Cara Cek IMEI: Via USSD dan Pengaturan Ponsel

Cara Cek IMEI: Via USSD dan Pengaturan Ponsel

Posted on

Biotifor.or.idCara cek IMEI adalah proses pengecekan nomor identifikasi perangkat mobile untuk memastikan keaslian dan keabsahan perangkat yang dimiliki. IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identifikasi unik yang diberikan untuk setiap perangkat mobile. Setiap perangkat memiliki nomor IMEI yang berbeda dan tidak sama dengan nomor lainnya.

Persiapan

Sebelum melakukan pengecekan IMEI, pastikan perangkat mobile dalam kondisi aktif dan terhubung dengan jaringan internet.

Cara Cek IMEI Keterangan
USSD *#06# Nomor IMEI akan ditampilkan pada layar perangkat mobile.
Pengaturan Ponsel Temukan menu “Tentang Telepon” atau “About Phone” untuk mencari nomor IMEI pada perangkat yang kita punya
Kardus HP Perhatikan bagian belakang atau samping kardus, biasanya informasi IMEI tertera di sana.

Tutorial Cara Cek Imei

 

Cek IMEI Via USSD

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek IMEI via kode USSD:

  1. Siapkan ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi telepon atau dialer pada ponsel Anda.
  3. Ketikkan kode *#06# pada layar dialer.
  4. Tekan tombol panggil atau send.
  5. Tunggu beberapa detik, kemudian akan muncul nomor IMEI ponsel Anda pada layar. Biasanya, nomor ini terdiri dari 15 digit.
  6. Catat atau simpan nomor IMEI tersebut untuk keperluan di masa mendatang.
  7. Jika ponsel Anda memiliki dua kartu SIM, maka akan muncul dua nomor IMEI. Pastikan untuk mencatat keduanya.

Itulah cara cek IMEI via USSD yang bisa kita coba. Selain itu, kita juga bisa cek IMEI via Pengaturan ponsel.

Cek IMEI Via Pengaturan Ponsel

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek IMEI melalui pengaturan ponsel:

  1. Siapkan ponsel Anda.
  2. Buka menu “Pengaturan” atau “Settings” pada ponsel Anda.
  3. Gulir ke bawah dan temukan menu “Tentang Telepon” atau “About Phone”. Menu ini bisa berbeda tergantung merek dan model ponsel Anda. Beberapa ponsel mungkin menggunakan istilah seperti “Info Ponsel”, “Detail Perangkat”, atau “Info Perangkat”.
  4. Klik menu tersebut.
  5. Selanjutnya, cari informasi “Status” atau “Status Ponsel” dan klik.
  6. Dalam menu ini, Anda akan menemukan nomor IMEI ponsel Anda.
  7. Catat atau simpan nomor IMEI tersebut untuk keperluan di masa mendatang.
  8. Jika ponsel Anda memiliki dua kartu SIM, maka akan muncul dua nomor IMEI. Pastikan untuk mencatat keduanya.

Cek IMEI di Kardus HP

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek IMEI melalui kardus HP:

  1. Siapkan kardus asli dari ponsel Anda.
  2. Perhatikan bagian belakang atau samping kardus, biasanya informasi IMEI tertera di sana.
  3. Cari label atau stiker dengan bar code (kode batang).
  4. Dalam label tersebut, Anda akan menemukan nomor IMEI ponsel Anda. Biasanya, nomor ini terdiri dari 15 digit.
  5. Catat atau simpan nomor IMEI tersebut untuk keperluan di masa mendatang.
  6. Jika ponsel Anda memiliki dua kartu SIM, maka akan muncul dua nomor IMEI. Pastikan untuk mencatat keduanya.
Baca Juga  6 Aplikasi Kasir Android: Solusi Modern untuk Manajemen Usaha

Harap diingat, cara ini adalah cara paling umum untuk mengecek IMEI melalui pengaturan ponsel. Namun, beberapa model ponsel mungkin memiliki prosedur yang sedikit berbeda. Jika cara ini tidak berhasil, silakan cek manual pengguna ponsel Anda atau hubungi dukungan pelanggan pabrikan ponsel Anda.


