Manfaat Lidah Mertua: Rahasia Kesehatan yang Tersembunyi

Posted on

biotifor.or.idManfaat Lidah Mertua – Lidah mertua, atau yang kerap dikatakan sebagai Sansevieria, ialah tanaman hias yang terkenal di penjuru dunia. Tetapi, tahukah kamu jika tanaman ini mempunyai manfaat kesehatan yang mengagetkan? Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri beragam manfaat lidah mertua yang kemungkinan belum kamu kenali. Silahkan kita awali dengan pahami apa itu lidah mertua.

Apa Itu Lidah Mertua?

Lidah mertua ialah panggilan umum untuk tanaman hias yang terkenal di kelompok penggemar taman. Nama ilmiahnya ialah Sansevieria, tapi di sejumlah wilayah dikenal juga panggilan “lidah buaya” atau “lidah naga.” Tanaman ini mempunyai beberapa ciri daun yang panjang, keras, dan tegak berdiri dengan pola dan warna yang berbeda bergantung pada macamnya.

Lidah mertua ialah tanaman yang tahan pada beragam keadaan tumbuh dan sering dipakai sebagai tanaman indoor karena kekuatannya untuk tetap bertahan pada keadaan sinar yang lebih rendah dan kelembapan yang kurang. Disamping itu, tanaman ini dipandang mempunyai karakter bersihkan udara, menjadikan opsi yang bagus untuk dipakai dalam ruangan.

Manfaat-Manfaat Lidah Mertua

Manfaat-Manfaat Lidah Mertua

Lidah mertua, atau Sansevieria, ialah tanaman hias yang terkenal di beberapa rumah dan beberapa kantor. Selainnya keelokannya, lidah mertua mempunyai beberapa manfaat lidah mertua yang bagus, diantaranya:

1. Menyaring Udara
Lidah mertua bisa menolong membenahi kualitas udara dalam ruangan dengan menyerap beberapa zat beresiko seperti formaldehida dan benzena dari udara.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur
Tanaman ini menghasilkan oksigen pada malam hari, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu.

3. Mudah Perawatan
Lidah mertua adalah tanaman yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang tidak ideal. Mereka membutuhkan sedikit perawatan dan dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah.

Baca Juga  Manfaat Burung Bagi Manusia, Mengungkap Keterkaitan Ajaib

4. Penyaring Asap Rokok
Tanaman ini bisa menolong memfilter asap rokok, menjadikan opsi yang bagus untuk ruang yang kerap dirokok.

5. Penghias Ruangan
Manfaat lidah mertua berikutnya. Lidah mertua memiliki bentuk daun yang unik dan menarik, sehingga bisa menjadi hiasan yang cantik di dalam rumah kamu.

6. Meningkatkan Produktivitas
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kehadiran tanaman di lingkungan kerja atau di rumah dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati.

7. Simbolisme Positif
Di beberapa budaya, lidah mertua dianggap sebagai simbol keberuntungan dan perlindungan, sehingga banyak orang memilihnya untuk membawa suasana positif di rumah mereka.

8. Pengendalian Kelembaban
Manfaat lidah mertua yang terakhir. Lidah mertua dapat membantu mengatur kelembaban udara di dalam ruangan, menjaganya tetap seimbang.

Walaupun lidah mertua banyak memiliki manfaat ini, penting untuk dikenang jika tanaman ini bisa beracun bila ketelan, menjadi perlu ditaruh di luar capaian hewan piaraan atau beberapa anak. Disamping itu, tanaman ini akan memberi manfaat terbaik bila dirawat baik dan ditaruh di lokasi yang sesuai keadaan bertumbuhnya.

Baca Juga : Manfaat Kesehatan dari Biji Alpukat

Bagaimana Merawat Lidah Mertua

Setelah tahu manfaat lidah mertua, penting juga untuk bisa merawatnya. Merawat tanaman lidah mertua (Sansevieria) bisa menjadi tugas yang mudah. Berikut adalah beberapa langkah untuk merawatnya:

1. Pencahayaan
Lidah mertua tumbuh secara baik di lokasi yang terserang sinar, baik sinar matahari langsung atau sinar lebih redup. Tetapi, jauhi cahaya matahari langsung kelamaan, karena bisa membakar daunnya.

2. Suhu
Lidah mertua tahan pada temperatur yang bervariatif, tapi temperatur baiknya ialah di antara 18-24 derajat Celsius. Jauhi temperatur yang terlampau rendah di bawah 10 derajat Celsius.

Baca Juga  10 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi!

3. Penyiraman
Tanaman ini tambah sukai tanah yang cukup kering. Diamkan tanahnya jadi kering saat sebelum menyirami . Jangan sering menyirami, khususnya pada musim dingin saat perkembangannya melamban.

4. Tanah
Pakai kombinasi tanah pot yang bagus, yang bisa mengucur secara baik dan mempunyai drainase yang bagus.

5. Pemupukan
Kamu dapat memberikan makan lidah mertua dengan pupuk cair atau butiran dengan frekwensi yang lebih rendah, sekitaran tiap 2-3 bulan sepanjang musim semi dan musim panas. Jangan terlalu berlebih saat memberikan pupuk.

6. Perawatan
Membersihkan daun lidah mertua dengan periodik dengan kain lembab untuk hilangkan kotoran dan debu. Ini akan menolong daunnya masih tetap sehat dan memungkinkannya mereka untuk lakukan fotosintesis secara baik.

7. Pot dan Perempat Ulangi
Kamu kemungkinan perlu mengalihkan tanaman ke pot lebih besar apabila sudah terlampau besar untuk pot aslinya. Ini seharusnya dilaksanakan tiap 2-3 tahun sekali di awal musim semi.

8. Pemangkasan
Pemotongan dapat dibutuhkan bila tanaman tumbuh terlampau tinggi atau bila daun-daunnya kelihatan rusak atau mati. Potong daun yang rusak atau mati dengan berhati-hati memakai pisau tajam.

Ingat-ingatlah selalu untuk mengawasi keadaan tanaman kamu dan memberi respon peralihan-perubahan yang terjadi. Lidah mertua ialah tanaman yang cukup bertahan lama dan gampang dirawat asal kamu memberi perawatan dasar yang akurat.

Kesimpulan

Itulah barusan beberapa manfaat lidah mertua dan bagaimanakah cara merawatnya. Lidah mertua tidak cuma sekedar tanaman hias yang cantik, tapi juga mempunyai beragam manfaat kesehatan yang tidak tersangka. Dengan menjaganya secara baik, kamu bisa nikmati udara lebih bersih, tidur lebih pulas, dan manfaat-manfaat yang lain . Maka, pikirkan untuk menambah lidah mertua di rumah kamu.

Baca Juga : Manfaat Kopi yang Bisa Menyehatkan Rambut

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Apakah lidah mertua mudah dirawat?
    Ya, lidah mertua adalah tanaman yang mudah dirawat. Itu adalah pilihan yang baik untuk pemula dalam berkebun.
  2. Berapa sering saya perlu menyiram lidah mertua?
    Kamu hanya perlu menyiram lidah mertua ketika tanahnya sudah kering. Biasanya, sekali setiap dua hingga tiga minggu sudah cukup.
  3. Bisakah saya menempatkan lidah mertua di kamar tidur?
    Ya, kamu bisa menempatkan lidah mertua di kamar tidur. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas udara dan tidur kamu.
  4. Bagaimana cara menggunakan gel lidah mertua untuk menyembuhkan luka?
    Kamu dapat mengambil gel dari daun lidah mertua dan mengoleskannya pada luka kecil. Pastikan luka sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  5. Apakah lidah mertua cocok untuk daerah dengan udara kering?
    Ya, lidah mertua cocok untuk daerah dengan udara kering karena dapat meningkatkan kelembaban udara di sekitarnya.
Baca Juga  Manfaat Leunca: Menjelajahi Manfaat Kesehatan Buah Indonesia

Jadi, jangan ragu untuk memiliki lidah mertua di rumah kamu dan nikmati manfaatnya bagi kesehatan dan keindahan lingkungan kamu.