Manfaat Daging Biawak Untuk Kesehatan , Bisa Untuk Diet !

biotifor.or.idManfaat Daging Biawak , Daging biawak adalah salah satu jenis bahan makanan eksotis yang telah diakui memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Biawak adalah jenis reptil yang dapat ditemukan di wilayah-wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk di Asia, Afrika, Australia, dan Amerika.

Daging biawak memiliki tekstur yang menyerupai daging ayam, namun memiliki keunggulan karena kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah, sementara kaya akan protein dan zat besi.

Berbagai Manfaat Daging Biawak

manfaaat daging biawak

Dalam artikel ini, kita akan mengulas berbagai manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan konsumsi daging biawak, juga cara yang tepat dalam memilih dan mengolah daging biawak agar menjadi hidangan lezat. Selain itu, kita akan merinci perspektif ilmiah dan aspek budaya yang melingkupi penggunaan daging biawak sebagai pangan.

1. Protein Dalam Daging Biawak

Protein adalah salah satu nutrisi yang memiliki peranan krusial bagi kesehatan tubuh kita. Fungsi utama protein melibatkan peranannya sebagai bahan bangunan dan pemelihara sel-sel tubuh, serta berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, pembentukan hormon, aktivitas enzim, dan transmisi sinyal neurotransmiter. Kekurangan asupan protein dapat berpotensi memicu beragam masalah kesehatan yang mencakup anemia, kelemahan otot, rentan terhadap infeksi, dan pertumbuhan yang terhambat.

Daging biawak menjadi salah satu sumber protein yang sangat berkualitas, dengan setiap 100 gramnya mengandung konsentrasi protein yang signifikan. Bahkan, jumlah protein dalam daging biawak melebihi kandungan protein dalam jenis daging lainnya, seperti daging ayam yang hanya mengandung sekitar 23 gram, daging sapi yang memiliki sekitar 22 gram, atau daging kambing yang berisi sekitar 20 gram protein per 100 gramnya.

Selain itu, daging biawak juga memiliki keunggulan karena mengandung semua jenis asam amino esensial yang menjadi kunci penting dalam berbagai proses biokimia tubuh kita. Asam amino esensial ini berperan dalam beragam fungsi tubuh, termasuk dalam sintesis protein, pengaturan metabolisme energi, transmisi sinyal saraf, serta dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga  Tanaman berduri - Jenis, Manfaat, Dan Cara Merawatnya

2. Daging Biawak Untuk Diet

Bagi mereka yang tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan jantung, daging biawak bisa menjadi alternatif yang sangat cocok. Daging biawak memiliki keunggulan dengan kandungan lemak dan kolesterol yang sangat rendah, yakni hanya sekitar per 100 gram daging.

Dalam perbandingan dengan daging-daging lain seperti daging ayam yang mengandung sekitar 3 gram lemak dan 75 miligram kolesterol, daging sapi dengan sekitar 10 gram lemak dan 90 miligram kolesterol, atau daging kambing yang memiliki sekitar 9 gram lemak dan 85 miligram kolesterol per 100 gram.

Kelebihan lemak dan tingginya kolesterol dalam diet dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke, karena mampu menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke organ-organ vital tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi daging biawak dapat membantu Anda mengurangi masukan lemak dan kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

3. Daging Biawak Sebagai Sumber Kolagen

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Putra Malaysia telah mengungkap bahwa daging biawak mengandung kolagen yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan sendi. Kolagen merupakan jenis protein struktural yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada jaringan ikat dalam tubuh.

Ternyata, daging biawak memiliki kandungan kolagen yang cukup signifikan, yakni sekitar 15% dari berat keringnya. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa daging biawak bisa dianggap sebagai bahan baku potensial untuk produk-produk kosmetik dan farmasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kulit, rambut, serta kekuatan sendi.

4. Daging Biawak Sebagai Sumber Antioksidan

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada di Indonesia telah mengungkap bahwa daging biawak mengandung antioksidan yang memiliki potensi untuk menjaga tubuh dari dampak stres oksidatif, yaitu keadaan di mana tubuh mengalami kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Baca Juga  Manfaat Jamur Merang, Membuka Harta Karun Alam

Sumber antioksidan ini dapat ditemukan dalam senyawa-senyawa fenolik dan flavonoid yang terdapat dalam daging biawak. Temuan dari penelitian ini menyiratkan bahwa konsumsi daging biawak dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan sel-sel tubuh dan memiliki potensi untuk menghambat penuaan dini.

Daging Biawak dalam Masakan Tradisional

Daging biawak tidak hanya memiliki nilai gizi dan ilmiah, tetapi juga memiliki nilai budaya dan sejarah. Daging biawak telah dikonsumsi oleh berbagai suku dan bangsa di dunia sejak zaman prasejarah. Beberapa masakan tradisional yang menggunakan daging biawak adalah sebagai berikut:

1. Sate Biawak

Sate Biawak adalah masakan khas dari Jawa Timur, Indonesia, yang terbuat dari potongan-potongan daging biawak yang ditusuk dengan bambu dan dibumbui dengan bumbu kacang, kecap manis, gula merah, cabai, bawang putih, jahe, dan garam. Sate Biawak dimasak dengan cara dibakar di atas bara api sampai matang dan beraroma. Sate Biawak biasanya disajikan dengan lontong, acar, dan sambal.

2. Gulai Biawak

Gulai Biawak adalah masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia, yang terbuat dari potongan-potongan daging biawak yang direbus dengan santan, kunyit, serai, daun salam, daun jeruk, cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan garam. Gulai Biawak dimasak dengan cara direbus sampai daging biawak empuk dan bumbu meresap. Gulai Biawak biasanya disajikan dengan nasi, kerupuk, dan sayur.

3. Rendang Biawak

Rendang Biawak adalah masakan khas dari Malaysia, yang terbuat dari potongan-potongan daging biawak yang dimasak dengan santan, cabai kering, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, ketumbar, jintan, pala, cengkeh, kayu manis, daun kunyit, daun pandan, gula merah, dan garam. Rendang Biawak dimasak dengan cara ditumis sampai daging biawak kering dan berwarna hitam. Rendang Biawak biasanya disajikan dengan nasi lemak, telur rebus, timun, dan kacang tanah.

Baca Juga  Cara Mengatasi Mata Minus, Panduan Lengkap

Baca Juga : Bahaya Dan Manfaat Daging Tokek , Mitos Atau Fakta ?

Kesimpulan

Daging biawak adalah salah satu jenis daging eksotis yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Daging biawak memiliki kandungan protein yang tinggi dan lemak serta kolesterol yang rendah. Daging biawak juga mengandung zat besi, kalsium, vitamin B12, antibodi, antioksidan, dan kolagen yang baik untuk tubuh. Daging biawak dapat dimasak dengan berbagai cara yang lezat dan menarik. Daging biawak juga memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Dengan demikian, daging biawak adalah salah satu pilihan makanan yang sehat dan menyenangkan