Ternyata Gampang! Inilah Cara Mengobati Bisul dengan Cepat

Posted on

biotifor.or.idCara Mengobati Bisul – Bisul ialah permasalahan kulit yang biasa terjadi dan dapat benar-benar mengusik. Walaupun sering tidak beresiko, bisul bisa memunculkan rasa ngilu dan ketaknyamanan yang krusial. Dalam artikel berikut, kami akan mengulas cara mengobati bisul secara efisien dan aman. Kami akan memberi tutorial langkah setiap langkah untuk menolong kamu menangani permasalahan kulit yang ini.

Apa Itu Bisul?

Bisul, dikenal juga sebagai furunkel dalam terminologi klinis, ialah sesuatu keadaan yang terjadi saat infeksi bakteri masuk ke folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Bisul umumnya ada sebagai tonjolan merah, lebam, dan berisi nanah di kulit. Infeksi bakteri yang umum jadi pemicu bisul ialah Staphylococcus aureus.

Proses berlangsungnya bisul diawali saat bakteri ini, Staphylococcus aureus, atau bakteri yang lain yang bisa mengakibatkan infeksi, masuk kulit lewat cedera kecil atau guratan. Bakteri ini dapat masuk pori-pori kulit yang terbuka, misalkan akibatnya karena gesekan terlalu berlebih di kulit atau oleh penyebab yang lain. Sesudah bakteri masuk ke folikel rambut atau kelenjar minyak, mereka mulai tumbuh biak, menyebabkan infeksi dan pembangunan tonjolan yang ngilu.

Bisul sering benar-benar menyakitkan dan bisa berasa hangat waktu dipegang. Ini disebabkan karena infeksi yang terjadi disekitaran tempat bisul. Seiring waktu berjalan, bisul umumnya akan masak dan nanah akan tercipta didalamnya. Di titik ini, sebagian orang kemungkinan merasa dorongan untuk coba pecahkan bisul untuk keluarkan nanah, tapi ini seharusnya dijauhi sebab bisa mengakibatkan infeksi selanjutnya atau cedera lebih dalam.

Gejala Bisul

Saat sebelum kita mengulas cara mengobati bisul, penting untuk mengenal tanda-tandanya. Gejala-gejala umum bisul mencakup:

  1. Benjolan Merah dan Bengkak: Salah satunya tanda-tanda paling ciri khas dari bisul ialah timbulnya tonjolan di kulit yang warna merah dan lebam. Tonjolan ini bisa sangat terasa ngilu dan peka waktu dipegang.
  2. Nanah: Bisul akan berkembang seiring berjalannya waktu, dan pada tahapan awalnya, kamu kemungkinan merasa ada ngilu dan penekanan disekitaran tempat itu. Seiring infeksi berlanjut, bisul akan masak, dan nanah akan tercipta didalamnya. Nanah ini ialah pertanda jika badan sedang coba menantang infeksi.
  3. Rasa Sakit: Bisul sering benar-benar menyakitkan. Merasa sakit ini bisa bervariatif dari enteng sampai kronis bergantung pada ukuran dan kedalaman bisul dan tingkat infeksi disekitaran tempat itu.
  4. Kemerahan: Kulit disekitaran bisul condong jadi merah dan mengalami iritasi. Ini ialah dari hasil infeksi yang muncul karena infeksi bakteri.
  5. Panas: Bisul bisa berasa hangat waktu dipegang. Ini adalah pertanda infeksi yang berjalan di tempat itu.
  6. Demam (dalam kasus yang parah): Walaupun tidak seluruhnya orang dengan bisul alami demam, dalam kasus yang kronis, infeksi bisa mengakibatkan kenaikan temperatur badan dan demam. Ini umumnya terjadi bila infeksi menebar ke jaringan sekitaran.
  7. Pecahnya Bisul (bila tidak diobati): Bila bisul tidak diobati, dapat terjadi pecahnya bisul. Ini bisa keluarkan nanah dan menurunkan merasa sakit, tapi juga tingkatkan dampak negatif penebaran infeksi ke kulit sekelilingnya. Karena itu, tidak dianjurkan untuk coba pecahkan bisul secara paksakan.
Baca Juga  Cara Menaikkan Trombosit: Untuk Menjaga Kesehatan Anda

Cara Mengobati Bisul dengan Cepat

Cara Mengobati Bisul dengan Cepat

Bisul adalah infeksi kulit yang dapat sangat menyakitkan, tetapi dapat diatasi dengan perawatan yang tepat. Berikut adalah penjelasan yang lebih panjang mengenai cara mengobati bisul:

1. Kompres Panas

  • Salah satu langkah pertama dalam mengobati bisul adalah menggunakan kompres panas. Ini dapat membantu mempercepat pematangan bisul dan meringankan rasa sakit.
  • Cara melakukannya adalah dengan merendam kain bersih dalam air hangat (bukan air panas) dan menempelkannya pada bisul selama sekitar 20-30 menit, beberapa kali sehari. Pastikan air tidak terlalu panas agar tidak merusak kulit.

2. Jangan Memecahkan Bisul Sendiri

  • Penting untuk diingat bahwa mencoba memecahkan bisul dengan paksa dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke kulit sekitarnya atau bahkan infeksi yang lebih serius. Hindari melakukan ini.
  • Bisul akan pecah dengan sendirinya ketika sudah matang. Kamu dapat memberikan perhatian ekstra pada kebersihan kulit dan menjaga agar area tersebut tetap bersih.

3. Hindari Penekanan Berlebihan

  • Selama perawatan, hindari menekan, mencubit, atau menggosok bisul secara berlebihan, karena hal ini dapat memperparah rasa sakit dan merusak jaringan kulit.

4. Perawatan Kebersihan

  • Pastikan area bisul dan sekitarnya tetap bersih. Cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bisul.
  • Gunakan sabun ringan dan air untuk membersihkan area tersebut. Kemudian, keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

5. Perawatan Topikal

  • Beberapa orang mungkin mendapatkan perawatan topikal dalam bentuk salep atau krim antibiotik dari dokter. Ini bisa membantu memerangi infeksi secara langsung.
  • Jika dokter meresepkan salep atau krim, gunakan sesuai petunjuk yang diberikan.

6. Antibiotik Oral

  • Dalam beberapa kasus, terutama jika bisul sangat besar atau terjadi infeksi yang lebih serius, dokter mungkin meresepkan antibiotik oral. Antibiotik ini membantu melawan infeksi dari dalam tubuh.
  • Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter dan menghabiskan seluruh dosis antibiotik yang diresepkan, meskipun gejala bisul mungkin membaik sebelum antibiotik selesai.
Baca Juga  Manfaat Ampas Tahu Sumber Gizi Berkualitas Tinggi untuk Kesehatan

7. Konsultasi Dokter

  • Jika bisul sangat besar, terus menerus bertambah sakit, atau tidak membaik setelah beberapa hari perawatan mandiri, segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan perawatan tambahan yang dibutuhkan, seperti tindakan medis untuk membuka dan mengeringkan bisul.

8. Pencegahan

  • Untuk mencegah bisul, jaga kulit kamu tetap bersih, hindari luka atau goresan pada kulit, dan pertahankan kebersihan tubuh secara keseluruhan.

Pencegahan Bisul

1. Jaga Kebersihan Kulit
Rajinlah mandi dan mencuci tangan untuk menghindari infeksi bakteri.

2. Hindari Menggaruk
Jangan menggaruk bisul karena ini dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut.

3. Ganti Pakaian dan Handuk Secara Teratur
Pastikan untuk selalu menggunakan pakaian bersih dan handuk yang dicuci dengan baik.

Kesimpulan

Bisul bisa menjadi masalah kulit yang mengganggu, tetapi dengan perawatan yang tepat, kamu dapat mengatasi masalah ini. Ingatlah untuk tidak mencoba memecahkan bisul sendiri dan selalu konsultasikan dengan dokter jika bisul kamu parah atau tidak sembuh-sembuh.

Pertanyaan Umum

  1. Apakah bisul bisa menyebar ke bagian tubuh lain?
    Biasanya tidak, tetapi jika tidak diobati dengan benar, infeksi bisa menyebar.
  2. Bisul bisa dicegah?
    Ya, menjaga kebersihan kulit dan menghindari tekanan berlebihan pada area kulit rentan dapat membantu mencegah bisul.
  3. Berapa lama bisul sembuh?
    Waktu penyembuhan bisul dapat bervariasi tergantung pada seberapa besar dan parahnya infeksi. Biasanya, bisul sembuh dalam beberapa hari hingga beberapa minggu.
  4. Apakah bisul menular?
    Bisul sendiri tidak menular, tetapi bakteri Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit.
  5. Apa yang harus dilakukan jika bisul saya tidak kunjung sembuh?
    Jika bisul kamu tidak sembuh setelah beberapa minggu perawatan, segera konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.
Baca Juga  Manfaat Jus Apel Hijau untuk Kesehatan Optimal

Sekian pembahasan mengenai cara mengobati bisul. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu dapat mengatasi bisul dengan lebih baik dan mengembalikan kesehatan kulit kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan saran medis, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kamu. Semoga kamu segera pulih dan bebas dari masalah kulit yang mengganggu ini.