Cara Mengusir Cicak: Tips Ampuh Mengatasi Hama di Rumah

biotifor.or.idCara Mengusir Cicak – Rumah ialah tempat di mana kita berasa aman serta nyaman. Tetapi, terkadang permasalahan kecil seperti kehadiran cicak dapat mengusik kenyamanan di rumah. Cicak ialah hewan yang biasa diketemukan di sekitar lingkungan kita, khususnya di wilayah tropis. Walaupun cicak bisa menolong mengontrol populasi serangga yang lain, kehadirannya di rumah sering dipandang menyebalkan. Bila kamu mencari cara mengusir cicak dari rumah kamu, berikut beberapa panduan hebat yang bisa kamu coba:

15 Cara Mengusir Cicak

15 Cara Mengusir Cicak

1. Menjaga Kebersihan Rumah

Cara mengusir cicak yang pertama. Salah satunya cara efisien untuk mengusir cicak dari rumah kamu dengan jaga kebersihan secara detail. Pastikan kamu bersihkan tersisa makanan, tetes minyak, dan kotoran yang lain dengan cermat. Makin berkurang sumber makanan yang ada, makin tidak menarik untuk cicak untuk berkeliaran di rumah kamu.

2. Menggunakan Peppermint atau Minyak Cengkeh

Cicak tidak suka dengan aroma tertentu, seperti peppermint atau minyak cengkeh. Kamu dapat mencampurkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau minyak cengkeh dengan air dan menyemprotkannya di area yang sering dilalui cicak. Aroma ini akan membuat cicak enggan mendekati rumah kamu.

3. Memasang Jala atau Kertas Lecak

Memakai jaring atau kertas lecak ialah cara yang lain efisien untuk mengusir cicak. Pasang jaring pada sirkulasi atau beberapa lubang kecil di dalam rumah kamu untuk menghambat masuknya cicak. Dalam pada itu, kertas lecak bisa ditaruh di beberapa tempat yang kerap dilewati cicak. Demikian cicak melekat di kertas lecak, kamu bisa secara mudah menghilangkan.

4. Membersihkan Tumpukan Barang

Cara mengusir cicak selanjutnya. Cicak sering sukai sembunyi dibalik setumpukan barang yang tidak kepakai. Karena itu, pastikan kamu tidak simpan setumpukan barang di rumah kamu. Membuang atau taruh beberapa barang yang tidak kamu pakai supaya tidak memberi tempat untuk cicak untuk sembunyi.

Baca Juga  Manfaat Menggunakan Jilbab : Keindahan Dalam Kesederhanaan

5. Menggunakan Cairan Lada atau Bawang Putih

Cicak juga tidak menyukai bau lada atau bawang putih. Kamu dapat membuat campuran cairan dengan merendam lada atau bawang putih dalam air selama beberapa jam. Kemudian, semprotkan cairan ini di sudut-sudut rumah yang sering dikunjungi cicak.

6. Mengatur Pencahayaan

Cicak lebih suka bersembunyi di tempat yang gelap dan lembab. Dengan mengatur pencahayaan di dalam rumah kamu, Kamu dapat membuat lingkungan yang tidak nyaman bagi cicak. Pasang lampu terang di area yang sering dilalui cicak dan hindari meninggalkan sudut-sudut gelap di rumah kamu.

7. Menutup Celah dan Retakan

Check rumah kamu untuk temukan sela atau retakan pada dinding, lantai, atau langit-langit. Cicak dapat masuk lewat celah-celah ini. Tutup celah-celah itu dengan karet atau plester untuk menghambat masuknya cicak ke rumah kamu.

8. Menggunakan Siramaman Air

Cara mengusir cicak selanjutnya. Cicak sangat sensitif terhadap sentuhan air. Kamu dapat mengusir cicak dengan menyiramkan air pada mereka ketika kamu melihatnya. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan air berlebihan, agar tidak merusak barang-barang di sekitarnya.

Beli: Di Shopee (Harga Rp 7.350)

9. Menanam Tanaman Pengusir

Beberapa tanaman memiliki aroma yang dapat mengusir cicak, seperti lavender, mint, dan daun pandan. Menanam tanaman-tanaman ini di sekitar rumah kamu dapat membantu mengurangi keberadaan cicak.

10. Menggunakan Repellent Alami

Kamu pun bisa membuat repellent alami dengan menambahkan cuka putih dan air dalam botol semprot. Semprot kombinasi ini di tempat yang kerap dilewati cicak. Repellent ini akan menolong mengusir cicak tanpa menghancurkan sekitar lingkungan.

11. Rutin Membersihkan Kamar Mandi dan Dapur

Kamar mandi dan dapur adalah tempat favorit cicak mencari makanan dan air. Pastikan kamu rutin membersihkan kedua area ini untuk menghilangkan sumber daya yang menarik bagi cicak.

Baca Juga  Ciri-ciri Orang bermental Miskin - Yuk Kenali Ciri-ciri & Dampaknya

12. Menggunakan Ultrasonik Repellent

Ultrasonik repellent adalah alat yang mengeluarkan suara ultrasonik yang tidak disukai oleh cicak. Kamu dapat memasang alat ini di area-area tertentu di rumah kamu untuk mengusir cicak secara efektif.

13. Menjaga Kelembaban

Cara mengusir cicak berikutnya. Selain cahaya, cicak juga tidak menyukai lingkungan yang kering. Pastikan kamu menjaga kelembaban rumah kamu pada tingkat yang sehat untuk mengurangi kemungkinan cicak berkembang biak.

14. Menggunakan Perangkap

Bila kamu ingin ambil perlakuan selanjutnya, kamu bisa memakai jebakan cicak yang ada di pasar. Jebakan ini bisa menolong kamu tangkap cicak secara aman.

15. Memanggil Jasa Pest Control

Jika semua usaha untuk mengusir cicak tidak membuahkan hasil, kamu selalu dapat memanggil jasa pest control profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk mengatasi masalah hama di rumah kamu.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat mengusir cicak dari rumah kamu secara efektif dan alami. Jaga kebersihan rumah serta lakukan tindakan pencegahan untuk mencegah masalah ini muncul kembali di masa depan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan kami tentang cara mengusir cicak dengan benar dirumah kamu. Mengusir cicak dari rumah bukanlah tugas yang sulit jika kamu tahu caranya. Dengan menjaga kebersihan, menggunakan bahan alami, dan melakukan tindakan pencegahan, kamu dapat mengatasi masalah cicak tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya.

Pertanyaan Umum (FAQ)

  1. Apakah cicak dapat membawa penyakit?
    Meskipun jarang terjadi, cicak dapat berpotensi membawa bakteri dan virus yang dapat menginfeksi manusia.
  2. Apakah semua jenis cicak berbahaya?
    Tidak semua jenis cicak berbahaya. Beberapa jenis cicak hanya mencari tempat yang lembap dan tidak menyebabkan kerusakan.
  3. Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah keberadaan cicak?
    Kamu dapat menjaga kebersihan rumah, menutup celah-celah di dinding, dan menggunakan tanaman pengusir cicak.
  4. Apakah repellent alami aman digunakan di sekitar anak-anak?
    Repellent alami umumnya aman digunakan di sekitar anak-anak, tetapi tetap perhatikan penggunaannya.
  5. Kapan sebaiknya saya memanggil jasa pest control?
    Jika upaya-upaya kamu tidak berhasil dan masalah cicak terus berlanjut, memanggil jasa pest control adalah pilihan yang baik.