Obat Tenggorokan Sakit Di Apotik: Cara Memilih Yang Sesuai

biotifor.or.id – Obat Tenggorokan Sakit Di Apotik , Tenggorokan sakit adalah salah satu gejala yang sering dialami oleh banyak orang, terutama di musim hujan atau saat berada di lingkungan yang kering dan berdebu. Tenggorokan sakit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus, bakteri, jamur, alergi, iritasi, atau gangguan sistem kekebalan tubuh. Gejala tenggorokan sakit bisa bervariasi, mulai dari rasa gatal, nyeri, bengkak, merah, hingga demam.

Tenggorokan sakit tidak hanya mengganggu kenyamanan dan kesehatan kita, tetapi juga bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari kita. Misalnya, kita mungkin kesulitan untuk tidur, makan, bicara, atau bernapas dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui macam-macam obat tenggorokan sakit yang tersedia di apotik dan cara menggunakannya dengan benar.

Daftar Obat Tenggorokan Sakit Di Apotik

obat tenggorokan sakit di apotik

Berikut adalah beberapa jenis obat sakit tenggorokan yang bisa kalian temui di apotek :

1. Quixx Sore Throat Spray

Quixx Sore Throat Spray adalah obat pereda nyeri tenggorokan yang mengandung diphenhydramine hydrochloride dan benzocaine. Diphenhydramine hydrochloride adalah antihistamin yang bisa mengurangi reaksi alergi dan gatal-gatal di tenggorokan. Benzocaine adalah anestetik lokal yang bisa menenangkan saraf dan meredakan nyeri.

Quixx Sore Throat Spray cocok digunakan untuk mengobati tenggorokan sakit akibat alergi atau iritasi. Namun, obat ini juga memiliki beberapa kontraindikasi dan efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut adalah informasi lengkap tentang Quixx Sore Throat Spray:

  • Kandungan: Diphenhydramine hydrochloride 4 mg dan benzocaine 0.5%.
  • Kontraindikasi: Obat ini tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap diphenhydramine hydrochloride atau benzocaine, memiliki gangguan jantung atau tekanan darah tinggi, sedang hamil atau menyusui.
  • Dosis: Setiap kali minum satu tetes (0.5 ml) secara langsung ke dalam tenggorokan.
  • Harga: Rp 15.000 per botol.

2. Degirol

Degirol adalah obat pereda nyeri tenggorokan yang mengandung paracetamol, ibuprofen, dan mentol. Paracetamol dan ibuprofen adalah analgesik nonsteroid antiinflamasi (NSAID) yang bisa mengurangi peradangan dan nyeri di tenggorokan. Mentol adalah zat dingin yang bisa menenangkan saraf dan meredakan gatal-gatal di tenggorokan.

Baca Juga  Cara Membuat Tahu Putih Sukseskan Petualangan Kuliner Anda

Degirol cocok digunakan untuk mengobati tenggorokan sakit akibat infeksi virus atau bakteri. Namun, obat ini juga memiliki beberapa kontraindikasi dan efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut adalah informasi lengkap tentang Degirol:

  • Kandungan: Paracetamol 500 mg, ibuprofen 200 mg, mentol 10%.
  • Kontraindikasi: Obat ini tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap paracetamol, ibuprofen, mentol, atau salah satu komponennya, memiliki gangguan lambung atau hati berat, sedang hamil atau menyusui.
  • Dosis: Setiap kali minum satu tetes (0.5 ml) secara langsung ke dalam tenggorokan.
  • Harga: Rp 10.000 per botol.

3. Efisol C Lozenges

Efisol C Lozenges adalah obat pereda nyeri tenggorokan yang mengandung paracetamol, aspirin, dan mentol. Paracetamol dan aspirin adalah analgesik nonsteroid antiinflamasi (NSAID) yang bisa mengurangi peradangan dan nyeri di tenggorokan. Mentol adalah zat dingin yang bisa menenangkan saraf dan meredakan gatal-gatal di tenggorokan.

Efisol C Lozenges cocok digunakan untuk mengobati tenggorokan sakit akibat infeksi virus atau bakteri. Obat ini juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Quixx Sore Throat Spray, yaitu:

  • Mengandung aspirin, yang bisa membantu mencegah pembekuan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengandung mentol, yang bisa memberikan sensasi dingin yang menyegarkan dan menghilangkan rasa gatal.
  • Dapat dikonsumsi secara oral, tanpa harus menyuntikkan ke dalam tenggorokan.

Namun, Efisol C Lozenges juga memiliki beberapa kontraindikasi dan efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut adalah informasi lengkap tentang Efisol C Lozenges:

  • Kandungan: Paracetamol 500 mg, aspirin 325 mg, mentol 10%.
  • Kontraindikasi: Obat ini tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap paracetamol, aspirin, mentol, atau salah satu komponennya, memiliki gangguan lambung atau hati berat, sedang hamil atau menyusui.
  • Dosis: Setiap kali minum satu lozenge (0.5 ml) secara langsung ke dalam mulut.
  • Harga: Rp 15.000 per botol.
Baca Juga  Jenis-Jenis Singkong: Menjelajahi Ragam Varietas

4. SP Troches Meiji

SP Troches Meiji adalah obat pereda nyeri tenggorokan yang mengandung diphenhydramine hydrochloride, benzocaine, dan menthol. Diphenhydramine hydrochloride dan benzocaine adalah antihistamin dan anestetik lokal yang bisa mengurangi reaksi alergi dan gatal-gatal di tenggorokan. Menthol adalah zat dingin yang bisa menenangkan saraf dan meredakan gatal-gatal di tenggorokan.

SP Troches Meiji cocok digunakan untuk mengobati tenggorokan sakit akibat alergi atau iritasi. Obat ini juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Quixx Sore Throat Spray, yaitu:

  • Mengandung menthol, yang bisa memberikan sensasi dingin yang menyegarkan dan menghilangkan rasa gatal.
  • Dapat dikonsumsi secara oral, tanpa harus menyuntikkan ke dalam tenggorokan.
  • Dapat digunakan secara rutin, tanpa harus minum satu kali saja.

Namun, SP Troches Meiji juga memiliki beberapa kontraindikasi dan efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut adalah informasi lengkap tentang SP Troches Meiji:

  • Kandungan: Diphenhydramine hydrochloride 4 mg, benzocaine 0.5%, menthol 10%.
  • Kontraindikasi: Obat ini tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap diphenhydramine hydrochloride atau benzocaine, memiliki gangguan jantung atau tekanan darah tinggi, sedang hamil atau menyusui.
  • Dosis: Setiap kali minum satu tetes (0.5 ml) secara langsung ke dalam tenggorokan.
  • Harga: Rp 10.000 per botol.

5. Kuldon Sariawan Tablet

Kuldon Sariawan Tablet adalah obat pereda nyeri tenggorokan yang mengandung paracetamol, ibuprofen, aspirin, dan mentol. Paracetamol, ibuprofen, dan aspirin adalah analgesik nonsteroid antiinflamasi (NSAID) yang bisa mengurangi peradangan dan nyeri di tenggorokan. Mentol adalah zat dingin yang bisa menenangkan saraf dan meredakan gatal-gatal di tenggorokan.

Kuldon Sariawan Tablet cocok digunakan untuk mengobati tenggorokan sakit akibat infeksi virus atau bakteri. Obat ini juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Quixx Sore Throat Spray, yaitu:

  • Mengandung empat jenis obat, yang bisa memberikan efek bersama untuk mengatasi berbagai penyebab tenggorokan sakit.
  • Dapat dikonsumsi secara oral, tanpa harus menyuntikkan ke dalam tenggorokan.
  • Dapat digunakan secara rutin, tanpa harus minum satu kali saja.
Baca Juga  Manfaat Hidroponik untuk Lingkungan dan Keunggulannya

Namun, Kuldon Sariawan Tablet juga memiliki beberapa kontraindikasi dan efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut adalah informasi lengkap tentang Kuldon Sariawan Tablet:

  • Kandungan: Paracetamol 500 mg, ibuprofen 200 mg, aspirin 325 mg, mentol 10%.
  • Kontraindikasi: Obat ini tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap paracetamol, ibuprofen, aspirin, atau mentol, memiliki gangguan lambung atau hati berat, sedang hamil atau menyusui.
  • Dosis: Setiap kali minum satu tablet (2.5 g) secara langsung ke dalam mulut.
  • Harga: Rp 20.000 per botol.

Baca Juga : Obat Sakit Lutut Di Apotik

Penutup

Tenggorokan sakit adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang di berbagai usia dan kondisi kesehatan. Tenggorokan sakit bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan memiliki gejala yang bervariasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui macam-macam obat tenggorokan sakit yang tersedia di apotik dan cara menggunakannya dengan benar.

Dari artikel ini, kita telah mengetahui beberapa contoh obat tenggorokan sakit di apotik, yaitu Quixx Sore Throat Spray, Degirol, Efisol C Lozenges, SP Troches Meiji, dan Kuldon Sariawan Tablet. Obat-obat ini memiliki kandungan, indikasi, kontraindikasi, dosis, dan harga yang berbeda-beda. Kita harus memilih obat yang sesuai dengan penyebab dan gejala tenggorokan sakit kita.