Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur | Demi Kenyamanan Pasangan Kamu

Posted on

biotifor.or.idCara Menghilangkan Ngorok – Saat malam datang, dan kita tiduran pada tempat tidur untuk istirahat, satu permasalahan yang sering mengusik kenyamanan tidur ialah ngorok. Ngorok tidak cuma mengusik untuk orang yang tidur di samping kita, tapi dapat menjadi tanda permasalahan kesehatan lebih serius. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas cara menghilangkan ngorok, hingga kamu bisa nikmati tidur lebih pulas dan kualitas tidur yang lebih bagus.

Apa Itu Ngorok?

Ngorok ialah suara atau suara yang dibuat saat seorang tidur dan kerongkongan mereka jadi sempit atau terhambat oleh jaringan halus dalam kerongkongan. Ini bisa hasilkan suara gemeretak atau berderit yang terkadang keras dan mengusik. Ngorok umumnya terjadi saat udara melalui rongga yang terhalang dalam kerongkongan dan mengakibatkan getaran jaringan yang hasilkan suara itu.

Ngorok menjadi permasalahan tidur yang serius dan bisa mengusik kualitas tidur seorang, baik untuk sang ngorok atau untuk pasangan tidurnya. Ada beragam pemicu ngorok, termasuk obstruksi aliran udara atas, kecapekan, konsumsi alkohol, atau keadaan klinis tertentu. Untuk sebagian orang, ngorok kemungkinan cuma kadang-kadang, tapi untuk lainnya, itu menjadi permasalahan akut yang membutuhkan perawatan klinis atau peralihan pola hidup.

Mengapa Ngorok Terjadi?

Ngorok muncul karena getaran jaringan halus dalam atau sekitaran kerongkongan saat seorang tidur. Getaran ini disebabkan karena saluran udara yang terhalang saat seorang bernapas waktu tidur. Faktor-faktor yang bisa mengakibatkan ngorok mencakup:

  1. Obstruksi Saluran Udara Atas: Salah satunya pemicu khusus ngorok ialah obstruksi atau persempitan aliran udara atas, seperti pembesaran amandel atau adenoid, polip hidung, atau abnormalitas sistematis yang lain dalam rongga mulut atau kerongkongan.
  2. Kelelahan: Saat seorang benar-benar capek, otot-otot di kerongkongan dan rongga mulut dapat jadi lebih rileks, hingga tingkatkan dampak negatif ngorok.
  3. Konsumsi Alkohol dan Beberapa obat: Alkohol dan beberapa obat mempunyai dampak menentramkan pada otot-otot badan, termasuk otot-otot di kerongkongan. Ini bisa jadi memperburuk ngorok atau membuat memungkinkan terjadi.
  4. Posisi Tidur: Cara seorang tidur bisa mempengaruhi ngorok. Misalkan, tidur terlentang condong tingkatkan dampak negatif ngorok karena lidah dan kerongkongan dapat semakin gampang jatuh ke belakang.
  5. Berat Tubuh: Orang yang alami kegemukan atau berat badan yang berlebih condong mempunyai lemak tambahan disekitaran kerongkongan, yang bisa menghalangi saluran udara dan mengakibatkan ngorok.
  6. Kondisi Medis: Beberapa keadaan klinis seperti sleep apnea (masalah tidur yang dibarengi stop bernapas sepanjang tidur) bisa mengakibatkan ngorok.
  7. Usia: Ngorok lebih biasa terjadi ke orang dewasa dibanding pada beberapa anak, walaupun beberapa anak dapat ngorok.
Baca Juga  10 Manfaat Bunga Lili untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Cara Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur

Cara Menghilangkan Ngorok Ketika Tidur

Sekarang, mari kita lihat beberapa cara yang dapat membantu kamu cara menghilangkan ngorok dan meningkatkan kualitas tidur kamu .

1. Ubah Posisi Tidur

Tidur dengan sikap miring atau telungkup bisa menolong kurangi ngorok. Saat kamu tidur terlentang, lidah dan kerongkongan memungkinkan jatuh ke belakang dan menghalangi saluran udara, yang bisa mengakibatkan ngorok. Coba tidur dengan 1 segi badan semakin tinggi dibanding bagian lain atau mungkin dengan bantal yang memberikan dukungan kepala kamu dalam posisi lebih tinggi untuk menolong menghambat ngorok.

