Cara Cek Pengeluaran Shopee Setahun Terakhir & Tips Transaksi

biotifor.or.id – Apakah Anda sering berbelanja online di Shopee? Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara melacak dan mengelola pengeluaran Anda di platform ini? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam cara cek pengeluaran Shopee agar Anda dapat mengontrol keuangan Anda dengan lebih baik. Mari kita lihat langkah-langkahnya!

Dalam dunia digital saat ini, berbelanja online telah menjadi lebih mudah dan nyaman. Namun, penting untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda agar tidak melebihi anggaran. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, telah menyediakan fitur yang memungkinkan Anda melihat dan melacak pengeluaran Anda dengan mudah.

Cara Cek Pengeluaran Shopee Melalui Aplikasi

Cara Cek Pengeluaran Shopee Melalui Aplikasi

Langkah pertama adalah memastikan Anda memiliki aplikasi Shopee terbaru di ponsel Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda.
  2. Masuk ke akun Shopee Anda atau daftar jika Anda belum memiliki akun.
  3. Setelah masuk, ketuk ikon profil atau foto Anda di pojok kanan atas.
  4. Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan Akun.”
  5. Pilih “Keuangan Saya” untuk melihat ringkasan pengeluaran Anda.

Langkah-langkah Menggunakan Website Shopee

Jika Anda lebih suka menggunakan komputer atau laptop, Anda juga dapat mengakses informasi pengeluaran Anda melalui situs web Shopee. Berikut panduannya:

  1. Buka browser dan kunjungi website resmi Shopee di https://shopee.co.id.
  2. Login ke akun Shopee Anda.
  3. Setelah masuk, klik foto profil Anda dan pilih “Pengaturan Akun.”
  4. Di menu sebelah kiri, pilih “Keuangan Saya.”
  5. Anda akan melihat ringkasan pengeluaran Anda dan dapat mengekliknya untuk rincian lebih lanjut.

Meninjau dan Memahami Histori Belanja

Penting untuk secara berkala meninjau dan memahami riwayat belanja Anda di Shopee. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi pola pengeluaran dan mengetahui barang apa saja yang telah Anda beli.

Cara Mengatur Pengingat Pengeluaran

Shopee juga menyediakan fitur pengingat pengeluaran. Anda dapat mengatur pengingat reguler untuk memastikan Anda selalu waspada terhadap anggaran Anda.

Baca Juga  Pengertian Kecerdasan Buatan (AI): Manfaat, dan Jenisnya

Tips Mengelola Keuangan Saat Berbelanja Online

  • Tetapkan anggaran belanja yang masuk akal dan patuhi batasnya.
  • Bandingkan harga dari berbagai penjual sebelum membuat keputusan.
  • Gunakan fitur keranjang belanja untuk merencanakan pembelian Anda.

Keamanan dalam Melacak Pengeluaran Anda

1. Gunakan Perangkat Pribadi:

Pastikan Anda selalu mengakses akun Shopee Anda dari perangkat pribadi, seperti ponsel atau komputer. Hindari menggunakan perangkat umum atau bersama yang dapat meningkatkan risiko akses tidak sah ke informasi keuangan.

2. Jaringan Aman:

Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang aman dan terpercaya saat mengakses akun Shopee. Hindari mengakses informasi keuangan melalui jaringan publik yang rentan terhadap potensi serangan.

3. Verifikasi Keamanan Akun:

Pastikan Anda telah mengaktifkan opsi keamanan tambahan seperti verifikasi dua langkah pada akun Shopee. Ini akan memberikan lapisan perlindungan ekstra dengan memerlukan kode verifikasi tambahan selain kata sandi.

4. Jaga Kerahasiaan Informasi:

Jangan pernah membagikan kata sandi, kode verifikasi, atau informasi keamanan lainnya kepada siapapun. Shopee atau layanan pelanggan resmi tidak akan pernah meminta informasi sensitif ini melalui email atau pesan teks.

5. Perbarui Perangkat Lunak:

Pastikan perangkat lunak, termasuk sistem operasi dan aplikasi Shopee, selalu diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan perangkat lunak seringkali mengandung perbaikan keamanan yang penting.

6. Periksa URL:

Ketika mengakses situs web Shopee, pastikan URL yang dikunjungi adalah https://shopee.co.id. Hindari mengklik tautan dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.

7. Logout dengan Benar:

Setelah selesai mengakses akun Shopee, pastikan melakukan logout dengan benar. Ini mencegah akses tidak sah ke akun Anda jika perangkat hilang atau dicuri.

8. Gunakan Aplikasi Resmi:

Pastikan hanya mengunduh dan menggunakan aplikasi Shopee resmi dari toko aplikasi yang sah, seperti Google Play Store atau Apple App Store. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

9. Hati-hati dengan Phishing:

Jaga kewaspadaan terhadap upaya phishing, di mana penipu mencoba mendapatkan informasi sensitif dengan mengaku sebagai Shopee. Jangan pernah mengklik tautan atau memberikan informasi pribadi melalui pesan yang mencurigakan.

Baca Juga  Cara Transfer Pulsa Indosat: Bagikan Isi Hati Anda dengan Mudah

10. Periksa Aktivitas Akun:

Secara rutin periksa riwayat aktivitas akun di Shopee untuk mengidentifikasi aktivitas yang tidak sah atau mencurigakan.

Baca Juga | Cara Bayar Shopee Pakai Dana untuk Berbelanja Online

Menggunakan Fitur Laporan Keuangan Shopee

Fitur laporan keuangan Shopee memberikan gambaran mendalam tentang pengeluaran Anda dalam periode tertentu. Gunakan fitur ini untuk analisis yang lebih mendalam.

Cara Mengunduh Riwayat Transaksi

Mengunduh riwayat transaksi dari Shopee sangatlah mudah dan berguna untuk mencatat dan memantau semua pembelian yang telah Anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh riwayat transaksi Anda:

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda atau kunjungi situs web resmi Shopee di https://shopee.co.id melalui browser di komputer atau perangkat seluler Anda.
  2. Jika Anda menggunakan aplikasi Shopee, masuk ke akun Anda. Jika menggunakan situs web, klik tombol “Masuk” dan login ke akun Shopee Anda.
  3. Setelah Anda masuk ke akun Shopee Anda, cari dan klik ikon “Saya” atau foto profil Anda di pojok kanan atas layar.
  4. Di menu yang muncul, cari dan pilih opsi “Pengaturan Akun.”
  5. Di dalam menu Pengaturan Akun, cari dan klik opsi “Keuangan Saya” atau “Transaksi Saya,” tergantung pada versi aplikasi atau tampilan situs web yang Anda gunakan.
  6. Anda akan melihat daftar transaksi yang telah Anda lakukan di Shopee. Pada tampilan ini, biasanya terdapat opsi atau ikon yang menunjukkan kemampuan untuk mengunduh riwayat transaksi.
  7. Klik opsi atau ikon “Unduh” atau “Download” yang sesuai untuk memulai proses pengunduhan riwayat transaksi.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai. Lamanya waktu ini tergantung pada jumlah transaksi yang Anda miliki.
  9. Setelah pengunduhan selesai, Anda akan memiliki file dalam format tertentu yang berisi riwayat transaksi Anda. File ini biasanya dalam bentuk Excel atau CSV.
  10. Buka file yang Anda unduh menggunakan aplikasi yang sesuai, seperti Microsoft Excel atau aplikasi spreadsheet lainnya. Di dalam file ini, Anda akan menemukan informasi detail tentang setiap transaksi yang telah Anda lakukan di Shopee.
Baca Juga  Cara Mencairkan TokoCash Tokopedia dengan Cepat & Mudah

Menghubungi Layanan Pelanggan Shopee

Jika Anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan tentang pengeluaran Anda, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan Shopee.

FAQs (Pertanyaan Umum)

  1. Apakah saya dapat melacak pengeluaran dari beberapa bulan yang lalu?
    Ya, Anda dapat melihat riwayat pengeluaran Anda dalam rentang waktu tertentu.
  2. Apakah informasi keuangan saya aman di Shopee?
    Shopee telah mengimplementasikan langkah-langkah keamanan untuk melindungi informasi keuangan Anda.
  3. Bisakah saya mengubah anggaran pengingat setelah mengatur?
    Tentu saja, Anda dapat mengubah pengaturan pengingat kapan saja.
  4. Bagaimana cara mengunduh riwayat transaksi?
    Pergi ke “Keuangan Saya” dan pilih “Unduh Riwayat Transaksi.”
  5. Apakah fitur laporan keuangan Shopee tersedia untuk semua pengguna?
    Ya, fitur ini tersedia untuk semua pengguna Shopee.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara cek pengeluaran Shopee. Penting untuk mengelola pengeluaran Anda dengan bijak agar Anda dapat tetap mengontrol keuangan Anda saat berbelanja online.

Dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Shopee, Anda dapat dengan mudah melacak pengeluaran Anda, mengatur anggaran, dan menjaga keamanan informasi keuangan Anda.