Kerupuk Ikan Tenggiri: Cara Membuat, Dan Keistimewaannya

biotifor.or.id ā€“ Kerupuk Ikan Tenggiri adalah salah satu jenis kerupuk ikan yang paling digemari di Indonesia. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih, renyah, dan sedikit manis. Ini juga kaya akan protein, kalsium, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan berkualitas? Apa saja bahan-bahan yang diperlukan? Bagaimana proses pembuatannya? Dan apa saja tips dan trik untuk mendapatkan hasil terbaik?

Cara Membuat Kerupuk Ikan TenggiriĀ 

kerupuk ikan tenggiri

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini untuk langkah dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat kerupuk ikan tenggiri, Anda membutuhkan beberapa bahan utama, yaitu:

  • Ikan tenggiri segar, sekitar 1 kg
  • Tepung tapioka, sekitar 500 gram
  • Garam, sekitar 2 sendok teh
  • Gula pasir, sekitar 1 sendok teh
  • Penyedap rasa, secukupnya

Selain bahan-bahan utama, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera, seperti:

  • Bawang putih, sekitar 5 siung, haluskan
  • Kunyit, sekitar 2 cm, haluskan
  • Jahe, sekitar 2 cm, haluskan
  • Daun salam, sekitar 2 lembar
  • Daun jeruk, sekitar 2 lembar
  • Serai, sekitar 1 batang, memarkan
  • Lada bubuk, sekitar 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng, secukupnya

Dalam memilih ikan tenggiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Pilih ikan tenggiri yang masih segar, bersih, dan tidak berbau amis. Anda bisa memeriksa kondisi mata, sisik, insang, dan daging ikan untuk mengetahui tingkat kesegarannya.
  • Pilih ikan tenggiri yang berukuran sedang, sekitar 1-2 kg. Ikan tenggiri yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa mempengaruhi rasa dan tekstur kerupuk.
  • Pilih ikan tenggiri yang memiliki daging yang padat, kenyal, dan berwarna putih. Hindari ikan tenggiri yang memiliki daging yang lembek, lunak, atau berwarna merah.

Proses Pembuatan

Setelah Anda menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan kerupuk ikan tenggiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bersihkan ikan tenggiri dari sisik, insang, dan isi perutnya. Potong-potong ikan menjadi beberapa bagian, lalu rebus dalam air mendidih yang sudah diberi garam, gula, daun salam, daun jeruk, dan serai selama sekitar 15 menit atau sampai ikan matang.
  • Angkat ikan dari air rebusan, lalu tiriskan. Pisahkan daging ikan dari tulang dan kulitnya. Haluskan daging ikan dengan blender atau alat penghalus lainnya. Sisihkan.
  • Campur tepung tapioka, bawang putih, kunyit, jahe, lada bubuk, penyedap rasa, dan sedikit air dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga menjadi adonan yang kental dan elastis.
  • Masukkan daging ikan yang sudah dihaluskan ke dalam adonan tepung. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Jika adonan terlalu kering, tambahkan sedikit air. Jika adonan terlalu basah, tambahkan sedikit tepung.
  • Bentuk adonan menjadi pipih dengan ketebalan sekitar 1/2 cm. Gunakan loyang yang sudah diolesi minyak atau plastik sebagai alasnya. Potong-potong adonan sesuai ukuran yang diinginkan. Anda bisa menggunakan cetakan khusus atau pisau untuk memotong adonan.
  • Goreng adonan yang sudah dipotong-potong dalam minyak panas dengan api sedang hingga mengembang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan dari minyak. Kerupuk ikan tenggiri mentah sudah jadi.
  • Jika Anda ingin menyimpan kerupuk mentah untuk waktu yang lama, Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu. Caranya, jemur kerupuk mentah di bawah sinar matahari selama sekitar 2-3 hari atau sampai kering. Pastikan kerupuk tidak terkena air hujan atau debu saat dijemur.
  • Jika Anda ingin mengonsumsi , Anda bisa menggorengnya lagi dalam minyak panas dengan api besar hingga mengembang dan renyah. Angkat dan tiriskan dari minyak. KerupukĀ  siap disajikan.
Baca JugaĀ  Manfaat Hidroponik untuk Lingkungan dan Keunggulannya

Tips Dan Trik Untuk Hasil Terbaik

Untuk mendapatkan kerupuk yangng enak dan berkualitas, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan, yaitu:

Teknik penggorengan yang optimal

Saat menggoreng , pastikan minyak sudah benar-benar panas. Gunakan api sedang saat menggoreng kerupuk mentah agar tidak gosong. Gunakan api besar saat menggoreng kerupuk ikan tenggiri kering agar mengembang sempurna. Jangan menggoreng terlalu banyak kerupuk sekaligus agar tidak saling menempel atau mengurangi suhu minyak.

Penambahan rempah-rempah untuk rasa yang khas

Anda bisa menambahkan rempah-rempah lain selain yang sudah disebutkan di atas, seperti ketumbar, jintan, kemiri, atau cabai. Rempah-rempah ini bisa memberikan rasa yang lebih bervariasi dan khas pada kerupuk ikan tenggiri Anda. Anda bisa menambahkan rempah-rempah saat merebus ikan atau saat membuat adonan tepung.

Pengemasan dan penyimpanan yang benar

Jika Anda ingin menyimpan kerupuk ikan tenggiri mentah atau kering untuk waktu yang lama, Anda harus mengemas dan menyimpannya dengan benar. Gunakan wadah yang kedap udara dan bersih, seperti toples kaca, plastik, atau kaleng. Simpan wadah di tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk menutup wadah dengan rapat agar kerupuk tidak lembab atau berjamur.

Keunikan dan Keistimewaan Kerupuk Ikan Tenggiri

Kerupuk ikan tenggiri memiliki beberapa keunikan dan keistimewaan yang membedakannya dengan kerupuk ikan lainnya, yaitu:

Perbedaan dengan kerupuk ikan lainnya

Kerupuk ikan tenggiri memiliki rasa yang lebih gurih dan manis daripada kerupuk ikan lainnya, seperti kerupuk ikan gabus, kerupuk ikan lele, atau kerupuk ikan patin. Kerupuk ikan tenggiri juga memiliki tekstur yang lebih renyah dan kenyal daripada kerupuk ikan lainnya, yang cenderung lebih keras dan rapuh.

Baca JugaĀ  Review Buku "Berani Tidak Disukai": Menggali Keberanian dan Kehidupan Tanpa Batasan

Nilai tambah dari ikan tenggiri sebagai bahan baku.

Ikan tenggiri adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan protein, kalsium, dan omega-3 yang tinggi. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kalsium membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Omega-3 membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi kerupuk ikan tenggiri, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari ikan tenggiri tersebut.

Penyimpanan

Dalam menyimpan kerupuk ikan tenggiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Simpan kerupuk ikan tenggiri dalam wadah yang kedap udara dan bersih, seperti toples kaca, plastik, atau kaleng. Tutup wadah dengan rapat agar kerupuk tidak lembab atau berjamur.
  • Simpan wadah di tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jangan menyimpan wadah di tempat yang lembab, panas, atau terkena cahaya langsung. Hal ini bisa mempengaruhi rasa, warna, dan tekstur kerupuk.
  • Jika Anda ingin menyimpan kerupuk untuk waktu yang sangat lama, Anda bisa membekukannya dalam freezer. Caranya, masukkan kerupukĀ  dalam kantong plastik yang bisa disegel. Usahakan untuk mengeluarkan udara sebanyak mungkin dari kantong plastik. Simpan kantong plastik dalam freezer. Kerupuk ikan tenggiri bisa bertahan hingga 6 bulan dalam freezer. Jika Anda ingin mengonsumsinya, keluarkan dari freezer dan biarkan hingga suhu ruang. Kemudian, goreng kembali dalam minyak panas.

Baca Juga : Manfaat Ikan Tengiri , Sumber Vitamin Dan Mineral Yang Lengkap

Kesimpulan

Kerupuk ikan tenggiri adalah salah satu jenis kerupuk ikan yang paling populer di Indonesia. Ini memiliki rasa yang gurih, renyah, dan sedikit manis. Kerupuk ikan tenggiri juga kaya akan protein, kalsium, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan. Cara membuat kerupuk ikan tenggiri cukup mudah dan sederhana. Anda hanya membutuhkan ikan tenggiri, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu sebagai bahan utamanya. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera Anda.

Baca JugaĀ  Cara Membuat Bubur Beras Merah Untuk Bayi Yang Gurih Untuk Si Kecil

Proses pembuatannya meliputi merebus ikan, menghaluskan daging ikan, mencampur dengan tepung, membentuk adonan, menggoreng, dan mengeringkan. Anda bisa menyimpan kerupuk ikan tenggiri mentah atau kering dalam wadah yang kedap udara dan di tempat yang kering dan sejuk. Anda juga bisa membekukannya dalam freezer untuk waktu yang lebih lama.

Kamu bisa menyajikan kerupuk ikan tenggiri dengan berbagai cara yang menarik dan kreatif. Kalian bisa menikmatinya sebagai camilan, pelengkap, atau bahan dasar hidangan dan bisa bereksperimen dengan berbagai rasa dan kreasi yang Anda inginkan. Kerupuk ikan tenggiri adalah kerupuk yang enak, bergizi, dan istimewa. Selamat mencoba!