Cara Menghitung Weton: Tabel beserta Perhitungan Jawa Lengkap

Biotifor.or.id – Apakah Anda penasaran tentang bagaimana menghitung weton? Apakah Anda ingin mengetahui apa arti weton dan bagaimana perhitungannya memengaruhi hidup Anda? Mari kita temukan jawabannya bersama-sama dalam panduan ini. Di sini, kami akan menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan tanpa jargon apa yang dimaksud dengan weton dan bagaimana menghitungnya.

Cara menghitung weton adalah salah satu hal penting dalam perhitungan jawa. Weton adalah sistem perhitungan jawa yang menggabungkan hari dan pasaran dalam penentuan nasib seseorang. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara menghitung weton dengan mudah dan benar.Sebelum melakukan perhitungan weton, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, di antaranya:

  1. Kalender jawa yang berisi daftar hari dan pasaran
  2. Tanggal lahir yang lengkap

Menghitung Weton

weton

Table Weton Jawa

Berikut adalah tabel Weton Jawa dengan nilai masing-masing hari dan pasaran:

 SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
 5378695
Legi1081213111410
Pahing14121617151814
Pon12101415131612
Wage97111210139
Kliwon13111516141713

Untuk mendapatkan Weton Anda, cari nilai dari hari dan pasaran kelahiran Anda, lalu jumlahkan. Jika jumlahnya lebih dari 5, kurangi terus hingga hasilnya kurang dari atau sama dengan 5. Hasilnya adalah Weton Anda.

Cara Menghitung Weton

Berikut adalah cara menghitung Weton:

  1. Tentukan hari kelahiran Anda dalam kalender Jawa. Misalkan Anda lahir pada hari Senin. Dalam kalender Jawa, hari Senin disebut hari “Senen”.
  2. Tentukan pasaran kelahiran Anda. Pasaran dalam kalender Jawa terdiri dari lima jenis, yaitu: Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.
  3. Kemudian, lakukan penjumlahan nilai hari dan pasaran kelahiran Anda. Setiap hari dan pasaran dalam kalender Jawa memiliki nilai tertentu, yaitu:
  • Senen (5), Selasa (3), Rabu (7), Kemis (8), Jumat (6), Sabtu (9), dan Minggu (5)
  • Legi (5), Pahing (9), Pon (7), Wage (4), dan Kliwon (8)
  1. Sebagai contoh, jika Anda lahir pada hari Senen Kliwon, jumlahkan nilai Senen (5) dan Kliwon (8). Hasilnya adalah 13.
  2. Setelah itu, kurangi jumlah tersebut dengan 5 (karena ada lima hari dan pasaran dalam kalender Jawa). Jika hasil pengurangan lebih dari 5, kurangi lagi dengan 5. Lakukan ini sampai hasil pengurangan kurang dari atau sama dengan 5.
  3. Hasil pengurangan tersebut adalah Weton Anda. Dalam contoh ini, Weton Anda adalah 3, karena 13 dikurangi 5 dan kemudian dikurangi lagi 5 sama dengan 3.
  4. Setiap nilai Weton memiliki arti tersendiri dalam tradisi Jawa, misalnya 1 disebut pekikan, 2 disebut latukan, 3 disebut likuran, dan seterusnya.
Baca Juga  Tanaman Pengusir Nyamuk - Pelindung Alami Ampuh dan Efektif

Menghitung Weton ini dapat membantu Anda memahami lebih baik tradisi dan kepercayaan Jawa.


Perhitungan weton memang terdengar mudah, namun sebenarnya membutuhkan ketelitian dan kejelian dalam melihat kalender jawa. Selain itu, weton juga menjadi tolak ukur dalam menentukan hari baik atau buruk dalam kehidupan seseorang. Dalam perhitungan weton, seseorang harus memperhatikan dengan seksama hari dan pasaran pada saat kelahirannya. Setelah itu, baru dilakukan perhitungan yang menghasilkan weton seseorang. Weton sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Dalam perhitungan weton, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah selisih antara hari dan pasaran. Selisih tersebut menjadi faktor penentu dalam nasib seseorang.

Tips Cara Menghitung Weton

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam proses menghitung Weton:

  1. Untuk memudahkan proses penghitungan Weton, Anda harus terlebih dahulu memahami dan mengenali kalender Jawa. Menghitung Weton tidak bisa dilakukan menggunakan kalender Masehi. Anda perlu mengetahui hari dan pasaran kelahiran Anda dalam kalender Jawa.
  2. Ada banyak aplikasi atau kalkulator online yang bisa membantu Anda dalam menghitung Weton. Anda hanya perlu memasukkan tanggal lahir Anda, dan aplikasi atau kalkulator tersebut akan otomatis menghitung Weton Anda.
  3. Setiap hari dan pasaran dalam kalender Jawa memiliki nilai tertentu. Pastikan Anda mengetahui dan memahami nilai-nilai ini sebelum melakukan penghitungan. Misalnya, Senen memiliki nilai 5, sementara Kliwon memiliki nilai 8.
  4. Saat menghitung Weton, pastikan pengurangan Anda dilakukan dengan benar. Jika jumlah nilai hari dan pasaran lebih dari 5, kurangi terus hasilnya dengan 5 hingga kurang dari atau sama dengan 5.
  5. Setelah mendapatkan hasil penghitungan, Anda bisa mencari tahu apa makna dari Weton Anda. Setiap nilai Weton memiliki makna dan simbolisasi tersendiri dalam kepercayaan Jawa.
  6. Jika Anda masih bingung atau merasa kesulitan dalam menghitung Weton, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan orang yang lebih paham tentang budaya Jawa. Mereka bisa membantu Anda memahami cara menghitung weton dengan lebih baik.

Arti Weton yang Berbeda

Ada lima jenis weton utama, masing-masing dengan karakteristik dan arti yang berbeda. Berikut penjelasan singkat tentang setiap jenis weton:

  • Weton Pahing: Weton Pahing melambangkan kebijaksanaan dan ketenangan. Orang dengan weton Pahing cenderung memiliki wawasan yang dalam dan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan bijak.
  • Weton Pon: Weton Pon menggambarkan energi dan keberanian. Mereka yang memiliki weton Pon cenderung berani dan penuh semangat dalam menjalani hidup.
  • Weton Wage: Weton Wage menunjukkan keberuntungan dan keberhasilan. Orang dengan weton Wage dapat dianggap beruntung dalam banyak aspek kehidupan mereka.
  • Weton Kliwon: Weton Kliwon melambangkan keberagaman dan kreativitas. Mereka yang memiliki weton Kliwon sering memiliki pandangan yang unik dan kreatif tentang dunia.
  • Weton Legi: Weton Legi menggambarkan stabilitas dan harmoni. Orang dengan weton Legi cenderung memiliki kestabilan dalam hidup mereka.
Baca Juga  Macam-Macam Obat Sakit Pinggang Di Apotik Dan Harganya

Bagaimana Weton Mempengaruhi Kehidupan Anda?

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana weton dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari? Weton memiliki pengaruh dalam banyak aspek kehidupan Anda, termasuk:

  • Pekerjaan: Memahami karakteristik weton Anda dapat membantu Anda memilih karier yang sesuai dengan potensi Anda.
  • Pernikahan: Dalam budaya Jawa, weton sering digunakan dalam pemilihan pasangan hidup untuk memastikan keselarasan dalam pernikahan.
  • Kesehatan: Beberapa orang menganggap weton sebagai faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mereka dan mengambil tindakan pencegahan sesuai weton mereka.

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Sesuatu Berdasarkan Weton Anda?

Anda mungkin bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk melakukan sesuatu berdasarkan weton Anda. Setiap weton memiliki karakteristik dan kecocokan yang berbeda dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah panduan singkat tentang waktu terbaik untuk melakukan sesuatu berdasarkan weton Anda:

  • Weton Pahing: Waktu yang baik untuk merenung dan merencanakan keputusan penting.
  • Weton Pon: Waktu yang baik untuk memulai proyek baru atau mengambil risiko.
  • Weton Wage: Waktu yang baik untuk mencari keberuntungan dan kesuksesan.
  • Weton Kliwon: Waktu yang baik untuk mengungkapkan kreativitas dan ide-ide inovatif.
  • Weton Legi: Waktu yang baik untuk memelihara stabilitas dan harmoni dalam hidup.

Mitos dan Fakta tentang Weton

Ada banyak mitos dan keyakinan seputar weton. Beberapa orang mungkin merasa skeptis tentang keakuratan weton. Namun, penting untuk membedakan antara mitos dan fakta. Berikut beberapa mitos dan fakta tentang weton:

Mitos:
  • Weton dapat memprediksi masa depan secara pasti.
  • Weton membatasi pilihan hidup seseorang.
  • Hanya orang Jawa yang bisa menghitung weton.
Fakta:
  • Weton adalah panduan berdasarkan kepercayaan budaya.
  • Weton dapat membantu seseorang memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik.
  • Siapa pun dapat belajar tentang weton, tidak terbatas pada satu kelompok etnis.

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah dijelaskan secara lengkap tentang cara menghitung weton dengan mudah dan benar. Selain itu, weton juga menjadi tolak ukur dalam menentukan hari baik atau buruk dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perhitungan weton dengan seksama dan teliti. Namun, perlu diingat bahwa weton tidak dapat meramalkan nasib seseorang dan artikel ini bukanlah saran keuangan.Semoga tips ini bisa membantu Anda dalam proses menghitung Weton!

Pertanyaan Seputar Weton

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar Weton, serta jawabannya:

Baca Juga  Apa itu Advertising? Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tipsnya, Bisnis Auto Cuan!
Bagaimana cara menghitung weton kelahiran?

Cara menghitung weton kelahiran ialah dengan menentukan hari dan pasaran kelahiran Anda dalam kalender Jawa, lalu menjumlahkan nilai hari dan pasaran tersebut. Jika jumlahnya lebih dari 5, kurangi terus hingga hasilnya kurang dari atau sama dengan 5.

Ketemu 28 artinya apa?

Ketemu 28 dalam hitungan weton berarti bahwa dua orang tersebut memiliki weton yang sangat harmonis dan cocok untuk menjadi pasangan.

Berapa weton paling besar?

Weton paling besar adalah 35, yang merupakan hasil penjumlahan nilai hari Minggu (5) dan pasaran Kliwon (8), diikuti oleh pengurangan berulang hingga hasilnya kurang dari atau sama dengan 5.

Cara menghitung weton jodoh apa tidak?

Cara menghitung weton jodoh ialah dengan menjumlahkan weton kedua individu. Jika hasilnya berkisar antara 1-28, dapat diinterpretasikan sebagai pertanda baik untuk hubungan tersebut.

Weton yang paling bagus apa?

Weton yang paling bagus tergantung pada konteksnya. Dalam konteks kecocokan jodoh, misalnya, nilai total 28 dianggap paling baik.

Hitungan weton jodoh dibagi berapa?

Hitungan weton jodoh tidak dibagi, melainkan dijumlahkan. Jika jumlahnya antara 1-28, ini dianggap sebagai pertanda baik untuk hubungan tersebut.

Weton 24 artinya apa?

Weton 24 berarti dua orang tersebut memiliki kecocokan yang cukup baik dan potensi untuk menjalani hubungan yang harmonis.

Jodoh ketemu 26 artinya apa?

Jodoh ketemu 26 menandakan bahwa kedua individu memiliki kecocokan yang baik dan potensi untuk menjalani hubungan yang harmonis dan stabil.

Apa arti jodoh ketemu 23?

Jodoh ketemu 23 menandakan bahwa dua orang tersebut memiliki kecocokan yang cukup baik, namun juga memiliki tantangan yang perlu diatasi bersama.

Weton apa yang paling sakti?

Weton yang paling sakti biasanya merujuk pada Selasa Kliwon. Namun, ini sangat bergantung pada kepercayaan dan interpretasi individu atau komunitas tertentu.

Weton apa saja yang tidak boleh menikah?

Biasanya, dua orang yang memiliki weton yang sama (misalnya, keduanya lahir pada hari Minggu Legi) dianggap tidak cocok untuk menikah menurut kepercayaan Jawa.

Weton paling kecil berapa?

Weton paling kecil adalah 1, yang merupakan hasil dari penjumlahan nilai hari Senen (5) dan pasaran Legi (5), diikuti oleh pengurangan berulang hingga hasilnya kurang dari atau sama dengan 5.

Harap diperhatikan bahwa interpretasi dan kepercayaan terkait Weton bisa berbeda-beda, tergantung pada individu dan komunitasnya.