Bacaan Doa Dzikir Setelah Sholat, Lengkap dengan Manfaatnya

Posted on

Bacaan Doa Dzikir Setelah Sholat, Lengkap dengan Manfaatnya

Doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca setelah menunaikan ibadah sholat fardhu. Doa ini berisi pujian, permohonan ampunan, dan harapan kepada Allah SWT.

Membaca doa dzikir setelah sholat memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapat pahala yang besar dari Allah SWT.
  • Diampuni dosa-dosanya.
  • Dilindungi dari godaan setan.
  • Diberikan ketenangan hati.
  • Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Adapun bacaan doa dzikir setelah sholat adalah sebagai berikut:


Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar.

Artinya: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar.”

Doa dzikir ini dibaca sebanyak 33 kali setelah selesai sholat fardhu.

Doa Dzikir Setelah Sholat

Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapat pahala yang besar.
  • Diampuni dosa-dosanya.
  • Dilindungi dari godaan setan.
  • Diberikan ketenangan hati.
  • Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.
  • Menjadi sebab terkabulnya doa.
  • Menghindarkan diri dari sifat sombong dan riya.
  • Mempererat hubungan dengan Allah SWT.
  • Menjadi bekal di akhirat.

Membaca doa dzikir setelah sholat tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan di dunia, tetapi juga untuk kehidupan di akhirat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca doa dzikir setelah sholat.

Mendapat Pahala yang Besar

Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

  • Pahala yang berlipat ganda
    Setiap bacaan dzikir setelah sholat akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar) setelah sholat fardhu sebanyak 33 kali, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)
  • Pahala yang terus mengalir
    Pahala dari membaca doa dzikir setelah sholat akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal dunia. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang mengajarkan suatu ilmu, maka ia akan mendapatkan pahala dari orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.” (HR. Tirmidzi)
  • Pahala yang dilipatgandakan pada waktu-waktu tertentu
    Pahala dari membaca doa dzikir setelah sholat akan dilipatgandakan pada waktu-waktu tertentu, seperti pada bulan Ramadhan, pada malam Lailatul Qadar, dan pada hari Jumat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar) pada setiap pagi dan sore sebanyak 100 kali, maka tidak ada yang lebih baik baginya dari pada itu kecuali orang yang melakukan lebih banyak dari itu.” (HR. Muslim)

Dengan membaca doa dzikir setelah sholat, kita tidak hanya akan mendapatkan pahala yang besar, tetapi juga akan diampuni dosa-dosa kita, dijauhkan dari godaan setan, dan diberikan ketenangan hati. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca doa dzikir setelah sholat.

Diampuni dosa-dosanya.

Salah satu keutamaan membaca doa dzikir setelah sholat adalah diampuni dosa-dosanya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar) setelah sholat fardhu sebanyak 33 kali, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

Pengampunan dosa merupakan hal yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, dosa dapat menghalangi seseorang dari mendapatkan rahmat dan pertolongan Allah SWT. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca doa dzikir setelah sholat agar mendapatkan ampunan dosa.

Selain itu, membaca doa dzikir setelah sholat juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu memohon ampunan kepada Allah SWT. Sebab, manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa. Dengan membaca doa dzikir, kita dapat memperbarui taubat dan memohon ampunan dari Allah SWT.

Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, amalan ini dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah diampuni dosa-dosanya.

Dilindungi dari godaan setan.

Salah satu keutamaan membaca doa dzikir setelah sholat adalah dilindungi dari godaan setan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca ‘A’udzu billahi minasy syaithanir rajim’ (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk) sebanyak tiga kali setelah sholat, maka setan tidak akan mendekatinya hingga pagi atau sore.” (HR. Abu Dawud)

Setan merupakan musuh yang nyata bagi manusia. Ia selalu berusaha menggoda dan menyesatkan manusia agar terjerumus ke dalam dosa dan maksiat. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap muslim untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari godaan setan.

