Cara Menanam Bengkuang

Biotifor.or.id – Cara Menanam Bengkuang, Bengkuang adalah sayur akar yang terkenal dan banyak memiliki faedah untuk kesehatan. Menanam bengkuang di pelataran rumah atau kebun bisa memberi akses gampang pada sayur fresh bergizi. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas beberapa langkah langkah menanam bengkuang secara efisien.

Pendahuluan

Cara Menanam Bengkuang

Menanam bengkuang ialah aktivitas yang berguna dan menggembirakan. Bengkuang mempunyai akar yang gurih dan mempunyai rasa yang manis. Cara Menanam Bengkuang, Disamping itu, bengkuang memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin E, dan mineral yang bagus untuk kesehatan badan. Dengan menanam bengkuang sendiri, Anda bisa pastikan kualitas dan kesegaran sayur yang Anda konsumsi.

Mengenali Bengkuang

Cara Menanam Bengkuang, Bengkuang (Pachyrhizus erosus) ialah tanaman sayur yang dari Amerika tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini tumbuh dengan akar yang lebih besar dan daging yang gurih. Bengkuang umumnya dipakai dalam salad, juice, atau dikonsumsi mentah. Selainnya rasanya yang nikmat, bengkuang mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dan rendah kalori, hingga bagus untuk pencernaan dan menolong jaga berat tubuh yang sehat.

Persiapan Saat sebelum Menanam Bengkuang

Persiapan Saat sebelum Menanam Bengkuang

Saat sebelum mengawali proses menanam bengkuang, ada banyak penyiapan yang penting dilaksanakan. Berikut beberapa langkah penyiapan yang penting Anda ikutinya:

Pilih Varietas Bengkuang

Pilih varietas bengkuang yang pas untuk ditanamkan di wilayah Anda. Ada beragam varietas bengkuang yang mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Pastikan varietas yang Anda tentukan pas dengan cuaca dan keadaan tanah di wilayah Anda.

Mempersiapkan Tempat dan Media Tanam

Pilih tempat yang terserang cahaya matahari langsung dan mempunyai drainase yang bagus. Membersihkan tempat dari gulma dan batu-batuan yang bisa menghalangi perkembangan bengkuang. Cara Menanam Bengkuang, Pastikan tempat cukup subur dan mempunyai pH tanah yang pas untuk perkembangan tanaman. Bila tanah di tempat Anda kurang subur, Anda bisa menambah pupuk organik atau kompos untuk tingkatkan kesuburannya.

Baca Juga  Cara Menanam Blewah

Memperoleh Bibit Bengkuang

Peroleh bibit bengkuang yang berkualitas dari sumber yang paling dipercaya. Pastikan bibit yang Anda dapatkan sehat, bebas dari penyakit, dan mempunyai perkembangan yang bagus. Anda pun bisa tumbuhkan bibit bengkuang dari biji. Triknya, rendam biji bengkuang di air hangat sepanjang beberapa saat saat sebelum ditanamkan.

Proses Menanam Bengkuang

Sesudah penyiapan dilaksanakan, cara setelah itu mengawali proses menanam bengkuang. Berikut beberapa langkah yang penting Anda ikutinya:

Penanaman Bibit Bengkuang

Penanaman Bibit Bengkuang

Bikinlah lubang tanam dalam jarak yang cukup di antara tanaman bengkuang. Tempatkan bibit bengkuang ke lubang tanam dengan akar yang mengarah ke bawah. Tutup lubang tanam dengan tanah dan pencet perlahan-lahan supaya bibit berdiri yang tegak.

Perawatan Tanaman Bengkuang

Pastikan tanaman bengkuang memperoleh cahaya matahari yang cukup. Kerjakan penyiraman dengan teratur, khususnya pada musim kemarau ataupun waktu tanah berasa kering. Menjaga kelembapan tanah dengan lakukan penyiraman yang cukup, tetapi jauhi penyiraman berlebihan yang bisa mengakibatkan akar busuk.

Pemupukan yang Pas

Kerjakan pemupukan dengan teratur untuk memberi gizi yang cukup untuk tanaman bengkuang. Pakai pupuk organik atau pupuk kompos untuk membenahi kesuburan tanah. Pupukkan tanaman dengan teratur sesuai panduan jumlah yang disarankan.

Menangani Hama dan Penyakit pada Tanaman Bengkuang

Lihat ada gempuran hama dan penyakit pada tanaman bengkuang. Menjaga kebersihan tempat dan melakukan pengawasan dengan teratur. Bila ada gempuran hama atau penyakit, selekasnya kerjakan pengaturan dengan memakai pestisida organik atau sistem pengaturan hayati.

Pemanenan dan Penyimpanan Bengkuang

Bengkuang umumnya bisa dipanen sesudah 4-6 bulan penanaman, bergantung pada varietas dan keadaan perkembangan. Tandai bengkuang yang sudah capai ukurannya yang diharapkan. Keduk akar bengkuang dengan berhati-hati memakai garpu taman atau alat yang tepat. Membersihkan akar dari tanah dan taruh di lokasi yang sejuk dan kering untuk perpanjang saat penyimpanan.

Baca Juga  Manfaat Kelopak Bunga: Keajaiban Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ringkasan

Menanam bengkuang ialah aktivitas yang berguna dan menggembirakan. Dengan menanam bengkuang di pelataran rumah atau kebun, Anda bisa pastikan suplai sayur fresh bergizi. Cara Menanam Bengkuang, Dalam artikel berikut, kita sudah mengulas beberapa langkah langkah menanam bengkuang secara efisien. Dengan penyiapan yang masak, perawatan yang pas, dan pengaturan hama dan penyakit yang bagus, Anda akan sukses menanam bengkuang dengan hasilnya panen yang memberikan kepuasan. Selamat menanam bengkuang dan mudah-mudahan sukses!