Cara Beli E-Materai untuk CPNS 2023 dan Cara Pasangnya

Posted on

biotifor.or.idCara Beli E-Materai untuk CPNS – E-Materai atau materai elektronik adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para peserta CPNS 2023 dalam proses pendaftaran online. E-Materai digunakan untuk membubuhi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti surat pernyataan instansi dan surat lamaran. E-Materai ini merupakan bentuk pengganti dari materai fisik yang biasa digunakan dalam dokumen resmi.

Penggunaan E-Materai untuk CPNS 2023 diatur dalam Surat Edaran Plt. Kepala BKN Nomor 9 Tahun 2021 tentang Penggunaan Materai Pada Dokumen Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. Surat edaran ini menyebutkan bahwa E-Materai harus dibeli melalui laman meterai-elektronik.com atau melalui sscasn.bkn.go.id. Harga satu E-Materai adalah Rp10.000.

Lalu, bagaimana cara membeli dan memasang E-Materai untuk CPNS 2023? Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

Cara Beli E-Materai untuk CPNS 2023

Bagi Anda yang berniat mengikuti pendaftaran CPNS tahun ini, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membeli E-Materai:

  1. Buka laman e-meterai.co.id dan login dengan akun yang sudah terdaftar di SSCASN. Jika belum memiliki akun, anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri dan mengunggah e-KTP.
  2. Pilih menu pembelian dan masukkan detail informasi dokumen, seperti tanggal, nomor, dan tipe dokumen.
  3. Tentukan jumlah E-Materai yang ingin anda beli. Anda bisa membeli lebih dari satu E-Materai jika anda ingin mendaftar ke lebih dari satu instansi atau jabatan.
  4. Lakukan pembayaran dengan metode yang tersedia, seperti transfer bank, e-wallet, atau kartu kredit. Anda akan mendapatkan kode pembayaran dan nomor rekening tujuan.
  5. Konfirmasi pembayaran dengan mengunggah bukti transfer atau screenshot pembayaran. Anda juga bisa memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke email anda.
  6. Tunggu hingga pembayaran anda diverifikasi oleh sistem. Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email atau SMS jika pembayaran anda berhasil.
  7. Cek saldo E-Materai anda di menu akun. Anda bisa melihat jumlah E-Materai yang anda miliki dan statusnya.
Baca Juga  Cara Memasak Bakso Aci yang Lezat

Cara Memasang E-Materai CPNS 2023

Cara Memasang E-Materai CPNS 2023

Setelah mengetahui cara untuk membeli e-materai, sebagai salah satu persyaratan dokumen untuk mendaftar CPNS tahun ini, berikutnya anda harus tahu cara memasangnya.

  1. Buka laman sscasn.bkn.go.id dan login dengan akun yang sudah terdaftar di SSCASN.
  2. Lakukan pengisian data diri secara lengkap dan pilih jenis seleksi, formasi, instansi, pendidikan, lokasi, dan jabatan yang hendak anda lamar.
  3. Unggah dokumen-dokumen yang diminta, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat, dan lain-lain. Pastikan dokumen-dokumen anda berformat PDF dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Untuk membubuhi dokumen dengan E-Materai, klik cek akun E-Materai. Anda akan diarahkan ke laman e-meterai.co.id untuk melakukan proses pembubuhan.
  5. Pilih menu pembubuhan dan masukkan detail informasi dokumen, seperti tanggal, nomor, dan tipe dokumen.
  6. Unggah dokumen yang akan dibubuhi E-Materai dan pilih posisi E-Materai pada dokumen. Anda bisa memilih posisi kiri atas, kanan atas, kiri bawah, atau kanan bawah.
  7. Klik tombol bubuh dan tunggu hingga proses selesai. Anda akan mendapatkan notifikasi jika pembubuhan berhasil dilakukan.
  8. Unduh dokumen yang sudah dibubuhi E-Materai dan simpan dengan baik. Anda juga bisa melihat riwayat pembubuhan anda di menu akun.

Baca Juga | Perbedaan PPPK dengan PNS: Status, Hak, dan Masa Kerja

Tips Beli dan Pasang E-Materai

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk membeli dan memasang E-Materai dengan mudah dan lancar:

  • Pastikan anda memiliki akun SSCASN yang valid dan aktif sebelum membeli E-Materai. Jika belum memiliki akun SSCASN, anda bisa mendaftar terlebih dahulu di laman sscasn.bkn.go.id dengan mengisi data diri dan mengunggah e-KTP.
  • Pastikan anda memiliki saldo yang cukup untuk membeli E-Materai. Harga satu E-Materai adalah Rp10.000. Anda bisa membeli lebih dari satu E-Materai jika anda ingin mendaftar ke lebih dari satu instansi atau jabatan. Anda juga bisa menggunakan metode pembayaran yang sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan anda, seperti transfer bank, e-wallet, atau kartu kredit.
  • Pastikan anda mengonfirmasi pembayaran anda dengan benar dan tepat. Anda harus mengunggah bukti transfer atau screenshot pembayaran yang jelas dan terbaca. Anda juga harus memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke email anda untuk melakukan proses validasi. Jika anda tidak mengonfirmasi pembayaran anda, maka E-Materai yang anda beli tidak akan aktif dan tidak bisa digunakan.
  • Pastikan anda memasang E-Materai pada dokumen yang tepat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anda harus memasang E-Materai pada dokumen yang sudah ditandatangani oleh anda sendiri atau oleh pejabat yang berwenang. Anda juga harus memasang E-Materai pada posisi yang sesuai dengan dokumen, seperti kiri atas, kanan atas, kiri bawah, atau kanan bawah. Jika anda memasang E-Materai pada dokumen yang salah atau pada posisi yang salah, maka dokumen anda tidak akan valid dan tidak bisa diterima.
  • Pastikan anda menyimpan dokumen yang sudah dibubuhi E-Materai dengan baik dan aman. Anda harus mengunduh dokumen yang sudah dibubuhi E-Materai dari laman e-meterai.co.id dan menyimpannya di perangkat komputer atau laptop anda. Anda juga bisa mencetak dokumen tersebut jika diperlukan. Jangan sampai anda kehilangan atau merusak dokumen yang sudah dibubuhi E-Materai, karena E-Materai yang sudah digunakan tidak bisa digunakan lagi untuk dokumen lain.
Baca Juga  Warna Rambut yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Demikianlah cara beli E-Materai untuk CPNS 2023 dan cara pasangnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam proses pendaftaran CPNS 2023. Selamat mencoba dan semoga sukses!