Cara Memilih Manggis yang Manis dan Berkualitas

Posted on

biotifor.or.id – Manggis, buah yang sedap dan penuh gizi, kerap jadi favorite untuk beberapa orang. Tetapi, untuk memperoleh pengalaman makan manggis yang maksimal, penting untuk tahu cara memilih manggis yang fresh dan berkualitas. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas trik dan tips untuk memilih manggis yang terbaik, dan banyak hal yang penting jadi perhatian supaya Anda tidak sedih dengan pembelian Anda.

Sejarah Buah Manggis

Buah manggis (Garcinia mangostana) mempunyai sejarah panjang dan kaya peninggalan budaya dan faedah kesehatan. Tanaman ini asal dari daerah tropis di Asia Tenggara dan dikenali sebagai “Ratu Buah” atau “Ratu Semua Buah” karena kesedapannya. Berikut sejumlah titik penting pada sejarah buah manggis:

  1. Asal Usul: Buah manggis pertama kalinya tumbuh di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Walaupun tanaman ini sudah ada semenjak jaman kuno, manggis baru memulai dikenali dengan global pada era ke-19.
  2. Penyebaran ke Nusantara: Buah manggis telah lama ditanamkan di daerah Nusantara, termasuk Indonesia. Seiring berjalannya waktu, buah ini jadi sisi integral dari kehidupan setiap hari warga di tempat.
  3. Penting dalam Kebudayaan: Manggis mempunyai tempat spesial dalam kebudayaan Asia Tenggara. Buah ini kerap didokumentasikan dalam seni, dogma, dan narasi masyarakat. Pada beberapa adat, manggis dipandang seperti lambang peruntungan dan kecantikan.
  4. Eksplorasi Eropa dan Amerika: Eksplorator Eropa pertama kalinya bawa buah manggis ke Eropa di akhir era ke-18. Selanjutnya, buah ini mulai mengundang perhatian di Amerika dan beberapa negara Barat yang lain.
  5. Manfaat Kesehatan: Manggis sudah dikenali karena manfaat kesehatannya. Kulit manggis dan konsentratnya diketahui memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang lebih tinggi, seperti xanthones, yang berpotensi untuk tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh dan menolong menantang beragam penyakit.
  6. Penggunaan Tradisional: Di beberapa budaya tradisionil, manggis dipakai untuk menyembuhkan beragam penyakit, seperti diare, infeksi, dan permasalahan pernafasan. Sejumlah warga memakai manggis untuk perawatan kulit dan kecantikan.
  7. Industri Farmasi dan Kecantikan: Bersamaan riset ilmiah yang dalam, manggis jadi subyek ketertarikan dalam industri farmasi dan kecantikan. Konsentrat buah manggis dipakai dalam beragam produk, seperti suplemen kesehatan, minuman, dan produk perawatan kulit.
Baca Juga  Manfaat Sop Buah: Nikmati Kelezatan dan Khasiat Segar untuk Kesehatan

Walaupun buah manggis mempunyai sejarah panjang yang kaya nilai budaya, ketenarannya semakin berkembang di penjuru dunia karena faedah kesehatannya yang bisa dibuktikan dan kesedapannya yang unik.

Cara Memilih Manggis yang Manis

Cara Memilih Manggis yang Manis

1. Warna Kulit Manggis

Saat Anda ada di pasar atau toko buah, lihat warna kulit manggis. Manggis yang masak mempunyai warna kulit yang merah tua atau ungu gelap. Jauhi manggis dengan warna kulit yang terlampau hijau, karena ini menjadi pertanda jika buah itu belum masak seutuhnya. Kebalikannya, manggis yang terlampau hitam atau berlendir mungkin telah terlampau masak dan dapat mempunyai struktur yang kurang sedap.

2. Kulit Manggis yang Halus dan Utuh

Sentuh kulit manggis secara halus. Tentukan manggis yang mempunyai kulit yang utuh dan tidak ada kerutan. Kulit yang lembut ialah tanda-tanda jika buah tersebut fresh. Bila Anda merasakan ada sisi yang halus atau basah, ini menjadi tanda jika manggis itu mulai membusuk.

3. Bobot Manggis

Cara memilih manggis yangbisa dicoba berikutnya. Meskipun manggis terkenal dengan rasa manisnya, bobot juga bisa menjadi indikator kualitas. Pilih manggis yang terasa berat untuk ukurannya. Buah yang lebih berat cenderung memiliki lebih banyak daging dan jus, menandakan kematangan dan kualitas yang baik.

4. Perhatikan Tangkai Manggis

Saat memilih manggis, perhatikan juga tangkainya. Tangkai yang tetap melekat dengan kuat pada buah adalah tanda bahwa manggis tersebut masih segar. Hindari manggis dengan tangkai yang sudah kering atau patah, karena ini bisa menunjukkan bahwa buah tersebut sudah lama dipetik.

5. Aroma yang Khas

Baunya adalah aspek khusus saat memilih manggis. Berbau yang unik dan wangi ialah pertanda jika manggis itu masak dan siap untuk dimakan. Jauhi manggis yang tidak mempunyai wewangian atau berbau yang tidak enak.

Baca Juga  Manfaat Pisang Ambon: Khasiat Luar Biasa dalam Buah yang Lezat

6. Perhatikan Bagian Bawah Manggis

Cermati bagian bawah manggis, di tempat dimana bunga manggis dulunya melekat. Jika Anda melihat ada bagian yang terlalu lunak atau berlendir, itu bisa menjadi pertanda bahwa manggis tersebut sudah terlalu matang atau bahkan mulai membusuk.

7. Jangan Takut Bertanya

Jika Anda tidak yakin tentang cara memilih manggis yang baik, jangan ragu untuk bertanya kepada penjual atau petugas toko. Mereka biasanya memiliki pengetahuan tentang kualitas buah yang mereka jual dan dapat memberikan saran yang berguna.

Rekomendasi Pengolahan Buah Manggis

Tentu! Berikut adalah beberapa rekomendasi pengolahan buah manggis:

  1. Manggis Segar: Potong buah manggis menjadi dua bagian, lalu keluarkan isinya. Nikmati manggis segar sebagai camilan sehat atau tambahkan ke dalam salad buah.
  2. Jus Manggis: Campurkan daging buah manggis dengan air dan sedikit madu atau gula. Blender hingga halus, saring jusnya, dan nikmati sebagai minuman sehat yang kaya akan antioksidan.
  3. Selai Manggis: Masak daging buah manggis dengan gula hingga kental. Selai manggis ini dapat digunakan sebagai selai untuk roti atau tambahan pada yogurt.
  4. Es Manggis: Campurkan potongan buah manggis dengan es serut, sirup gula aren, dan susu kental manis. Hasilnya adalah es manggis yang menyegarkan.
  5. Smoothie Manggis: Blender daging buah manggis dengan buah-buahan lain seperti pisang, strawberry, dan yoghurt untuk membuat smoothie lezat dan sehat.
  6. Keripik Manggis: Iris tipis buah manggis dan oven atau goreng hingga kering. Anda bisa menambahkan sedikit gula atau garam sesuai selera.
  7. Manggis dalam Salad: Tambahkan potongan buah manggis dalam salad sayuran untuk memberikan rasa manis dan segar.
  8. Es Krim Manggis: Tambahkan puree manggis ke dalam adonan es krim atau buat es krim sorbet manggis yang ringan.
  9. Manggis sebagai Topping: Gunakan potongan buah manggis sebagai topping untuk pancake, oatmeal, atau yogurt.
  10. Kombinasi dengan Seafood: Buah manggis juga bisa diintegrasikan dalam hidangan seafood, seperti campuran saus manggis untuk ikan atau udang.
Baca Juga  Cara Membuat Beras Kencur Ramuan Tradisional untuk Kesehatan Optimal

Ingatlah untuk mencuci buah manggis dengan bersih sebelum diolah, dan selalu pastikan untuk membuang bijinya sebelum digunakan.

Kesimpulan

Dengan memerhatikan beberapa faktor di atas, Anda bisa pastikan jika manggis yang Anda tentukan ialah yang terbaik. Ingat-ingatlah selalu untuk cari manggis dengan kulit yang warna ceria, kulit yang lembut, berat yang berat, batang yang utuh, wewangian yang unik, dan sisi bawah yang tidak begitu benyek. Dengan meng ikuti tutorial ini, Anda akan bisa nikmati manggis yang fresh dan sedap setiap Anda memilih untuk beli buah ini.

Sekarang, Anda memiliki panduan lengkap tentang cara memilih manggis yang berkualitas. Selamat menikmati buah manggis yang lezat dan sehat!