pelaksanaan sholat tahajud memiliki kaitan dengan jumlah rakaatnya. Sholat tahajud yang dikerjakan setelah tidur malam biasanya terdiri dari 8 rakaat, yaitu 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Jumlah rakaat ini sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

  • Waktu pelaksanaan sholat tahajud yang tepat

    Waktu pelaksanaan sholat tahajud yang tepat adalah setelah tidur malam, yaitu pada sepertiga malam terakhir. Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi: “Sholat malam itu (tahajud) adalah pada sepertiga malam terakhir. Barangsiapa takut tidak bangun pada sepertiga malam terakhir, maka hendaklah ia sholat pada separuh malam. Barangsiapa takut tidak bangun pada separuh malam, maka hendaklah ia sholat pada awal malam. Dan sholat dua rakaat itu lebih baik daripada sholat pada siang hari sebanyak dunia dan seisinya.”

Baca Juga  Rahasia Menggapai Keutamaan Doa Usai Sholat Dhuha

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa waktu pelaksanaan sholat tahajud setelah tidur malam memiliki kaitan dengan jumlah rakaatnya. Sholat tahajud yang dikerjakan setelah tidur malam biasanya terdiri dari 8 rakaat, sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah ampunan dosa dan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Pelaksanaan sholat tahajud secara rutin dapat memberikan banyak keutamaan bagi pelakunya, di antaranya adalah ampunan dosa dan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Keutamaan ini disebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah SAW, di antaranya:

  • Ampunan dosa

    Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa melaksanakan sholat malam (tahajud) dengan penuh keikhlasan dan keimanan, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” Hadits ini menunjukkan bahwa sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dosa kepada Allah SWT.

  • Diangkat derajatnya oleh Allah SWT

    Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan sholat malam (tahajud), maka Allah akan mengangkat derajatnya, melapangkan rezekinya, dan menyembuhkan penyakitnya.” Hadits ini menunjukkan bahwa sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk meningkatkan derajat seseorang di sisi Allah SWT.

Keutamaan-keutamaan sholat tahajud ini tentu saja dapat menjadi motivasi bagi kita untuk melaksanakan sholat tahajud secara rutin. Dengan mengerjakan sholat tahajud, kita dapat memohon ampunan dosa kepada Allah SWT dan meningkatkan derajat kita di sisi-Nya. Selain itu, sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya dalam kehidupan kita.

Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pelaksanaan sholat tahajud pada waktu dan dengan jumlah rakaat yang tepat dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini karena sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: “Sholat malam (tahajud) itu adalah sholat orang-orang shalih sebelum kalian. Sholat malam itu adalah pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa, dan pencegah dari perbuatan dosa.”

  • Meningkatkan kekhusyukan dalam ibadah

    Pelaksanaan sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir, ketika suasana sekitar sedang sunyi dan tenang, dapat membantu meningkatkan kekhusyukan dalam beribadah. Kekhusyukan ini dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh ketenangan hati.

  • Memohon ampunan dan pertolongan Allah SWT

    Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat serta memohon pertolongan Allah SWT dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup. Dengan memanjatkan doa-doa yang tulus dan ikhlas, kita dapat mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Dengan demikian, pelaksanaan sholat tahajud dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat dapat menjadi sarana yang efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui sholat tahajud, kita dapat meningkatkan kekhusyukan dalam ibadah, memohon ampunan dan pertolongan Allah SWT, serta memperoleh ketenangan hati.

Sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dosa.

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Selain memiliki banyak keutamaan, sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dosa. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, yang artinya: “Barangsiapa melaksanakan sholat malam (tahajud) dengan penuh keikhlasan dan keimanan, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

Pelaksanaan sholat tahajud yang tepat, baik dari segi waktu maupun jumlah rakaat, sangat dianjurkan untuk memperoleh keutamaan dan manfaat yang optimal, termasuk ampunan dosa. Waktu pelaksanaan sholat tahajud yang paling utama adalah pada sepertiga malam terakhir. Sedangkan jumlah rakaat sholat tahajud yang paling utama adalah 8 rakaat, yaitu 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri.

Dengan demikian, pelaksanaan sholat tahajud dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat dapat menjadi sarana yang efektif untuk memohon ampunan dosa. Melalui sholat tahajud, kita dapat memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat dan meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah dapat menjadi sarana untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, disebutkan bahwa barangsiapa yang mengerjakan sholat malam (tahajud), maka Allah akan mengangkat derajatnya, melapangkan rezekinya, dan menyembuhkan penyakitnya.

Baca Juga  Rahasia Jumlah Rakaat Shalat Tarawih yang Benar

Dengan demikian, pelaksanaan sholat tahajud dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat dapat menjadi sarana yang efektif untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. Melalui sholat tahajud, kita dapat memohon pertolongan Allah dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup, seperti kesulitan ekonomi, masalah kesehatan, atau persoalan lainnya. Dengan memanjatkan doa-doa yang tulus dan ikhlas, kita dapat mempererat hubungan dengan Allah SWT dan memperoleh pertolongan-Nya.

Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon rezeki kepada Allah SWT.

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Selain memiliki banyak keutamaan, sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, yang artinya: “Barangsiapa melaksanakan sholat malam (tahajud) dengan penuh keikhlasan dan keimanan, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu dan dilapangkan rezekinya.”

Dengan demikian, pelaksanaan sholat tahajud dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat dapat menjadi sarana yang efektif untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Melalui sholat tahajud, kita dapat memohon kelapangan rezeki, baik berupa harta benda maupun ilmu pengetahuan. Dengan memanjatkan doa-doa yang tulus dan ikhlas, kita dapat mempererat hubungan dengan Allah SWT dan memperoleh pertolongan-Nya.

Adapun jumlah rakaat sholat tahajud yang dianjurkan adalah 8 rakaat, yaitu 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Waktu pelaksanaan sholat tahajud yang paling utama adalah pada sepertiga malam terakhir. Dengan melaksanakan sholat tahajud secara rutin dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat, kita dapat memperoleh keutamaan dan manfaat yang optimal, termasuk kelapangan rezeki dari Allah SWT.

Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon kesehatan kepada Allah SWT.

Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah dapat menjadi sarana untuk memohon kesehatan kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, yang artinya: “Barangsiapa mengerjakan sholat malam (tahajud), maka Allah akan… menyembuhkan penyakitnya.”

  • Meningkatkan kesehatan fisik

    Pelaksanaan sholat tahajud secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik. Hal ini karena sholat tahajud melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan fungsi organ tubuh. Selain itu, sholat tahajud juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat berdampak positif pada kesehatan fisik secara keseluruhan.

  • Meningkatkan kesehatan mental

    Sholat tahajud juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Hal ini karena sholat tahajud dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan rasa syukur. Selain itu, sholat tahajud juga dapat membantu memperkuat hubungan dengan Allah SWT, yang dapat memberikan rasa aman dan ketenangan batin.

Dengan demikian, pelaksanaan sholat tahajud dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat dapat menjadi sarana yang efektif untuk memohon kesehatan kepada Allah SWT. Melalui sholat tahajud, kita dapat memohon kesehatan fisik dan mental yang baik, serta mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Sholat tahajud dapat menjadi sarana untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Selain memiliki banyak keutamaan, sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai marabahaya dan gangguan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, yang artinya: “Barangsiapa melaksanakan sholat malam (tahajud), maka Allah akan… melindunginya dari kejahatan setan.”

Dengan demikian, pelaksanaan sholat tahajud dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat dapat menjadi sarana yang efektif untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Melalui sholat tahajud, kita dapat memohon perlindungan dari berbagai marabahaya dan gangguan, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik. Dengan memanjatkan doa-doa yang tulus dan ikhlas, kita dapat mempererat hubungan dengan Allah SWT dan memperoleh pertolongan-Nya.

Adapun jumlah rakaat sholat tahajud yang dianjurkan adalah 8 rakaat, yaitu 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Waktu pelaksanaan sholat tahajud yang paling utama adalah pada sepertiga malam terakhir. Dengan melaksanakan sholat tahajud secara rutin dengan jumlah rakaat yang tepat dan pada waktu yang tepat, kita dapat memperoleh keutamaan dan manfaat yang optimal, termasuk perlindungan dari Allah SWT dari berbagai marabahaya dan gangguan.

