Cara Menggunakan Mendeley: Mengelola Referensi Dan Kutipan

biotifor.or.idCara Menggunakan Mendeley , Dalam dunia akademik dan penelitian, pengelolaan referensi dan kutipan merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Berbagai sumber informasi harus diolah dengan baik agar karya ilmiah kita mempunyai dasar yang kuat dan akurat. Namun, tidak jarang tugas ini menjadi rumit dan memakan waktu.

Di sinilah Mendeley hadir sebagai solusi praktis. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang menggunakan Mendeley untuk mengelola referensi, membuat kutipan, dan menyusun daftar pustaka dengan lebih teratur dan efisien.

Tentang Cara Menggunakan Mendeley

cara menggunakan mendeley

Berikut ialah beberapa langkah untuk menggunakan mendeley .

1. Membuat Akun dan Mengunduh Mendeley

Langkah awal Cara Menggunakan Mendeley yang diperlukan ialah mendaftar akun di platform Mendeley. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs web resmi Mendeley. Setelah berhasil mendaftar, langkah berikutnya ialah mengunduh aplikasi Mendeley ke perangkat yang digunakan. Aplikasi ini dapat diunduh untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Mac, dan perangkat seluler.

2. Menambahkan Referensi ke Pustaka Mendeley Kalian

Setelah berhasil mempunyai akun dan aplikasi Mendeley terpasang, langkah berikutnya ialah menambahkan entri referensi ke dalam koleksi pustaka Kalian. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukannya. Salah satunya ialah dengan menambahkan referensi secara manual, di mana Kalian akan mengisi semua informasi yang diperlukan seperti judul, pengarang, tahun publikasi, dan lainnya.

Alternatif lainnya ialah dengan mengimpor referensi dari berbagai basis data akademik. Mendeley dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Kalian mengimpor referensi secara otomatis dari berbagai sumber yang terpercaya. Selain itu, jika Kalian mempunyai artikel dalam format PDF, Kalian dapat mengimpor langsung ke Mendeley, dan aplikasi ini akan secara otomatis mengekstrak informasi penting dari artikel tersebut.

Baca Juga  Daftar 10 Aplikasi Desain Logo di Android Populer

3. Mengelompokkan dan Memberi Tag pada Referensi

Salah satu fitur hebat Mendeley ialah kemampuannya dalam mengelompokkan referensi berdasarkan topik atau proyek tertentu. Misalnya, jika Kalian sedang mengerjakan tesis tentang bioteknologi, Kalian dapat membuat folder khusus untuk topik tersebut. Di dalam folder tersebut, Kalian bisa menambahkan referensi-referensi yang relevan. Selain pengelompokkan, Kalian juga dapat memberi tag pada referensi untuk lebih memudahkan dalam pencarian. Misalnya, Kalian dapat memberi tag “penelitian lapangan” atau “data analisis” untuk membedakan jenis referensi tersebut.

4. Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka

Mendeley tidak hanya berperan dalam mengelola referensi, tetapi juga mempermudah proses pembuatan kutipan dan daftar pustaka. Saat Kalian sedang menulis artikel atau karya ilmiah, Kalian dapat dengan mudah menggabungkan kutipan dari referensi yang sudah dimasukkan ke dalam Mendeley.

Aplikasi ini akan secara otomatis menghasilkan kutipan dalam format yang sesuai dengan gaya penulisan yang Kalian pilih, seperti APA, MLA, Chicago, dan lainnya. Lebih dari itu, Mendeley mampu membuat daftar pustaka secara otomatis dan terstruktur, berdasarkan referensi yang telah Kalian gunakan dalam tulisan Kalian.

Baca Juga : Cara Download Mendeley Di Laptop

Tips & Trik Mengoptimalkan Penggunaan Mendeley

Setelah membahas Cara Menggunakan Mendeley , mari kita bahas juga tips dan triknya :

Sinkronisasi Antar Perangkat.

Pastikan Kalian mengaktifkan fitur sinkronisasi di Mendeley. Fitur ini sangat membantu dalam menjaga konsistensi pustaka dan referensi Kalian di berbagai perangkat yang Kalian gunakan. Ketika Kalian menambahkan atau mengubah referensi pada satu perangkat, perubahan tersebut akan otomatis terlihat pada perangkat lainnya. Ini memudahkan akses dan pengelolaan referensi tanpa repot harus memindahkan data secara manual.

Manfaatkan Plugin Word.

Jika Kalian sering menggunakan Microsoft Word atau Google Docs untuk menulis, manfaatkan plugin Mendeley. Dengan menginstal plugin ini, Kalian dapat langsung menyisipkan kutipan dari referensi yang ada di Mendeley ke dalam teks dokumen Kalian. Kalian juga dapat dengan mudah mengatur daftar pustaka dengan format yang sesuai dengan gaya penulisan yang Kalian pilih. Plugin ini menghemat waktu dan usaha dalam mengatur referensi dan kutipan secara manual.

Baca Juga  Aplikasi Nonton Film Gratis: Hiburan Tanpa Batas di Ujung Jari

Rencanakan Pengelompokkan.

Sebelum Kalian mulai menambahkan referensi ke Mendeley, ada baiknya Kalian merencanakan bagaimana Kalian akan mengelompokkannya. Buatlah struktur folder berdasarkan topik atau proyek yang Kalian kerjakan. Misalnya, Kalian dapat mempunyai folder “Tesis Biologi” atau “Proyek Penelitian Sosial.” Selain itu, berikan tag pada setiap referensi sesuai dengan kategori tertentu, seperti “metodologi,” “data analisis,” atau “sumber primer.” Dengan merencanakan pengelompokkan ini, Kalian dapat dengan mudah menemukan referensi yang Kalian butuhkan saat sedang menulis.

Baca Juga :

Kesimpulan

Cara Menggunakan Mendeley , Mendeley ialah sahabat terpercaya bagi para akademisi dan peneliti dalam mengelola referensi dan menyusun kutipan serta daftar pustaka. Dengan langkah-langkah yang sederhana dan fitur-fitur canggihnya, Mendeley mampu menghemat waktu dan tenaga dalam proses penelitian dan penulisan. Dengan begitu, kualitas karya ilmiah Kalian akan semakin terangkat.

Pertanyaan Umum Tentang Cara Menggunakan Mendeley (FAQs)

Apa itu Mendeley?

Mendeley ialah alat manajemen referensi yang membantu pengguna dalam mengelola referensi, membuat kutipan, dan menyusun daftar pustaka dengan lebih efisien.

Apakah Mendeley dapat diunduh secara gratis?

Ya, Mendeley mempunyai versi gratis yang dapat diunduh dan digunakan. Namun, ada juga versi berbayar dengan fitur tambahan yang lebih lengkap.

Dapatkah saya mengakses pustaka Mendeley saya secara online?

Ya, Kalian dapat mengakses pustaka Mendeley Kalian melalui akun daring di situs web Mendeley. Ini memudahkan akses referensi Kalian tanpa terbatas pada perangkat tertentu.

Apakah Mendeley hanya digunakan untuk referensi akademik?

Meskipun Mendeley lebih sering digunakan untuk mengelola referensi akademik, tetapi Kalian juga dapat menggunakannya untuk mengatur referensi dalam berbagai jenis dokumen.

Bagaimana cara mengimpor referensi dari database akademik?

Baca Juga  Cara Daftar Affiliate Tokopedia, Optimalkan Penghasilan Cuanmu

Kalian dapat mengimpor referensi dari database akademik dengan menggunakan fitur “Import” di Mendeley. Kalian hanya perlu memasukkan judul atau informasi lainnya, dan Mendeley akan mencari dan mengimpor referensi yang sesuai.