Cara Menanam Durian Musang King

Biotifor.or.id – Cara Menanam Durian Musang King, Durian Musang King, dikenal juga sebagai Durian D197, adalah varietas durian yang terkenal di Indonesia. Durian ini populer karena daging buahnya yang tebal, manis, dan wewangiantik. Bila Anda berminat untuk menanam Durian Musang King di kebun Anda sendiri, artikel berikut akan memberi tutorial langkah setiap langkah mengenai langkah menanam dan menjaga tanaman Durian Musang King.

Pengenalan Durian Musang King

Pengenalan Durian Musang King

Durian Musang King adalah varietas durian terpopuler di dunia. Durian ini mempunyai keunikan kulit berduri yang tebal dan daging buah yang halus dan beraroma kuat. Cara Menanam Durian Musang King, Durian Musang King mempunyai rasa yang manis yang kaya dengan sentuhan pahit yang sedap, menjadikan favorite untuk beberapa orang.

Manfaat Durian Musang King

Selainnya kesedapan rasanya, Durian Musang King mempunyai faedah kesehatan yang bermacam. Durian ini kaya gizi seperti vitamin C, vitamin B kompleks, serat, dan mineral. Durian Musang King dijumpai mempunyai karakter anti-oksidan yang kuat dan bisa menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh.

Penyiapan Menanam Durian Musang King

Saat sebelum menanam Durian Musang King, ada banyak penyiapan yang penting dilaksanakan supaya tanaman dapat tumbuh secara baik dan hasilkan buah yang berkualitas.

Pemilihan Bibit Durian Musang King

Langkah awal ialah pilih bibit Durian Musang King yang berkualitas. Pastikan Anda pilih bibit yang sehat dan asal dari pohon induk yang bagus. Anda bisa beli bibit Durian Musang King dari penjual paling dipercaya atau memperoleh bibit dari petani durian yang telah eksper.

Penyiapan Tempat

Cara Menanam Durian Musang King, Durian Musang King memerlukan tempat yang luas dan subur untuk tumbuh secara baik. Tentukan tempat yang mempunyai drainase yang bagus dan terbebas dari kubangan air. Pastikan jika tempat itu memperoleh pancaran cahaya matahari yang cukup.

Baca Juga  Bagian Tanaman Jarak yang Menghasilkan Minyak Adalah

Keadaan Lingkungan yang Dibutuhkan

Durian Musang King tumbuh secara baik di cuaca tropis dengan temperatur sekitaran 25-35 derajat Celsius. Tanaman ini memerlukan curahan hujan yang cukup, tetapi perlu diproteksi dari angin ribut dan cuaca berlebihan.

Proses Penanaman Durian Musang King

Proses Penanaman Durian Musang King

Sesudah penyiapan dilaksanakan, Anda bisa mengawali proses penanaman Durian Musang King.

Penyiapan Lubang Tanam

Buat lubang tanam dengan ukurannya yang lumayan besar untuk memuat akar bibit Durian Musang King. Lubang tanam seharusnya mempunyai kedalaman sekitaran 70-100 cm dan lebar sekitaran 80-100 cm. Jarak di antara lubang tanam penting diingat, umumnya sekitaran 8-10 mtr. di antara tanaman.

Penanaman Bibit Durian Musang King

Tempatkan bibit Durian Musang King di lubang tanam dan pastikan akarnya terentang secara baik. Isi lubang tanam dengan kombinasi tanah subur dan pupuk organik. Cara Menanam Durian Musang King. Kemudian, padatkan tanah disekitaran bibit dan berikan penyangga untuk jaga bibit masih tetap tegak.

Perawatan Tanaman

Sesudah penanaman, tanaman Durian Musang King perlu dirawat bagus untuk pastikan perkembangan yang maksimal. Banyak hal yang penting jadi perhatian ialah penyiraman dengan teratur, pemupukan yang pas, dan pemotongan bila dibutuhkan. Pastikan tanaman terbebas dari hama dan penyakit dengan lakukan pengaturan yang tepat.

Perawatan dan Perawatan Durian Musang King

Untuk jaga tanaman Durian Musang King masih tetap sehat dan produktif, dibutuhkan pemeliharaan serta perawatan yang teratur.

Penyiraman dan Irigasi

Durian Musang King memerlukan penyiraman dengan teratur, khususnya ketika musim kemarau. Pastikan tanah disekitaran tanaman masih tetap lembab, tapi tidak tergenangi air. Bila memungkinkannya, Anda pun bisa memakai mekanisme irigasi tetes untuk mempermudah penyiraman.

Pemupukan

Pemupukan yang pas penting untuk perkembangan dan produksi buah Durian Musang King. Pakai pupuk organik dan pupuk kandang dengan teratur sesuai jumlah yang disarankan. Pemupukan bisa dilaksanakan tiap 2-3 bulan atau sama sesuai panduan dari pakar pertanian.

Baca Juga  Jenis Tanaman Ginseng: Manfaat, Jenis, dan Cara Merawat

Pengaturan Hama dan Penyakit

Check tanaman dengan periodik untuk pastikan tidak ada gempuran hama atau penyakit. Bila diketemukan pertanda gempuran, selekasnya bertindak pengaturan yang tepat. Pemakaian insektisida organik atau sistem pengaturan hayati bisa jadi opsi yang semakin lebih ramah pada lingkungan.

Pemanenan dan Pasca-Panen

Durian Musang King umumnya siap untuk dipanen sesudah capai umur sekitaran 7-8 tahun. Tetapi, ini bisa bervariatif bergantung pada keadaan perkembangan dan cuaca. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikutinya saat lakukan pemanenan Durian Musang King.

Saat Panen Durian Musang King

Durian Musang King umumnya masak untuk dipanen sekitaran 90-110 hari sesudah buah tercipta. Anda bisa mengecek kematangan buah dengan menyaksikan peralihan warna kulit jadi lebih kuning dan kulit yang sedikit mengeras. , lihat wewangian yang kuat dan unik dari Durian Musang King yang masak.

Langkah Pemanenan Durian Musang King

Langkah Pemanenan Durian Musang King

Untuk memetik Durian Musang King, pakai pisau tajam untuk menggunting batang buah dengan berhati-hati. Pastikan batang tidak begitu pendek atau terlampau panjang. Jauhi menyobek kulit buah waktu menggunting batang.

Pasca-Panen Durian Musang King

Sesudah dipanen, Durian Musang King harus selekasnya diletakkan di lokasi yang sejuk dan kering. Buah ini dapat tahan sepanjang sekian hari pada temperatur kamar saat sebelum dimakan. Bila ingin simpan semakin lama, Anda bisa membekukan daging buah Durian Musang King dalam tempat kedap udara.

Ringkasan

Menanam Durian Musang King memerlukan rencana dan perawatan yang jeli, tetapi hasilnya akan memberikan kepuasan. Cara Menanam Durian Musang King, Dalam artikel berikut, kami sudah mengulas beberapa langkah untuk menanam dan menjaga Durian Musang King dimulai dari pemilihan bibit sampai pemanenan. Ingat-ingatlah untuk pilih bibit yang berkualitas, mempersiapkan tempat secara baik, dan memberi perawatan yang pas seperti penyiraman, pemupukan, dan pengaturan hama dan penyakit. Dengan perawatan yang bagus, Anda bisa nikmati buah Durian Musang King yang sedap dan sehat dari kebun sendiri. Selamat menanam Durian Musang King!