Cara Mengatasi Anak Susah Makan: Tips untuk Orang Tua

biotifor.or.idCara Mengatasi Anak Susah Makan – Anak yang susah makan menjadi perhatian untuk tiap orangtua. Dalam beberapa kasus, ini ialah permasalahan sementara yang bisa ditangani beberapa peralihan kecil dalam skema makan dan pendekatan orangtua. Dalam artikel berikut, kita akan menerangkan beberapa trik dan tips mengenai cara mengatasi anak susah makan.

Mengapa Anak Anda Susah Makan?

Sebelum kita membahas solusi, mari kita pahami beberapa alasan mengapa anak-anak bisa sulit makan:

  1. Selera yang berubah-ubah: Beberapa anak sering mempunyai hasrat yang beralih-alih. Mereka kemungkinan menyenangi makanan tertentu pada sebuah waktu, tapi selanjutnya berbeda pikiran.
  2. Kecemasan atau stres: Kekhawatiran atau depresi dapat membuat anak kurang tertarik dengan makanan. Peralihan dalam kegiatan rutin, seperti masuk sekolah atau peristiwa yang lain membuat mereka cemas, bisa mempengaruhi gairah makan mereka.
  3. Gangguan pencernaan: Beberapa anak kemungkinan alami masalah pencernaan atau alergi makanan yang membuat mereka tidak nyaman saat makan. Ini dapat mengakibatkan mereka malas makan.
  4. Gangguan sensorik: Beberapa anak mempunyai sensitivitas tinggi pada struktur, rasa, atau wewangian makanan tertentu. Ini dapat membuat mereka menampik makanan yang mereka kira tidak sedap atau aneh.
  5. Gangguan kesehatan: Anak yang sakit atau alami permasalahan kesehatan tertentu kemungkinan kehilangan gairah makan atau merasa capek untuk makan.
  6. Arahkan perhatian pada makanan: Masalah di dalam lingkungan saat makan, seperti piranti electronic atau masalah yang lain, dapat membuat anak tidak konsentrasi pada makanan.
  7. Kebiasaan makan yang buruk: Skema makan yang jelek, seperti makan cemilan sering atau minuman manis dengan jumlah terlalu berlebih, bisa kurangi gairah makan anak untuk makan makanan khusus.
  8. Tekanan saat makan: Kebanyakan penekanan dari orang dewasa untuk memaksakan anak makan bisa membuat mereka makin menampik makan.
  9. Kurangnya contoh yang baik: Beberapa anak kerap mengikuti sikap orang dewasa disekitaran mereka. Bila mereka tidak menyaksikan orang dewasa hargai makanan secara baik, mereka kemungkinan kurang berminat untuk melakukan sendiri.
Baca Juga  Cara Mengusir Tikus dengan Kapur Barus , Sangat Mudah

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Sekarang kita akan membahas beberapa cara mengatasi anak susah makan dengan bijak:

1. Pahami Penyebabnya

Pertama-tama, sebagai orang tua, Anda perlu melakukan observasi untuk memahami penyebab anak Anda sulit makan. Beberapa anak mungkin mengalami masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, alergi makanan, atau infeksi yang dapat mempengaruhi nafsu makan mereka. Penyebab lain bisa berupa perubahan rutinitas seperti memasuki sekolah baru atau masalah emosional seperti stres atau kecemasan. Dengan memahami penyebabnya, Anda dapat mencari solusi yang lebih tepat.

2. Buat Waktu Makan yang Teratur

Cara mengatasi anak susah makan yang seterusnya. Memutuskan agenda makan yang teratur menolong anak Anda pahami kapan waktunya makan. Ini penting karena beberapa anak condong merasa semakin aman saat mereka tahu apakah yang bisa terjadi seterusnya. Bila anak telah terlatih dengan agenda makan yang stabil, mereka semakin lebih siap secara mental dan fisik untuk makan saat datang waktunya.

3. Berikan Pilihan Makanan

Penting untuk memberi anak opsi dalam soal makanan. Ini tidak berarti Anda harus penuhi tiap keinginan mereka, tapi Anda bisa memberi beberapa opsi sehat yang bisa mereka tentukan. Dengan memberi kendalian ke anak pada sesuatu yang mereka makan, Anda menolong mereka merasakan lebih terturut pada proses makan.

4. Jangan Paksa Makan

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang tua adalah memaksa anak untuk makan. Memaksa anak makan dapat menciptakan tekanan yang berlebihan dan membuat makan menjadi pengalaman yang negatif bagi mereka. Sebagai gantinya, biarkan anak mengatur seberapa banyak mereka ingin makan. Ingatlah bahwa nafsu makan anak bisa berubah dari satu hari ke hari lain, dan itu normal.

5. Buat Makanan Menarik

Cara mengatasi anak susah makan yang selanjutnya. Membuat makanan kelihatan menarik ialah cara yang baik untuk mengundang ketertarikan anak pada makanan. Anda dapat coba menyajikan makanan berbentuk yang lucu atau menyuguhkan makanan dengan beragam warna yang memikat. Ini dapat menolong anak merasakan lebih berminat untuk coba makanan yang kemungkinan tidak pernah mereka coba sebelumnya.

Baca Juga  Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar

6. Jangan Gunakan Makanan sebagai Hukuman atau Hadiah

Menggunakan makanan sebagai hukuman atau hadiah dapat menciptakan hubungan yang tidak sehat antara anak dan makanan. Anak dapat belajar untuk menghubungkan emosi negatif dengan makanan atau menggunakan makanan sebagai cara untuk mendapatkan hadiah, bukan sebagai kebutuhan nutrisi.

7. Libatkan Anak dalam Persiapan Makanan

Mengajak anak terlibat dalam persiapan makanan dapat menjadi pengalaman yang edukatif dan menyenangkan. Mereka dapat membantu mencuci sayuran, mengaduk adonan, atau bahkan mengambil bagian dalam memilih resep. Ini juga memberi mereka rasa kepemilikan atas makanan yang mereka konsumsi.

8. Perhatikan Porsi Makanan

Cara mengatasi anak susah makan yang seterusnya. Waktu memberi makanan ke anak, penting untuk memerhatikan jatah makanan yang sesuai umur dan keperluan mereka. Kebanyakan makanan bisa membuat anak merasakan terlampau kenyang, sedangkan terlampau sedikit makanan dapat membuat mereka merasakan tidak senang.

9. Konsultasikan dengan Dokter atau Ahli Gizi

Jika Anda merasa bahwa anak Anda mengalami masalah yang serius dengan makan atau pertumbuhannya terganggu, segera konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi. Mereka dapat melakukan evaluasi menyeluruh untuk mencari tahu apakah ada masalah kesehatan yang mendasarinya, dan memberikan saran yang lebih spesifik untuk kebutuhan anak Anda.

10. Bersabar dan Bersikap Positif

Cara mengatasi anak susah makan yang terakhir, tapi tidak kalah keutamaan, ialah bersabar dan berlaku positif. Proses mengatasi anak yang susah makan kemungkinan memerlukan waktu. Jauhi mengomentari atau ekspresikan frustrasi Anda di muka anak, karena ini bisa membuat keadaan makin susah. Selalu beri support, dorongan, dan sanjungan saat anak Anda coba makanan baru atau makan secara baik. Ini akan menolong membuat jalinan positif di antara anak dan makanan.

Kesimpulan

Mengatasi anak yang susah makan bisa menjadi tugas yang menantang bagi orang tua. Namun, dengan kesabaran, pemahaman, dan pendekatan yang tepat, masalah ini dapat diatasi. Ingatlah untuk selalu menjaga lingkungan makan yang positif dan memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh anak Anda.

Baca Juga  Cara Menghitung Massa Otot Dengan Mudah

FAQs

  1. Bagaimana cara saya tahu apa yang disukai anak saya?
    Anda bisa mengamati makanan yang sering mereka minta atau sukai. Ini dapat memberikan petunjuk tentang preferensi makanan mereka.
  2. Apakah anak yang susah makan berisiko mengalami masalah kesehatan?
    Ya, jika masalah makan berlanjut, anak Anda mungkin berisiko mengalami masalah gizi. Konsultasikan dengan dokter jika Anda khawatir.
  3. Apakah memaksa anak makan adalah solusi yang baik?
    Tidak, memaksa anak makan bisa menciptakan ketegangan dan ketidaknyamanan di meja makan. Disarankan untuk tidak melakukannya.
  4. Berapa banyak waktu yang harus saya berikan sebelum anak mencoba makanan baru?
    Anak-anak bisa memerlukan beberapa kali mencoba makanan sebelum mereka menyukainya. Bersabarlah dan berikan mereka waktu.
  5. Apakah cara mengatasi anak susah makan berbeda tergantung pada usia anak?
    Ya, pendekatan yang digunakan bisa berbeda tergantung pada usia anak. Anak usia sekolah mungkin memiliki preferensi yang berbeda dengan balita, misalnya.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi anak susah makan. Dengan meng ikuti beberapa tips di atas dan masih tetap sabar, Anda bisa menolong anak Anda mengatasi permasalahan makan mereka dengan lebih bagus. Ingat-ingatlah jika tiap anak berlainan, menjadi penting untuk coba beragam pendekatan untuk temukan yang terbaik buat mereka.