Rahasia Dzikir yang Disukai Allah: Kunci Ketenangan Jiwa

Posted on

Rahasia Dzikir yang Disukai Allah: Kunci Ketenangan Jiwa

Dzikir yang disukai Allah adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dzikir berarti mengingat Allah SWT, baik dengan lisan, hati, maupun perbuatan. Ada banyak jenis dzikir, namun yang paling utama adalah membaca kalimat tauhid, yaitu “La ilaha illallah” (Tiada Tuhan selain Allah).

Selain kalimat tauhid, ada juga dzikir-dzikir lain yang disukai Allah SWT, seperti:

  • Membaca Al-Qur’an
  • Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • Berdoa
  • Menyebut nama Allah saat melakukan aktivitas sehari-hari

Dzikir memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Bagi jiwa, dzikir dapat menenangkan hati, menghilangkan stres, dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Bagi raga, dzikir dapat memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menyembuhkan penyakit.

Dzikir juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berdzikir, kita menunjukkan bahwa kita selalu ingat kepada-Nya dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

dzikir yang disukai allah

Dzikir yang disukai Allah adalah amalan penting dalam Islam, yang memiliki banyak manfaat dan dimensi.

  • Kalimat Tauhid
  • Membaca Al-Qur’an
  • Shalawat
  • Doa
  • Tasbih
  • Tahmid
  • Takbir
  • Istighfar
  • La ilaha illallah
  • Subhanallah

Dzikir dapat menenangkan hati, menghilangkan stres, meningkatkan rasa syukur, memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit, dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berdzikir, kita menunjukkan bahwa kita selalu ingat kepada-Nya dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Kalimat Tauhid

Kalimat tauhid adalah dzikir yang paling utama dan paling disukai oleh Allah SWT. Kalimat tauhid berbunyi “La ilaha illallah” (Tiada Tuhan selain Allah). Kalimat ini merupakan penegasan akan keesaan Allah SWT dan merupakan syarat utama untuk menjadi seorang muslim.

Membaca kalimat tauhid secara rutin dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Bagi jiwa, membaca kalimat tauhid dapat menenangkan hati, menghilangkan stres, dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Bagi raga, membaca kalimat tauhid dapat memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menyembuhkan penyakit.

Selain itu, membaca kalimat tauhid juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca kalimat tauhid, kita menunjukkan bahwa kita selalu ingat kepada-Nya dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu amalan yang paling disukai oleh Allah SWT. Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca Al-Qur’an memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

  • Membaca Al-Qur’an dapat menenangkan hati dan menghilangkan stres. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita akan merenungkan ayat-ayat Allah SWT yang penuh dengan hikmah dan keindahan. Hal ini dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tentram.
  • Membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita akan mengetahui banyak nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah SWT.
  • Membaca Al-Qur’an dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita akan menggunakan banyak otot-otot tubuh kita, termasuk otot-otot di sekitar jantung dan paru-paru. Hal ini dapat membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.
  • Membaca Al-Qur’an dapat menyembuhkan penyakit. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.
  • Membaca Al-Qur’an dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini karena Al-Qur’an adalah firman-firman Allah SWT yang berisi petunjuk dan bimbingan bagi kita.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa membaca Al-Qur’an merupakan salah satu dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Membaca Al-Qur’an memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu membaca Al-Qur’an setiap hari.

Shalawat

Shalawat adalah salah satu dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Shalawat adalah doa yang dipanjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Membaca shalawat memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

  • Shalawat dapat menenangkan hati dan menghilangkan stres. Ketika kita membaca shalawat, kita akan mengingat perjuangan dan pengorbanan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam. Hal ini dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tentram.
  • Shalawat dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ketika kita membaca shalawat, kita akan menyadari banyak nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita melalui Nabi Muhammad SAW. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah SWT.
  • Shalawat dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika kita membaca shalawat, kita akan menggunakan banyak otot-otot tubuh kita, termasuk otot-otot di sekitar jantung dan paru-paru. Hal ini dapat membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.
  • Shalawat dapat menyembuhkan penyakit. Ketika kita membaca shalawat, kita akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.
Baca Juga  Panduan Lengkap Doa Nyekar ke Makam: Mendoakan yang Berpulang dengan Bermakna

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa membaca shalawat merupakan salah satu dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Membaca shalawat memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu membaca shalawat setiap hari.

Doa

Doa adalah salah satu dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Doa adalah permohonan atau permintaan kepada Allah SWT agar dikabulkan. Doa dapat dilakukan dalam bentuk apa saja, baik dengan lisan, hati, maupun perbuatan.

  • Doa merupakan bentuk pengakuan kita kepada Allah SWT sebagai Dzat yang Maha Kuasa. Ketika kita berdoa, kita menunjukkan bahwa kita percaya bahwa Allah SWT memiliki kuasa untuk mengabulkan segala permintaan kita.
  • Doa merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT. Ketika kita berdoa, kita sedang menghadapkan diri kita kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya. Hal ini merupakan bentuk ibadah yang sangat disukai oleh Allah SWT.
  • Doa dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Ketika kita berdoa, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini karena doa adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.
  • Doa dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran. Ketika kita berdoa, kita akan merasa lebih tenang dan tentram. Hal ini karena doa dapat membantu kita untuk melepaskan segala beban dan kekhawatiran kita kepada Allah SWT.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa doa merupakan salah satu dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Doa memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu berdoa kepada Allah SWT.

Tasbih

Tasbih adalah salah satu bentuk dzikir yang disukai Allah SWT. Tasbih artinya menyucikan Allah SWT dari segala kekurangan dan ketidaksempurnaan. Tasbih dilakukan dengan mengucapkan kalimat “Subhanallah” (Maha Suci Allah). Mengucapkan tasbih memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

Mengucapkan tasbih dapat menenangkan hati dan menghilangkan stres. Ketika kita mengucapkan tasbih, kita akan merenungkan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Hal ini dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tentram. Selain itu, mengucapkan tasbih juga dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ketika kita mengucapkan tasbih, kita akan menyadari banyak nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah SWT.

Secara praktis, tasbih dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kita dapat mengucapkan tasbih ketika sedang bekerja, belajar, atau bahkan ketika sedang bersantai. Dengan mengucapkan tasbih secara rutin, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

Tahmid

Tahmid adalah salah satu bentuk dzikir yang disukai Allah SWT. Tahmid artinya memuji Allah SWT atas segala nikmat dan kebaikan yang telah diberikan-Nya. Mengucapkan tahmid memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

Mengucapkan tahmid dapat menenangkan hati dan menghilangkan stres. Ketika kita mengucapkan tahmid, kita akan merenungkan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Hal ini dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tentram. Selain itu, mengucapkan tahmid juga dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ketika kita mengucapkan tahmid, kita akan menyadari banyak nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah SWT.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengucapkan tahmid dalam berbagai kesempatan. Misalnya, ketika kita mendapatkan nikmat kesehatan, kita dapat mengucapkan “Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah). Ketika kita mendapatkan rezeki, kita dapat mengucapkan “Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah). Dengan mengucapkan tahmid secara rutin, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

Takbir

Takbir adalah salah satu bentuk dzikir yang disukai Allah SWT. Takbir artinya mengagungkan Allah SWT. Mengucapkan takbir memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

  • Memperkuat Keimanan
    Mengucapkan takbir dapat memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT. Ketika kita mengucapkan takbir, kita mengakui kebesaran dan keagungan Allah SWT. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih yakin dan percaya kepada Allah SWT.
  • Menghilangkan Kesombongan
    Mengucapkan takbir dapat menghilangkan kesombongan dalam diri kita. Ketika kita mengucapkan takbir, kita menyadari bahwa kita hanyalah makhluk yang lemah dan tidak berdaya. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih rendah hati dan tidak sombong.
  • Mendekatkan Diri kepada Allah SWT
    Mengucapkan takbir dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Ketika kita mengucapkan takbir, kita menunjukkan bahwa kita selalu mengingat Allah SWT dan bergantung kepada-Nya. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Mendapatkan Pahala
    Mengucapkan takbir dapat mendatangkan pahala bagi kita. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan takbir, maka akan mendapatkan pahala sebesar gunung Uhud.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Baca Juga  Ragam Contoh Peribahasa Indonesia untuk Komunikasi Efektif

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa takbir merupakan salah satu bentuk dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Takbir memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu mengucapkan takbir.