Baca Juga  Rahasia Penting Surat Al Isra' Ayat 23: Kunci Kebahagiaan dan Pahala Besar

Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan salah satu cara untuk berlindung dari godaan setan. Sebab, doa dzikir dapat memperkuat iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan iman dan ketakwaan yang kuat, kita akan lebih sulit digoda dan disesatkan oleh setan.

Selain itu, membaca doa dzikir juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu waspada terhadap godaan setan. Sebab, setan selalu mencari celah untuk menggoda manusia. Dengan membaca doa dzikir, kita dapat memperbarui kewaspadaan kita dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, amalan ini dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah dilindungi dari godaan setan.

Diberikan ketenangan hati.

Salah satu keutamaan membaca doa dzikir setelah sholat adalah diberikan ketenangan hati. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar) setelah sholat fardhu sebanyak 33 kali, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

Ketenangan hati merupakan hal yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, ketenangan hati dapat membantu kita untuk fokus beribadah, bekerja, dan belajar. Selain itu, ketenangan hati juga dapat membuat kita lebih sabar dan tawakkal dalam menghadapi berbagai cobaan hidup.

Membaca doa dzikir setelah sholat dapat memberikan ketenangan hati karena doa dzikir dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tentram. Selain itu, membaca doa dzikir juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, amalan ini dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah diberikan ketenangan hati.

Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.


Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan salah satu amalan yang dapat mengangkat derajat kita di sisi Allah SWT. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar) setelah sholat fardhu sebanyak 33 kali, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)


Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT merupakan salah satu tujuan utama setiap muslim. Sebab, dengan diangkat derajatnya, kita akan mendapatkan tempat yang lebih tinggi di surga dan mendapatkan pahala yang lebih banyak. Selain itu, kita juga akan mendapatkan kemuliaan dan kehormatan di dunia dan akhirat.


Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan salah satu cara untuk mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah SWT. Sebab, doa dzikir dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita akan mendapatkan rahmat dan pertolongan-Nya. Selain itu, membaca doa dzikir juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.


Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, amalan ini dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Menjadi sebab terkabulnya doa.

Salah satu keutamaan membaca doa dzikir setelah sholat adalah menjadi sebab terkabulnya doa. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar) setelah sholat fardhu sebanyak 33 kali, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, melalui doa kita dapat memohon kepada Allah SWT segala sesuatu yang kita butuhkan. Namun, tidak semua doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terkabulnya doa, salah satunya adalah dengan membaca doa dzikir setelah sholat.

Membaca doa dzikir setelah sholat dapat menjadi sebab terkabulnya doa karena doa dzikir dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati kita akan menjadi lebih bersih dan ikhlas. Doa yang kita panjatkan dengan hati yang bersih dan ikhlas lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain itu, membaca doa dzikir setelah sholat juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dengan bersyukur, hati kita akan menjadi lebih tentram dan tenang. Doa yang kita panjatkan dengan hati yang tenang dan tentram lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, amalan ini dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah menjadi sebab terkabulnya doa.

Baca Juga  Doa Dahsyat Agar Cepat Dapat Pekerjaan Idaman

Menghindarkan diri dari sifat sombong dan riya.

Membaca doa dzikir setelah sholat juga dapat menghindarkan kita dari sifat sombong dan riya. Sebab, doa dzikir dapat membuat kita lebih rendah hati dan lebih menyadari akan kekurangan diri sendiri. Dengan demikian, kita akan lebih sulit untuk menjadi sombong dan riya.

Sifat sombong dan riya merupakan dua sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebab, sifat sombong dan riya dapat membuat kita menjadi jauh dari Allah SWT dan dari orang lain. Selain itu, sifat sombong dan riya juga dapat menghalangi kita untuk mendapatkan pahala dari amal ibadah kita.

Dengan membaca doa dzikir setelah sholat, kita dapat terhindar dari sifat sombong dan riya. Sebab, doa dzikir dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT dan lebih menyadari akan kekurangan diri sendiri. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk menjadi rendah hati dan lebih sulit untuk menjadi sombong dan riya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca doa dzikir setelah sholat. Sebab, doa dzikir dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah menghindarkan kita dari sifat sombong dan riya.

Mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan salah satu cara untuk mempererat hubungan dengan Allah SWT. Sebab, doa dzikir dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT dan lebih menyadari akan kebesaran-Nya. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk mencintai Allah SWT dan lebih takut kepada-Nya.

  • Menambah rasa syukur

    Membaca doa dzikir setelah sholat dapat membuat kita lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sebab, doa dzikir dapat membuat kita lebih menyadari akan segala nikmat yang telah kita terima. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk bersyukur kepada Allah SWT dan lebih sulit untuk kufur nikmat.

  • Menambah rasa cinta

    Membaca doa dzikir setelah sholat dapat membuat kita lebih cinta kepada Allah SWT. Sebab, doa dzikir dapat membuat kita lebih mengenal Allah SWT dan lebih menyadari akan sifat-sifat-Nya yang sempurna. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk mencintai Allah SWT dan lebih sulit untuk membenci-Nya.

  • Menambah rasa takut

    Membaca doa dzikir setelah sholat dapat membuat kita lebih takut kepada Allah SWT. Sebab, doa dzikir dapat membuat kita lebih menyadari akan kebesaran Allah SWT dan akan kekuasaan-Nya yang tidak terbatas. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk takut kepada Allah SWT dan lebih sulit untuk bermaksiat kepada-Nya.

  • Menambah rasa harap

    Membaca doa dzikir setelah sholat dapat membuat kita lebih berharap kepada Allah SWT. Sebab, doa dzikir dapat membuat kita lebih menyadari akan kasih sayang Allah SWT dan akan rahmat-Nya yang luas. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk berharap kepada Allah SWT dan lebih sulit untuk putus asa.

Dengan demikian, membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan yang sangat penting bagi setiap muslim. Sebab, amalan ini dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Menjadi bekal di akhirat.

Selain memberikan manfaat di dunia, membaca doa dzikir setelah sholat juga dapat menjadi bekal di akhirat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar) setelah sholat fardhu sebanyak 33 kali, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

Bekal di akhirat sangatlah penting bagi setiap muslim. Sebab, bekal di akhirat akan menentukan nasib kita di akhirat. Jika kita memiliki banyak bekal di akhirat, maka kita akan selamat dari siksa neraka dan masuk surga. Sebaliknya, jika kita tidak memiliki bekal di akhirat, maka kita akan celaka dan masuk neraka.

Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bekal di akhirat. Sebab, doa dzikir dapat menghapus dosa-dosa kita dan meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT. Dengan demikian, kita akan memiliki banyak bekal di akhirat dan selamat dari siksa neraka.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca doa dzikir setelah sholat. Sebab, doa dzikir dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah menjadi bekal di akhirat.

Tanya Jawab Seputar Doa Dzikir Setelah Sholat

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar doa dzikir setelah sholat beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat membaca doa dzikir setelah sholat?

Jawaban: Membaca doa dzikir setelah sholat memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Mendapat pahala yang besar
  • Diampuni dosa-dosanya
  • Dilindungi dari godaan setan
  • Diberikan ketenangan hati
  • Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT
  • Menjadi sebab terkabulnya doa
  • Menghindarkan diri dari sifat sombong dan riya
  • Mempererat hubungan dengan Allah SWT
  • Menjadi bekal di akhirat
Baca Juga  Rahasia Sholat Dhuha: Cara Mudah Hapus Dosa dan Lancarkan Rezeki

Pertanyaan 2: Kapan waktu yang tepat untuk membaca doa dzikir setelah sholat?

Jawaban: Doa dzikir setelah sholat dibaca setelah selesai mengerjakan sholat fardhu. Waktu yang paling utama untuk membacanya adalah setelah sholat Subuh dan sholat Maghrib.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membaca doa dzikir setelah sholat?

