Samsung Galaxy S23 Ultra – Spesifikasi, FItur & Harga

biotifor.or.id – Samsung Galaxy S23 Ultra membawa andalan Samsung ke level berikutnya dengan kamera 200MP yang menakjubkan dan banyak peningkatan fotografi lainnya. Anda juga bisa mendapatkan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy untuk kecepatan tercepat, masa pakai baterai yang luar biasa, dan peningkatan One UI 5.1 yang cerdas di Android.

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra

Spesifikasi
Ukuran layar: 6,8 inci
Prosesor: Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy
Kamera: 200MP Wide, 12MP Ultrawide, 2 10MP Telephoto (belakang); 12 MP (depan)
RAM/Penyimpanan: 8GB, 12GB/128GB, 256GB, 512GB, 1TB
Berat: 8,2 ons
Masa pakai baterai: 12:22 (diadaptasi); 13:09 (60 Hz)

Kelebihan

  • + Kamera 200MP yang kuat
  • + Snapdragon 8 Gen 2 chip mengalahkan iPhone dalam grafis.
  • + Tampilan bagus
  • + Masa pakai baterai yang sangat baik
  • + Smart One UI 5.1 Tingkatkan

Kekurangan

  • – Sangat mahal
  • – Layar melengkung bisa menghalangi.
  • – Tidak ada peningkatan kecepatan pengisian daya

Samsung Galaxy S23 Ultra bertujuan untuk membawa fotografi smartphone ke level berikutnya dengan kamera 200MP yang besar dan perangkat tambahan lainnya. Dan menurut pengujian kami, sistem kamera ini dan hampir semua hal tentang flagship ini sesuai dengan hype.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan dengan 200 megapiksel? Sensor menggabungkan 16 piksel menjadi satu untuk foto yang lebih cerah dan lebih detail, atau Anda dapat memotret dalam mode 200MP penuh.

Pembaruan Galaxy S23 Ultra lainnya termasuk kamera depan 12MP yang lebih tajam, chip Snapdragon 8 Gen 2 baru yang eksklusif untuk Galaxy yang memberikan kinerja grafis lebih cepat daripada iPhone, dan tampilan yang lebih dioptimalkan untuk digunakan dengan S Pen. Jika Anda berada di pagar antara dua flagships, lihat Galaxy S23 Ultra vs. S23 secara langsung.

Berdasarkan perbandingan ekstensif, kami dapat mengatakan bahwa S23 Ultra jelas merupakan salah satu hp kamera terbaik di luar sana. Jauh lebih baik daripada leher dan leher Pixel 7 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Terlebih lagi, masa pakai baterai jauh lebih baik di atas 13 jam. Apakah semua ini setara dengan harganya?

Ya, Galaxy S23 Ultra bukan hanya hp Android terbaik yang bisa Anda beli, tapi bisa dibilang hp terbaik di antara flagships premium.

Tanggal dan Harga Rilis

Samsung Galaxy S23 Ultra tiba pada bulan Februari dengan harga mulai dari Rp. 18 jutaan untuk penyimpanan 256GB. Itu dua kali lipat penyimpanan Galaxy S22 Ultra, yang merupakan kabar baik. Galaxy S23 Ultra juga hadir dengan 512GB seharga Rp. 19 jutaan atau penyimpanan 1TB seharga Rp. 24 jutaan.

Desain & Warna Samsung Galaxy S23 Ultra

Desain & Warna Samsung Galaxy S23 Ultra

Ada beberapa hal yang menonjol tentang desain kelelawar Galaxy S23 Ultra. Kamera di bagian belakang kali ini jauh lebih besar dibandingkan dengan Galaxy S22 Ultra dan tampilannya lebih datar. Panel 6,8 inci masih memiliki lekukan yang halus, tetapi area permukaan yang lebih tipis membuat S Pen sedikit lebih nyaman digunakan.

Karena Galaxy S23 Ultra adalah hp pertama yang menampilkan Gorilla Glass Victus 2 dari Corning, hp ini dibuat agar lebih kokoh. YouTuber JerryRigEverything telah melakukan beberapa uji ketahanan dan kinerja Galaxy S23 Ultra cukup baik dalam hal goresan dan tekukan. Namun tetap saja, Anda pasti ingin berinvestasi di salah satu casing Galaxy S23 Ultra terbaik untuk melindungi investasi Anda.

Galaxy S23 Ultra tersedia dalam empat warna: Phantom Black, Green, Cream, dan Lavender. Saya menyukai warna hijau karena warna ini paling banyak muncul dari semua warna, yang merupakan model yang saya uji. Selanjutnya adalah lavender, halus dan elegan. Saya juga suka desainnya tahan sidik jari dengan cukup baik.

Perlu dicatat bahwa tidak seperti iPhone 14 Pro Max yang berada di bagian bawah perangkat, S23 Ultra masih memiliki slot kartu SIM. Samsung menggembar-gemborkan ramah lingkungan dari desain S23 Ultra karena menggunakan lebih banyak bahan daur ulang di hpnya.

Di sini, jaring ikan limbah daur ulang digunakan untuk penutup bagian dalam S Pen dan modul speaker bawah, botol air daur ulang untuk tombol samping dan tombol volume, serta aluminium daur ulang untuk baki SIM.

Dengan berat 8,2 ons dan berukuran 6,4 x 3,0 x 0,35 inci, Galaxy S23 Ultra memiliki ukuran yang sama dengan S22 Ultra tetapi sedikit lebih berat dari flagship di 8,08 ons.

Baca Juga  Teknologi Informasi: Membangun Masa Depan yang Terhubung

Layar Samsung Galaxy S23 Ultra

Galaxy S23 Ultra memiliki salah satu tampilan terbaik di hp mana pun. Warnanya cerah, kaya warna, dan tampil sangat baik dalam pengujian lab kami.

Seperti Samsung Galaxy S22 Ultra, S23 Ultra menampilkan layar QHD OLED 6,8 inci dengan resolusi 3088 x 1400 piksel dan tingkat kecerahan puncak 1.750 nits. Anda juga akan mendapatkan kecepatan refresh 120Hz yang sama seperti sebelumnya, diperkecil menjadi 1Hz.

Selama pengujian kami, kami terkesan dengan kualitas gambar keseluruhan dari panel S23 Ultra. Dalam trailer The Mandalorian season 3, kami menikmati sudut pandang lebar dengan helm mengkilap yang mencuat dari layar. Saya dapat melihat tampilan dengan cukup baik, bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Ini juga merupakan kanvas yang luar biasa untuk memamerkan foto dan video Anda. Kami senang meninjau foto yang diambil dengan kamera S23 Ultra, termasuk bidikan super di atas gambar air mancur di Bryant Park.

Ketika diuji, layar Galaxy S23 Ultra beralih ke pembacaan kecerahan rata-rata 1.225 nits dengan konten HDR, tepat di belakang 1.275 nits iPhone 14 Pro Max. Layar Galaxy S23 Ultra mencapai 112% gamut warna DCI-P3 dalam mode Alami, memberikan warna lebih banyak dibandingkan iPhone 14 Pro Max 83%.

Kedua panel memiliki akurasi warna yang baik, dengan skor S23 Ultra 0,3 pada pengujian Delta-E kami, dengan angka yang lebih rendah lebih baik dalam mode Alam dan nol lebih baik dalam mode Vivid. iPhone 14 Pro Max mendapat skor 0,26.

Galaxy S23 Ultra juga menyertakan fitur Vision Booster canggih yang dirancang untuk menyesuaikan warna dan kontras gambar berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar. Dan memiliki fitur kenyamanan mata untuk memudahkan melihat tampilan.

Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Galaxy S23 Ultra adalah hp andalan pertama yang menampilkan kamera 200MP, dan Samsung mengatakan sensor tersebut dapat menghasilkan cetakan berukuran poster. Tapi itu bukan satu-satunya keuntungan dari kamera lebar utama yang kuat.

Sensor Piksel Adaptif menggabungkan 16 piksel menjadi satu piksel yang lebih besar untuk menghasilkan foto yang lebih terang dan detail, terutama dalam situasi cahaya redup. Memotret dengan model 200MP juga memberi Anda opsi untuk memotong gambar setelah pemotretan, jadi (idealnya) Anda bisa mendapatkan tampilan yang sama sekali berbeda tanpa mengorbankan detail.

Galaxy S23 Ultra memiliki kamera depan 12MP baru, yang secara teknis diturunkan dibandingkan dengan selfie shooter 40MP S22 Ultra, tetapi Samsung menjanjikan potret yang lebih baik secara keseluruhan berkat AI yang lebih baik, bersama dengan mode Potret Malam yang menarik.

Anda masih akan mendapatkan lensa telefoto ganda 10MP dengan zoom optik 3x dan 10x, serta opsi zoom digital 30x yang sangat bertenaga. Opsi zoom ruang 100x juga masih tersedia, meskipun hasilnya mungkin goyah.

Selanjutnya, dua kue M&M untuk fotografi makanan jarak dekat. Warna pada Galaxy S23 Ultra terlalu jenuh, sedangkan foto pada iPhone 14 Pro dan Pixel 7 Pro terlihat lebih alami. Perbedaannya adalah gambar iPhone memburamkan latar belakang, sedangkan Pixel membuat seluruh cookie tetap fokus. Samsung kalah di babak ini.

Jadi, seberapa baik kinerja kamera Galaxy S23 Ultra dalam cahaya redup? Hebat, meski tidak selalu memenangkan persaingan. Dalam foto pasar ikan di malam hari ini, gambar iPhone 14 Pro Max umumnya dicerahkan dari promenade dan tempat parkir hingga mobil di sebelah kanan.

Namun, gambar S23 Ultra lebih cocok karena lampu neon lebih mendekati warna merah daripada oranye. Melihat foto Home Bar di dalam ruangan, menurut saya ini adalah undian antara S23 Ultra dan Pixel 7 Pro. Foto-foto iPhone 14 Pro Max adalah yang paling terang, tetapi juga memiliki sisi buram. S23 Ultra lebih terang dari Pixel, tetapi hp Google menghasilkan warna yang tampak lebih alami dari botolnya.

Peningkatan kamera lainnya termasuk mode Astro Hyperlapse untuk merekam klip gerakan bintang, fokus otomatis yang lebih baik, dan mode multiple exposure untuk menggabungkan beberapa frame menjadi satu foto.

Baca Juga  Cara Hapus Akun Lazada Secara Permanen tanpa Ribet

Sejak ulasan pertama kali diterbitkan, pembaruan perangkat lunak Galaxy S23 telah membawa lebih banyak peningkatan pada sistem kamera, termasuk opsi untuk mengambil foto lebih cepat.

Video Samsung Galaxy S23 Ultra

Di bagian depan video, Galaxy S23 Ultra menawarkan peningkatan stabilisasi video pada video, dan perekaman video kini hingga 8K pada 30 fps (sebelumnya 24 fps) dengan sudut perekaman yang lebih lebar (57 derajat hingga 80 derajat).

Stabilisasi gambar adalah masalah besar akhir-akhir ini, jadi saya mulai mengujinya dengan menjalankan tanjakan kecil di jalur taman. IPhone 14 Pro Max adalah pemenang langsung dari kontes ini. Tidak hanya rekamannya yang paling halus, tetapi biru di langit lebih menonjol dan menangani matahari dengan lebih baik.

Kami akan mengatakan S23 Ultra menjadi yang terbaik kedua di sini dengan video yang cukup mulus. Pixel 7 Pro terlihat pudar.

Dan dengan kemampuan zoom optik 10x pada S23 Ultra (fitur yang tidak dimiliki iPhone), Anda dapat lebih dekat dengan Mike tanpa kehilangan detail. Mikrofon zoom juga berfungsi, yang sedikit menggelegar karena musik segera menjadi lebih keras, tetapi pasti berfungsi. Video pada Pixel 7 Pro terlihat datar dan kusam jika dibandingkan.

Performa Samsung Galaxy S23 Ultra

Galaxy S23 Ultra berisi versi eksklusif dari chip baru dari Qualcomm yang disebut Snapdragon 8 Gen untuk Galaxy. Samsung menjanjikan prosesor ini akan mampu menghadirkan kecepatan clock 3,36 GHz, yang jauh lebih tinggi dari versi standar chip tersebut.

Samsung juga menjanjikan grafik mobile tercepat di dunia pada hpnya. Kami menjalankan beberapa tolok ukur Galaxy S23 Ultra dan hasilnya cukup kuat. Faktanya, S23 Ultra mengalahkan iPhone 14 Pro dan Pro Max dalam hal grafis.

Geekbench mengukur kinerja CPU dalam aplikasi single-core dan multi-core. Galaxy S23 dengan mudah mengalahkan Galaxy S22 Ultra di kedua pengujian, sedangkan iPhone 14 adalah multi-core tetapi bukan single-core. Tapi A16 Bionic iPhone 14 Pro masih yang tercepat.

Uji kinerja grafis perangkat seluler Anda menggunakan 3DMark Wild Life. Dan di sinilah S23 Ultra bersinar dalam frame per second (FPS).

Galaxy S23 Ultra mengalahkan iPhone 14 Pro 79fps hingga 74fps dalam pengujian Unlimited, dan mengalahkan iPhone dengan tipis dengan skor 20,9 hingga 20fps dalam pengujian Extreme Unlimited yang lebih menuntut.

Dalam pengujian Adobe Premiere Rush kami, kami mentranskode file video 4K ke 1080p dan mengukur hasilnya. Galaxy S23 Ultra membutuhkan waktu 40 detik, 7 detik lebih cepat dari S22 Ultra. IPhone 14 Pro membutuhkan waktu 26 detik dan Pro Max hanya membutuhkan waktu 30 detik.

Kami juga dapat mengatakan bahwa hp ini sangat responsif saat menggunakan pengalih aplikasi dan membuka dan menutup aplikasi yang terbuka. Satu-satunya kelambatan yang saya perhatikan adalah saat mencoba mengedit foto 200MP di aplikasi Galeri.

Lantas bagaimana dengan gameplay yang sebenarnya? Ketika memainkan Apex Legends dan grafiknya luar biasa dan kontrolnya sangat responsif. Baik sedang menuruni gunung untuk menyergap, menebas, atau meninju musuh, S23 Ultra tidak pernah melambat. Saya juga tidak melihat unit menjadi panas setelah 30 menit penggunaan terus menerus.

Perlu juga dicatat bahwa Galaxy S23 Ultra memiliki ruang pendingin uap yang lebih besar daripada Galaxy S22 Ultra, sehingga Anda akan melihat kinerja berkelanjutan yang lebih kuat dengan lebih sedikit panas. Untuk alasan ini, Galaxy S23 Ultra mungkin merupakan ponsel gaming terbaik di luar sana, lebih baik daripada handset gaming yang dibuat khusus.

Masa Pakai Baterai

Galaxy S23 Ultra memiliki baterai 5.000 mAh berkapasitas tinggi yang sama dengan S22 Ultra. Namun, sepertinya Samsung membuat ponsel ini lebih irit dengan chip Snapdragon 8 Gen-nya.

Dalam uji baterai kami untuk penjelajahan web berkelanjutan dengan kecerahan layar 150 nits melalui 5G, S23 Ultra bertahan sangat kuat selama 12 jam dan 22 menit dalam mode adaptif (layar dapat mencapai 120Hz). Itu cukup untuk membuat daftar masa pakai baterai ponsel terbaik kami.

Selain itu, dalam mode 60Hz, baterai S23 Ultra bertahan selama 13 jam 9 menit. Galaxy S22 Ultra sebelumnya hanya bertahan 10 jam 18 menit pada uji baterai Tom’s Guide, sedangkan iPhone 14 Pro Max bertahan lebih lama 13:39. Untuk informasi selengkapnya, lihat perbandingan hasil masa pakai baterai Galaxy S23 Ultra.

Baca Juga  Cara Melihat Kode Pembayaran Tokopedia dengan Cepat & Praktis

Sayangnya, Samsung menggunakan pengisi daya cepat 45W yang sama untuk S23 Ultra. OnePlus 11, diluncurkan tak lama setelah S23 Ultra, diharapkan lebih tinggi karena akan menampilkan pengisian daya 80W di AS dan pengisian daya 100W di tempat lain.

Dalam pengujian pengisian kami, S23 Ultra mencapai 57% dalam 30 menit, lebih rendah dari yang diklaim Samsung 65%. Setelah 30 menit, OnePlus 11 hampir terisi penuh, jadi kecepatan pengisian yang lebih cepat itu penting.

S Pen Samsung Galaxy S23 Ultra

S Pen Samsung Galaxy S23 Ultra

Tidak ada fitur S Pen utama baru untuk Galaxy S23 Ultra selain meminimalkan lekukan layar untuk penggunaan S Pen yang lebih nyaman. Namun, ini masih merupakan alat yang berguna untuk mencatat, menggambar, dan membuat sketsa.

Kami juga menemukan opsi yang bagus untuk mengedit foto dengan lebih baik atau menggulir saat membaca. Jika layar terkunci saat mencatat, Anda harus mengaturnya di pengaturan, tetapi bagus untuk dapat membuka kunci layar dengan mengetuk tombol S Pen jika Anda ingin melewatkan memasukkan kata sandi atau sidik jari.

Ini bukan fitur baru, tetapi kami senang dapat mengarahkan kursor ke gambar di galeri untuk pratinjau Udara. Aplikasi Samsung Notes memiliki fitur kolaborasi baru, memungkinkan pengguna berbagi catatan dan mengeditnya secara bersamaan dengan orang lain.

Software Samsung Galaxy S23 Ultra

Berjalan di Android 13, perangkat lunak One UI 5.1 baru untuk Galaxy S23 Ultra menghadirkan sejumlah peningkatan yang bermanfaat. Misalnya, dengan Bixby Text Call, asisten Samsung dapat menjawab panggilan masuk dan dapat mengubah suara menjadi teks atau mengirimkan pesan melalui input suara.

Sangat keren melihat fitur Bixby beraksi, tetapi bisa mengintimidasi saat penelepon pertama kali menemukannya. Ada juga opsi mode baru yang memungkinkan Anda membuat pengaturan khusus untuk berbagai aspek kehidupan Anda, termasuk tidur, olahraga, mengemudi, dan bekerja.

(Pikirkan fitur Mode Fokus di iOS 16, tetapi ada di perangkat Samsung.) One UI 5.1 juga memiliki lebih banyak fitur personalisasi, seperti sistem widget kumulatif yang ditingkatkan, aplikasi dan tugas yang direkomendasikan untuk waktu yang berbeda dalam sehari.

Kesimpulan

Menurut pengujian kami, Samsung Galaxy S23 Ultra menjadi alasan yang sangat kuat untuk menjadi ponsel Android terbaik yang dapat Anda beli untuk periode tersebut, dan ponsel terbaik secara keseluruhan. Rumor Galaxy S24 Ultra sudah menjanjikan perubahan besar untuk model tahun depan, tapi itu jauh di masa depan. S23 Ultra saat ini adalah yang terbaik.

Kamera 200MP benar-benar luar biasa dan Samsung benar-benar meningkatkan permainannya dalam hal kinerja cahaya rendah. Dalam beberapa kasus, S23 Ultra menghasilkan foto yang lebih baik daripada iPhone 14 Pro Max, tetapi Apple memenangkan putaran lainnya. Namun, iPhone masih tertinggal dalam hal kekuatan zoom.

S23 Ultra juga merupakan ponsel yang sangat cepat berkat Snapdragon 8 Gen 2 untuk chip Galaxy baru, menjadikannya hp gaming terbaik yang pernah saya uji. Selain itu, masa pakai baterai lebih dari 13 jam merupakan peningkatan besar dibandingkan dengan Galaxy S22 Ultra.

Jika Anda tidak membutuhkan S Pen, Galaxy S23 Plus mungkin merupakan nilai yang lebih baik. Dengan harga lebih murah, Anda mendapatkan layar 6,6 inci yang sedikit lebih kecil, tetapi dengan chip Snapdragon bertenaga yang sama, layar cerah yang sama, dan penyimpanan 256GB yang sama.

Tetapi jika Anda menginginkan hp yang dapat melakukan semuanya dan melihat apa yang dapat dilakukan oleh kamera 200MP-nya, Ultra pasti layak untuk dibeli.