Istighfar

Istighfar merupakan salah satu bentuk dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Istighfar artinya memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Mengucapkan istighfar memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

  • Penghapus Dosa
    Mengucapkan istighfar dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya, meskipun dosa-dosanya sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)
  • Menentramkan Hati
    Mengucapkan istighfar dapat menentramkan hati. Ketika kita memohon ampun kepada Allah SWT, kita akan merasa lebih tenang dan damai. Hal ini karena istighfar dapat membantu kita untuk melepaskan beban dosa yang kita pikul.
  • Menghilangkan Kesedihan
    Mengucapkan istighfar dapat menghilangkan kesedihan. Ketika kita memohon ampun kepada Allah SWT, kita akan merasa lebih ringan dan tidak lagi bersedih hati. Hal ini karena istighfar dapat membantu kita untuk menerima kenyataan dan move on dari masa lalu.
  • Mendapat Pahala
    Mengucapkan istighfar dapat mendatangkan pahala bagi kita. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan istighfar seratus kali dalam sehari, maka akan diampuni dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa istighfar merupakan salah satu bentuk dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Istighfar memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu mengucapkan istighfar.

La ilaha illallah

Kalimat “La ilaha illallah” merupakan kalimat tauhid yang menjadi dasar dari agama Islam. Kalimat ini menegaskan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” merupakan salah satu bentuk dzikir yang paling disukai oleh Allah SWT.

Kalimat “La ilaha illallah” memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Kalimat ini merupakan syarat utama untuk menjadi seorang muslim. Orang yang mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” dengan ikhlas dan meyakininya, maka ia telah masuk Islam dan menjadi seorang muslim.

Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Manfaat tersebut antara lain:

  • Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” dapat menenangkan hati dan menghilangkan stres.
  • Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.
  • Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” dapat menyembuhkan penyakit.
  • Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kalimat “La ilaha illallah” merupakan salah satu dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Mengucapkan kalimat “La ilaha illallah” memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu mengucapkan kalimat “La ilaha illallah”.

Subhanallah

Subhanallah adalah salah satu kalimat dzikir yang paling sering diucapkan oleh umat Islam. Kalimat ini memiliki arti “Maha Suci Allah”. Mengucapkan kalimat subhanallah memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga.

Salah satu manfaat mengucapkan kalimat subhanallah adalah dapat menenangkan hati dan menghilangkan stres. Ketika kita mengucapkan kalimat subhanallah, kita akan merenungkan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Hal ini dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tentram. Selain itu, mengucapkan kalimat subhanallah juga dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ketika kita mengucapkan kalimat subhanallah, kita akan menyadari banyak nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah SWT.

Selain manfaat bagi jiwa, mengucapkan kalimat subhanallah juga memiliki manfaat bagi raga. Mengucapkan kalimat subhanallah dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika kita mengucapkan kalimat subhanallah, kita akan menggunakan banyak otot-otot tubuh kita, termasuk otot-otot di sekitar jantung dan paru-paru. Hal ini dapat membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Mengucapkan kalimat subhanallah juga dapat menyembuhkan penyakit. Ketika kita mengucapkan kalimat subhanallah, kita akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Baca Juga  Panduan Lengkap: Cara Transaksi Mudah Tanpa Kartu BCA

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa mengucapkan kalimat subhanallah merupakan salah satu dzikir yang sangat disukai oleh Allah SWT. Mengucapkan kalimat subhanallah memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu mengucapkan kalimat subhanallah.

Pertanyaan Umum tentang Dzikir yang Disukai Allah

Dzikir yang disukai Allah merupakan amalan penting dalam Islam yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai dzikir yang disukai Allah:

Pertanyaan 1: Apa saja dzikir yang disukai Allah?

Jawaban: Dzikir yang disukai Allah sangat beragam, di antaranya adalah membaca kalimat tauhid, membaca Al-Qur’an, membaca shalawat, berdoa, tasbih, tahmid, takbir, istighfar, dan lain sebagainya.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat dari berdzikir?

Jawaban: Berdzikir memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Bagi jiwa, berdzikir dapat menenangkan hati, menghilangkan stres, meningkatkan rasa syukur, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bagi raga, berdzikir dapat memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menyembuhkan penyakit.

Pertanyaan 3: Kapan waktu yang tepat untuk berdzikir?

Jawaban: Berdzikir dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, ada beberapa waktu yang lebih utama untuk berdzikir, seperti setelah shalat, sebelum tidur, dan ketika mengalami kesulitan.

Pertanyaan 4: Berapa banyak waktu yang harus dialokasikan untuk berdzikir?

Jawaban: Tidak ada ketentuan khusus mengenai berapa banyak waktu yang harus dialokasikan untuk berdzikir. Namun, para ulama menganjurkan untuk berdzikir sesering mungkin, sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Pertanyaan 5: Apakah ada syarat tertentu untuk berdzikir?

Jawaban: Berdzikir tidak memerlukan syarat khusus. Namun, lebih utama jika dilakukan dengan hati yang khusyuk dan ikhlas.

Pertanyaan 6: Apakah ada perbedaan pahala antara berdzikir dengan lisan dan hati?

Jawaban: Berdzikir dengan hati lebih utama daripada berdzikir dengan lisan saja. Namun, berdzikir dengan lisan juga memiliki pahala, meskipun tidak sebesar berdzikir dengan hati.

Kesimpulan:

Dzikir yang disukai Allah merupakan amalan penting yang memiliki banyak manfaat. Berdzikir dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hendaknya kita memperbanyak dzikir dalam kehidupan sehari-hari agar memperoleh keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Lanjut ke bagian artikel berikutnya: Dzikir Pagi dan Petang

Tips Berdzikir

Dzikir merupakan amalan penting dalam Islam yang memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa tips agar dzikir yang kita lakukan lebih optimal:

Tip 1: Berdzikirlah dengan Istiqomah

Jangan hanya berdzikir pada saat-saat tertentu saja, seperti ketika sedang sedih atau menghadapi masalah. Berdzikirlah secara istiqomah, yaitu rutin setiap hari, baik pada saat senang maupun susah.

Tip 2: Berdzikirlah dengan Khusyuk

Saat berdzikir, fokuslah pada apa yang sedang diucapkan. Jangan biarkan pikiran mengembara ke mana-mana. Berdzikirlah dengan hati yang khusyuk dan penuh penghayatan.

Tip 3: Berdzikirlah dengan Waktu yang Tepat

Ada beberapa waktu yang lebih utama untuk berdzikir, seperti setelah shalat, sebelum tidur, dan ketika mengalami kesulitan. Manfaatkan waktu-waktu tersebut untuk memperbanyak dzikir.

Tip 4: Berdzikirlah dengan Cara yang Benar

Pelajarilah cara berdzikir yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Jangan asal mengucapkan dzikir tanpa mengetahui maknanya dan tata caranya.

Tip 5: Berdzikirlah dengan Berjamaah

Berdzikir secara berjamaah memiliki keutamaan yang lebih besar daripada berdzikir sendirian. Berdzikirlah bersama keluarga, teman, atau anggota jamaah masjid.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tips-tips di atas, insya Allah dzikir yang kita lakukan akan lebih optimal dan mendatangkan banyak manfaat.

Kesimpulan

Dzikir yang disukai Allah merupakan amalan yang sangat penting dalam ajaran Islam. Dzikir memiliki banyak manfaat, baik bagi jiwa maupun raga. Dengan memperbanyak dzikir, kita dapat memperoleh keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Hendaknya kita menjadikan dzikir sebagai bagian dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Berdzikirlah dengan istiqomah, khusyuk, dan waktu yang tepat. Pelajarilah cara berdzikir yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Dan berdzikirlah bersama dengan orang lain untuk memperoleh keutamaan yang lebih besar.

Youtube Video: