7 Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan Tubuh

biotifor.or.idManfaat Lada Putih – Lada putih, atau yang kerap disebutkan lada merica putih, adalah rempah-rempah yang sudah lama dipakai dalam beragam masakan di penjuru dunia. Tetapi, apa Anda ketahui jika lada putih mempunyai bermacam manfaat kesehatan yang mengagumkan? Dalam artikel berikut, kita akan mengulas semua yang penting Anda kenali mengenai manfaat lada putih. Silahkan kita awali dengan menguraikan beragam faedahnya.

Apa Itu Lada Putih?

Lada putih adalah tipe rempah-rempah yang terkenal dan kerap dipakai dalam beragam masakan di penjuru dunia. Rempah ini asal dari buah tanaman lada (Piper nigrum) dan mempunyai keunikan yang tidak sama dari lada hitam, lada merah, dan lada hijau. Yang membandingkan lada putih ialah tahapan pemrosesan dan tingkat kematangannya.

Lada putih dibuat dari buah lada yang masih belum capai tahapan pematangan penuh. Saat buah lada masih hijau, mereka dipanen dan diproses untuk hilangkan kulit luar buah itu. Sesudah kulitnya ditiadakan, biji-biji lada yang muda ini mempunyai warna putih yang unik.

Kekhasan lada putih berada pada rasa dan wewangian yang dibuatnya. Lada putih mempunyai rasa lebih tajam, pedas, dan sedikit bumbu kayu manis dibanding lada hitam. Wewangian lada putih lebih enteng dan fresh. Ini menjadikan bumbu yang bagus untuk memberi sentuhan pedas pada sajian tanpa mengganti warna atau performa makanan, sama seperti yang dilaksanakan lada hitam.

Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan

1. Membantu Pencernaan

Lada putih dapat menggairahkan produksi asam lambung dan enzim pencernaan. Ini menolong memecahkan makanan lebih efektif, hingga bisa tingkatkan pencernaan dan kurangi permasalahan pencernaan seperti kembung, gas, dan refluks asam.

2. Sifat Anti-Inflamasi

Manfaat lada putih yang kedua. Lada putih memiliki kandungan senyawa seperti piperin yang mempunyai karakter anti-inflamasi. Ini bermakna lada putih bisa menolong kurangi infeksi pada tubuh, yang disebut aspek khusus dalam beragam penyakit, termasuk penyakit jantung dan arthritis.

Baca Juga  Kenapa Keputihan Keluar Seperti Air Inilah Penyebab dan Solusi yang Efektif

3. Antioksidan

Anti-oksidan dalam lada putih, seperti vitamin C, bisa menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas. Radikal bebas ialah molekul yang bisa menghancurkan beberapa sel dan DNA, hingga konsumsi anti-oksidan penting untuk menghambat penyakit akut dan penuaan awal.

4. Pengurangan Rasa Sakit

Sifat analgesik lada putih dapat membantu mengurangi rasa sakit, seperti sakit kepala atau sakit gigi. Lada putih sering digunakan dalam campuran salep atau minyak pijat untuk meredakan nyeri otot atau sendi.

5. Potensi Penurunan Berat Badan

Manfaat lada putih yang seterusnya. Piperin dalam lada putih bisa menolong tingkatkan metabolisme badan. Ini bermakna badan bisa membakar semakin banyak kalori, yang pada gilirannya bisa menolong dalam pengurangan berat tubuh. Tetapi, manfaat ini tidak krusial dan jangan dihandalkan sebagai salah satu sistem pengurangan berat tubuh.

6. Mengandung Nutrien

Lada putih mengandung beberapa nutrien seperti vitamin C dan vitamin A. Meskipun kandungan nutrisinya tidak sebanyak sayuran dan buah-buahan, kontribusi nutrisi ini tetap penting untuk kesehatan tubuh.

7. Penggunaan Tradisional

Manfaat lada putih yang paling akhir. Lada putih sudah dipakai dalam penyembuhan tradisionil sepanjang beratus-ratus tahun. Di Ayurveda, misalkan, lada putih dipakai untuk menyembuhkan permasalahan pernafasan, seperti batuk dan pilek. Pemakaian tradisionil ini menggambarkan pernyataan lama akan manfaat kesehatan lada putih.

Cara Menggunakan Lada Putih dalam Masakan

Menggunakan lada putih dalam masakan dapat memberikan rasa pedas yang unik dan sedikit berbeda dibandingkan dengan lada hitam. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan lada putih dalam masakan:

  1. Bubuk Lada Putih:
    • Bubuk lada putih dapat ditambahkan ke berbagai hidangan seperti sup, saus, dan kari untuk memberikan sentuhan rasa pedas yang halus.
    • Tambahkan lada putih sesaat sebelum hidangan selesai dimasak agar aroma dan rasa pedasnya tetap segar.
  2. Butiran Lada Putih:
    • Untuk hidangan yang memerlukan tekstur, seperti saus pasta atau daging panggang, gunakan lada putih dalam bentuk butiran.
    • Anda bisa menaburkan butiran lada putih ke atas hidangan sebagai hiasan dan untuk rasa yang lebih kuat.
  3. Marinate dan Perendaman:
    • Lada putih dapat digunakan dalam campuran marinate atau perendaman untuk daging, unggas, atau seafood sebelum memasak.
    • Campurkan lada putih dengan bumbu lain seperti garam, bawang putih, dan minyak zaitun untuk menciptakan perendaman yang lezat.
  4. Pengganti Lada Hitam:
    • Lada putih bisa digunakan sebagai pengganti lada hitam dalam resep tertentu, terutama jika Anda ingin menghindari rasa pedas yang kuat.
    • Gantilah lada hitam dengan lada putih dalam jumlah yang sama dalam hidangan Anda.
  5. Saos dan Sambal:
    • Lada putih dapat menjadi bahan tambahan dalam saus dan sambal, seperti sambal tomat atau saus tomat, untuk memberikan sentuhan rasa pedas yang istimewa.
    • Gunakan bubuk lada putih untuk campuran ini, atau coba menambahkan butiran lada putih untuk tekstur yang berbeda.
  6. Hidangan Asia:
    • Lada putih sering digunakan dalam masakan Asia, seperti hidangan Tionghoa dan Thai.
    • Cobalah menambahkan lada putih ke hidangan seperti Tom Yum, kari, atau saus tiram untuk memberikan rasa autentik.
Baca Juga  Buah Penurun Kolestrol, Jalan Menuju Jantung yang Lebih Sehat

Ingatlah bahwa lada putih cenderung memiliki rasa pedas yang lebih ringan daripada lada hitam, jadi Anda mungkin perlu menggunakan lebih banyak jika Anda menginginkan sensasi pedas yang sama. Saat menggunakannya, pastikan untuk mencicipi masakan Anda dan sesuaikan jumlah lada putih sesuai dengan preferensi Anda.

Kesimpulan

Lada putih, selainnya memberi rasa dan wewangian yang sedap dalam masakan, mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang mengagumkan. Dari karakter anti-oksidan sampai kekuatannya untuk tingkatkan pencernaan, lada putih ialah tambahan yang luar biasa untuk skema makan Anda. Jangan sangsi untuk coba menggabungkan lada putih dalam masakan setiap hari Anda.

Sesudah ketahui manfaat lada putih, Anda kemungkinan mempunyai beberapa pertanyaan. Berikut lima pertanyaan yang kerap disodorkan mengenai lada putih:

Pertanyaan Umum tentang Lada Putih

  1. Apa perbedaan antara lada putih dan lada hitam?
    Lada putih berasal dari lada hitam yang matang. Lada putih memiliki cangkang luar yang dikupas, sementara lada hitam memiliki cangkang luar yang tetap. Selain itu, lada putih memiliki rasa yang sedikit lebih ringan daripada lada hitam.
  2. Bagaimana saya harus menyimpan lada putih?
    Lada putih sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap. Ini akan menjaga kualitas dan kesegaran lada putih.
  3. Apakah lada putih memiliki efek samping?
    Lada putih umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah moderat dalam makanan. Namun, konsumsi berlebihan bisa menyebabkan iritasi lambung.
  4. Bisakah lada putih membantu dengan migrain?
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa piperin dalam lada putih dapat membantu meredakan gejala migrain. Namun, hasil bisa bervariasi antara individu.
  5. Apa resep makanan populer yang menggunakan lada putih?
    Salah satu hidangan yang terkenal adalah Steak au Poivre, yang menggunakan lada putih dalam sausnya untuk memberikan rasa yang kaya dan lezat.
Baca Juga  6 Manfaat Ikan Bandeng bagi Kesehatan, Simak!

Dengan pengetahuan tentang manfaat lada putih dan jawaban atas pertanyaan umum di atas, Anda siap untuk memasukkan lada putih ke dalam masakan sehari-hari Anda dan menikmati manfaatnya. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan berbagai hidangan yang melibatkan lada putih untuk merasakan