Berbagai Jenis Crassula Ovata : Panduan Lengkap

Posted on

biotifor.or.id Crassula Ovata , umumnya dikenal sebagai tumbuhan Giok , jade plant atau juga tanaman Uang, ialah sukulen populer yang termasuk dalam keluarga Crassulaceae. Daunnya yang tebal serta berdaging serta bunga kecil berwarna merah muda atau putih menjadikannya tambahan yang menarik untuk taman di dalam atau di luar ruangan, ini pun banyak yang mempercayai jika ini adalah tanaman pembawa rezeki .

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi berbagai jenis Crassula , karakteristiknya, serta persyaratan perawatannya. Apakah Kalian seorang penggemar succulent berpengalaman atau pemula yang ingin memulai koleksi Kalian, panduan ini akan memberi Kalian wawasan berharga tentang dunia Crassula-ovata.

Jenis-Jenis Crassula Ovata

crassula ovata

Tanaman ini hadir dalam berbagai bentuk, masing-masing dengan fitur unik serta kebiasaan pertumbuhannya. Mari selami berbagai jenis jenis Crassula :

1. ‘Hobbit’

Crassula Ovata ‘Hobbit’ ialah kultivar tumbuhan Jade yang dicirikan oleh daunnya yang berbentuk tabung serta berbentuk sendok. Daunnya memiliki pinggiran merah yang mengintensifkan di bawah sinar matahari yang cerah, menambahkan sentuhan warna pada tanaman. ‘Hobbit’ memiliki kebiasaan pertumbuhan yang padat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk wadah kecil serta taman hidangan.

2. ‘Gollum’

Mirip dengan ‘Hobbit,’Crassula Ovata ‘Gollum’ menampilkan daun berbentuk tabung. Namun, daun ‘Gollum’ lebih panjang serta memanjang, menyerupai jari-jari tangan. Ujung daun sering mengembangkan rona kemerahan, menciptakan kontras yang menarik. Varietas ini sangat dicari oleh para kolektor karena penampilannya yang unik serta tidak biasa.

3. ‘Sunset’

Crassula Ovata ‘Sunset’ ialah kultivar menakjubkan yang menunjukkan warna-warna cerah. Daunnya menampilkan corak oranye, merah, serta kuning, terutama pada bulan-bulan yang lebih dingin atau saat terkena sinar matahari langsung. ‘Sunset’ ialah pilihan yang fantastis jika Kalian ingin menambahkan semburat warna ke koleksi sukulen Kalian.

Baca Juga  Budidaya Ikan Pari : Mengembangkan Usaha Yang Sukses

4. ‘Giok Raksasa / Giant Jade’

Seperti namanya, Crassula Ovata ‘Giant Jade’ ialah varietas yang lebih besar dari tumbuhan Jade. Daunnya bisa tumbuh hingga enam inci panjangnya, memberikan penampilan tumbuhan yang lebih besar serta kuat. ‘Giant Jade’ sangat ideal untuk membuat titik fokus di taman Kalian atau sebagai pusat dalam wadah yang lebih besar.

5. ‘Tricolor’

Crassula Ovata ‘Tricolor’ ialah varietas yang mencolok secara visual yang menampilkan kombinasi warna hijau, krem, serta merah muda pada daunnya. Variegasi krem-putih menambah sentuhan elegan pada tanaman, menjadikannya favorit di kalangan kolektor. ‘Tricolor’ membutuhkan sinar matahari yang terang namun tidak langsung untuk mempertahankan warna-warna cerahnya.

6. ‘Blue Bird’

Crassula Ovata ‘Blue Bird’ ialah varietas langka yang dikenal karena daunnya yang berwarna biru kehijauan. Pewarnaan biru paling menonjol saat tumbuhan tumbuh di bawah kondisi cahaya terang. ‘Blue Bird’ ialah tambahan yang berharga untuk setiap koleksi sukulen, menawarkan perubahan yang menyegarkan dari warna hijau biasanya.

FAQ : Pertanyaan Tentang Crassula Ovata

jade plant

Bisakah saya memperbanyak Crassula dari stek?

Ya, Kalian bisa dengan mudah memperbanyak Crassula dari stek batang. Cukup ambil stek batang yang sehat, biarkan kalus selama beberapa hari, lalu letakkan di tanah yang memiliki drainase baik. Jaga agar tanah sedikit lembab sampai akar tumbuh, yang biasanya memakan waktu beberapa minggu. Setelah berakar, perlakukan tumbuhan baru seperti yang Kalian lakukan pada Crassula yang sudah mapan.

Seberapa sering saya harus menyirami Crassula Ovata saya?

Crassula ialah sukulen yang toleran terhadap kekeringan, serta penyiraman yang berlebihan bisa menyebabkan busuk akar. Sangat penting untuk membiarkan tanah mengering di antara penyiraman. Sebagai pedoman umum, sirami Crassula Kalian setiap dua hingga tiga minggu, biarkan tanah benar-benar kering sebelum penyiraman berikutnya.

Baca Juga  Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan, Penawar Racun Kalajengking
Apakah Crassula membutuhkan pupuk?

Crassula Ovata ialah tumbuhan yang pemeliharaannya relatif rendah serta tidak membutuhkan pemupukan yang sering. Namun, Kalian bisa memberinya makan dengan pupuk sukulen encer yang seimbang satu atau dua kali selama musim tanam (musim semi serta musim panas). Hindari pemupukan selama periode tidak aktif (musim gugur serta musim dingin).

Berapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan Crassula ?

Crassula Ovata tumbuh subur di bawah sinar matahari yang cerah serta tidak langsung. Tempatkan tumbuhan Kalian di dekat jendela yang menghadap ke selatan atau tempat mana pun yang menerima sinar matahari beberapa jam per hari. Meskipun bisa mentolerir sinar matahari langsung, berhati-hatilah agar tidak menghanguskan daunnya, terutama selama bulan-bulan musim panas.

Berapa umur Crassula ?

Dengan perawatan yang tepat, Crassula bisa hidup selama beberapa dekade. Beberapa tumbuhan Jade yang terpelihara dengan baik diketahui bisa bertahan selama lebih dari 100 tahun. Umur panjang Crassula  Kalian akan bergantung pada faktor-faktor seperti perawatan, lingkungan, serta genetika.

Bagaimana saya bisa mencegah Crassula saya menjadi berkaki panjang?

Untuk mencegah pertumbuhan berkaki panjang, berikan Crassula Kalian sinar matahari yang cukup. Cahaya yang tidak mencukupi bisa menyebabkan tumbuhan meregang serta memanjang. Selain itu, Kalian bisa mencubit ujung yang tumbuh untuk mendorong percabangan serta mempromosikan kebiasaan pertumbuhan yang lebih padat.

Kesimpulan

Jenis jenis Crassula Ovata menawarkan tampilan serta karakteristik yang beragam, memungkinkan para pecinta sukulen untuk mengeksplorasi berbagai bentuk tumbuhan kesayangan ini.

Apakah Kalian lebih suka daun tubular ‘Hobbit’ serta ‘Gollum’ atau dedaunan berwarna-warni dari ‘Sunset’ serta ‘Tricolor’, ada varietas Crassula yang sesuai dengan setiap selera.

Dengan memahami fitur unik serta persyaratan perawatan dari setiap jenis spesies Crassula , Kalian bisa mengembangkan koleksi yang berkembang pesat serta menikmati keindahan succulents yang luar biasa ini untuk tahun-tahun mendatang.