Manfaat Bunga Kol: Keajaiban untuk Kesehatan dan Kecantikan

Biotifor.or.idManfaat Bunga Kol-Di dunia kulineran, bunga kol sering terlewatkan karena lebih biasanya kita konsumsi bagian lain dari sayur ini, seperti batang dan kuncupnya. Tetapi, tahukah Anda jika bunga kol mempunyai manfaat hebat untuk kesehatan? Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri beragam manfaat bunga kol yang kemungkinan tidak Anda ketahui sebelumnya.

Apa itu Bunga Kol?

Manfaat Bunga Kol

Bunga kol ialah sisi dari sayur kubis-kubisan yang tumbuh di pucuk tanaman kol. Memiliki bentuk seperti bunga dengan kelopak hijau yang berlapis-lapis. Bunga kol umumnya mempunyai struktur yang halus dan rasa yang enteng, membuat pas untuk beragam jenis sajian.

Formasi Gizi dalam Bunga Kol

Seperti sayur yang lain, bunga kol kaya gizi penting yang memberikan dukungan kesehatan badan. Pada sebuah jatah bunga kol (sekitaran 85 gr) memiliki kandungan kalori rendah sekitaran 25 kalori dan gizi berikut ini:

  • Serat: 2 gr
  • Protein: 1 gr
  • Vitamin C: 46% dari nilai harian yang direkomendasikan
  • Vitamin K: 19% dari nilai harian yang direkomendasikan
  • Vitamin B6: 8% dari nilai harian yang direkomendasikan
  • Folat: 5% dari nilai harian yang direkomendasikan
  • Vitamin A: 4% dari nilai harian yang direkomendasikan
  • Mangan: 4% dari nilai harian yang direkomendasikan

Manfaat Kesehatan Bunga Kol

  1. Kaya Anti-oksidan

Bunga kol memiliki kandungan senyawa anti-oksidan, seperti sulforaphane dan indole, yang menolong melawan radikal bebas pada tubuh. Anti-oksidan ini berperanan penting saat membuat perlindungan beberapa sel dari kerusakan oksidatif dan bisa menolong kurangi resiko penyakit akut, termasuk kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan senyawa anti-inflamasi dalam bunga kol menolong mempertahankan kesehatan jantung. Serat menolong turunkan cholesterol LDL (cholesterol jahat) pada darah, sedangkan vitamin C dan senyawa anti-inflamasi bisa kurangi infeksi pada pembuluh darah dan jantung.

  1. Menyediakan Serat yang Tinggi

Konsumsi bunga kol bisa menolong tingkatkan konsumsi serat harian Anda. Serat berperanan saat mempertahankan kesehatan pencernaan, kurangi resiko sembelit, dan jaga berat tubuh yang sehat.

  1. Memberikan dukungan Sistem Kekebalan Tubuh

Bunga kol memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi, yang disebut gizi penting saat tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Vitamin C menolong memperkuat pertahanan badan pada infeksi dan penyakit.

  1. Menyehatkan Mata

Kandungan pada vitamin A dalam bunga kol berperanan penting saat mempertahankan kesehatan mata. Vitamin A menolong jaga pandangan yang bagus dan membuat perlindungan mata dari resiko degenerasi makula.

  1. Mengandung Senyawa Anti-Inflamasi

Bunga kol memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi, termasuk indole dan kuersetin, yang bisa menolong kurangi infeksi pada tubuh dan menolong kurangi resiko penyakit inflamasi akut.

  1. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Senyawa sulforaphane dalam bunga kol mempunyai effect detoksifikasi pada tubuh. Senyawa ini menolong aktifkan enzim detoksifikasi dan menolong badan bersihkan racun.

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan pada vitamin K dalam bunga kol berperanan saat memperkuat tulang dan gigi. Vitamin K bekerja dengan vitamin D untuk mempertahankan kesehatan sistem muskuloskeletal.

  1. Menjaga Berat Tubuh yang Sehat

Konsumsi bunga kol rendah kalori dan tinggi serat bisa menolong saat jaga berat tubuh yang sehat dan memberikan dukungan program penurunan berat tubuh.

  1. Memperbaiki Fungsi Otak

Bunga kol memiliki kandungan gizi seperti vitamin K dan anthocyanins yang berperan pada kesehatan otak. Gizi ini bisa menolong tingkatkan kognisi dan melindungi otak dari penuaan.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam bunga kol berperanan saat menghambat anemia, yang bisa mengakibatkan kecapekan dan pengurangan energi.

  1. Mengandung Zat Besi

Bunga kol adalah sumber zat besi yang bagus, yang fundamental untuk menolong badan membawa oksigen ke beberapa sel.

  1. Sediakan Vitamin C yang Tinggi

Vitamin C dalam bunga kol menolong tingkatkan produksi collagen pada tubuh, yang berperanan saat perkuat susunan kulit, rambut, dan kuku.

  1. Mendukung Kesehatan Kulit

Konsumsi bunga kol bisa menolong memperbaiki kesehatan kulit dan kurangi resiko kerusakan karena paparan sinar UV.

  1. Meningkatkan Energi dan Vitalitas

Kandungan pada vitamin B6 dalam bunga kol berperanan saat metabolisme energi badan, hingga menolong tingkatkan vitalitas dan kurangi kecapekan.

Baca Juga  Manfaat Daun Nilam Yang Tak Terbantahkan!

Kesimpulan

Bunga kol ialah sayur yang kerap terlewatkan, tapi kaya akan manfaat kesehatan yang hebat. Dari tingkatkan sistem ketahanan tubuh sampai memberikan dukungan kesehatan jantung dan kulit, bunga kol ialah tambahan yang hebat untuk diet sehat Anda . Maka, jangan sangsi untuk mengikutkan bunga kol dalam sajian Anda dengan teratur dan nikmati manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Apa bunga kol harus dimasak saat sebelum dikonsumsi?

Ya, seharusnya bunga kol dimasak saat sebelum dikonsumsi untuk pastikan keamanan dan kesehatan. Bunga kol bisa direbus, dikukus, atau dipanggang.

Bisakah saya mengonsumsi bunga kol mentah?

Walaupun bisa saja untuk konsumsi bunga kol mentah, tetapi proses mengolahnya bisa menolong kurangi resiko infeksi dan menolong saat mengolah gizinya dengan lebih bagus.

Bagaimana saya dapat simpan bunga kol secara baik?

Bunga kol bisa diletakkan dalam kantong plastik atau tempat kedap udara dalam almari es sepanjang sekian hari. Pastikan untuk bersihkan bunga kol saat sebelum menyimpan.

Apa bunga kol pas untuk diet rendah karbohidrat?

Ya, bunga kol rendah karbohidrat dan rendah kalori, hingga pas untuk diet rendah karbohidrat atau program penurunan berat tubuh.

Adakah efek yang penting diwaspadai dari konsumsi bunga kol?

Pada umumnya, konsumsi bunga kol ialah aman. Tetapi, untuk sebagian orang, konsumsi sayur cruciferous seperti bunga kol dengan jumlah besar bisa mengakibatkan perut kembung atau gas. Bila Anda mempunyai masalah pencernaan, konsultasikan sama dokter saat sebelum konsumsi dengan jumlah besar.