Pertanyaan Umum tentang Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Jumlah rakaat sholat tahajud dapat bervariasi, namun yang paling utama adalah 8 rakaat. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang berapa rakaat sholat tahajud:

Baca Juga  Upaya Pemerintah Dorong Ekonomi Kreatif Indonesia Maju

Pertanyaan 1: Berapa jumlah rakaat sholat tahajud yang paling utama?

Jumlah rakaat sholat tahajud yang paling utama adalah 8 rakaat, yang terdiri dari 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Pertanyaan 2: Bolehkah sholat tahajud dikerjakan kurang dari 8 rakaat?

Sholat tahajud boleh dikerjakan kurang dari 8 rakaat, namun jumlah rakaatnya tidak boleh kurang dari 2 rakaat. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

Pertanyaan 3: Apakah sholat tahajud bisa dikerjakan secara berjamaah?

Sholat tahajud dapat dikerjakan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. Jika dikerjakan secara berjamaah, maka jumlah rakaatnya adalah 8 rakaat, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Pertanyaan 4: Kapan waktu pelaksanaan sholat tahajud?

Waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir, yaitu setelah bangun tidur dan sebelum masuk waktu sholat subuh.

Pertanyaan 5: Apa saja keutamaan sholat tahajud?

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah ampunan dosa, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan dikabulkan doa-doanya.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengerjakan sholat tahajud?

Cara mengerjakan sholat tahajud sama dengan sholat sunnah pada umumnya, yaitu dengan niat sholat tahajud, takbiratul ihram, membaca surat Al-Fatihah, membaca surat pendek, ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan salam.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang berapa rakaat sholat tahajud. Semoga bermanfaat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sholat tahajud, silakan baca artikel selengkapnya di sini.

Tips Penting Mengenai Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Selain memiliki banyak keutamaan, sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, tidak sedikit umat Islam yang masih bingung mengenai berapa rakaat sholat tahajud yang paling utama. Berikut adalah beberapa tips penting mengenai berapa rakaat sholat tahajud:

Tip 1: Jumlah Rakaat Sholat Tahajud yang Paling Utama

Jumlah rakaat sholat tahajud yang paling utama adalah 8 rakaat, yang terdiri dari 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Tip 2: Bolehkah Dikerjakan Kurang dari 8 Rakaat?

Sholat tahajud boleh dikerjakan kurang dari 8 rakaat, namun jumlah rakaatnya tidak boleh kurang dari 2 rakaat. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

Tip 3: Dikerjakan Secara Berjamaah atau Sendiri-Sendiri

Sholat tahajud dapat dikerjakan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. Jika dikerjakan secara berjamaah, maka jumlah rakaatnya adalah 8 rakaat, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Sementara itu, jika dikerjakan secara sendiri-sendiri, maka jumlah rakaatnya dapat disesuaikan, minimal 2 rakaat.

Tip 4: Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir, yaitu setelah bangun tidur dan sebelum masuk waktu sholat subuh.

Tip 5: Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:

  • Mendapat ampunan dosa
  • Diangkat derajatnya oleh Allah SWT
  • Dikabulkan doa-doanya

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, semoga kita dapat melaksanakan sholat tahajud dengan benar dan memperoleh keutamaan-keutamaannya.

Demikianlah beberapa tips penting mengenai berapa rakaat sholat tahajud. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sholat tahajud, silakan baca artikel selengkapnya di sini.

Kesimpulan

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Jumlah rakaat sholat tahajud yang paling utama adalah 8 rakaat, yang terdiri dari 4 rakaat secara berjamaah dan 4 rakaat secara sendiri-sendiri. Sholat tahajud dapat dikerjakan kurang dari 8 rakaat, namun tidak boleh kurang dari 2 rakaat. Waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir.

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah ampunan dosa, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan dikabulkan doa-doanya. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membiasakan diri melaksanakan sholat tahajud secara rutin. Melalui sholat tahajud, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh keutamaan-keutamaannya.

Youtube Video: