Nama-Nama Obat Sakit Gigi Ampuh Di Apotek

biotifor.or.id – Obat Sakit Gigi Ampuh Di Apotek , Sakit gigi adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi bakteri, trauma, gigi berlubang, gigi kotor, atau gigi bergerak.

Sakit gigi bisa menimbulkan gejala seperti nyeri, bengkak, kemerahan, nanah, atau bau mulut. Sakit gigi juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan dan aktivitas sehari-hari kita, seperti mengganggu tidur, makan, bicara, atau bersosialisasi.

Untuk mengatasi sakit gigi, kita bisa menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek. Obat-obatan ini bisa membantu meredakan nyeri dan peradangan pada gigi dan gusi. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan ini, kita harus mengetahui jenis dan penyebab sakit gigi kita terlebih dahulu. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kandungan, indikasi, kontraindikasi, dosis, dan harga dari obat-obatan yang kita pilih.

Daftar Obat Sakit Gigi Ampuh Di Apotek

obat sakit gigi ampuh di apotek

Berikut adalah beberapa macam obat sakit gigi ampuh di apotek yang bisa Anda gunakan:

1. Cataflam

Cataflam adalah obat pereda nyeri dan peradangan yang mengandung parasetamol sebagai bahan utamanya. Parasetamol bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat kimia yang berperan dalam menyebabkan nyeri dan peradangan pada tubuh. Cataflam bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat infeksi bakteri atau trauma.

Cataflam tersedia dalam bentuk tablet atau sirup. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 500 mg setiap 4-6 jam sekali. Jangan melebihi dosis maksimal 4 g per hari. Cataflam tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap parasetamol atau bahan-bahannya. Cataflam juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung parasetamol.

Cataflam bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 15.000 per botol sirup 60 ml atau Rp 25.000 per botol tablet 100 tablet.

2. Gengigel Gingival Gel

Gengigel Gingival Gel adalah obat perawatan gigi dan gusi yang mengandung flurbiprofen sebagai bahan utamanya. Flurbiprofen adalah anti-inflamasi nonsteroid (AINS) yang bekerja dengan menghambat enzim COX-2 yang berperan dalam proses inflamasi pada tubuh. Gengigel Gingival Gel bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat infeksi bakteri atau gusi berlubang.

Gengigel Gingival Gel tersedia dalam bentuk gel yang harus dioleskan langsung ke kulit gusi setelah menyikat gigi dua kali sehari selama beberapa hari sampai gejala membaik. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah satu sachet gel sehari selama 7-10 hari sekali. Jangan melebihi dosis maksimal satu sachet gel per hari. Gengigel Gingival Gel tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap flurbiprofen atau bahan-bahannya. Gengigel Gingival Gel juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung flurbiprofen.

Baca Juga  Cara Merawat Ginjal, Tips dan Strategi Terbaik

Gengigel Gingival Gel bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 20.000 per botol gel 30 sachet.

3. Minosep

Minosep adalah obat antiseptik oral yang mengandung chlorhexidine sebagai bahan utamanya. Chlorhexidine adalah zat kimia yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang kuat terhadap bakteri penyebab infeksi pada mulut dan gusi. Minosep bisa digunakan untuk mencegah atau mengobati infeksi bakteri pada gigi dan gusi.

Minosep tersedia dalam bentuk cairan atau tablet yang harus diminum secara rutin sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 10 ml cairan atau 1 tablet sehari. Jangan melebihi dosis maksimal 20 ml cairan atau 2 tablet per hari. Minosep tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap chlorhexidine atau bahan-bahannya. Minosep juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung chlorhexidine.

Minosep bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 10.000 per botol cairan 30 ml atau Rp 15.000 per botol tablet 30 tablet.

4. Ponstan

Ponstan adalah obat pereda nyeri dan peradangan yang mengandung ibuprofen sebagai bahan utamanya. Ibuprofen adalah anti-inflamasi nonsteroid (AINS) yang bekerja dengan menghambat enzim COX-1 dan COX-2 yang berperan dalam proses inflamasi pada tubuh. Ponstan bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat infeksi bakteri, trauma, gigi berlubang, gigi kotor, atau gigi bergerak.

Ponstan tersedia dalam bentuk tablet yang harus diminum secara rutin sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 200 mg sehari. Jangan melebihi dosis maksimal 1.200 mg per hari. Ponstan tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap ibuprofen atau bahan-bahannya. Ponstan juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung ibuprofen.

Ponstan bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 10.000 per botol tablet 60 tablet.

5. Asam Mefenamat

Asam Mefenamat adalah obat pereda nyeri dan peradangan yang mengandung mefenamic acid sebagai bahan utamanya. Mefenamic acid adalah anti-inflamasi nonsteroid (AINS) yang bekerja dengan menghambat enzim COX-1 dan COX-2 yang berperan dalam proses inflamasi pada tubuh. Asam Mefenamat bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat infeksi bakteri, trauma, gigi berlubang, gigi kotor, atau gigi bergerak.

Baca Juga  Jenis Tanaman Palem: Panduan untuk Menanam dan Merawatnya

Asam Mefenamat tersedia dalam bentuk tablet yang harus diminum secara rutin sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 500 mg sehari. Jangan melebihi dosis maksimal 2 g per hari. Asam Mefenamat tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap mefenamic acid atau bahan-bahannya. Asam Mefenamat juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung mefenamic acid.

Asam Mefenamat bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 15.000 per botol tablet 60 tablet.

6. Mefinal

Mefinal adalah obat pereda nyeri dan peradangan yang mengandung diclofenac sodium sebagai bahan utamanya. Diclofenac sodium adalah anti-inflamasi nonsteroid (AINS) yang bekerja dengan menghambat enzim COX-1 dan COX-2 yang berperan dalam proses inflamasi pada tubuh. Mefinal bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat infeksi bakteri, trauma, gigi berlubang, gigi kotor, atau gigi bergerak.

Mefinal tersedia dalam bentuk tablet yang harus diminum secara rutin sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 50 mg sehari sampai dosis maksimal 150 mg sehari tergantung pada kondisi dan respons tubuh terhadap obat ini. Jangan melebihi dosis maksimal 150 mg sehari.

Mefinal tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap diclofenac sodium atau bahan-bahannya. Mefinal juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung diclofenac sodium.

Mefinal bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 20.000 per botol tablet 60 tablet.

7. Mefinter

Mefinter adalah obat pereda nyeri dan peradangan yang mengandung ketoprofen sebagai bahan utamanya. Ketoprofen adalah anti-inflamasi nonsteroid (AINS) yang bekerja dengan menghambat enzim COX-1 dan COX-2 yang berperan dalam proses inflamasi pada tubuh. Mefinter bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat infeksi bakteri, trauma, gigi berlubang, gigi kotor, atau gigi bergerak.

Mefinter tersedia dalam bentuk tablet yang harus diminum secara rutin sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 50 mg sehari sampai dosis maksimal 150 mg sehari tergantung pada kondisi dan respons tubuh terhadap obat ini. Jangan melebihi dosis maksimal 150 mg sehari. Mefinter tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap ketoprofen atau bahan-bahannya. Mefinter juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung ketoprofen.

Baca Juga  Manfaat Daun Sirih Untuk Rahim Wanita

Mefinter bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 25.000 per botol tablet 60 tablet.

8. Proris Triple Action

Proris Triple Action adalah obat pereda nyeri dan peradangan yang mengandung ketoprofen, parasetamol, dan diphenhydramine sebagai bahan utamanya. Ketoprofen, parasetamol, dan diphenhydramine adalah anti-inflamasi nonsteroid (AINS), analgesik, dan antihistamin yang bekerja dengan cara berbeda-beda untuk meredakan nyeri dan peradangan pada gigi dan gusi serta mengurangi reaksi alergi pada mulut. Proris Triple Action bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat infeksi bakteri, trauma, gigi berlubang, gigi kotor, atau gigi bergerak serta gejala alergi seperti gatal-gatal, bengkak, atau bersin-bersin.

Proris Triple Action tersedia dalam bentuk tablet yang harus diminum secara rutin sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah satu tablet sehari sampai dosis maksimal tiga tablet sehari tergantung pada kondisi dan respons tubuh terhadap obat ini. Jangan melebihi dosis maksimal tiga tablet sehari. Proris Triple Action tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap ketoprofen, parasetamol, diphenhydramine, atau bahan-bahannya. Proris Triple Action juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol atau obat-obatan lain yang mengandung ketoprofen, parasetamol, atau diphenhydramine.

Proris Triple Action bisa dibeli di apotek dengan harga sekitar Rp 30.000 per botol tablet 60 tablet.

Baca Juga : Nama-Nama Obat Sakit Telinga Di Apotik Yang Efektif

Penutup

Sakit gigi adalah masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan obat-obatan ampuh di apotek seperti Cataflam, Gengigel Gingival Gel, Minosep, Ponstan, Asam Mefenamat, Mefinal, Mefinter, atau Proris Triple Action. Namun, kita harus mengetahui jenis dan penyebab sakit gigi kita terlebih dahulu serta memperhatikan kandungan dan cara penggunaan dari obat-obatan tersebut.