Jawaban: Doa dzikir setelah sholat dibaca sebanyak 33 kali setelah selesai mengerjakan sholat fardhu. Bacaan doa dzikir setelah sholat adalah sebagai berikut:

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar.

Pertanyaan 4: Apakah boleh membaca doa dzikir setelah sholat dengan suara keras?

Jawaban: Membaca doa dzikir setelah sholat boleh dilakukan dengan suara keras atau pelan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Pertanyaan 5: Apakah ada perbedaan doa dzikir setelah sholat untuk laki-laki dan perempuan?

Jawaban: Tidak ada perbedaan doa dzikir setelah sholat untuk laki-laki dan perempuan. Bacaan doa dzikir setelah sholat sama untuk semua muslim, baik laki-laki maupun perempuan.

Pertanyaan 6: Apakah doa dzikir setelah sholat termasuk dalam sunnah muakkad?

Jawaban: Ya, membaca doa dzikir setelah sholat termasuk dalam sunnah muakkad, yaitu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap muslim.

Demikianlah beberapa tanya jawab seputar doa dzikir setelah sholat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang agama Islam.

Baca juga:Tata Cara Sholat Fardhu yang Benar Sesuai Sunnah

Tips Membaca Doa Dzikir Setelah Sholat

Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menghapus dosa, mendapatkan pahala yang besar, dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Agar dapat memperoleh manfaat tersebut secara maksimal, berikut ini adalah beberapa tips membaca doa dzikir setelah sholat:

Tip 1: Membaca dengan Ikhlas
Ikhlas merupakan syarat utama dalam beribadah, termasuk membaca doa dzikir. Membaca doa dzikir dengan ikhlas berarti melakukannya karena Allah SWT semata, bukan karena ingin dipuji atau dilihat orang lain.

Tip 2: Membaca dengan Khusyuk
Khusyuk berarti memusatkan pikiran dan hati saat membaca doa dzikir. Hindari membaca doa dzikir sambil melamun atau melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu kekhusyukan.

Tip 3: Membaca dengan Suara yang Pelan
Sunnah membaca doa dzikir setelah sholat dengan suara yang pelan. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah.

Tip 4: Membaca Secara Rutin
Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, membaca doa dzikir setelah sholat hendaknya dilakukan secara rutin. Usahakan untuk membaca doa dzikir setelah setiap sholat fardhu, meskipun hanya beberapa kali saja.

Tip 5: Memahami Arti dari Doa Dzikir
Memahami arti dari doa dzikir yang dibaca akan menambah kekhusyukan dan meningkatkan kualitas ibadah. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mempelajari dan memahami arti dari doa dzikir yang dibaca.

Tip 6: Mengajak Orang Lain untuk Membaca Doa Dzikir
Mengajak orang lain untuk membaca doa dzikir setelah sholat merupakan salah satu bentuk dakwah yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan mengingatkan teman, keluarga, atau orang lain yang sedang beribadah.

Tip 7: Membaca Doa Dzikir Secara Berjamaah
Membaca doa dzikir secara berjamaah memiliki (keutamaan) yang lebih besar dibandingkan membaca secara sendiri-sendiri. Oleh karena itu, usahakan untuk membaca doa dzikir secara berjamaah jika memungkinkan.

Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat membaca doa dzikir setelah sholat dengan baik dan benar. Semoga dengan membaca doa dzikir setelah sholat, kita dapat memperoleh manfaat yang besar di dunia dan di akhirat.

Baca juga:
Tata Cara Sholat Fardhu yang Benar Sesuai Sunnah
Panduan Lengkap Sholat Tarawih dan Witir

Kesimpulan

Membaca doa dzikir setelah sholat merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menghapus dosa, mendapatkan pahala yang besar, dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca doa dzikir setelah sholat. Dengan membaca doa dzikir setelah sholat, kita dapat memperoleh manfaat yang besar di dunia dan di akhirat.

Youtube Video: