Cara Mengobati Cacar Air Dengan Penanganan Yang Tepat

Posted on

Biotifor.or.idcara mengobati cacar air ,Cacar air dikenal juga sebagai varisela, ialah infeksi virus yang disebabkan karena virus varisela-zoster (Varicella-Zoster Virus atau VZV). Ini ialah penyakit yang menyebar yang biasanya terjadi pada periode kanak-kanak, walaupun orang dewasa bisa terserang bila mereka tidak pernah terkena divaksin atau awalnya.

Cacar air disebabkan karena infeksi virus varisela-zoster. Virus ini menebar lewat contact langsung dengan cairan dari gelembung kulit yang pecah ke orang yang terkena atau lewat udara saat seorang yang terkena bersin atau batuk.

Berikut beberapa point utama

Cacar air benar-benar menyebar dan dapat menebar lewat contact dekat sama seorang yang terkena atau lewat udara saat mereka bersin atau batuk. Seorang yang terkena bisa menyebarkan virus sekitaran 1 sampai dua hari saat sebelum ruam ada dan masih tetap menyebar sampai semua gelembung berisi cairan tutup dan jadi kering.

1. Penyebab:

Penyakit cacar air disebabkan karena virus varisela-zoster, yang disebut anggota dari keluarga herpesvirus. Virus ini menebar lewat contact langsung dengan cairan dari gelembung kulit yang pecah ke orang yang terkena atau lewat udara saat seorang yang terkena bersin atau batuk.

2. Gejala:

Tanda-tanda cacar air umumnya diawali demam enteng, kecapekan, dan merasa tidak sedap tubuh. Sekian hari selanjutnya, ruam berwujud bercak-bercak merah ada di semua badan, yang selanjutnya beralih menjadi gelembung berisi cairan (vesikel). Ruam itu dapat benar-benar gatal dan akan pulih pada beberapa minggu.

3. Periode Inkubasi:

Waktu di antara terkena virus dan timbulnya tanda-tanda umumnya sekitar di antara 10 sampai 21 hari.

4. Ketularan:

Cacar air benar-benar menyebar. Orang yang terkena bisa menyebarkan virus ke seseorang sekitaran 1 sampai dua hari saat sebelum ruam ada sampai semua gelembung berisi cairan tutup dan jadi kering.

Baca Juga  Penyebab Besi Berkarat Pengaruh Terhadap Kekuatan Struktural

5. Pencegahan:

Vaksin cacar air sudah ada dan benar-benar efisien saat menghambat infeksi cacar air. Vaksinasi teratur disarankan pada beberapa anak dan dipandang seperti cara terbaik untuk menghindar dari penyakit ini. Vaksinasi bisa diberikan ke orang dewasa yang tidak pernah terserang cacar divaksin awalnya atau air.

6. Komplikasi:

Walaupun umumnya cacar air pulih sendirinya, dalam beberapa kasus, infeksi bisa mengakibatkan kompleksitas serius seperti infeksi kulit yang kronis, pneumonia, encephalitis (infeksi otak), dan sindrom Reye (keadaan sangat jarang yang bisa mempengaruhi otak dan hati). Dampak negatif kompleksitas ini semakin tinggi ke orang dewasa, bayi, dan pribadi dengan mekanisme kebal yang kurang kuat.

7. Perawatan:

Sementara cacar air tidak mempunyai penyembuhan khusus, perlakuan perawatan seperti istirahat, hidrasi yang bagus, dan menghindar dari menggaruki ruam bisa menolong kurangi dampak negatif kompleksitas dan tanda-tanda.

Bila Anda atau seorang yang Anda kenali terserang cacar air, penting untuk menghindar dari contact dekat sama pribadi yang rawan pada infeksi, seperti bayi, ibu hamil, dan orang dengan mekanisme kebal yang kurang kuat, karena cacar air bisa mengakibatkan kompleksitas yang serius pada mereka. , konsultasilah dengan professional klinis bila ada kekuatiran atau tanda-tanda yang parah.

cara mengobati cacar air

Cara Mengobati Cacar Air

infeksi virus yang mengakibatkan timbulnya ruam berwujud bercak-bercak merah berair pada kulit. Umumnya, cacar air pulih sendirinya pada beberapa minggu dan tidak membutuhkan penyembuhan khusus. Tetapi, ada langkah-langkah yang bisa Anda kerjakan untuk menolong menangani tanda-tanda dan menghambat kompleksitas:

  1.  Istirahat: Beri badan waktu untuk menantang infeksi dengan cukup istirahat.
  2.  Minum cukup air: Pastikan Anda masih tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup. Ini bisa menolong kurangi dampak negatif dehidrasi, terlebih bila demam tinggi.
  3.  Hindari menggaruki: Cacar air dapat benar-benar gatal, tapi menggaruki bisa mengakibatkan cedera yang mempunyai potensi terinfeksi. Upayakan tidak untuk menggaruki ruam cacar air. Anda dapat coba potongan kain halus atau kompres dingin untuk menurunkan rasa gatal.
  4.  Kompres dingin: Mengompres ruam dengan handuk basah atau kain dingin dapat menolong menurunkan rasa gatal.
  5.  Obat antihistamin: Dokter Anda kemungkinan memberi resep antihistamin untuk menolong kurangi rasa gatal.
  6.  Obat penurun demam: Bila demam yang tinggi, Anda dapat memakai obat penurun demam seperti parasetamol atau ibuprofen sama sesuai panduan jumlah yang diberi oleh dokter.
  7.  Perawatan kulit: Menjaga kulit Anda masih tetap kering dan bersih. Mandi dengan air sabun halus dan hangat. Pakai losion atau cream pelembap untuk menghindar dari kulit kering.
  8.  Hindari contact dengan pribadi yang rawan: Cacar air dapat benar-benar menyebar, menjadi jauhi contact dekat sama pribadi yang rawan pada infeksi, seperti bayi, ibu hamil, dan orang dengan mekanisme kebal yang kurang kuat.
Baca Juga  Kandungan Vitamin Buah Salak Manfaat Kesehatan

Penting untuk konsultasi sama dokter bila Anda atau anak Anda mempunyai cacar air, terlebih bila ada pertanda infeksi atau kompleksitas seperti demam yang tinggi, muntah, napas sesak, atau pertanda infeksi kulit yang parah cara mengobati cacar air.

Walaupun cacar air umumnya pulih sendiri, infeksi ini bisa mengakibatkan kompleksitas serius seperti infeksi kulit yang kronis, pneumonia, encephalitis (infeksi otak), dan sindrom Reye (keadaan sangat jarang yang bisa mempengaruhi otak dan hati). Dampak negatif kompleksitas ini semakin tinggi ke orang dewasa, bayi, dan pribadi dengan mekanisme kebal yang kurang kuat.

Disamping itu, vaksin cacar air ada dan disarankan sebagai perlakuan pencegahan. Vaksin cacar air bisa menolong menghambat infeksi dan kompleksitas serius yang kemungkinan terjadi karena cacar air. Anda bisa konsultasi sama dokter untuk memperoleh info selanjutnya mengenai vaksinasi cacar air, cara mengobati cacar air .

FAQ

  1.  Apa itu penyakit cacar air?
    Cacar air, atau varisela, ialah penyakit menyebar yang disebabkan karena virus varisela-zoster (VZV). Ini diikuti ruam kulit berbintik-bintik merah berair dan tanda-tanda flu enteng.
  2.  Bagaimana cacar air menebar dari 1 orang pada orang lain?
    Cacar air menebar lewat contact langsung dengan cairan dari gelembung kulit yang pecah ke orang yang terkena atau lewat udara saat seorang yang terkena bersin atau batuk.
  3.  Apa tanda-tanda umum cacar air?
    Tanda-tanda umum cacar air mencakup demam, kecapekan, dan ruam kulit berbintik-bintik merah yang beralih menjadi gelembung berisi cairan.
  4.  Berapa lama inkubasi cacar air dan kapan tanda-tanda ada sesudah terkena virus?
    Masa inkubasi cacar air sekitar di antara 10 sampai 21 hari. Tanda-tanda umumnya muncul pada 1 sampai dua minggu sesudah terkena virus.
  5.  Apa yang perlu dilaksanakan bila seorang terserang cacar air?
    Orang yang terserang cacar air seharusnya jalani isolasi supaya tidak menyebarkan penyakit ini ke orang lain. Disamping itu, perlu istirahat, jaga kulit bersih, dan menghindar dari menggaruki ruam.