Manfaat Kapur Barus yang Perlu Anda Ketahui

Biotifor.or.id-Kapur barus atau kamper adalah zat padat berbentuk lilin warna putih dan cukup transparan. Wewangian yang dikeluarkan oleh kapur barus condong fresh, kuat, dan unik. Oleh karena itu, cukup banyak dari kita yang memakai kapur barus untuk menyingkirkan berbau tidak enak di dalam kamar mandi dan menghambat jamur dan berbau apek pada baju hingga bisa disimpulkan jika kamar mandi dan almari baju jadi rumah umum dari kapur barus. Tetapi, bukan hanya berguna sebagai pengharum, pencegah jamur, dan berbau apek baju saja. Kapur barus memiliki manfaat yang lain mungkin jarang-jarang atau memang belum kamu kenali sebelumnya. Inilah!

  1. Membasmi serangga di tanaman pot: Salah satunya aroma yang tidak disenangi oleh serangga ialah aroma kuat dari kapur barus. Untuk membasmi serangga yang mengganggu tanaman pot, kamu dapat masukkan tanaman ke kantong plastik bening yang sudah diisi kapur barus. Kemudian tutup rapat sepanjang 1 minggu. Saat kamu keluarkan tenaman itu dari kantong, karena itu tanamanmu akan terlepas dari serangga. Hingga tanaman pot-mu akan kelihatan lebih elok.
  2. Menjauhkan tikus dari garasi atau gudang: Tikus adalah hewan pengerat yang menjijikan. Selainnya mengganggu dan mengotori rumah, hewan ini bisa juga bawa penyakit yang disebabkan karena virus serta bakteri yang dibawa oleh kotoran tikus. Kadangkala juga, tikus sering menggigit kabel listrik dan benda yang lain. Oleh karena itu, janganlah sampai hewan ini berkeliaran dalam garasi, gudang, atau rumahmu. Untuk memisahkannya, kamu bisa menempatkan sejumlah butir kapur barus disekitaran garasi, gudang, atau dapur rumahmu. Nanti, tikus akan cari tempat yang lain tidak tercium wewangian kapur barus
  3. Menjauhkan anjing dan kucing dari kebun: Bila kamu memiliki kapur barus yang telah lama tidak dipakai, jangan dahulu kamu membuang. Kamu dapat manfaatkan kapur barus tua itu membuat perlindungan tanaman dan kebunmu dari kucing dan anjing karena hewan itu benar-benar tidak suka dengan wewangian kapur barus yang menyengat.
  4. Mengusir kelelawar: Hadirnya hewan nokturnal ini kadangkala dapat merusak loteng atau langit-langit rumahmu. Agar tidak menghancurkan sisi atap rumahmu, kamu dapat menyingkirkannya dengan menebarkan sejumlah kapur barus di loteng atau langit-langit rumahmu
  5. Mengusir kecoak dan cicak: Hadirnya kecoak dan cicak pasti benar-benar mengganggu, ditambah kecoak adalah binatang yang sarat dengan kuman. Kecoak bisa juga membuat ruang jadi berbau sekalian bisa bawa bakteri yang beresiko untuk kesehatan. Nach, langkah terbaik untuk menyingkirkan kecoak dan cicak dari rumah dengan memakai kapur barus.
Baca Juga  Ukuran Lapangan Bola Voli Dengan Standar Internasional

Langkah Pilih Kapur Barus yang Berkualitas

Untuk pilih kapur barus yang berkualitas, kamu dapat memerhatikan banyak hal berikut ini:

  • Beli kapur barus dari produsen paling dipercaya: Kapur barus yang berkualitas umumnya dibuat oleh produsen yang telah populer dan mempunyai reputasi baik. Kamu dapat cari info tentang produsen kapur barus itu pada internet atau menanyakan ke orang yang telah berpengalaman saat beli kapur barus.
  • Perhatikan kemasan kapur barus: Kapur barus yang berkualitas umumnya dibungkus rapi dan memakai bahan paket yang berkualitas. Paket yang bagus akan melindungi kapur barus dari kerusakan dan jaga aroma kapur barus masih tetap segar.
  • Perhatikan warna kapur barus: Kapur barus yang berkualitas mempunyai warna putih keabuan dan tidak begitu terbuka. Kapur barus yang terlampau terbuka atau warna kuning condong kurang berkualitas.
  • Perhatikan aroma kapur barus: Kapur barus yang berkualitas mempunyai wewangian yang kuat dan fresh. Aroma kapur barus yang lemah atau mungkin tidak fresh mungkin mengisyaratkan kapur barus itu kurang berkualitas.

Kesimpulan

Dalam artikel berikut, kita sudah mengulas faedah kapur barus yang mungkin belum kamu kenali sebelumnya. Kapur barus bukan hanya berguna sebagai pengharum, pencegah jamur, dan berbau apek baju saja. Kapur barus memiliki manfaat yang lain mungkin jarang-jarang atau memang belum kamu kenali sebelumnya. Sejumlah faedah kapur barus yang sudah kita ulas diantaranya membunuh serangga di tanaman pot,

Untuk menyingkirkan serangga dengan kapur barus, kamu dapat masukkan tanaman ke kantong plastik bening yang sudah diisi kapur barus. Kemudian tutup rapat sepanjang 1 minggu. Saat kamu keluarkan tenaman itu dari kantong, karena itu tanamanmu akan terlepas dari serangga. Mudah-mudahan membantu!

Baca Juga  Manfaat Menelan Sperma Laki-laki Menurut Islam, Begini Faktanya

FAQ mengenai manfaat kapur barus

  1. Bagaimana langkah memakai kapur barus untuk menyingkirkan serangga? Untuk menyingkirkan serangga dengan kapur barus, kamu dapat masukkan tanaman ke kantong plastik bening yang sudah diisi kapur barus. Kemudian tutup rapat sepanjang 1 minggu. Saat kamu keluarkan tenaman itu dari kantong, karena itu tanamanmu akan terlepas dari serangga.
  2. Bagaimana langkah menyingkirkan tikus dari garasi atau gudang? Untuk menghindari tikus dari garasi, gudang, atau dapur rumahmu, kamu bisa menempatkan sejumlah butir kapur barus disekitaran tempat itu. Nanti, tikus akan cari tempat yang lain tidak tercium wewangian kapur barus.
  3. Bagaimana langkah menyingkirkan anjing dan kucing dari kebun? Bila kamu memiliki kapur barus yang telah lama tidak dipakai, kamu dapat manfaatkan kapur barus tua itu membuat perlindungan tanaman dan kebunmu dari kucing dan anjing karena hewan itu benar-benar tidak suka dengan wewangian kapur barus yang menyengat.
  4. Bagaimana langkah menyingkirkan kelelawar? Agar kelelawar tidak merusak sisi atap rumahmu, kamu dapat menyingkirkannya dengan menebarkan sejumlah kapur barus di loteng atau langit-langit rumahmu.
  5. Bagaimana langkah menyingkirkan kecoak dan cicak? Langkah terbaik untuk menyingkirkan kecoak dan cicak dari rumah dengan memakai kapur barus.