Memahami Takdir Mubram: Ketetapan Ilahi yang Tak Terelakkan

Posted on

Memahami Takdir Mubram: Ketetapan Ilahi yang Tak Terelakkan

Pengertian takdir mubram adalah ketetapan atau keputusan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti. Takdir mubram merupakan bagian dari keimanan kepada qada dan qadar, di mana manusia percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini sudah ditentukan oleh Allah SWT.

Keimanan kepada takdir mubram memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Menghilangkan rasa khawatir dan gelisah karena segala sesuatu sudah ditentukan oleh Allah SWT.
  2. Membuat manusia lebih ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.
  3. Membangkitkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

Adapun contoh takdir mubram adalah jenis kelamin, kelahiran, dan kematian. Ketiga hal tersebut sudah ditentukan oleh Allah SWT dan tidak dapat diubah oleh manusia.

Pengertian Takdir Mubram

Takdir mubram adalah ketetapan atau keputusan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti. Keimanan kepada takdir mubram merupakan bagian dari keimanan kepada qada dan qadar, di mana manusia percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini sudah ditentukan oleh Allah SWT. Berikut adalah 10 aspek penting terkait pengertian takdir mubram:

  • Ketetapan Allah SWT
  • Tidak dapat diubah
  • Tidak dapat diganti
  • Termasuk qada dan qadar
  • Contoh: jenis kelamin, kelahiran, kematian
  • Membuat manusia ikhlas
  • Menghilangkan rasa khawatir
  • Membangkitkan rasa syukur
  • Menambah keimanan
  • Mencegah kesombongan

Dengan memahami aspek-aspek penting tersebut, kita dapat semakin memahami pengertian takdir mubram dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika kita ditimpa musibah, kita harus ikhlas menerimanya karena itu adalah takdir mubram dari Allah SWT. Sebaliknya, ketika kita mendapatkan nikmat, kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya.

Ketetapan Allah SWT

Ketetapan Allah SWT adalah dasar dari pengertian takdir mubram. Takdir mubram merupakan ketetapan atau keputusan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti. Dengan demikian, ketetapan Allah SWT merupakan faktor penentu utama dalam takdir mubram.

Sebagai contoh, kelahiran dan kematian merupakan takdir mubram yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Manusia tidak dapat memilih kapan dan di mana mereka akan lahir atau meninggal. Ketetapan Allah SWT dalam hal ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketetapan Allah SWT dalam takdir mubram memiliki hikmah yang mendalam. Pertama, ketetapan tersebut membuat manusia lebih ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Kedua, ketetapan tersebut menghilangkan rasa khawatir dan gelisah karena segala sesuatu sudah ditentukan oleh Allah SWT. Ketiga, ketetapan tersebut membuat manusia lebih bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

Dengan memahami hubungan antara ketetapan Allah SWT dan pengertian takdir mubram, kita dapat meningkatkan keimanan dan menjalani hidup dengan lebih tenang dan penuh syukur.

Tidak dapat diubah

Aspek “tidak dapat diubah” merupakan salah satu karakteristik fundamental dalam pengertian takdir mubram. Takdir mubram adalah ketetapan atau keputusan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti. Dengan demikian, segala sesuatu yang termasuk dalam takdir mubram sudah pasti akan terjadi dan tidak dapat dicegah atau dihindari.

Salah satu contoh nyata takdir mubram yang tidak dapat diubah adalah kematian. Setiap manusia pasti akan mengalami kematian pada waktu yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Tidak ada seorang pun yang dapat menghindari atau menunda kematian, meskipun dengan segala upaya dan kemajuan teknologi medis.

Memahami aspek “tidak dapat diubah” dalam takdir mubram memiliki beberapa manfaat praktis dalam kehidupan kita. Pertama, dapat membuat kita lebih ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Kedua, dapat menghilangkan rasa khawatir dan gelisah karena kita yakin bahwa segala sesuatu sudah diatur oleh Allah SWT. Ketiga, dapat membuat kita lebih bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang, ikhlas, dan penuh syukur. Kita tidak perlu khawatir atau berusaha mengubah sesuatu yang memang sudah ditakdirkan, dan kita dapat fokus untuk menjalani hidup sebaik mungkin sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Tidak dapat diganti

Aspek “tidak dapat diganti” merupakan salah satu karakteristik penting dalam pengertian takdir mubram. Takdir mubram adalah ketetapan atau keputusan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti. Dengan demikian, segala sesuatu yang termasuk dalam takdir mubram sudah pasti akan terjadi dan tidak dapat digantikan dengan hal lain.

  • Jenis kelamin

    Jenis kelamin merupakan salah satu contoh takdir mubram yang tidak dapat diganti. Setiap manusia terlahir dengan jenis kelamin tertentu, yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Tidak ada seorang pun yang dapat memilih atau mengganti jenis kelaminnya.

  • Kelahiran

    Kelahiran juga merupakan takdir mubram yang tidak dapat diganti. Setiap manusia dilahirkan pada waktu dan tempat tertentu, yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Tidak ada seorang pun yang dapat memilih atau mengganti waktu dan tempat kelahirannya.

  • Kematian

    Kematian adalah takdir mubram yang tidak dapat diganti. Setiap manusia pasti akan mengalami kematian pada waktu yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Tidak ada seorang pun yang dapat memilih atau mengganti waktu kematiannya.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh tentang Rasul Ulul Azmi: Pengertian dan Perannya

Memahami aspek “tidak dapat diganti” dalam takdir mubram memiliki beberapa manfaat praktis dalam kehidupan kita. Pertama, dapat membuat kita lebih ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Kedua, dapat menghilangkan rasa khawatir dan gelisah karena kita yakin bahwa segala sesuatu sudah diatur oleh Allah SWT. Ketiga, dapat membuat kita lebih bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang, ikhlas, dan penuh syukur. Kita tidak perlu khawatir atau berusaha mengubah sesuatu yang memang sudah ditakdirkan, dan kita dapat fokus untuk menjalani hidup sebaik mungkin sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Termasuk qada dan qadar

Takdir mubram termasuk dalam konsep qada dan qadar. Qada adalah ketetapan Allah SWT yang bersifat umum, sedangkan qadar adalah ketetapan Allah SWT yang bersifat khusus. Takdir mubram termasuk dalam ketetapan Allah SWT yang bersifat khusus, karena merupakan ketetapan yang sudah pasti terjadi dan tidak dapat diubah atau diganti.

Contoh takdir mubram adalah kelahiran, kematian, dan jenis kelamin. Ketiga hal tersebut sudah ditentukan oleh Allah SWT sejak manusia masih dalam kandungan, dan tidak dapat diubah atau diganti oleh manusia.

Memahami hubungan antara takdir mubram dan qada dan qadar sangat penting, karena dapat membantu kita untuk lebih ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT. Kita harus yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah diatur oleh Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Dengan memahami hal ini, kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan penuh syukur.

Contoh

Dalam pengertian takdir mubram, terdapat beberapa contoh konkret yang dapat membantu kita memahaminya dengan lebih baik, yaitu jenis kelamin, kelahiran, dan kematian.

  • Jenis Kelamin
    Jenis kelamin merupakan salah satu takdir mubram yang ditentukan sejak manusia masih dalam kandungan. Allah SWT telah menetapkan jenis kelamin setiap manusia, apakah laki-laki atau perempuan, dan tidak dapat diubah atau diganti oleh manusia.
  • Kelahiran
    Kelahiran juga merupakan takdir mubram yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Setiap manusia dilahirkan pada waktu dan tempat tertentu, yang telah ditentukan sejak awal. Manusia tidak dapat memilih kapan dan di mana ia akan dilahirkan.
  • Kematian
    Kematian adalah takdir mubram yang pasti akan dialami oleh setiap manusia. Allah SWT telah menentukan waktu kematian setiap manusia, dan tidak ada seorang pun yang dapat menghindarinya.

Ketiga contoh tersebut merupakan bentuk nyata dari pengertian takdir mubram, yaitu ketetapan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti. Dengan memahami contoh-contoh tersebut, kita dapat semakin yakin dan ikhlas dalam menerima segala ketentuan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.

Membuat manusia ikhlas

Dalam pengertian takdir mubram, terdapat aspek penting yang membuat manusia ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Aspek ini lahir dari pemahaman bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah diatur dan ditentukan oleh Allah SWT, sehingga tidak ada gunanya untuk menolak atau melawan.

  • Penghapus rasa khawatir dan gelisah

    Takdir mubram membuat manusia tidak perlu khawatir atau gelisah tentang masa depan, karena segala sesuatu sudah diatur oleh Allah SWT. Manusia hanya perlu berusaha dan berdoa, selebihnya serahkan kepada Allah SWT.

  • Penerimaan terhadap ketentuan Allah SWT

    Dengan memahami takdir mubram, manusia dapat menerima segala ketentuan Allah SWT dengan ikhlas, karena mereka yakin bahwa semua itu adalah yang terbaik untuk mereka.

  • Meningkatkan rasa syukur

    Takdir mubram membuat manusia lebih bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, karena mereka menyadari bahwa semua itu adalah pemberian yang tidak dapat mereka ubah atau tolak.

  • Menumbuhkan sikap tawakal

    Pemahaman takdir mubram menumbuhkan sikap tawakal dalam diri manusia, yaitu berserah diri kepada Allah SWT dan menerima segala ketentuan-Nya dengan ikhlas.

Dengan demikian, takdir mubram memainkan peran penting dalam membuat manusia ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT. Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, manusia dapat menjalani hidup dengan lebih tenang, damai, dan penuh syukur.

Menghilangkan rasa khawatir

Dalam pengertian takdir mubram, aspek menghilangkan rasa khawatir menjadi salah satu manfaat penting yang dapat dirasakan oleh manusia. Takdir mubram mengajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah diatur dan ditentukan oleh Allah SWT, sehingga tidak ada gunanya untuk khawatir atau gelisah tentang masa depan.

  • Menerima ketentuan Allah SWT

    Dengan memahami takdir mubram, manusia dapat menerima segala ketentuan Allah SWT dengan ikhlas, karena mereka yakin bahwa semua itu adalah yang terbaik untuk mereka. Hal ini tentu saja dapat menghilangkan rasa khawatir dan gelisah yang seringkali timbul ketika manusia dihadapkan pada ketidakpastian masa depan.

  • Fokus pada usaha dan doa

    Takdir mubram juga membuat manusia tidak perlu khawatir atau gelisah tentang masa depan, karena segala sesuatu sudah diatur oleh Allah SWT. Manusia hanya perlu berusaha dan berdoa, selebihnya serahkan kepada Allah SWT. Dengan demikian, manusia dapat fokus pada hal-hal yang dapat mereka kontrol, yaitu berusaha dan berdoa, tanpa perlu khawatir berlebihan tentang hasil akhir.

  • Menumbuhkan rasa tawakal

    Pemahaman takdir mubram menumbuhkan sikap tawakal dalam diri manusia, yaitu berserah diri kepada Allah SWT dan menerima segala ketentuan-Nya dengan ikhlas. Sikap tawakal ini dapat menghilangkan rasa khawatir dan gelisah, karena manusia yakin bahwa Allah SWT akan selalu memberikan yang terbaik untuk mereka.

  • Menyadari kuasa Allah SWT

    Takdir mubram membuat manusia menyadari bahwa Allah SWT memiliki kuasa atas segala sesuatu di dunia ini. Dengan kesadaran ini, manusia tidak perlu khawatir atau gelisah tentang masa depan, karena mereka percaya bahwa Allah SWT akan selalu melindungi dan menolong mereka dalam segala situasi.

Baca Juga  Riya Adalah: Sifat Tercela yang Merusak Amal Ibadah

Dengan demikian, aspek menghilangkan rasa khawatir dalam pengertian takdir mubram sangatlah penting bagi manusia. Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, manusia dapat menjalani hidup dengan lebih tenang, damai, dan penuh rasa syukur.

Membangkitkan rasa syukur

Dalam pengertian takdir mubram, aspek membangkitkan rasa syukur sangatlah penting. Takdir mubram mengajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah diatur dan ditentukan oleh Allah SWT, sehingga segala nikmat yang kita terima merupakan pemberian dari-Nya.

Dengan memahami takdir mubram, manusia dapat menyadari bahwa segala sesuatu yang mereka miliki, baik itu kesehatan, keluarga, harta benda, dan lain sebagainya, adalah nikmat dari Allah SWT. Kesadaran ini dapat membangkitkan rasa syukur dalam diri manusia, karena mereka menyadari bahwa semua itu tidak datang dari usaha mereka sendiri, melainkan dari karunia Allah SWT.

Praktisnya, rasa syukur yang timbul dari pengertian takdir mubram dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti:

  • Mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.
  • Menjaga dan menggunakan nikmat tersebut dengan baik sesuai dengan ajaran Islam.
  • Membantu orang lain yang membutuhkan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diterima.

Dengan demikian, pengertian takdir mubram tidak hanya membuat manusia ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT, tetapi juga membangkitkan rasa syukur dalam hati mereka. Rasa syukur ini dapat membawa ketenangan, kebahagiaan, dan keberkahan dalam kehidupan manusia.

Menambah keimanan

Dalam pengertian takdir mubram, aspek menambah keimanan sangatlah penting. Keimanan adalah keyakinan yang teguh kepada Allah SWT dan segala ketentuan-Nya. Pengertian takdir mubram dapat memperkuat keimanan seseorang karena mengajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah diatur dan ditentukan oleh Allah SWT.

Dengan memahami takdir mubram, manusia dapat menyadari bahwa segala peristiwa yang terjadi, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan, merupakan bagian dari rencana Allah SWT. Kesadaran ini dapat meningkatkan keyakinan manusia kepada Allah SWT dan memperkuat keimanan mereka.

Selain itu, pengertian takdir mubram juga mengajarkan manusia untuk menerima segala ketentuan Allah SWT dengan ikhlas. Sikap ikhlas ini merupakan salah satu ciri dari orang yang beriman. Dengan menerima segala ketentuan Allah SWT dengan ikhlas, manusia dapat meningkatkan keimanan mereka dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Dalam kehidupan nyata, pengertian takdir mubram dapat meningkatkan keimanan seseorang dalam berbagai situasi. Misalnya, ketika ditimpa musibah, seseorang yang memahami takdir mubram akan lebih mudah untuk menerima musibah tersebut dan bersabar menghadapinya. Hal ini menunjukkan bahwa keimanan orang tersebut telah bertambah karena memahami takdir mubram.

Dengan demikian, pengertian takdir mubram memiliki peran penting dalam menambah keimanan seseorang. Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, manusia dapat meningkatkan keyakinan mereka kepada Allah SWT, menerima segala ketentuan-Nya dengan ikhlas, dan menjadi lebih dekat dengan-Nya.

Mencegah kesombongan

Dalam pengertian takdir mubram, terdapat aspek penting lainnya yang perlu dipahami, yaitu mencegah kesombongan. Kesombongan adalah sifat tercela yang dapat merusak hubungan manusia dengan Allah SWT dan sesama.

  • Penghapus sifat sombong

    Takdir mubram mengajarkan bahwa segala sesuatu yang dimiliki manusia, baik itu harta, kedudukan, maupun kelebihan lainnya, merupakan pemberian dari Allah SWT. Kesadaran ini dapat menghapus sifat sombong dalam diri manusia, karena mereka menyadari bahwa segala sesuatu yang mereka miliki bukanlah hasil dari usaha mereka sendiri, melainkan karunia dari Allah SWT.

  • Kesadaran akan kelemahan diri

    Takdir mubram juga mengajarkan bahwa manusia memiliki banyak kelemahan dan keterbatasan. Kesadaran ini dapat mencegah manusia dari sifat sombong, karena mereka menyadari bahwa mereka tidak lebih baik dari orang lain dan selalu membutuhkan pertolongan Allah SWT.

  • Memupuk sikap rendah hati

    Pemahaman takdir mubram dapat memupuk sikap rendah hati dalam diri manusia. Mereka menyadari bahwa segala kelebihan yang mereka miliki hanyalah titipan dari Allah SWT dan dapat diambil kembali kapan saja. Hal ini dapat mencegah mereka dari sifat sombong dan membuat mereka lebih menghargai orang lain.

  • Menumbuhkan rasa syukur

    Takdir mubram juga menumbuhkan rasa syukur dalam diri manusia. Mereka menyadari bahwa segala nikmat yang mereka terima merupakan pemberian dari Allah SWT. Rasa syukur ini dapat mencegah mereka dari sifat sombong dan membuat mereka lebih menghargai apa yang mereka miliki.

Baca Juga  Cara Mudah Daftar BPJS Online: Panduan Lengkap dan Cepat

Dengan demikian, pengertian takdir mubram memiliki peran penting dalam mencegah kesombongan. Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, manusia dapat terhindar dari sifat tercela ini dan menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan bersyukur.

Pertanyaan Umum tentang Pengertian Takdir Mubram

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai pengertian takdir mubram:

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan takdir mubram?

Takdir mubram adalah ketetapan atau keputusan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti.

Pertanyaan 2: Apa saja contoh takdir mubram?

Contoh takdir mubram antara lain jenis kelamin, kelahiran, dan kematian.

Pertanyaan 3: Apakah takdir mubram berarti manusia tidak memiliki kebebasan?

Tidak, takdir mubram tidak berarti manusia tidak memiliki kebebasan. Manusia tetap memiliki kebebasan untuk memilih dan bertindak, namun pilihan dan tindakan tersebut tetap berada dalam ketetapan Allah SWT.

Pertanyaan 4: Mengapa penting memahami takdir mubram?

Memahami takdir mubram dapat membantu kita menerima segala ketentuan Allah SWT dengan ikhlas, menghilangkan rasa khawatir, dan membangkitkan rasa syukur.

Pertanyaan 5: Bagaimana takdir mubram dapat mencegah kesombongan?

Takdir mubram mengajarkan bahwa segala sesuatu yang dimiliki manusia adalah pemberian Allah SWT, sehingga dapat mencegah kesombongan dan menumbuhkan sikap rendah hati.

Pertanyaan 6: Apakah iman kepada takdir mubram dapat membuat manusia menjadi malas?

Tidak, iman kepada takdir mubram tidak membuat manusia menjadi malas. Justru sebaliknya, iman kepada takdir mubram dapat memotivasi manusia untuk berusaha dan berdoa dengan lebih baik, karena mereka yakin bahwa segala sesuatu sudah diatur oleh Allah SWT.

Secara keseluruhan, memahami takdir mubram sangat penting dalam kehidupan seorang Muslim. Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, kita dapat menjadi pribadi yang lebih ikhlas, bersyukur, dan rendah hati.

Lanjut membaca: Pentingnya Keimanan kepada Qada dan Qadar

Tips Memahami Pengertian Takdir Mubram

Untuk memahami pengertian takdir mubram dengan lebih baik, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

Tip 1: Pelajari dalil-dalil tentang takdir mubram

Pelajarilah dalil-dalil dari Al-Qur’an dan hadis yang menjelaskan tentang takdir mubram. Hal ini akan membantu Anda memahami konsep takdir mubram secara mendalam dan sesuai dengan ajaran Islam.

Tip 2: Pahami hikmah di balik takdir mubram

Renungkanlah hikmah dan manfaat di balik ketetapan takdir mubram. Memahami hikmah takdir mubram dapat membantu Anda menerima segala ketentuan Allah SWT dengan ikhlas dan sabar.

Tip 3: Hindari sikap ekstrem

Hindarilah sikap ekstrem dalam memahami takdir mubram. Jangan terlalu fatalis sehingga menjadi malas berusaha, dan jangan juga terlalu mengandalkan usaha sehingga melupakan peran Allah SWT dalam menentukan segala sesuatu.

Tip 4: Jadikan takdir mubram sebagai motivasi

Jadikanlah pemahaman tentang takdir mubram sebagai motivasi untuk beribadah dan berbuat baik. Yakinlah bahwa segala usaha dan perbuatan baik yang dilakukan tidak akan sia-sia, karena Allah SWT telah mengatur segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya.

Tip 5: Konsultasikan dengan ulama atau ahli agama

Jika Anda memiliki kesulitan dalam memahami takdir mubram, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ulama atau ahli agama. Mereka dapat memberikan penjelasan dan bimbingan yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda diharapkan dapat memahami pengertian takdir mubram dengan lebih baik dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Takdir mubram merupakan salah satu pilar penting dalam akidah Islam. Memahami pengertian takdir mubram dengan benar sangat penting untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang, ikhlas, dan penuh syukur.

Kesimpulan

Takdir mubram merupakan ketetapan Allah SWT yang tidak dapat diubah atau diganti. Pemahaman yang benar tentang takdir mubram sangat penting dalam ajaran Islam, karena dapat membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Dengan memahami dan mengimani takdir mubram, kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang, ikhlas, dan penuh syukur. Kita tidak perlu khawatir atau berusaha mengubah sesuatu yang memang sudah ditakdirkan, dan kita dapat fokus untuk menjalani hidup sebaik mungkin sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Youtube Video: