Penyebab Sariawan Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Posted on

Biotifor.or.id – Penyebab Sariawan, Sariawan ialah permasalahan yang biasa terjadi disekitaran mulut, mengakibatkan merasa tidak ketaknyamanan dan nyaman. Artikel berikut akan mengulas penyebab sariawan dan memberi wacana mengenai langkah menanganinya. Silahkan kita awali dengan pahami kenapa sariawan sering muncul.

Sariawan ialah permasalahan umum yang kerap membuat kita merasakan tidak nyaman. Saat sariawan ada, kesan pedih dan perih dalam mulut dapat benar-benar mengusik kegiatan setiap hari. Tetapi, apa sebetulnya sebagai penyebab sariawan ini? Dalam artikel berikut, kita akan mengulas penyebab bagaimana menanganinya dan sariawan.

Sariawan, dikenal juga panggilan stomatitis aftosa, ialah keadaan klinis yang biasanya terjadi dalam mulut. Ini ialah cedera atau borok kecil yang ada di dalam rongga mulut, sama dalam bibir, pipi, gusi, lidah, atau sisi dalam pipi. Sariawan umumnya memiliki warna putih atau kekuningan dengan pinggir merah, dan mereka dapat benar-benar menyakitkan.

Apa Itu Sariawan?

Sariawan, dikenal juga sebagai stomatitis aftosa, ialah keadaan yang mempengaruhi selaput lendir dalam mulut. Ini umumnya muncul pada bentuk cedera kecil, ulkus, atau borok yang bisa benar-benar menyakitkan. Sisi dalam pipi, lidah, gusi, dan bibir kerap jadi tempat sariawan muncul.

Saat sebelum kita mengulas pemicunya, silahkan kita ketahui lebih dulu apakah yang dimaksud sariawan. Sariawan, dikenal juga sebagai stomatitis aftosa, ialah keadaan yang mengakibatkan cedera terbuka dalam mulut. Cedera ini umumnya memiliki warna putih atau kuning dengan dasar merah, dan sering benar-benar sensitif. Mereka dapat ada di lidah, bibir, dasar gusi, atau pipi.

Penyebab Khusus Sariawan

Penyebab Sariawan

1. Trauma Fisik

Sariawan sering disebabkan karena trauma fisik seperti gigitan lidah atau pipi, pemakaian sikat gigi yang terlampau keras, atau kunyah makanan yang kasar. Cedera ini memacu pembangunan sariawan dan infeksi.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Sakit Punggung, Tips Ampuh

2. Infeksi Virus

Virus herpes simplex kerap jadi penyebab sariawan. Virus ini dapat aktif pada keadaan tertentu dan mengakibatkan timbulnya cedera di mulut.

3. Keadaan Klinis

Beberapa keadaan klinis seperti penyakit celiac, penyakit Crohn, dan penyakit Behçet bisa tingkatkan dampak negatif sariawan.

4. Masalah Autoimun

Penyebab sariawan bisa berkaitan dengan masalah autoimun, di mana mekanisme ketahanan tubuh serang selaput lendir mulut.

5. Kekurangan Gizi

Kekurangan mineral dan vitamin tertentu, seperti vitamin B12, asam folat, besi, dan seng, bisa memacu timbulnya sariawan.

6. Faktor Psikis

Depresi dan kekhawatiran bisa berperan pada munculnya sariawan, karena mereka bisa lemahkan mekanisme kebal badan.

Bagaimana Menangani Sariawan

1. Perawatan Berdikari

Sariawan umumnya pulih sendirinya pada sebuah sampai dua minggu. Anda dapat menurunkan merasa sakit dengan obat kumur antiseptik atau obat tropis yang ada di apotek.

2. Peralihan Style Hidup

Menghindar dari makanan pedas, asam, dan keras bisa menolong kurangi iritasi pada sariawan. Disamping itu, jauhi minum alkohol dan merokok.

3. Perawatan Klinis

Bila sariawan berulang-ulang atau mungkin tidak pulih, seharusnya Anda konsultasi dengan dokter. Mereka dapat memberi resep beberapa obat lebih kuat atau mengarah Anda ke spesialis.

Sariawan biasanya memiliki sifat berdikari dan pulih sendirinya dalam sekian hari sampai dua minggu. Walaupun demikian, mereka dapat benar-benar menyakitkan dan mengusik. Untuk kurangi merasa sakit dan percepat pengobatan, beberapa perlakuan yang bisa diambil ialah:

  1.  Hindari konsumsi makanan pedas, asam, dan keras yang bisa menggairahkan sariawan.
  2.  Konsultasikan sama dokter atau apoteker untuk obat tropis yang bisa menolong menurunkan rasa percepat pengobatan atau sakit.
  3.  Gosok gigi secara halus supaya tidak menghancurkan sariawan.
  4.  Jika sariawan berulang-ulang atau seringkali ada, konsultasilah sama dokter atau dokter gigi untuk pemeriksaan selanjutnya, karena ini menjadi pertanda permasalahan kesehatan lainnya.
Baca Juga  Nitrogen Gas : Membongkar Kegunaannya Yang Luar Biasa

Ingat-ingatlah jika sariawan biasanya bukan permasalahan serius, tapi mereka bisa jadi benar-benar mengusik. Bila Anda mempunyai sariawan yang tidak pulih pada waktu yang lumrah atau bila mereka ada dengan teratur, seharusnya konsultasi dengan professional kesehatan untuk penilaian lebih lanjut.

Ringkasan

Sariawan ialah permasalahan umum yang dapat benar-benar mengusik. Tetapi, dengan pengetahuan mengenai pemicunya dan perawatan yang pas, Anda bisa menangani sariawan lebih baik. Ingat-ingatlah untuk jaga kebersihan mulut Anda dan bicara sama dokter bila sariawan Anda kerap kambuh.

Sariawan, walaupun umum, bisa jadi benar-benar mengusik. Tetapi, dengan pengetahuan mengenai pemicunya dan perlakuan yang pas, Anda bisa menangani sariawan lebih mudah. Bila sariawan bersambung atau kerap kembali, selekasnya konsultasi sama dokter untuk pengatasan lebih lanjut.

sariawan bukan penyakit menyebar. Mereka biasanya bukan karena infeksi dari orang lain. Sariawan umumnya pulih dalam kurun waktu satu sampai dua minggu, walaupun ada banyak kasus yang dapat semakin lama. Sariawan umumnya tidak terkait dengan kanker mulut.

Tetapi, bila sariawan tidak pulih pada waktu yang lumrah atau kerap kembali, diskusikan sama dokter Anda. Anda bisa kurangi dampak negatif sariawan dengan jaga kebersihan mulut, menghindar dari makanan yang memacu sariawan, dan mengurus depresi secara baik.

Sariawan umumnya adalah keadaan yang berdikari dan bukan tanda-tanda penyakit lain. Tetapi, bila sariawan terjadi sering, itu menjadi pertanda permasalahan kesehatan lebih besar Penyebab Sariawan.

Pertanyaan Umum

  1.  Apa sariawan menyebar?
    Tidak, sariawan bukan penyakit menyebar.
  2.  Dapatkah sariawan jadi pertanda permasalahan kesehatan lebih serius?
    Sariawan umumnya tidak jadi pertanda permasalahan kesehatan lebih serius, tapi bila Anda alami sariawan berulang-ulang, seharusnya konsultasi dengan dokter.
  3.  Apa yang dapat saya kerjakan untuk menghambat sariawan?
    Anda bisa menghambat sariawan dengan jaga kebersihan mulut, menghindar dari makanan yang memacu mengurus depresi, dan iritasi.
  4.  Adakah makanan yang seharusnya dijauhi bila Anda mempunyai sariawan?
    Ya, makanan pedas, asam, dan keras seharusnya dijauhi karena mereka bisa jadi memperburuk sariawan.
  5.  Adakah obat yang bisa menolong kurangi merasa sakit karena sariawan?
    Obat kumur antiseptik dan obat tropis khusus untuk sariawan bisa menolong menurunkan rasa sakit.
Baca Juga  Panduan Lengkap: Cara Membuat Makalah yang Berkualitas