Manfaat Beras Merah: Kesehatan dan Kecantikan Alami

biotifor.or.idManfaat Beras Merah – Beras merah sudah dikenali semenjak jaman kuno sebagai salah satunya makanan yang yang bergizi. Bukan hanya jadi makanan dasar di beberapa budaya di penjuru dunia, tapi juga dikagumi karena manfaat kesehatan dan kecantikan alaminya. Dalam artikel berikut, kita akan mengeksploitasi manfaat hebat dari beras merah untuk kesehatan dan kecantikan kamu.

Apa Itu Beras Merah?

Apa Itu Beras Merah

Beras merah ialah variasi beras yang masih belum alami proses penggilingan yang hilangkan kulit padi. Kulit padi berikut yang memberi warna kemerahan pada beras merah. Pada proses penggilingan beras putih, kulit padi ditiadakan, hingga membuat beras putih mempunyai struktur yang semakin lebih halus. Tetapi, dengan hilangkan kulit padi itu, beberapa gizi juga penting lenyap.

Kandungan Nutrisi dalam Beras Merah

Beras merah kaya beragam gizi penting yang dibutuhkan oleh badan. Ini muncul karena kulit padi yang ada pada beras merah memiliki kandungan serat pangan, vitamin, mineral, dan anti-oksidan. Beberapa gizi yang diketemukan dalam beras merah mencakup serat pangan, protein, zat besi, magnesium, vitamin B kompleks, fosfor, dan selenium.

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat beras merah yang pertama, beras merah memiliki kandungan serat pangan yang lebih tinggi, yang menolong kurangi dampak negatif penyakit jantung. Serat ini menolong mengatur kandungan cholesterol, mempertahankan kesehatan pembuluh darah, dan kurangi dampak negatif penyumbatan arteri.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan anti-oksidan dan vitamin B kompleks dalam beras merah bisa tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Anti-oksidan menolong menantang radikal bebas yang bisa menghancurkan beberapa sel badan, sedangkan vitamin B kompleks mainkan peranan penting pada produksi sel darah merah dan peranan saraf.

Baca Juga  Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan dan Kegunaan Yang Luar Biasa

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat beras merah berikutnya, beras merah mempunyai index glikemik yang semakin lebih rendah dibanding beras putih. Ini bermakna jika beras merah memengaruhi kenaikan kandungan gula darah secara perlahan-lahan, menolong mengontrol kandungan gula darah, dan kurangi dampak negatif diabetes type 2.

4. Mencegah Kanker

Beras merah memiliki kandungan senyawa fitokimia, seperti fitosterol dan asam fenolat, yang mempunyai karakter antikanker. Senyawa ini bisa menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari perkembangan tumor dan menghambat perubahan kanker tertentu, khususnya kanker usus besar.

5. Mengatur Berat Badan

Serat pangan dalam beras merah menolong tingkatkan hati kenyang dan perlambat pencernaan. Ini bisa menolong atur selera makan, kurangi kemauan untuk makan terlalu berlebih, dan memberikan dukungan usaha pengurangan berat tubuh.

Manfaat Kecantikan Beras Merah

1. Menyehatkan Kulit

Beras merah memiliki kandungan vitamin B kompleks yang terpenting untuk kesehatan kulit. Vitamin ini menolong jaga kulit masih tetap halus, kurangi infeksi, dan tingkatkan produksi collagen untuk jaga fleksibilitas kulit.

2. Mengurangi Kerutan dan Tanda Penuaan

Manfaat beras merah bagi kecantikan seterusnya, antioksidan yang terkandung dalam beras merah membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan mengonsumsi beras merah secara teratur, kamu dapat mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan pada kulit.

3. Menjaga Rambut Sehat

Beras merah mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan rambut. Nutrisi ini membantu memperkuat akar rambut, mencegah kerontokan, dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Membantu Pertumbuhan Kuku

Kandungan fosfor dalam beras merah berperanan penting pada perkembangan dan kemampuan kuku. Dengan konsumsi beras merah, kamu bisa menolong jaga kuku masih tetap kuat dan menghambat kepecahan atau kerapuhan.

Baca Juga  Manfaat Tidak Minum Setelah Makan, Optimalkan Kesehatan

5. Memberikan Cahaya Alami pada Wajah

Beras merah juga dapat digunakan secara topikal sebagai masker wajah alami. Kandungan vitamin B kompleks dan antioksidan membantu mencerahkan kulit wajah, mengurangi kemerahan, dan memberikan cahaya alami yang sehat.

Cara Mengonsumsi Beras Merah

Ada cara-cara yang dapat kamu kerjakan untuk konsumsi beras merah. Kamu bisa gantikan beras putih secara beras merah dalam sajian nasi atau kombinasi makanan. Kamu bisa memakai beras merah dalam sajian seperti bubur, salad, atau sup. Penting untuk membersihkan beras merah saat sebelum mengolahnya dan mengolahnya sama air yang cukup supaya jadi halus.

Resep Sederhana dengan Beras Merah

Berikut adalah resep sederhana yang menggunakan beras merah sebagai bahan utama:

Sup Sayuran dengan Beras Merah

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir beras merah
  • 1 wortel, potong dadu
  • 1 batang seledri, potong-potong
  • 1/2 bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 cangkir kaldu sayuran
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • Garam dan lada secukupnya

Cara memasak:

  1. Cuci beras merah dengan air bersih.
  2. Panaskan minyak zaitun dalam panci besar. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  3. Tambahkan wortel dan seledri. Tumis sebentar hingga sayuran sedikit layu.
  4. Masukkan beras merah dan kaldu sayuran. Didihkan dan biarkan mendidih selama 30-40 menit atau hingga beras merah matang.
  5. Bumbui dengan garam dan lada secukupnya.
  6. Sajikan sup sayuran dengan beras merah hangat.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa Manfaat beras merah dari segala aspek termasuk kesehatan. Beras merah tidak cuma makanan sedap, tapi juga mempunyai manfaat kesehatan dan kecantikan yang hebat. Dengan konsumsi beras merah dengan teratur, kamu bisa mempertahankan kesehatan jantung, tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, kurangi dampak negatif diabetes, menghambat kanker, dan tingkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Coba untuk gantikan beras putih secara beras merah dalam sajian kamu dan cicipi faedahnya!

Baca Juga  Cara Mengobati Mata Buram Secara Alami

FAQs

  1. Apakah beras merah cocok untuk diet?
    Ya, beras merah dapat menjadi pilihan yang baik untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.
  2. Bagaimana cara memasak beras merah yang enak?
    Cuci beras merah terlebih dahulu, kemudian masak dengan air yang cukup hingga menjadi lembut dan matang.
  3. Apakah beras merah mengandung gluten?
    Tidak, beras merah bebas gluten dan cocok untuk orang dengan sensitivitas gluten atau penyakit celiac.
  4. Berapa lama waktu memasak beras merah?
    Waktu memasak beras merah dapat bervariasi tergantung pada jenis dan merek beras merah yang digunakan. Namun, secara umum, waktu memasak berkisar antara 30 hingga 40 menit.
  5. Apa perbedaan antara beras merah dan beras putih?
    Perbedaan utama antara beras merah dan beras putih terletak pada kandungan serat dan nutrisi. Beras merah memiliki lebih banyak serat dan nutrisi daripada beras putih karena tidak mengalami proses penggilingan yang sama.