2. Pelatihan Otot Tenggorokan

Cara menghilangkan ngorok yang selanjutnya. Beberapa latihan simpel bisa menolong memperkuat otot-otot disekitaran kerongkongan dan rongga mulut. Satu diantaranya ialah menggigit pensil dengan teratur atau lakukan latihan menyanyi halus. Ini dapat menolong kurangi kekurangan otot-otot yang bisa jadi pemicu ngorok.

3. Perubahan Gaya Hidup

  • Konsumsi alkohol atau obat-obatan yang dapat mengendurkan otot selama tidur dapat memperburuk ngorok. Hindari konsumsi alkohol sebelum tidur, terutama jika kamu cenderung ngorok setelah minum.
  • Makan besar atau makan makanan berat sebelum tidur juga bisa membuat ngorok lebih mungkin terjadi. Cobalah untuk makan lebih awal sebelum tidur agar sistem pencernaan kamu memiliki waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur.

4. Atasi Alergi dan Congestion

Ngorok bisa disebabkan karena alergi atau permasalahan pernafasan seperti sinusitis yang bisa mengakibatkan kongesti hidung. Bila ini permasalahannya, coba menangani alergi atau kongesti dengan memakai obat atau perawatan yang tepat. Ini dapat termasuk memakai obat alergi, humidifier, atau pemakaian larutan garam untuk bersihkan hidung.

5. Gunakan Alat Bantu Ngorok

Cara menghilangkan ngorok yang seterusnya. Beberapa alat tolong ngorok, seperti pencapit hidung atau perlindungan lidah, bisa menolong menghambat ngorok dengan jaga posisi kerongkongan dan lidah waktu tidur. Tetapi, saat sebelum memakai alat ini, seharusnya diskusikan sama dokter atau specialist tidur untuk pastikan alat itu pas untuk kamu.

Baca Juga  Cara Mengatasi Mata Kelilipan: Tips Praktis untuk Kesehatan Mata

6. Konsultasikan dengan Dokter

Bila ngorok terus-terusan dan mengusik tidur kamu atau pasangan tidur kamu, penting untuk konsultasi sama dokter atau specialist tidur. Mereka bisa lakukan penilaian selanjutnya untuk mengenali pemicu ngorok dan memberi anjuran atau perawatan yang tepat. Terlebih bila ngorok ialah tanda-tanda dari masalah tidur lebih serius seperti sleep apnea, pengatasan klinis yang pas benar-benar dibutuhkan.

Penting untuk coba beragam cara ini dengan sabar mungkin karena dibutuhkan waktu untuk temukan jalan keluar yang paling efisien untuk menangani ngorok kamu. Bila ngorok tetap jadi permasalahan yang serius, jangan sangsi untuk cari kontribusi klinis untuk tangani permasalahan itu dengan lebih bagus.

Kesimpulan

Demikian keterangan berkenaan cara menghilangkan ngorok. Ngorok bisa mengusik tidur kamu dan memberikan indikasi permasalahan kesehatan yang penting ditangani. Dengan meng ikuti beberapa langkah di atas, kamu bisa menghilangkan ngorok dan nikmati tidur lebih pulas. Bila ngorok jadi berlanjut, jangan sangsi untuk konsultasi sama dokter untuk pemeriksaan selanjutnya.

Pertanyaan Umum

  1. Apakah ngorok berbahaya?
    Ngorok biasanya tidak berbahaya, tetapi dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Jika kamu mengalami ngorok secara teratur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
  2. Bisakah anak-anak mengalami ngorok?
    Ya, anak-anak juga bisa mengalami ngorok. Ini bisa disebabkan oleh sejumlah alasan, termasuk adenoide yang membesar atau tonsil yang membesar.
  3. Apakah ada obat khusus untuk menghilangkan ngorok?
    Tidak ada obat ajaib untuk menghilangkan ngorok, tetapi perubahan gaya hidup seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu mengurangi ngorok.
  4. Apakah ngorok selalu terkait dengan sleep apnea?
    Tidak selalu. Meskipun ngorok bisa menjadi salah satu gejala sleep apnea, tidak semua orang yang ngorok mengalami gangguan tidur tersebut.
  5. Bagaimana cara menggunakan humidifier dengan benar?
    Untuk menggunakan humidifier dengan benar, pastikan untuk membersihkannya secara teratur dan menjaga tingkat kelembaban udara yang nyaman dalam kamar tidur kamu.
Baca Juga  Manfaat Daun Kopi Kesehatan Tersembunyi Dalam Cangkir Anda