Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dirumah

biotifor.or.idCara Mengobati Gusi Bengkak – Gusi bengkak menjadi permasalahan yang mengusik dan bisa mempengaruhi kualitas hidup setiap hari kamu. Permasalahan ini bisa disebabkan karena beragam faktor, seperti infeksi, gigitan yang tidak pas, atau permasalahan kesehatan yang lain. Untungnya, ada beragam cara untuk mengobati gusi bengkak dan merestorasi kesehatan mulut kamu. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas cara mengobati gusi bengkak yang simpel yang bisa kamu aplikasikan untuk menangani permasalahan gusi bengkak.

Mengapa Gusi Bisa Bengkak?

Gusi dapat bengkak karena beragam argumen. Beberapa pemicu biasanya ialah:

  1. Infeksi Gusi: Infeksi bakteri dalam mulut bisa menyebabkan infeksi pada gusi, yang mengakibatkan gusi membesar. Keadaan ini dikenali sebagai gingivitis. Bila tidak diobati, gingivitis bisa mengalami perkembangan jadi periodontitis, yang dapat serius.
  2. Plak dan Karang Gigi: Penimbunan karies bakteri disekitaran gigi dan gusi bisa jadi pemicu lebamnya gusi. Karies yang tidak ditiadakan baik bisa mengeras jadi kalkulus gigi, lebih susah ditangani dan bisa membuat iritasi gusi.
  3. Gigi Bungsu Tumbuh: Saat gigi bungsu mulai berkembang, mereka bisa menekan gusi dan mengakibatkan infeksi dan bengkak pada tempat itu.
  4. Luka atau Trauma: Gusi dapat bengkak sebagai tanggapan pada cedera atau trauma pada tempat mulut, misalkan karena menggosok gigi terlampau keras atau luka waktu kunyah makanan.
  5. Penyakit Gusi Yang lain: Selainnya gingivitis dan periodontitis, ada beragam penyakit gusi yang lain yang bisa mengakibatkan lebamnya gusi, seperti abses gusi atau stomatitis.
  6. Perubahan Hormon: Peralihan hormon, sama seperti yang terjadi sepanjang kehamilan, menstruasi, atau menopause, bisa memengaruhi kesehatan gusi dan mengakibatkan bengkak.
  7. Kondisi Kesehatan Umum: Beberapa keadaan kesehatan umum, seperti diabetes, bisa tingkatkan dampak negatif permasalahan gusi, termasuk bengkak.
Baca Juga  7 Manfaat Daun Srikaya Bagi Kesehatan, Mengatasi Insomnia

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Langkah pertama kali dalam cara mengobati gusi bengkak dengan jaga kebersihan mulut yang bagus. Ini termasuk menyikat gigi dengan teratur, bersihkan lidah, dan memakai benang gigi. Bersihkan mulut secara betul bisa menolong hilangkan bakteri dan karies yang bisa mengakibatkan infeksi pada gusi.

2. Kompres Dingin

Jika kamu mengalami pembengkakan pada gusi, mengompresnya dengan es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Bungkus es dalam kain tipis dan aplikasikan secara perlahan pada area yang bengkak selama 15-20 menit. Ini dapat membantu meredakan peradangan.

3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat adalah metode alami yang efektif untuk mengurangi peradangan pada gusi. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah selama beberapa detik. Ini dapat membantu membersihkan area yang terkena dan meredakan rasa sakit.

4. Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Obat kumur antiseptik ialah opsi yang lain bisa menolong menangani gusi bengkak. Tentukan obat kumur yang memiliki kandungan bahan aktif seperti klorheksidin yang bisa menolong mematikan bakteri dan kurangi infeksi.

5. Menghindari Makanan Pedas dan Asam

Cara mengobati gusi bengkak yang berikutnya. Makanan pedas dan asam dapat memperburuk kondisi gusi bengkak. Hindarilah makanan yang terlalu pedas atau asam selama kamu mengalami masalah ini. Ini dapat membantu menghindari iritasi tambahan pada gusi kamu.

6. Minum Banyak Air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah penting untuk kesehatan mulut yang baik. Air membantu dalam pembilasan bakteri dan racun dari mulut kamu. Pastikan kamu minum cukup air setiap hari.

7. Konsultasikan dengan Dokter Gigi

Bila gusi bengkak kamu kronis atau tidak juga makin membaik sesudah lakukan perawatan rumahan, penting untuk konsultasi sama dokter gigi. Mereka bisa lakukan pemeriksaan lengkap dan memberi anjuran dan perawatan yang tepat.

Baca Juga  Termasuk Olahraga Ekstrem, Inilah 11 Manfaat Parkour untuk Kesehatan

8. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol dapat merusak jaringan gusi dan memperburuk peradangan. Jika kamu merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan ini atau menguranginya.

9. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk kesehatan gusi. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan paprika, dapat membantu mempercepat penyembuhan gusi.

10. Gunakan Sikat Gigi yang Lembut

Cara mengobati gusi bengkak yang selanjutnya. Sikat gigi dengan bulu sikat yang halus untuk menghindar dari iritasi pada gusi yang telah bengkak. Sikat gigi dengan pergerakan halus dan jauhi penekanan terlalu berlebih.

11. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan gusi. Makan lebih banyak sayuran hijau dalam diet kamu.

12. Perbanyak Konsumsi Air Kelapa

Cara mengobati gusi bengkak yang terakhir. Air kelapa mengandung elektrolit alami yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit pada gusi.

Kesimpulan

Demikian ulasan kami mengenai cara mengobati gusi bengkak. Mengobati gusi bengkak membutuhkan perhatian dan perawatan yang akurat. Dengan jaga kebersihan mulut dan meng ikuti beberapa langkah di atas, kamu dapat menurunkan infeksi dan mengembalikan kesehatan gusi kamu. Tetapi, ingat-ingatlah jika diskusi sama dokter gigi ialah cara penting bila permasalahan ini bersambung atau lebih buruk.

Pertanyaan Umum

  1. Apakah gusi bengkak selalu disebabkan oleh infeksi?
    Tidak, gusi bengkak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk iritasi, gigitan yang tidak tepat, dan masalah kesehatan lainnya.
  2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meredakan gusi bengkak dengan perawatan rumahan?
    Waktu yang dibutuhkan dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan, tetapi perbaikan biasanya terlihat dalam beberapa hari hingga beberapa minggu.
  3. Apakah saya perlu minum obat antibiotik untuk mengobati gusi bengkak?
    Tidak selalu, tetapi dalam beberapa kasus, dokter gigi mungkin meresepkan antibiotik jika infeksi terlibat.
  4. Bisakah gusi bengkak sembuh dengan sendirinya?
    Ya, dalam banyak kasus, gusi bengkak dapat sembuh dengan sendirinya dengan perawatan rumahan yang tepat.
  5. Apa yang harus saya hindari selama mengobati gusi bengkak?
    Kamu sebaiknya menghindari makanan pedas, asam, merokok, minuman beralkohol, dan tekanan berlebihan pada gusi selama mengobati gusi bengkak.
Baca Juga  Manfaat Senam Ritmik untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh