12 Cara Merawat Aglaonema Agar Subur dan Sehat

biotifor.or.idCara Merawat Aglaonema – Aglaonema adalah salah satunya tanaman hias terkenal di Indonesia. Dikenali dengan daun-daunnya yang elok dan bermacam warna, Aglaonema ialah opsi yang cantik untuk menghias ruang di rumah. Tetapi, seperti tanaman lain, perawatan yang pas sangat penting untuk jaga keelokan dan kesehatan Aglaonema.

Cara Merawat Aglaonema

Cara Merawat Aglaonema

1. Memilih Aglaonema yang Tepat

Pertama kali, cara penting pada cara merawat Aglaonema ialah pilih tanaman yang akurat. Waktu beli Aglaonema, lihat beragam varietas yang ada. Pilih varietas yang paling Anda gemari dan sesuai lingkungan di dalam rumah Anda. Disamping itu, pastikan tanaman itu pada keadaan baik dan sehat.

2. Kondisi Tumbuh yang Ideal

Aglaonema menyenangi sinar, tapi jauhi cahaya matahari langsung yang bisa membakar daun-daunnya. Taruh tanaman ini di tempat yang jelas, tapi tidak terserang cahaya matahari langsung. Aglaonema menyenangi temperatur hangat dan kelembapan. Pastikan untuk menempatkannya di ruang dengan temperatur yang sangat nyaman dan condong lembap. Disamping itu, pakai tempat tanam yang bagus dan pot dengan lubang drainase untuk menghambat penumpukan air berlebihan.

3. Teknik Penyiraman yang Tepat

Penyiraman yang pas ialah kunci sukses dalam cara merawat Aglaonema. Tanaman ini memerlukan kelembapan yang cukup, tapi tidak menyenangi tanah yang terlampau basah. Siramlah tanaman ini dengan teratur, tapi pastikan tidak untuk menggenangi tanah. Seharusnya diamkan tanah sedikit kering saat sebelum lakukan penyiraman selanjutnya.

4. Pemupukan Aglaonema

Memberikan makan Aglaonema secara betul akan menolongnya tumbuh subur dan warna ceria. Pakai pupuk yang diformulasi khusus untuk tanaman hias daun. Pupukkan tanaman ini dengan teratur, umumnya tiap dua minggu sekali. Tetapi, pastikan untuk meng ikuti panduan pada paket pupuk untuk jumlah yang akurat.

Baca Juga  Manfaat Buah Kelengkeng: Kelezatan yang Menyehatkan Tubuh

5. Memangkas dan Merapikan Tanaman

Memotong tanaman dengan teratur akan menolong hilangkan daun-daun yang menguning atau layu dan menggairahkan perkembangan tunas baru. Singkirkan daun-daun yang tidak sehat untuk jaga keelokan Aglaonema. , potong ujung-ujung tanaman untuk menolongnya tumbuh lebih lebat.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Aglaonema dapat hadapi permasalahan hama dan penyakit. Hama umum yang serang Aglaonema diantaranya kutu daun, tungau, dan ulat. Bila Anda menyaksikan pertanda gempuran hama, selekasnya mengambil perlakuan untuk menanganinya. Disamping itu, penangkalan penting juga, seperti jaga kebersihan tanaman dan lingkungan sekelilingnya.

7. Mentransplantasi Aglaonema

Cara merawat Aglaonema seterusnya. Pertanda jika Aglaonema perlu dipindah ke pot yang semakin lebih besar termasuk perkembangan akar yang keluar lubang drainase dan tanaman kelihatan terjepit di pot. Saat mentransplantasi, tentukan pot yang sedikit lebih besar dibanding pot awalnya dan pakai kombinasi tanah yang pas. Transplantasikan tanaman dengan berhati-hati untuk menghindar dari kerusakan akar.

8. Metode Perbanyakan Tanaman

Aglaonema bisa dibanyakin lewat potongan tangkai. Cara ini lumayan gampang dilaksanakan, dan Anda bisa hasilkan tanaman baru secara cepat. Sesudah menggunting tangkai, lihat perawatan khusus untuk tanaman muda sampai akar mereka berkembang secara baik.

9. Ide Dekoratif dan Penampilan

Cara merawat Aglaonema selanjutnya. Aglaonema bukan hanya sediakan keelokan berbentuk daunnya yang berwarna-warna, tapi juga bisa dipakai sebagai komponen dekorasi di rumah. Anda bisa atur tanaman ini di beberapa tempat seperti ruangan tamu, ruang tidur, atau ruangan kerja. Aglaonema bisa dipadankan tanaman hias lain untuk membuat penampilan yang memikat.

10. Mengatasi Masalah Umum

Sering, tanaman Aglaonema hadapi permasalahan seperti daun menguning, ujung daun jadi kering, dan tanaman layu. Anda perlu mengenali pemicu permasalahan ini dan ambil beberapa langkah yang pas untuk menangani permasalahan itu. Beberapa hal seperti penyiraman yang terlalu berlebih, gempuran hama, atau pancaran cahaya matahari terlalu berlebih bisa mengakibatkan permasalahan pada tanaman.

Baca Juga  Manfaat Makan Kelapa Tua Mentah Kelezatan dan Kesehatan

11. Varietas Aglaonema dan Kebutuhan Perawatan Khusus

Setiap varietas Aglaonema memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk perbedaan dalam tuntutan perawatan. Beberapa varietas mungkin lebih tahan terhadap sinar matahari, sementara yang lain lebih cocok di tempat teduh. Pelajari lebih lanjut tentang varietas yang Anda miliki dan sesuaikan perawatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

12. Tips untuk Menghidupkan Kembali Aglaonema yang Tidak Sehat

Jika Aglaonema Anda tampak tidak sehat, jangan khawatir. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkannya kembali. Pastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup, periksa kelembapan tanah, dan berikan pupuk sesuai kebutuhan. Selain itu, bersihkan daun-daunnya secara teratur agar tetap sehat.

Beli: Di Shopee (Harga Rp 40.000)

FAQs

  1. Pertanyaan: Berapa sering saya harus menyiram Aglaonema saya?
    Jawab: Aglaonema sebaiknya disiram setiap 1-2 minggu sekali, tergantung pada kelembapan lingkungan dan ukuran potnya.
  2. Pertanyaan: Bolehkah saya menempatkan Aglaonema di bawah sinar matahari langsung?
    Jawab: Tidak disarankan. Aglaonema lebih cocok ditempatkan di area yang terang tapi tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.
  3. Pertanyaan: Apa saja hama yang sering menyerang Aglaonema?
    Jawab: Beberapa hama umum yang bisa menyerang Aglaonema adalah kutu daun, tungau, dan ulat.
  4. Pertanyaan: Bagaimana cara mengetahui apakah Aglaonema perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar?
    Jawab: Jika akar tanaman keluar dari lubang drainase dan tanaman terlihat terjepit di potnya, itu adalah tanda bahwa Aglaonema perlu dipindahkan.
  5. Pertanyaan: Bagaimana cara memperbanyak Aglaonema?
    Jawab: Aglaonema dapat diperbanyak melalui potongan batang. Potong batang tanaman dengan hati-hati dan perawatlah secara khusus hingga akar muncul.

Itulah tadi cara merawat Aglaonema dengan baik dan benar. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki Aglaonema yang cantik dan sehat di rumah Anda. Ikuti panduan perawatan di atas, dan Anda akan melihat betapa indahnya tanaman ini menghiasi ruangan Anda. Dengan perawatan yang tepat, Aglaonema akan terus tumbuh subur dan mempesona selama bertahun-tahun mendatang.