Periksa nomor IMEI perangkat mobile sebelum membeli perangkat baru untuk memastikan keaslian dan keabsahan perangkat yang dibeli. Selain itu, juga perlu dilakukan pengecekan IMEI pada perangkat mobile yang hilang atau dicuri untuk melacak perangkat tersebut.

Kenapa cek IMEI itu penting?

Berikut adalah alasan mengapa perlu melakukan pengecekan IMEI:

  1. Melakukan pengecekan IMEI adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa ponsel yang Anda beli adalah asli dan bukan tiruan. Dengan mencocokkan nomor IMEI pada ponsel dan kardusnya, Anda dapat memastikan keaslian produk.
  2. Jika ponsel Anda hilang atau dicuri, nomor IMEI yang Anda catat bisa sangat membantu dalam pelaporan ke polisi atau penyedia layanan seluler. Penyedia layanan seluler dapat memblokir ponsel menggunakan nomor IMEI, sehingga ponsel tersebut tidak dapat digunakan lagi oleh orang yang tidak berhak.
  3. Pada beberapa situasi, Anda mungkin perlu memberikan nomor IMEI saat mengklaim garansi. Oleh karena itu, memiliki catatan nomor IMEI ponsel Anda bisa sangat berguna.
  4. Saat Anda memerlukan layanan teknis atau dukungan dari pabrikan, mereka mungkin akan meminta nomor IMEI ponsel Anda. Nomor IMEI ini digunakan untuk verifikasi dan pencatatan dalam sistem mereka.
  5. Jika Anda berniat menjual ponsel Anda, pembeli yang cerdas biasanya akan meminta untuk melihat nomor IMEI. Dengan demikian, mereka bisa memastikan bahwa ponsel tersebut bukan barang curian dan dapat bekerja dengan layanan seluler mereka.

Pengecekan IMEI adalah langkah penting yang bisa membantu Anda memastikan keamanan, keaslian, dan legalitas ponsel Anda. Selalu pastikan untuk mencatat dan menyimpan nomor IMEI ponsel Anda di tempat yang aman.

Secara umum, pengecekan nomor IMEI dapat dilakukan dengan mudah menggunakan metode yang telah dijelaskan pada tutorial di atas. Pastikan nomor IMEI yang diperiksa benar dan valid untuk memastikan keaslian dan keabsahan perangkat.

Baca Juga  Cara Bayar Shopee Pakai Dana untuk Berbelanja Online

Tips

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat melakukan pengecekan nomor IMEI perangkat mobile:

  1. Setelah mengecek nomor IMEI, pastikan untuk mencatat dan menyimpannya di tempat yang aman. Nomor ini bisa sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti pelaporan kehilangan, klaim garansi, atau layanan teknis.
  2. Jika Anda membeli ponsel baru, pastikan untuk membandingkan nomor IMEI yang tertera di ponsel, kardus, dan dokumen pembelian. Ketiganya harus sama. Jika berbeda, ini bisa menjadi indikasi bahwa ponsel tersebut tidak asli atau telah dimodifikasi.
  3. Anda bisa memastikan keaslian dan status ponsel Anda dengan mengecek nomor IMEI di database IMEI online, seperti situs web resmi dari asosiasi GSM atau organisasi lainnya. Namun, pastikan situs tersebut tepercaya dan aman.
  4. Jika Anda membeli ponsel bekas, pastikan untuk memeriksa nomor IMEI dan membandingkannya dengan dokumen yang disertakan. Selain itu, periksa juga statusnya di database IMEI untuk memastikan ponsel tersebut bukan barang curian atau telah diblokir.
  5. Nomor IMEI ponsel Anda adalah informasi yang sangat penting dan harus dirahasiakan. Jangan berikan nomor IMEI kepada siapa pun yang tidak Anda percayai. Beberapa penipuan bisa terjadi dengan penyalahgunaan nomor IMEI.

Melakukan pengecekan IMEI adalah langkah penting dalam memastikan keaslian dan keamanan ponsel Anda. Dengan memperhatikan tips di atas, Anda bisa melindungi diri Anda dari berbagai potensi masalah dan penipuan.

Pertanyaan terkait cara cek IMEI

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum terkait cara cek IMEI:

Cara cek IMEI HP ada dimana?
Cara cek IMEI HP dapat dilakukan melalui kode USSD dengan mengetik *#06# di aplikasi telepon, melalui pengaturan ponsel, atau melihat pada kardus atau dokumen pembelian ponsel.

Berapa kode cek IMEI?
Kode untuk cek IMEI adalah *#06#.

337 * 1 Untuk apa?
Kode 3371# bukan untuk cek IMEI. Ini adalah kode USSD yang digunakan di beberapa model ponsel lama untuk mengaktifkan fitur tertentu, tetapi tidak berlaku secara umum.

Berapa biaya unlock IMEI?
Biaya unlock IMEI bervariasi tergantung pada penyedia layanan dan kondisi ponsel. Anda disarankan untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan atau pabrikan ponsel untuk informasi yang lebih akurat.

Baca Juga  Cara Salin Tautan di TikTok, Panduan Lengkap

Cara cek IMEI iPhone apakah terdaftar?


Cara cek IMEI iPhone apakah terdaftar sama dengan ponsel lainnya. Anda dapat memasukkan nomor IMEI ke dalam basis data IMEI online yang valid dan tepercaya.

Apakah iPhone iBox IMEI aman?
iPhone iBox dengan IMEI terdaftar dan valid adalah aman. Pastikan untuk selalu memeriksa keaslian dan status IMEI saat membeli ponsel baru atau bekas.

Apa pengaruh IMEI iPhone tidak terdaftar?
Pengaruh IMEI iPhone tidak terdaftar adalah ponsel tersebut mungkin tidak dapat digunakan di jaringan seluler tertentu dan dapat menunjukkan bahwa ponsel tersebut tidak asli, telah dimodifikasi, atau mungkin adalah barang curian.

Cara cek IMEI HP terdaftar apa tidak?

Cara cek IMEI HP terdaftar atau tidak adalah dengan memasukkan nomor IMEI ke dalam basis data IMEI online yang valid dan tepercaya, seperti situs web resmi dari asosiasi GSM atau organisasi terkait lainnya.

Cek IMEI iPhone apakah diblokir?
Cara cek IMEI iPhone apakah diblokir adalah dengan memasukkan nomor IMEI ke dalam basis data IMEI online yang valid dan tepercaya.

Apakah aman jika IMEI tidak terdaftar?
Jika IMEI tidak terdaftar, ini mungkin berarti bahwa ponsel tidak asli, telah dimodifikasi, atau mungkin adalah barang curian. Oleh karena itu, ini bukan situasi yang aman.

Apa fungsi cek IMEI HP?
Fungsi cek IMEI HP adalah untuk memastikan keaslian ponsel, memeriksa statusnya (seperti apakah ponsel tersebut telah diblokir atau dicuri), dan membantu dalam proses klaim garansi atau layanan teknis.

Apa penyebab IMEI tidak terdaftar?
Penyebab IMEI tidak terdaftar bisa beragam, termasuk ponsel tiruan, ponsel yang telah dimodifikasi, atau ponsel curian. Jika IMEI ponsel Anda tidak terdaftar, Anda disarankan untuk menghubungi pabrikan ponsel atau penyedia layanan Anda.

Penutup

Dalam memastikan keaslian dan keabsahan perangkat mobile, pengecekan nomor IMEI menjadi penting untuk dilakukan. Pastikan nomor IMEI yang diperiksa benar dan valid untuk menghindari perangkat palsu atau ilegal. Selain itu, perhatikan juga tips dan pertanyaan umum terkait cara cek IMEI untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat.