Resep Cumi Hitam Yang Bikin Nagih Dan Banyak Manfaatnya

biotifor.or.idResep Cumi Hitam , Cumi hitam adalah salah satu masakan favorit di Indonesia. Siapa sih yang nggak suka dengan cumi hitam yang gurih, lembut, dan berwarna hitam pekat? Cumi hitam memiliki cita rasa yang unik dan khas yang bikin lidah nggak bisa berhenti mengunyah. Tapi, tahukah kamu asal usul, manfaat, dan cara membuat cumi hitam yang enak? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Cumi hitam adalah sajian khas yang terdiri dari cumi-cumi yang dimasak dengan menggunakan tinta cumi sebagai salah satu bumbunya. Tinta cumi adalah cairan berwarna hitam yang dihasilkan oleh cumi-cumi sebagai bagian dari mekanisme pertahanannya terhadap predator. Tinta cumi memiliki karakteristik rasa yang mencakup unsur-asin, pahit, dan sedikit nuansa amis yang khas. Namun, ketika tinta cumi ini dimasak bersama dengan bumbu-bumbu yang pas, ia dapat menghasilkan cita rasa yang sangat lezat dan mampu menggugah selera makan.

Proses penggunaan tinta cumi dalam masakan seperti cumi hitam menghadirkan dimensi rasa yang unik. Rasa asin dari tinta cumi memberikan sentuhan gurih yang khas, sementara rasa pahitnya memberikan kedalaman pada profil rasa. Ditambah lagi, nuansa amis yang ada dalam tinta cumi, ketika diolah dengan cermat, dapat menggabungkan dengan bumbu-bumbu lainnya untuk menciptakan kombinasi rasa yang memikat dan lezat.

Resep Cumi Hitam : Bahan Dan Langkah

resep cumi hitam

Bagaimana cara membuat cumi hitam yang enak dan lezat? Tenang, saya akan memberikan resep cumi hitam yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah. Berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkah yang diperlukan:

Bahan-bahan:

  • 500 gram cumi-cumi segar, bersihkan dan potong-potong
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai merah, iris serong
  • 2 buah cabai hijau, iris serong
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 sdm tinta cumi
  • 50 ml air
  • Garam secukupnya
Baca Juga  Manfaat Lari Sore Untuk Fisik Dan Mental

Langkah-langkah:

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang hingga minyak cukup panas.

Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai hijau dalam minyak panas hingga harum dan layu. Pastikan untuk mengaduk bahan-bahan ini agar tidak gosong.

Setelah bumbu telah harum, masukkan potongan cumi-cumi ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan cumi berubah warna menjadi putih keabu-abuan.

Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, gula pasir, merica bubuk, dan sedikit garam sesuai dengan selera Anda. Aduk semua bahan ini hingga meresap ke dalam cumi.

Tuangkan tinta cumi dan tambahkan air ke dalam wajan. Aduk rata hingga tinta cumi tercampur dengan baik dan adonan berubah menjadi warna hitam pekat yang mengental.

Setelah hidangan cumi hitam telah matang dengan baik, angkat wajan dari kompor.

Sajikan hidangan cumi hitam selagi hangat, biasanya dengan nasi putih atau mi sebagai pendamping.

Tips dan trik:

  • Ketika Anda memilih cumi-cumi untuk hidangan Anda, pastikan untuk memilih yang segar dengan ciri-ciri berikut: kulit licin, aroma segar, dan tidak berbau amis. Hindari cumi-cumi yang terlihat kusam, berbau tidak sedap, atau memiliki lendir pada permukaannya.
  • Untuk menjaga tinta cumi tetap segar, simpanlah dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam kulkas. Tinta cumi biasanya dapat bertahan selama sekitar 3 hari jika disimpan di dalam kulkas. Jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, tinta cumi juga dapat dibekukan dan dapat bertahan hingga 3 bulan dalam kondisi beku.
  • Penting untuk tidak memasak cumi-cumi terlalu lama, karena ini dapat membuat teksturnya menjadi keras dan karet. Idealnya, masak cumi-cumi selama sekitar 10-15 menit atau sampai matang sepenuhnya. Dengan memperhatikan hal ini, Anda akan memastikan bahwa cumi-cumi tetap lezat dan memiliki tekstur yang tepat saat disajikan.
Baca Juga  Efek Samping Makan Micin Bagi Kesehatan

Manfaat

Cumi hitam, selain dikenal dengan rasa lezatnya, juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang beragam. Cumi hitam kaya akan berbagai nutrisi penting, termasuk protein, zat besi, kalsium, fosfor, yodium, selenium, dan vitamin B12. Komposisi nutrisi yang kaya ini memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Protein yang terkandung dalam cumi hitam memiliki peran penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Sementara zat besi dalam cumi hitam membantu mencegah anemia, yang dapat menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi. Kalsium dan fosfor dalam cumi hitam juga memberikan manfaat signifikan dengan menjaga kesehatan tulang dan gigi, yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan integritas sistem rangka.

Selain itu, yodium yang terdapat dalam cumi hitam berperan dalam meningkatkan fungsi kelenjar tiroid, yang memainkan peran kunci dalam regulasi metabolisme tubuh. Selenium adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Terakhir, vitamin B12 dalam cumi hitam adalah nutrisi penting untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah, yang membantu menjaga kesehatan sistem peredaran darah.

Karakteristik

Cumi hitam memiliki ciri fisik yang unik dan membedakannya dari cumi-cumi biasa. Salah satu karakteristik paling mencolok adalah warna hitam yang intens dan berkilauan yang melapisi tubuhnya. Tampilannya yang mencolok ini menambah daya tarik visualnya. Selain itu, teksturnya sangat istimewa dengan kesan lembut dan kenyal saat disentuh, memberikan pengalaman kuliner yang luar biasa.

Aroma yang dihasilkan oleh cumi hitam juga memiliki identitas khas yang membedakannya dari cumi-cumi lainnya. Aroma ini adalah ciri khas yang cukup menggoda dan unik, sehingga memicu daya tarik kuliner. Selain itu, rasa cumi hitam juga sangat menarik, dengan sentuhan gurih yang memikat, sedikit rasa asin yang memberikan dimensi rasa yang lebih dalam, dan sentuhan manis yang menambah kelezatan. Kombinasi rasa ini sesuai dengan preferensi lidah orang Indonesia, menjadikan cumi hitam sebagai pilihan kuliner yang sangat dihargai.

Baca Juga  Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata Tips dan Trik untuk Tampil Memukau

Jadi, cumi hitam bukan hanya berbeda dalam warna, tekstur, dan aroma, tetapi juga menawarkan rasa yang khas dan memuaskan yang sangat cocok dengan selera kuliner di Indonesia.

Baca Juga : Resep Ayam Mentega , Makanan Asia Yang Populer Di Dunia

Kesimpulan

Jadi, selain menjadi hidangan yang lezat, konsumsi cumi hitam juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan melalui berbagai nutrisi yang dimilikinya.

Cumi hitam adalah masakan yang bisa Anda variasikan dengan berbagai cara. Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain yang Anda suka, seperti jamur, paprika, nanas, atau tomat. Anda juga bisa menambahkan rasa lain yang Anda sukai, seperti asam, pedas, atau manis. Bebas bereksperimen sesuai selera Anda!

Cumi hitam adalah masakan yang mudah dan cepat dibuat, tetapi memiliki rasa yang luar biasa. Hidangan Cumi hitam cocok disajikan dengan nasi putih hangat, lalapan, atau sambal. Cumi hitam juga bisa menjadi menu spesial untuk acara-acara tertentu, seperti ulang tahun, arisan, atau kumpul-kumpul. Cumi hitam pasti akan membuat Anda dan keluarga ketagihan!

Demikian artikel yang saya buat tentang resep cumi hitam. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk mencoba membuat cumi hitam di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati! 😋