Bacaan Lengkap Setelah Sholat Fardhu: Panduan untuk Pahala Berlipat

Posted on

Bacaan Lengkap Setelah Sholat Fardhu: Panduan untuk Pahala Berlipat

Bacaan setelah sholat fardhu adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan setelah selesai melaksanakan sholat wajib. Bacaan-bacaan ini bertujuan untuk menambah pahala sholat dan memperkuat hubungan antara hamba dengan Tuhannya.

Adapun bacaan-bacaan setelah sholat fardhu yang dianjurkan antara lain:

  1. Ayat Kursi
  2. Tiga Qul (Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas)
  3. Doa sapu tangan
  4. Doa memohon ampunan
  5. Doa memohon perlindungan dari godaan setan

Membaca bacaan-bacaan setelah sholat fardhu memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya:

  1. Menambah pahala sholat
  2. Membersihkan hati dari sifat-sifat tercela
  3. Memperkuat iman dan keyakinan
  4. Memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk memperbanyak membaca bacaan-bacaan setelah sholat fardhu. Semoga dengan membaca bacaan-bacaan ini, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Bacaan Setelah Sholat Fardhu

Bacaan setelah sholat fardhu merupakan amalan ibadah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Bacaan-bacaan ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya menambah pahala sholat, membersihkan hati, serta memperkuat iman. Berikut adalah 8 aspek penting terkait bacaan setelah sholat fardhu:

  • Disunahkan: Membaca bacaan setelah sholat fardhu adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan.
  • Pahala: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat menambah pahala sholat.
  • Membersihkan hati: Bacaan-bacaan setelah sholat fardhu dapat membersihkan hati dari sifat-sifat tercela.
  • Memperkuat iman: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat memperkuat iman dan keyakinan kepada Allah SWT.
  • Perlindungan: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat memperoleh perlindungan dari godaan setan.
  • Syafaat: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat.
  • Waktu: Bacaan setelah sholat fardhu sebaiknya dibaca segera setelah selesai sholat.
  • Tempat: Bacaan setelah sholat fardhu dapat dibaca di mana saja, baik di masjid, rumah, maupun tempat lainnya.

Dengan memahami dan mengamalkan aspek-aspek penting terkait bacaan setelah sholat fardhu, semoga kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin.

Disunahkan: Membaca bacaan setelah sholat fardhu adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan.

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Anjuran ini didasarkan pada beberapa alasan, antara lain:

  • Menambah pahala sholat

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat menambah pahala sholat yang telah dikerjakan. Hal ini karena bacaan-bacaan tersebut merupakan bentuk zikir dan doa yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  • Membersihkan hati

    Bacaan-bacaan setelah sholat fardhu dapat membersihkan hati dari sifat-sifat tercela, seperti sombong, iri, dan dengki. Hal ini karena bacaan-bacaan tersebut mengandung nilai-nilai kebaikan dan ajaran untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT.

  • Memperkuat iman

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat memperkuat iman dan keyakinan kepada Allah SWT. Hal ini karena bacaan-bacaan tersebut berisi pengakuan akan kebesaran dan keagungan Allah SWT serta doa-doa untuk memohon perlindungan dan pertolongan-Nya.

  • Menjadi wasilah syafaat

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat menjadi wasilah syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. Hal ini karena Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak membaca zikir dan doa setelah sholat.

Dengan memahami alasan-alasan tersebut, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk memperbanyak membaca bacaan setelah sholat fardhu. Semoga dengan membaca bacaan-bacaan ini, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Pahala: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat menambah pahala sholat.

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan salah satu amalan yang dapat menambah pahala sholat. Hal ini karena bacaan-bacaan tersebut merupakan bentuk zikir dan doa yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam.

  • Membaca Ayat Kursi

    Salah satu bacaan setelah sholat fardhu yang sangat dianjurkan adalah Ayat Kursi. Ayat Kursi adalah ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah yang berisi tentang keesaan dan kebesaran Allah SWT. Membaca Ayat Kursi setelah sholat fardhu dapat menambah pahala sholat dan juga menjadi pelindung dari gangguan setan.

  • Membaca Tiga Qul

    Tiga Qul adalah Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Membaca Tiga Qul setelah sholat fardhu dapat menambah pahala sholat dan juga menjadi pelindung dari segala keburukan dan kejahatan.

  • Membaca Doa Sapu Tangan

    Doa sapu tangan adalah doa yang dibaca setelah selesai membaca Al-Fatihah dalam sholat. Doa ini berisi permohonan perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam penyakit dan mara bahaya.

  • Membaca Doa Mohon Ampunan

    Doa mohon ampunan adalah doa yang dibaca setelah selesai membaca Tasyahud akhir dalam sholat. Doa ini berisi permohonan ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.

Baca Juga  Amalan Malam Jumat Istimewa: Panduan Lengkap untuk Meraih Keberkahan

Dengan membaca bacaan-bacaan setelah sholat fardhu, semoga pahala sholat kita dapat bertambah dan kita dapat memperoleh perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Membersihkan hati: Bacaan-bacaan setelah sholat fardhu dapat membersihkan hati dari sifat-sifat tercela.

Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat membersihkan hati dari sifat-sifat tercela, seperti sombong, iri, dan dengki. Hal ini karena bacaan-bacaan tersebut mengandung nilai-nilai kebaikan dan ajaran untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT.

  • Membaca Ayat Kursi

    Ayat Kursi adalah ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah yang berisi tentang keesaan dan kebesaran Allah SWT. Membaca Ayat Kursi setelah sholat fardhu dapat membersihkan hati dari kesombongan dan rasa angkuh.

  • Membaca Tiga Qul

    Tiga Qul adalah Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Membaca Tiga Qul setelah sholat fardhu dapat membersihkan hati dari sifat iri dan dengki.

  • Membaca Doa Mohon Ampunan

    Doa mohon ampunan adalah doa yang dibaca setelah selesai membaca Tasyahud akhir dalam sholat. Doa ini berisi permohonan ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Membaca doa mohon ampunan setelah sholat fardhu dapat membersihkan hati dari sifat-sifat tercela lainnya, seperti dendam dan kebencian.

Dengan membaca bacaan-bacaan setelah sholat fardhu, semoga hati kita dapat dibersihkan dari sifat-sifat tercela dan dipenuhi dengan nilai-nilai kebaikan. Aamiin.

Memperkuat iman: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat memperkuat iman dan keyakinan kepada Allah SWT.

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat memperkuat iman dan keyakinan kepada Allah SWT. Hal ini karena bacaan-bacaan tersebut berisi pengakuan akan kebesaran dan keagungan Allah SWT serta doa-doa untuk memohon perlindungan dan pertolongan-Nya.

  • Pengakuan akan kebesaran Allah SWT

    Bacaan-bacaan setelah sholat fardhu, seperti Ayat Kursi dan Tiga Qul, mengandung pengakuan akan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Dengan membaca bacaan-bacaan tersebut, kita akan semakin menyadari kekuasaan dan kasih sayang Allah SWT, sehingga iman kita pun akan semakin kuat.

  • Permohonan perlindungan dan pertolongan Allah SWT

    Bacaan-bacaan setelah sholat fardhu juga berisi doa-doa untuk memohon perlindungan dan pertolongan Allah SWT. Dengan membaca doa-doa tersebut, kita akan semakin yakin bahwa Allah SWT selalu ada untuk melindungi dan menolong kita, sehingga iman kita pun akan semakin kuat.

  • Membiasakan diri untuk selalu ingat Allah SWT

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat membiasakan diri kita untuk selalu ingat Allah SWT. Dengan membiasakan diri untuk selalu ingat Allah SWT, iman kita pun akan semakin kuat. Hal ini karena dengan mengingat Allah SWT, kita akan selalu merasa dekat dengan-Nya dan merasa bahwa Dia selalu mengawasi kita, sehingga kita akan semakin takut untuk melakukan perbuatan dosa.

