Manfaat Imunisasi BCG, Penting untuk Kesehatan Anak!

Posted on

biotifor.or.id – Manfaat Imunisasi BCG – Imunisasi BCG, atau Bacillus Calmette-Guérin, adalah tipe imunisasi yang terpenting untuk kesehatan beberapa anak. Imunisasi ini pertama kalinya dikenalkan di tahun 1921 dan sudah selamatkan juta-an nyawa semenjak waktu itu. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri manfaat imunisasi BCG dan kenapa ini penting untuk kesehatan beberapa anak.

Apa itu Imunisasi BCG?

Apa itu Imunisasi BCG?

Imunisasi BCG ialah tipe vaksinasi yang dipakai membuat perlindungan pribadi dari infeksi tuberkulosis (TB), yang disebabkan karena bakteri Mycobacterium tuberculosis. BCG ialah kependekan dari Bacillus Calmette-Guérin, yang disebut tipe bakteri kurang kuat yang sudah dilumpuhkan selanjutnya dalam laboratorium hingga tidak mengakibatkan penyakit tuberkulosis aktif pada manusia.

Imunisasi BCG umumnya diberikan ke bayi yang baru lahir atau beberapa anak pada beberapa tahun awal kehidupan mereka. Vaksin ini diberi langkah menyuntikkan BCG yang dilumpuhkan ke kulit susunan atas lengan atas atau pundak.

BCG tidak memberi pelindungan prima pada TB, tapi bisa kurangi dampak negatif perubahan bentuk yang kronis dari penyakit itu pada beberapa anak. Vaksinasi ini bisa menolong menjaga dari infeksi tuberkulosis yang memiliki sifat mekanismeik atau mengakibatkan kompleksitas serius.

Penting untuk ditulis jika vaksinasi BCG tidak efisien saat membuat perlindungan orang dewasa dari infeksi tuberkulosis, dan efektifitasnya bisa bervariatif di daerah geografis. Karena itu, program imunisasi BCG bisa berlainan setiap negara bergantung dengan tingkat infeksi tuberkulosis di daerah itu.

Baca Juga : Segudang Manfaat Akar Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Utama Imunisasi BCG

Manfaat utama dari imunisasi BCG adalah melindungi individu, khususnya bayi dan anak-anak, dari infeksi tuberkulosis (TB). Berikut adalah beberapa manfaat utama dari imunisasi BCG:

Baca Juga  Manfaat Makan Gula Merah Untuk Kesehatan

1. Perlindungan terhadap Tuberkulosis
Imunisasi BCG membantu mengurangi risiko terkena infeksi tuberkulosis, terutama bentuk yang lebih parah atau menyebabkan komplikasi. Ini adalah manfaat utama vaksinasi ini.

2. Pencegahan Tuberkulosis Menular
Vaksin BCG juga dapat membantu mencegah penyebaran TB dari individu yang terinfeksi ke individu lainnya, terutama pada anak-anak.

3. Perlindungan Terhadap Bentuk Paru TB
Vaksin BCG dapat membantu melindungi anak-anak dari perkembangan bentuk TB paru yang serius, yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan kesehatan umum yang buruk.

4. Reduksi Risiko Komplikasi TB
Bayi dan anak-anak yang diimunisasi BCG memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengembangkan bentuk TB yang memerlukan perawatan medis intensif atau berpotensi fatal.

5. Mencegah Penyebaran TB pada Keluarga dan Komunitas
Imunisasi BCG dapat membantu mengurangi risiko penyebaran TB dalam keluarga dan komunitas, karena anak-anak yang diimunisasi memiliki kemungkinan lebih rendah untuk menjadi sumber penularan TB.

Penting untuk diingat bahwa meskipun BCG dapat memberikan perlindungan terhadap bentuk TB tertentu, vaksin ini tidak efektif dalam melindungi individu dari semua bentuk TB atau infeksi TB di kemudian hari. Oleh karena itu, program pengendalian TB sering melibatkan tindakan lain seperti pemeriksaan rutin, pengobatan pasien TB aktif, dan edukasi masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan TB.

Baca Juga : Manfaat Kesehatan dari Teh Tawar

Kapan Harus Mendapatkan Imunisasi BCG?

Bayi biasanya harus mendapatkan imunisasi BCG segera setelah lahir atau dalam beberapa bulan pertama kehidupan mereka. Jadwal imunisasi BCG dapat berbeda-beda antara satu negara dan wilayah dengan negara lainnya, tetapi umumnya diberikan pada waktu yang sangat awal. Dokter atau petugas kesehatan anak biasanya akan memberikan vaksin BCG pada saat bayi lahir atau selama kunjungan pemeriksaan kesehatan bayi yang pertama.

Baca Juga  Manfaat Teh Telur, Khasiat dan Keajaiban Gabungan Teh dan Telur untuk Kesehatan Optimal

Pemberian BCG pada bayi yang baru lahir bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap tuberkulosis sejak dini, terutama dalam bentuk yang lebih parah atau menyebabkan komplikasi pada anak-anak. Vaksinasi ini menjadi bagian penting dari program imunisasi bayi untuk melindungi mereka dari penyakit TB.

Namun, penting untuk diingat bahwa ada beberapa situasi khusus yang dapat mempengaruhi kapan sebaiknya seorang bayi mendapatkan imunisasi BCG, seperti bayi yang lahir prematur atau memiliki kondisi medis tertentu. Dokter atau petugas kesehatan anak akan memberikan panduan yang sesuai untuk jadwal vaksinasi BCG yang tepat bagi setiap bayi.

Kesimpulan

Imunisasi BCG adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan anak kamu. Ini bukan hanya melindungi mereka dari tuberkulosis paru-paru yang mematikan, tetapi juga membantu mencegah penyebaran penyakit ini. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak kamu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang imunisasi BCG dan jadwal vaksinasi yang tepat.

Pertanyaan Umum (FAQ)

  1. Berapa lama perlindungan dari imunisasi BCG berlangsung?
    Imunisasi BCG dapat memberikan perlindungan selama bertahun-tahun, tetapi kekebalan dapat berkurang seiring waktu. Oleh karena itu, beberapa negara memberikan dosis ulang imunisasi BCG saat anak-anak masuk sekolah.
  2. Apakah anak saya tetap perlu diimunisasi BCG jika saya sudah memiliki riwayat keluarga dengan TB?
    Ya, bahkan jika ada riwayat keluarga dengan TB, imunisasi BCG tetap dianjurkan karena dapat membantu melindungi anak kamu dari infeksi TB.
  3. Apa yang harus saya lakukan jika anak saya mengalami efek samping setelah imunisasi BCG?
    Jika anak kamu mengalami efek samping yang tidak biasa atau berkepanjangan setelah imunisasi BCG, segera konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan nasihat medis.
  4. Apakah imunisasi BCG dapat diberikan kepada orang dewasa?
    Imunisasi BCG umumnya diberikan kepada bayi dan anak-anak. Orang dewasa mungkin hanya akan mendapatkan imunisasi BCG jika mereka memiliki risiko tinggi terpapar TB, seperti pekerja medis atau petugas kesehatan.
  5. Apa yang harus dilakukan jika anak saya melewatkan dosis imunisasi BCG?
    Jika anak kamu melewatkan dosis imunisasi BCG yang direkomendasikan, bicarakan dengan dokter anak kamu untuk membuat jadwal vaksinasi yang sesuai.
Baca Juga  Manfaat Petai Cina Kesehatan dan Kelezatan dalam Satu Biji

Dengan imunisasi BCG, kamu dapat memberikan perlindungan yang kuat bagi anak kamu dari bahaya tuberkulosis. Pastikan untuk mengikuti jadwal vaksinasi yang direkomendasikan dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran lebih lanjut tentang imunisasi BCG.