Cara Membuat Tahu Bakso Yang Mudah Dan Nikmat

biotifor.or.idCara Membuat Tahu Bakso , sajian favorit beberapa orang, sebagai salah satu makanan yang saya sukai. Makanan ini ialah tahu yang diisi daging cincang dan diganti jadi bola-bola kecil. Umumnya, tahu bakso dihidangkan bermacam opsi kuah kaldu, sauce kacang, atau sauce sambal. Tahu bakso benar-benar fleksibel dan dapat dicicipi sebagai cemilan, sajian pengiring, atau sajian khusus.

Awalannya, tahu bakso asal dari Jawa tengah, terutama Purwokerto, di mana legenda menulis jika seorang pedagang namanya Pak Mardi membuatnya di tahun 1970-an. Pak Mardi mengawali upayanya dengan gerobak kayu di tepi jalan. Kesedapan rasa tahu bakso dan harga yang dapat dijangkau membuat benar-benar terkenal.

Sekarang ini, tahu bakso sudah menebar ke semua Indonesia. Banyak penjual tahu bakso tawarkan bermacam macam bentuk dan rasa. Anda bisa temukan tahu bakso berwujud kotak, bundar, atau lonjong. Sejumlah bahkan juga berisi tambahan seperti keju, jamur, atau sayur. Anda bisa juga menikmatinya secara beragam tipe bumbu dan sauce sesuai dengan selera Anda.

Langkah Dan Cara Membuat Tahu Bakso

cara membuat tahu bakso

Nah, untuk kamu yang ingin membuat tahu bakso sendiri di dalam rumah, tidak perlu cemas. Langkah membuat tahu bakso itu mudah sekali kok. Hanya perlu beberapa bahan simpel dan beberapa alat yang gampang didapatkan. Yok, baca beberapa langkahnya di bawah ini.

Bahan-Bahan

Untuk membikin tahu bakso, kamu perlu mempersiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Garam, merica, dan penyedap rasa seperlunya
  • 20 buah tahu putih ukuran sedang
  • Minyak goreng seperlunya
  • Air seperlunya
  • 500 g daging sapi giling
  • 100 g tepung sagu
  • 2 biji bawang putih
  • 1 butir telur

Untuk beberapa bahan ini, dianjurkan untuk pilih yang berkualitas tinggi supaya hasilnya memberikan kepuasan. Tentukan daging sapi yang fresh dan tidak mempunyai wewangian yang kurang enak. Tentukan tepung sagu yang halus dan bebas dari gumpalan. Pilih bawang putih yang baik dan tidak alami kerusakan. Pilih telur yang pada keadaan fresh dan tidak rengat. Paling akhir, tentukan tahu putih yang kuat dan tidak begitu empuk.

Baca Juga  Manfaat Susu UHT ( Ultra High Temperature ) Untuk Kesehatan

Langkah-langkah Pembuatan

Sesudah siap, saat ini kita awali proses pembuatan tahu bakso.

Penyiapan Bahan dan Alat

Langkah awal ialah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut beberapa alat yang kamu butuhkan:

  • Wajan
  • Panci
  • Pisau
  • Sendok
  • Garpu
  • Mangkok
  • Talenan
  • Saringan
  • Tusuk sate

Saat sebelum mengawali, pastikan semua perlengkapan pada kondisi bersih dan steril ya. Bersihkan beberapa alat itu sama air mengucur dan sabun bersihkan piring, lantas keringkan dengan lap bersih atau diamkan terserang angin segar.

Seterusnya, silahkan kita persiapkan seluruh bahan yang diperlukan. Bersihkan daging sapi giling sama air mengucur sampai bersih dari darah atau kontaminan yang lain. Selanjutnya, keringkan daging dan tempatkan dalam mangkok.

Selanjutnya, kupas bawang putih dan cincang lembut dengan pisau di atas talenan. Kemudian, tambah ke mangkok bersama telur, garam, merica, dan bumbu penyedap. Campur seluruh bahan itu sampai bercampur secara rata dengan memakai garpu.

Lalu , tuang tepung sagu ke tempat yang tidak sama dan pinggirkan.

Seterusnya, potong tahu putih jadi dua sisi dengan memakai pisau di atas talenan. Buat lobang di tengah tiap potongan tahu dengan tusuk sate atau sendok kecil. Pastikan untuk melakukan dengan berhati-hati supaya tidak menghancurkan tahu.

Panasi minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng tahu putih sampai beralih menjadi warna kuning keemasan. Kemudian, angkat dan keringkan untuk hilangkan tersisa minyak.

Seterusnya, panasi air di panci besar di atas api. Nantikan sampai air mendidih.

Proses pembuatan Bakso

Tambahkan daging sapi giling ke mangkok yang berisi bawang putih, telur, dan bumbu. Aduk sampai rata dengan tangan sampai bercampur.

Mengambil sedikit adonan daging dan bentuk jadi bola-bola kecil dengan tangan. Kerjakan sampai adonan habis.

Baca Juga  Daun Keji Beling untuk Ginjal ,Tanaman Herbal

Masukan bola-bola daging ke air mendidih satu demi satu. Rebus sampai mengapung dan masak. Angkat dan keringkan dari air.

Proses pembuatan Tahu

Masukan tepung sagu ke saringan dan ayak di atas mangkok. Maksudnya untuk hilangkan gumpalan-gumpalan yang dapat menghancurkan struktur tahu.

Tuangkan air dikit demi sedikit ke mangkok yang berisi tepung sagu sekalian diaduk-aduk sendok. Aduk sampai tercipta adonan yang kental dan licin.

Panasi kembali minyak goreng dalam wajan di atas api sedang. Pakai sendok untuk ambil adonan tepung sagu dan tuang ke minyak panas. Goreng sampai warna kuning keemasan. Angkat dan keringkan dari minyak.

Trik Dan Tips

Nah, saat ini tahu bakso telah selesai. Tetapi, saat sebelum kamu menikmatinya, ada banyak trik dan tips yang dapat kamu kerjakan supaya tahu bakso kamu lebih sedap dan kenyal.

Saat kamu memproses adonan daging, seharusnya pakai tangan bukannya mixer atau jus. Pemakaian tangan memungkinkan untuk rasakan struktur adonan dan atur kekenyalannya sesuai selera individu.

Bila kamu ingin membuat bakso lebih kenyal, pikirkan untuk menambah es batu ke adonan daging saat sebelum membuatnya jadi bola-bola. Es batu mempunyai kekuatan untuk menolong protein daging mengikat dengan lebih bagus, memberi hasil lebih plastis.

Demikian juga, bila kamu ingin ketahui bakso lebih kenyal, pikirkan untuk menambahkan cuka atau jeruk nipis ke adonan tepung sagu saat sebelum tahu dimasak. Cuka atau jeruk nipis akan menolong jaga tingkat keasaman adonan dan memberi struktur lebih padat pada tahu.

Macam dan Tambahan

Tahu bakso siap dihidangkan. Tetapi, bila kamu jemu dengan rasa yang itu melulu, kamu dapat coba macam dan tambahan berikut:

Baca Juga  Cara Merebus Kentang Agar Cepat Matang

Kamu mempunyai beberapa pilihan saat isi tahu, seperti keju, jamur, sayur, atau seafood. Triknya sama juga, cukup masukan bahan opsimu ke lubang tahu saat sebelum menggorengnya.

Saat menyuguhkan tahu bakso, macam kuah yang dapat kamu tentukan termasuk kuah kaldu, sauce kacang, atau sauce sambal, sesuai dengan selera. Kuah kaldu dapat dibikin rebus tulang sapi atau ayam plus tambahan bawang putih, daun salam, jahe, garam, dan merica. Untuk sauce kacang, cukup lumatkan kacang tanah yang sudah dimasak bawang putih, cabe merah, gula merah, garam, air asam jawa, dan air panas. Sementara untuk sauce sambal, tinggal lumatkan cabe merah, cabe rawit, bawang putih, garam, gula pasir, dan air panas.

Jangan lupa tambah topping seperti bawang goreng, seledri cincang, atau krupuk untuk memberi macam rasa dan struktur yang memikat dari sajianmu.

Kesimpulan

Demikian langkah membuat tahu bakso yang sedap dan mudah. Tahu bakso ialah makanan yang sedap dan ringkas agar dikonsumsi kapan pun. Kamu dapat membuat sendiri di dalam rumah dengan beberapa bahan simpel dan beberapa alat gampang didapatkan. Kamu bisa juga melakukan eksperimen dengan macam dan tambahan sesuai dengan selera.