Dengan demikian, membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan salah satu amalan penting yang dapat memperkuat iman dan keyakinan kita kepada Allah SWT. Semoga dengan membaca bacaan-bacaan ini, iman kita semakin kuat dan kita selalu berada dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT.

Perlindungan: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat memperoleh perlindungan dari godaan setan.

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat memperoleh perlindungan dari godaan setan. Hal ini karena bacaan-bacaan tersebut mengandung nilai-nilai kebaikan dan ajaran untuk selalu ingat kepada Allah SWT.

  • Membaca Ayat Kursi

    Salah satu bacaan setelah sholat fardhu yang sangat dianjurkan adalah Ayat Kursi. Ayat Kursi adalah ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah yang berisi tentang keesaan dan kebesaran Allah SWT. Membaca Ayat Kursi setelah sholat fardhu dapat menjadi benteng perlindungan dari godaan setan.

  • Membaca Tiga Qul

    Tiga Qul adalah Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Membaca Tiga Qul setelah sholat fardhu dapat melindungi kita dari segala keburukan dan kejahatan, termasuk dari godaan setan.

  • Membiasakan diri untuk selalu ingat Allah SWT

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat membiasakan diri kita untuk selalu ingat Allah SWT. Dengan membiasakan diri untuk selalu ingat Allah SWT, kita akan selalu merasa dekat dengan-Nya dan merasa bahwa Dia selalu mengawasi kita, sehingga setan akan takut untuk menggoda kita.

Dengan membaca bacaan-bacaan setelah sholat fardhu, semoga kita dapat memperoleh perlindungan dari godaan setan dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Syafaat: Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat.

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. Hal ini karena Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk memperbanyak membaca zikir dan doa setelah sholat.

Baca Juga  Temukan 5 Manfaat Sholat Wudhu yang Jarang Diketahui

  • Keutamaan Membaca Bacaan Setelah Sholat Fardhu

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

    • Menambah pahala sholat
    • Membersihkan hati dari sifat-sifat tercela
    • Memperkuat iman dan keyakinan
    • Memperoleh perlindungan dari godaan setan
    • Menjadi wasilah syafaat
  • Contoh Bacaan Setelah Sholat Fardhu

    Bacaan-bacaan yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat fardhu antara lain:

    • Ayat Kursi
    • Tiga Qul (Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas)
    • Doa sapu tangan
    • Doa mohon ampunan
    • Doa mohon perlindungan dari godaan setan
  • Cara Memperoleh Syafaat Rasulullah SAW

    Untuk memperoleh syafaat Rasulullah SAW di hari kiamat, kita perlu:

    • Memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah SAW
    • Mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah SAW
    • Mencintai Rasulullah SAW dan keluarganya
    • Membela agama Islam

Dengan memahami keutamaan membaca bacaan setelah sholat fardhu dan cara memperoleh syafaat Rasulullah SAW, semoga kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan syafaat dari beliau di hari kiamat.

Waktu: Bacaan setelah sholat fardhu sebaiknya dibaca segera setelah selesai sholat.

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Ada beberapa alasan mengapa bacaan setelah sholat fardhu sebaiknya dibaca segera setelah selesai sholat, antara lain:

  • Menjaga kekhusyukan sholat

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu dapat membantu menjaga kekhusyukan sholat. Hal ini karena dengan membaca bacaan-bacaan tersebut, kita akan tetap fokus dan terhubung dengan Allah SWT, sehingga sholat yang kita kerjakan menjadi lebih berkualitas.

  • Menghindari lupa

    Jika kita menunda membaca bacaan setelah sholat fardhu, kita berisiko lupa untuk membacanya. Hal ini karena setelah selesai sholat, kita biasanya akan disibukkan dengan aktivitas lain, sehingga bacaan setelah sholat fardhu menjadi terlupakan.

  • Mendapatkan pahala yang lebih besar

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu segera setelah selesai sholat dapat memberikan pahala yang lebih besar. Hal ini karena pada saat itu, kita masih dalam keadaan suci dan berwudhu, sehingga pahala yang kita dapatkan akan lebih banyak.

Dengan demikian, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca bacaan setelah sholat fardhu segera setelah selesai sholat. Dengan membaca bacaan-bacaan tersebut, kita dapat menjaga kekhusyukan sholat, menghindari lupa, dan mendapatkan pahala yang lebih besar.

Tempat: Bacaan setelah sholat fardhu dapat dibaca di mana saja, baik di masjid, rumah, maupun tempat lainnya.

Bacaan setelah sholat fardhu merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Bacaan-bacaan ini dapat dibaca di mana saja, baik di masjid, rumah, maupun tempat lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa membaca bacaan setelah sholat fardhu tidak terbatas pada tempat-tempat tertentu.

  • Fleksibel dan Praktis

    Karena dapat dibaca di mana saja, bacaan setelah sholat fardhu menjadi amalan yang sangat fleksibel dan praktis. Kita dapat membacanya di masjid setelah selesai sholat berjamaah, di rumah setelah sholat sendiri, atau bahkan di tempat kerja atau sekolah selama waktu istirahat.

  • Tidak Terikat Ruang

    Tidak adanya keterbatasan tempat dalam membaca bacaan setelah sholat fardhu menunjukkan bahwa ibadah ini tidak terikat oleh ruang dan waktu. Kita dapat beribadah kepada Allah SWT kapan saja dan di mana saja, tidak hanya di tempat-tempat ibadah tertentu.

  • Menjaga Kekhusyukan

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu di tempat yang nyaman dan tenang dapat membantu kita menjaga kekhusyukan sholat. Hal ini karena kita dapat fokus dan berkonsentrasi pada bacaan-bacaan yang dibaca, tanpa terganggu oleh keramaian atau hiruk pikuk.

  • Menjadi Pengingat

    Membaca bacaan setelah sholat fardhu di berbagai tempat juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu mengingat Allah SWT. Setiap kali kita membaca bacaan-bacaan tersebut, kita akan teringat akan kewajiban kita sebagai hamba-Nya dan akan terdorong untuk selalu beribadah kepada-Nya.

Dengan demikian, fleksibilitas dan kepraktisan dalam membaca bacaan setelah sholat fardhu memberikan kemudahan bagi kita untuk menjalankan amalan sunnah ini di mana saja dan kapan saja. Hal ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang mudah dan tidak memberatkan umatnya dalam beribadah kepada Allah SWT.

Pertanyaan Umum tentang Bacaan Setelah Sholat Fardhu

Berikut ini beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai bacaan setelah sholat fardhu beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja bacaan yang dianjurkan dibaca setelah sholat fardhu?

Jawaban: Bacaan yang dianjurkan dibaca setelah sholat fardhu antara lain Ayat Kursi, Tiga Qul (Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas), doa sapu tangan, doa mohon ampunan, dan doa mohon perlindungan dari godaan setan.

Baca Juga  Dzikir Sholat Taubat: Jalan Menuju Pengampunan dan Ketenangan

Pertanyaan 2: Apakah boleh membaca bacaan setelah sholat fardhu dengan membaca terjemahannya saja?

Jawaban: Dianjurkan untuk membaca bacaan setelah sholat fardhu dengan menggunakan bahasa Arab. Namun, jika kesulitan membaca bahasa Arab, diperbolehkan membaca terjemahannya dengan tetap memperhatikan makna dan kandungan bacaan tersebut.

Pertanyaan 3: Bolehkah membaca bacaan setelah sholat fardhu sambil berjalan atau mengerjakan aktivitas lainnya?

Jawaban: Sebaiknya membaca bacaan setelah sholat fardhu dilakukan dengan tenang dan tidak sambil melakukan aktivitas lain. Hal ini bertujuan untuk menjaga kekhusyukan dan fokus dalam membaca bacaan tersebut.

Pertanyaan 4: Apakah ada waktu tertentu untuk membaca bacaan setelah sholat fardhu?

Jawaban: Bacaan setelah sholat fardhu sebaiknya dibaca segera setelah selesai sholat. Namun, jika lupa atau terhalang sesuatu, masih diperbolehkan membaca bacaan tersebut meskipun sudah lama selesai sholat.

Pertanyaan 5: Apakah membaca bacaan setelah sholat fardhu termasuk amalan wajib?

Jawaban: Membaca bacaan setelah sholat fardhu termasuk amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Artinya, tidak wajib dilakukan, tetapi sangat baik jika dikerjakan karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat.

Pertanyaan 6: Apa saja manfaat membaca bacaan setelah sholat fardhu?

Jawaban: Membaca bacaan setelah sholat fardhu memiliki banyak manfaat, antara lain menambah pahala sholat, membersihkan hati dari sifat-sifat tercela, memperkuat iman, memperoleh perlindungan dari godaan setan, dan menjadi wasilah syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat.

Kesimpulan:

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Dengan membiasakan membaca bacaan-bacaan tersebut, semoga kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Artikel Terkait:

Tips Membaca Bacaan Setelah Sholat Fardhu

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Berikut ini beberapa tips untuk membaca bacaan setelah sholat fardhu agar lebih optimal:

Tip 1: Baca dengan Tartil dan Tajwid yang Benar

Membaca bacaan setelah sholat fardhu sebaiknya dilakukan dengan tartil dan tajwid yang benar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kefasihan dan kejelasan bacaan, sehingga dapat lebih meresapi makna dari bacaan tersebut.

Tip 2: Pahami Makna Bacaan

Sebelum membaca bacaan setelah sholat fardhu, luangkan waktu untuk memahami makna dari bacaan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca terjemahan atau tafsir dari bacaan tersebut. Dengan memahami makna bacaan, kita dapat lebih menghayati dan mendalami kandungan bacaan tersebut.

Tip 3: Baca dengan Khusyuk

Membaca bacaan setelah sholat fardhu sebaiknya dilakukan dengan khusyuk. Artinya, bacaan tersebut dibaca dengan penuh konsentrasi dan penghayatan, tanpa terganggu oleh hal-hal lain. Hal ini bertujuan untuk menjaga kekhusyukan ibadah setelah sholat.

Tip 4: Baca Secara Rutin

Membaca bacaan setelah sholat fardhu sebaiknya dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri membaca bacaan tersebut dan mendapatkan manfaatnya secara optimal. Dengan membaca secara rutin, kita juga akan lebih mudah mengingat dan mengamalkan kandungan bacaan tersebut.

Tip 5: Baca dengan Suara yang Merdu

Membaca bacaan setelah sholat fardhu dengan suara yang merdu dapat menambah kekhusyukan dalam membaca. Hal ini karena suara yang merdu dapat membuat bacaan menjadi lebih enak didengar dan lebih mudah diresapi maknanya.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga kita dapat membaca bacaan setelah sholat fardhu dengan lebih optimal. Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan manfaat yang terkandung dalam bacaan-bacaan tersebut.

Kesimpulan

Membaca bacaan setelah sholat fardhu merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Bacaan-bacaan ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya menambah pahala sholat, membersihkan hati, memperkuat iman, memperoleh perlindungan dari godaan setan, dan menjadi wasilah syafaat di hari kiamat.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk memperbanyak membaca bacaan setelah sholat fardhu. Dengan membaca bacaan-bacaan ini, semoga kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Wallahu a’lam.

Youtube Video: