Cara Mengatasi Bokong Sakit, Apa Penyebabnya?

Posted on

biotifor.or.idCara Mengatasi Bokong Sakit – Bokong yang sakit menjadi pengalaman yang tidak menggembirakan dan mengusik sehari-harinya kita. Apa itu disebabkan karena duduk kelamaan, luka, atau permasalahan kesehatan tertentu, penting untuk ketahui cara mengatasi bokong sakit supaya kita bisa jalani lagi hidup tidak ada ketaknyamanan yang berkelanjutan. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas sejumlah trik dan tips yang bisa menolong Anda mengatasi bokong sakit secara efisien.

Penyebab Bokong Sakit

Saat sebelum kita mengulas cara mengatasi bokong sakit, penting untuk pahami pemicunya:

  1. Cedera atau Trauma: Bokong bisa jadi sakit karena luka atau trauma fisik, seperti jatuh atau kebentur.
  2. Peregangan Otot: Pengenduran terlalu berlebih atau luka pada otot disekitaran bokong menjadi pemicu ngilu.
  3. Penyakit Radang Persendian: Sejumlah keadaan seperti arthritis atau radang persendian dapat mengakibatkan ngilu pada wilayah bokong.
  4. Hernia Nukleus Pulposus (HNP): HNP pada tulang belakang bisa memberi penekanan pada saraf yang terkait dengan wilayah bokong, mengakibatkan ngilu.
  5. Masalah pada Pinggul atau Panggul: Keadaan seperti bursitis (radang pada bursa) atau permasalahan pinggul yang lain bisa mengakibatkan ketaknyamanan pada bokong.
  6. Ischial Bursitis: Bursa disekitaran tulang ischium bisa jadi meradang, mengakibatkan ngilu pada bokong.
  7. Infeksi: Infeksi pada wilayah panggul atau bokong bisa jadi pemicu ngilu.
  8. Tekanan Saraf: Penekanan pada saraf-saraf yang lewat wilayah bokong bisa mengakibatkan ngilu, terlebih bila ada permasalahan tulang belakang seperti kelompok cairan pada saraf (spinal stenosis).
  9. Postur Tubuh Buruk: Berdiri atau duduk dengan bentuk badan yang jelek bisa mengakibatkan depresi tambahan pada otot dan tulang di wilayah bokong.
    Kondisi Ginekologis atau Prostatitis: Pada wanita, permasalahan ginekologis tertentu atau pada pria, prostatitis, bisa memberi rasa sakit pada bokong.
Baca Juga  9 Buah yang Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya

Bila Anda alami ngilu bokong yang berkesinambungan atau intensif, dianjurkan untuk konsultasi dengan professional klinis untuk analisis dan pengendalian yang akurat.

Cara Mengatasi Bokong Sakit

Cara Mengatasi Bokong Sakit

Bila Anda alami sakit pada bokong, berikut langkah-langkah yang mungkin menolong mengatasi keluh kesah itu:

1. Istirahat

Istirahat ialah langkah awal yang terpenting untuk mengatasi bokong yang sakit. Jauhi kegiatan yang bisa tingkatkan penekanan pada tempat itu, seperti duduk kelamaan atau lakukan pergerakan yang bisa jadi parah keadaan. Memberi waktu istirahat pada otot-otot bokong bisa menolong kurangi inflamasi dan percepat proses pengobatan.

2. Kompres Dingin atau Panas

Kompres dingin bisa menolong kurangi infeksi dan menurunkan rasa sakit dengan menyempitkan pembuluh darah. Dalam pada itu, kompres panas bisa tingkatkan saluran darah ke tempat yang terserang, menolong otot-otot jadi lebih lentur. Tentukan salah satunya sistem yang memberi kenyamanan terbaik, dan jangan kelamaan mengimplementasikannya supaya tidak menghancurkan kulit.

3. Pijat Ringan

Cara mengatasi bokong sakit yang seterusnya. Pijatan enteng bisa menolong kurangi kemelut otot dan tingkatkan perputaran darah ke tempat bokong. Tentukan penekanan yang sangat nyaman dan jauhi pijatan yang terlampau keras supaya tidak jadi memperburuk keadaan. Bila mungkin, bisa cari kontribusi dari professional pijat yang eksper.

4. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Obat penurun ngilu bisa menolong mengatasi rasa sakit dan infeksi. Parasetamol atau ibuprofen ialah opsi umum yang bisa diminum sama sesuai jumlah yang disarankan. Tetapi, seharusnya diskusikan sama dokter atau apoteker saat sebelum konsumsi obat, terlebih bila Anda mempunyai keadaan kesehatan tertentu atau sedang konsumsi obat lain.

5. Pergantian Posisi Duduk

Bila Anda kerap duduk dalam waktu lama, seperti pada tempat kerja, pastikan untuk mengganti sikap duduk dengan teratur. Berdiri, jalan, atau lakukan pengenduran enteng bisa menolong menghambat kekakuan otot dan kurangi penekanan pada tempat bokong.

Baca Juga  Manfaat Daun Senna Yang Menakjubkan

6. Penggunaan Bantal Tambahan

Tambah bantal atau bantalan khusus pada tempat duduk atau tempat tidur Anda. Ini bisa memberi support tambahan pada tempat bokong, menolong kurangi penekanan pada otot dan tulang.

7. Olahraga Ringan

Cara mengatasi bokong sakit yang selanjutnya. Lakukan olahraga enteng atau pengenduran otot-otot bokong dengan teratur bisa menolong jaga kemampuan dan kelenturan otot. Pengenduran sebelum serta sesudah kegiatan fisik bisa menolong menghambat luka dan menurunkan kemelut otot.

8. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Bila rasa sakit tidak juga makin membaik atau lebih buruk, selekasnya konsultasi sama dokter atau professional kesehatan. Mereka bisa lakukan penilaian selanjutnya untuk tentukan pemicunya dan memberi anjuran penyembuhan lebih detil sesuai keadaan Anda.

Ingat-ingatlah jika tiap pribadi mungkin mempunyai keadaan yang tidak sama, dan diskusi dengan professional kesehatan benar-benar dianjurkan untuk memperoleh perawatan yang pas sesuai keperluan Anda.

Pencegahan Bokong Sakit

Ada banyak cara untuk menghambat bokong sakit:

  1. Pergantian Posisi Secara Teratur: Bila seorang mau tak mau duduk atau ada dalam posisi yang masih sama untuk waktu lama, dianjurkan untuk menukar posisi dengan teratur. Penggantian posisi bisa menolong menghambat penekanan berlebihan pada tempat bokong.
  2. Bantal Khusus: Pakai bantal khusus yang direncanakan untuk menghambat gesekan dan penekanan pada bokong. Bantal ini kerap dikatakan sebagai bantal anti-dekubitus.
  3. Jaga Kebersihan: Pastikan tempat bokong masih tetap kering dan bersih. Mandi dengan teratur dan pakai produk perawatan kulit yang halus.
  4. Penggunaan Pelumas Kulit: Untuk kurangi gesekan pada tempat bokong, pakai pelumas kulit seperti cream atau minyak yang direferensikan oleh tenaga kesehatan.
  5. Latihan Fisik Ringan: Kerjakan latihan fisik enteng untuk tingkatkan perputaran darah dan kurangi dampak negatif berlangsungnya penekanan berlebihan pada tempat bokong.
  6. Pemilihan Peralatan Yang Pas: Bila seorang habiskan begitu banyak waktu di atas bangku roda, pastikan bangku roda yang dipakai sesuai keperluan dan bisa memberi support yang cukup.
  7. Pemantauan Kesehatan: Penting untuk mengawasi kesehatan keseluruhannya, khususnya untuk orang yang beresiko tinggi alami permasalahan bokong. Diskusikan dengan tenaga kesehatan untuk pengawasan dan anjuran lebih detil.
Baca Juga  Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kesimpulan

Demikian ulasan berkenaan cara mengatasi bokong sakit. Mengatasi bokong sakit membutuhkan gabungan peralihan pola hidup, pengenduran, dan perawatan yang akurat. Dengan pahami pemicunya dan ambil beberapa langkah protektif, Anda bisa kurangi dampak negatif bokong sakit dan tingkatkan kesehatan keseluruhannya. Masih tetap aktif, lihat skema makan, dan jangan sangsi untuk cari kontribusi professional bila dibutuhkan. Dengan beberapa langkah ini, Anda bisa nikmati lagi sehari-harinya tidak ada ketaknyamanan yang tidak butuh.